Sabtu, 23 Juli 2011

Praktek : 2 LED FLIP FLOP Dengan IC 555

Siapkan bahan-bahan / komponen sebagai berikut:
1. IC Timer 555
2. Resistor 10K ohm(1buah), 100K ohm(1 Buah) & 220 ohm (2 buah)
3. Potensiometer 50K ohm
4. Kapasitor 10uF (1 buah)
5. 2buah LED
6. Buzzer 5V
7. Baterai 4.5V
8. Kabel Jumper

Skematik rangkaian seperti berikut :

Langkah merakit ke breadboard:
1. Buat Powerline di atas untuk positif dan dibawah untuk negatif, sambungkan dengan kutub baterai yang bersesuaian.
2. Letakkan IC 555 dengan arah menyamping (horizontal), dengan kaki 1 (ditanda dengan titik) berada di bawah pembatas tengah breadboard. Hubungkan kaki 8 ke + dan kaki 1 ke – dengan menggunakan kabel jumper.


3.Hubungkan dengan jumper kaki 8 menuju kaki 4 , serta kaki 2 menuju kaki 6


. 4. Ambil resistor 10K ohm dan tancapkan antara kaki 7 dan 8 IC 555. Cari lobang yang masih kosong dan letaknya lurus dengan kaki IC. Begitu juga dengan R 100k Ohm hubungkan antara kaki 2 dan kaki 7 , dan kapasitor 10uF hubungkan dengan kaki 2 (kutub +) dan kaki 1 (kutub -).


5. Ambil LED dan resistor 220 ohm masing-masing 2 buah. Hubungkan kaki 3 dengan jumper ke lobang yg agak menjauh dari IC kemudian susun seperti skematik. Resistor pertama dari ujung jumper menuju ke lobang di kolom kosong, kemudian di lobang di kolom yang sama ditancapkan Anoda dari Led no 1. Katoda led no 1 dihubungkan ke kutub (–) dari power line. Sedangkan resistor ke dua ditancapkan pada power line (+) dan ujung satunya menuju lobang pada kolom kosong ditengah. Selanjutnya anoda led yang ke-2 ditancapkan satu kolom dengan resistor tadi dan katoda dari led no 2 menuju ke ujung kabel jumper.


6. Sambung baterai pada powerline dan Led akan menyala bergantian. Untuk mengubah-ubah kecepatan kedip bisa dengan mengubah nilai komponen Kapasitor atau nilai dari Resistor(R1). Tetapi pada umumnya dan paling memungkinkan adalah dengan mengganti komponen R1 dengan Variabel Resistor atau Potensiometer yg nilai resistansinya dapat diubah-ubah. Variabel resistor ada beberapa jenis seperti gambar dibawah ini :

Pada umumnya variabel resistor memiliki 3 buah kaki, dimana untuk mendapatkan resistansi pada rangkaian yg kita inginkan cukup dengan menghubungkan kaki tengah dan salah satu kaki samping. Putar-putar tombol dengan tangan atau menggunakan obeng untuk mendapatkan nilai resistansi yg diinginkan. Dengan menggunakan Variabel resistor membuat kecepatan kedip dari rangkaian Flip-Flop dapat diatur.




7. IC 555 juga dapat digunakan untuk menghasilkan sirine sederhana dengan menggunakan komponen buzzer. Hubungkan kaki output (kaki 3) dengan kutub (+) dari buzzer dan kutub (-) dari buzzer dihubungkan dengan kutub (-) dari powerline. Hasil yang didapat adalah suara sirene keluar dari buzzer.

8 komentar:

Andi Dark mengatakan...

kalau diaplikasikan dengan led sebanyak 25 buah apa saja yang harus di ganti?

Nyoman Yudi mengatakan...

untuk menambah LED , bisa digunakan cara paralel/serial LED dengan menambah transistor sebagai switch, bisa dilihat seperti gambar : http://2.bp.blogspot.com/-10C0-9Px2I0/TiobZEcxcZI/AAAAAAAABIA/9vPfaIm9TzE/s1600/13.jpg

kemudian perhitungannya bisa googling "LED CALCULATOR"

Felix Lasmin mengatakan...

saya mau nanya,kalau kita ngak ada potensio meter apakah rangkaian tersebut akan tetap bekerja?tetapi yang lain lengkap semua :)

Alghifari Muhammad mengatakan...

kok gak mau flip flop?

Jiwa Seribu mengatakan...

Terima kasih ane dah coba hasilnya pas cm ane ga pke VR

rhm086 mengatakan...

Berhasil gan. Ane menggunakan daya 12 volt. Eh malah transistor rusak. Jadi ane tambahkan resistor 300an ohm ( masih neubee jd gk tau ngitungnya). N alhamdulillah panas di transistor berkurang. Ane coba nyalain 15 menitan ttp awet

Dizzy mengatakan...

kalau saya pingin outputnya tiap menit berubah bagaimana ?

Nyoman Yudi mengatakan...

dengan menggunakan rumus Frequency = 1.44 / [C*(R2 + 2*R1)] maka tentukan nilai R dan C sesuai dengan nilai yg umum dijual di pasaran .. selamat mencoba

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting