Semua Akan Digital Pada Akhirnya... Dari Audio, Video, TV, Kontrol, Keuangan, Kesehatan dan Sebagainya. Blog Ini Ditujukan Buat Kamu Yang Ingin Belajar Dasar Digital Dan Yang selalu Bertanya, Kenapa Bisa Begini Dan Harus Begitu ?

Senin, 28 Juni 2021

STB Digital DVB-T2 TANAKA Terbaru - Apa saja Fasilitasnya ?

Pada tulisan kali ini saya mau Un-boxing serta nge-review sebuah STB terbaru dari Tanaka dan ini adalah versi terbaru dari STB Tanaka dan ini adalah STB paling komplit dan paling murah yang pernah saya punya.



Kenapa saya bilang murah karena selain ada YouTube ada juga ada EWS yaitu early warning system dimana kalau misalnya STB yang seperti Akari Polytron dia cuman ada ews tapi gada YouTube. Nah kalau kayak akari  tiada fasilitas YouTube, sedangkan evinix HD ada youtube tapi dia enggak ada ews dan ini adalah gabungan keduanya, dengan harga yang setengah dari Polytron dan lebih mahal sedikit dari evinix.


Jadi kardusnya berwarna biru dan agar sedikit-sedikit putih dan sini ada logo TANAKA dan bacaan besar banget dvbt2 digital video broadcasting terestrial dan disini sudah SNI. Ini keren banget karena sesuai dengan standar Indonesia.Untuk bentuknya cukup canggih]dalam artian ya ini beda dari pada yang lain nanti kita lihat kita bandingin sama yang  bisa saya pakai dan disini, ada dvbt2, MP4, USB WiFi, timeshift ,youtube-dll



Ada juga TVR dan full HD 1080 P guys dan semoga aja kedepannya sudah bisa 4K. Sekarang kita baca sampingnya, di sini ada penjelasan fasilitas yg ditawarkan : HD format dari kecil itu 480P sampai 1080P, wifi dongle kompetibel dengan tipe mt760, lalu sistem peringatan dini serta pencarian saluran TV otomatis.

Hal  menarik nih disini banyak gambar antena dan disini bisa indoor / outdoor dengan menggunakan STB TV digital Tanaka. Jadi dengan antena yang ini suport model 8888, lalu  T2 capung indoor, T2 capung outdoor dan kemudian ini ada antena UHF Tanaka u27 dengan rotator. Jadi ini penjelasan kalau misalnya STB ini support dengan antena antena yang merk Tanaka lainnya.





Fungsi EWS adalah adanya pesan interupsi pada TV ketika ada bencana. Jadi kalian gak usah pusing-pusing dan sini ada gambar bencana alam gempa bumi tsunami letusan gunung berapi tanah bergerak banjir cuaca ekstrim. 

Sekarang kita akan Unboxing apa aja isi dari paket pembelian STB Tanaka, yang pertama kita langsung nemuin remotenya, cukup besar ya dibanding remote yang lain.




Lalu seperti biasa kabel rca untuk tv tabung ataupun TV LCD ini bisa dipakai kalau misalnya kalian belum support HDMI dan harus pake rca. Sangat disayangkan seperti biasa  saya bingung dan heran kenapa setiap pembelian STB digital yang versi terbaru pastinya  enggak pernah diserahkan kabel HDMI. Padahal sekarang udah banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan TV yang support dengan HDMI. Semoga aja kedepannya dikasih ya karena biar bisa menikmati siaran TV digital secara maksimal. Ada juga disertakan buku petunjuk dan kartu garansi dan kalau produksi yg SNI terbaru tuh sudah ada garansinya dan disini garansi berlaku selama satu tahun terhitung dari tanggal pembelian.




Ini adalah penampakannya, di sini terlihat box nya terbuat dari plastik dengan finishing seperti dari besi dan berwarna hitam, tapi ini adalah plastik . Tampilan depannya bentuknya biasa banget kirain bakal secanggih yang ada digambar tapi ini seperti STB paranola merek Tanaka pada umumnya, di sini kita lihat ada tombol power lalu disini ada terbuat dari mika ya berwarna hitam di sini ada tombol minus dan tombol + Lalu ada up dan down untuk channel dan disini menu . Kecewanya nggak sebagus seperti yang digambar.

Lalu di belakangnyada colokan untuk antena lalu di sini ada port HDMI disini USB langsung digabung 2 dimana kalau biasanya itu satu didepan satu dibelakang dan ini dua-duanya di belakang dan di sini ada untuk rca video suara dan ini adalah untuk peaker eksternal. Ada tombol on off dan ada kabel untuk menghubungkan ke listrik. STB ini ventilasi udaranya banyak dan ini langsung berhubungan dengan mesin didalamnya




Oke sekarang kita coba menghubungkan dengan antena yang saya punyadengan tinggi sekitar delapan meteran dan Lokasi saya di Jakarta dan gambar diatas adalah tampilan ketika dinyalakan dan 034 ini adalah urutan channel dari RCTI .






Untuk panduan, kami telah review beberapa merek STB digital yg sudah ada di pasaran dan anda kini bisa bandingkan sesuai fasilitas dan keunggulannya :


Matrix Apple     - Polytron PDV 600T2   - Venus Cabe Rawit  - Evinix H-1  - Akari ADS-2230


Bagi anda yg berada di lokasi lain di Nusantara dapat juga membaca update perkembangan  migrasi TV digital di  kota-kota besar seluruh Indonesia :

Surabaya  MNC  ,  EMTEK , VIVA )

Malang

Jember 

Kediri

Jombang & Mojokerto

Madiun

Jogja

Semarang

Banjarmasin

Makasar

Medan

Palembang

Perbatasan Malaysia


Share:

3 komentar:

  1. Saya baru beli stb Tanaka dvb T2,,ketika saya pasang dan hidup kan Chanel tv yg masuk ada 6,, itu Chanel TVRI nasional dan lokal,, Untuk channel TV swasta tdk ada yg nyangkut,, seperti Indosiar, SCTV, RCTI,dll.saya tinggal di Lampung kebupaten Pesawaran Kec Gedong Tataan,, ketika pakai antena UHF biasa,, Indosiar,sctv,Tran 7 ,ANTV masuk tapi bures,,,

    BalasHapus
  2. Iya nih sama, STB-t2 berjalan baik tapi tvri doang,indosiar,sctv, global ,trans7 mnc ngga nyangkut

    BalasHapus
  3. Saya bli stb tanaka 10 oktobr pas di pasang dapat 8 cenel pas di pindah tempat baru bisa dapt 16 cenel yg blum ada antv dan tvone area pekuncn BMS.jawa tengah.

    BalasHapus

Kontak Penulis



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

Site View

Categories

555 (8) 7 segmen (3) adc (4) amplifier (2) analog (15) android (12) antares (3) arduino (21) artikel (11) attiny (3) attiny2313 (19) blog (1) bluetooth (1) cmos (2) crypto (2) dasar (45) digital (1) display (3) esp8266 (25) euro2020 (13) gcc (1) iklan (1) infrared (2) Input Output (3) iot (44) jam (7) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (16) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (7) lain-lain (8) lcd (2) led (14) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (70) micropython (6) mikrokontroller (12) mikrotik (5) mqtt (1) ninmedia (3) ntp (1) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (78) pcb (2) power (1) praktek (2) project (33) proyek (1) python (3) radio (15) raspberry pi (4) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (3) signage (1) sinyal (1) sms (6) software (18) solar (1) solusi (1) tachometer (2) technology (1) teknologi (2) telegram (2) telepon (9) televisi (145) television (28) transistor (2) troubleshoot (3) tulisan (83) tutorial (80) tvri (2) vu meter (2) vumeter (2) wav player (3) wayang (1) wifi (3)

Arsip Blog

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika