Semua Akan Digital Pada Akhirnya... Dari Audio, Video, TV, Kontrol, Keuangan, Kesehatan dan Sebagainya. Blog Ini Ditujukan Buat Kamu Yang Ingin Belajar Dasar Digital Dan Yang selalu Bertanya, Kenapa Bisa Begini Dan Harus Begitu ?

Minggu, 02 Mei 2021

Matrix Apple - STB DVB T2 dengan SMC ID - Matrix Garuda HD

 


Untuk produk matrix apple terbaru bisa di klik disini

Awal perkenalan saya dengan produk Matrix Apple DVB T2 adalah saat berkeliling pasar genteng surabaya di tahun 2012, dimana saat itu saya kecewa dengan pemerintah dibawah pak tiffatul sembiring sebagai menkominfo saat itu, yg tiba-tiba memutuskan upgrade teknologi ke DVB T2. Sedangkan receiver digital yg saya beli sejak 2010 (merek PF) hanya support DVB T saja. Jadi mesti beli baru lagi nih dan jatuhlah pilihan ke Matrix apple. Namun sayangnya receiver keluaran 2012 itu cepat sekali panas dan hanya bertahan 1 tahun saja, dan saya harus membeli STB yg baru. Lalu bagaimana dengan versi terbaru dari produk besutan produsen parabola terkemuka "Matrix" ?




Update: Syarat Penerima Pembagian STB Digital Gratis 


Ternyata yg saya liat pada video review nya tamtamboyz surabaya, produk ini varian dengan ijin postel 2015, jadi merupakan barang yg cukup jadul. Faslitasnya pun minim sekali tanpa support wifi dan youtube. Jadi matrix apple ini STB digital DVBT2 yg persis spec nya dengan yg saya beli di tahun 2012 dulu.



Untungnya matrix menyeragamkan remote pada semua STB berlogo GARUDA, sehingga kalau remotenya keinjek anak dirumah, maka mencari penggantinya cukup gampang tersedia di toko elektronika.



Tidak ada yg istimewa dari panel depan dan belakang, dengan power supply melalui adaptor AC-DC 12 volt. Jadi mungkin yg 2012 dulu desain power supplynya bermasalah karena membuat STB panas, kini oleh matrix disiasati dengan menggunakan adaptor external.

Sedangkan yg menjadi sedikit keunggulan dari versi 2015 ini adalah support SMC ID, atau Smart Card ID untuk autorisasi CAS / PAY TV. Jadi sebenarnya STB ini bisa dihubungkan dengan system TV Digital UHF berbayar yg dulu sempat di jakarta ada layanan NEXMEDIA milik group EMTEK (satu group dengan SCTV / Indosiar). Pay TV ini kemudian tutup dan menjelma menjadi Nex Parabola yg mengakuisisi pay tv satelit milik Matrix.


BACA JUGA : Perbandingan Kualitas TV Analog vs TV Digital Menggunakan Antena Indoor


Jadi mbulet disitu aja ternyata, namun misalnya pasar pay TV digital UHF ada lagi, maka matrix apple ni sudah siap digunakan. Namun entah kapan dan siapa yg masih mau berinvestasi di dunia Pay TV yg semakin tergerus streaming OTT ? Entahlah...



Tampilan awal menu sedikit menyedihkan karena sakit dimata, dengan gambar khas matrix call center jaman dulu yg biasanya kita temui di STB Parabola matrix burger dan sejenisnya. 




Software yg dipergunakan juga sudah terbaru dengan tanggal 27 januari 2021. Namun software ini minim fitur untuk wifi dongle, jadi kalah saing dengan produk lain yg mengandalkan fasilitas youtube.






Fasilitas EPG, PVR, multimedia player dan menu lainnya cukup standar, dengan harga terjangkau bagi masyarakat awam. Review STB ini mengambil video youtube dari tamtamboyz surabaya, jadi jika ingin membeli STB nya bisa meng klik link berikut ini :  https://www.tokopedia.com/tamtamboyz08 


Untuk panduan, kami telah review beberapa merek STB digital yg sudah ada di pasaran dan anda kini bisa bandingkan sesuai fasilitas dan keunggulannya :


Matrix Apple     - Polytron PDV 600T2   - Venus Cabe Rawit  - Evinix H-1  - Akari ADS-2230

-Tanaka


Bagi anda yg berada di lokasi lain di Nusantara dapat juga membaca update perkembangan  migrasi TV digital di  kota-kota besar seluruh Indonesia :

Surabaya  MNC  ,  EMTEK , VIVA )

Malang

Jember 

Kediri

Jombang & Mojokerto

Madiun

Jogja

Semarang

Banjarmasin

Makasar

Medan

Palembang

Perbatasan Malaysia

Share:

18 komentar:

  1. Gimana cara mengetahui menu instalasi di matrix Garuda Apple full hd hitam serta tahu kekuatan sinyal tv digitaldan cara menambah channel baru,serta mengubah nomer acak kembali urut misalnya SCTV 087 menjadi nomer 1 dan seterusnya.mohon masnya beritahu saya lewat email ini sekian dari saya terima kasih.

    BalasHapus
  2. Apakah sdhh ada d pasaran

    BalasHapus
  3. Baik mana mas garuda apa apple

    BalasHapus
  4. mau tanya mas
    yang versi terbaru tu boxnya warna apa ya?
    ada banyak macemnya jadi bingung milihnya.
    mohon petunjuknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa di baca disini : https://www.aisi555.com/2021/06/stb-decoder-matrix-apple-dvb-t2-versi.html

      Hapus
  5. saya udah beli dan ternyata cuma 5 siaran aja yg dapat,tvri semu,gimana tanggung jawab nya ni,kata nya 32 siaran,lokasi kota padang

    BalasHapus
    Balasan
    1. lokasi menentukan prestasi...yg 32 di jakarta, coba kalau mau tv nya lengkap seperti itu pertimbangkan pindah ke jakarta saja

      Hapus
  6. Cara menambah app di matrik apple bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak bisa menambah APP sendiri..jadi tunggu para opreker update

      Hapus
  7. Saya di kab Semarang yg ada cuma tvri saja yg lain gk ada

    BalasHapus
  8. Apakah bisa STB APPLE DVB T2 dipasang tapi menggunakan antena parabola...krna dulu sya pasang tv matrix yg menggunakan antena parabola bulat..mohon informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. DBVT2 = Antena UHF ...untuk parabola menggunakan STB DVB S2

      Hapus
  9. Saya sudah beli dbvt2 matrix Garuda apple kardus ungu.. setelah di pasang ke TV gak keluar tampilan menu nya.. kenapa ya..
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan:
      - Input anda HDMI atau AV in telah benar dan TV sudah diubah input mode nya lewat remote tv
      - Jika bermasalah, coba di tv tetangga yg lebih mengerti elektronika biar ada diskusi yg menarik
      - Kembalikan ke penjual kalau tetap bermasalah

      Hapus
  10. mau tanya ini saya pake matrix apple hd serial DVB-T2-2105105913 baru aja digunakan 1 hari tetapi kadang suka stuck tidak mau dipencet atau dimatikan, salah satu cara dengan cabut dan colok kembali. dan itu sering sekali terjadi. mohon bantuannya

    BalasHapus
  11. Matrix apple hd itu kalo panas gambar jdi patah² ad yang sama ga?

    BalasHapus
  12. Baru beli stbatrix apple dvb t2 karena salah pencet. Muncul tulisan
    Stb nnot actived, please active it on network
    Mhn bantuannya admin

    BalasHapus

Kontak Penulis



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

Site View

Categories

555 (8) 7 segmen (3) adc (4) amplifier (2) analog (15) android (12) antares (3) arduino (21) artikel (11) attiny (3) attiny2313 (19) blog (1) bluetooth (1) cmos (2) crypto (2) dasar (45) digital (1) display (3) esp8266 (25) euro2020 (13) gcc (1) iklan (1) infrared (2) Input Output (3) iot (44) jam (7) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (16) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (7) lain-lain (8) lcd (2) led (14) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (70) micropython (6) mikrokontroller (12) mikrotik (5) mqtt (1) ninmedia (3) ntp (1) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (78) pcb (2) power (1) praktek (2) project (33) proyek (1) python (3) radio (15) raspberry pi (4) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (3) signage (1) sinyal (1) sms (6) software (18) solar (1) solusi (1) tachometer (2) technology (1) teknologi (2) telegram (2) telepon (9) televisi (145) television (28) transistor (2) troubleshoot (3) tulisan (83) tutorial (80) tvri (2) vu meter (2) vumeter (2) wav player (3) wayang (1) wifi (3)

Arsip Blog

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika