Semua Akan Digital Pada Akhirnya... Dari Audio, Video, TV, Kontrol, Keuangan, Kesehatan dan Sebagainya. Blog Ini Ditujukan Buat Kamu Yang Ingin Belajar Dasar Digital Dan Yang selalu Bertanya, Kenapa Bisa Begini Dan Harus Begitu ?

Selasa, 01 Juni 2021

Cara Menjadi Data Scientist - Profesi Paling Menjanjikan Di Era Industri 4.0

Data scientist adalah profesi yang mengolah data dengan metode ilmiah untuk menghasilkan informasi yang akurat dan bernilai tinggi sehingga  dapat membantu mengambil keputusan.





Ilmuwan data harus menguasai ilmu multidisiplin, yaitu matematika statistik, ilmu komputer, dan pengetahuan dalam bidang khusus tertentu. Di era transformasi digital sekarang ini, ilmu data sangat dibutuhkan, termasuk dalam bisnis retail, bisnis distribusi, kedokteran, dan berbagai lini bisnis lainnya.


Kabar baiknya, untuk menjadi seorang Data Scientist tidak hanya terpaku di beberapa background pendidikan saja. Meskipun yang paling umum berasal dari Statistika, Matematika, Ilmu Komputer dan juga Teknik. Namun semua background pendidikan memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi Data Scientist, loh. Hal ini karena ilmu statistika yang digunakan oleh Data Scientist bukan merupakan ilmu statistika murni melainkan ilmu statistika terapan.


Data Scientist vs Statistik


Ilmu data tidak boleh disalahartikan sebagai statistik. Meskipun kedua bidang ini menggabungkan keterampilan yang sama dan berbagi tujuan yang sama (seperti menggunakan sejumlah besar data untuk mencapai kesimpulan), keduanya unik dalam satu aspek yang jelas. Ilmu data, yang merupakan bidang baru, sangat didasarkan pada penggunaan komputer dan teknologi. Ini mengakses informasi dari database besar, menggunakan kode untuk memanipulasi data, dan memvisualisasikan angka dalam format digital.




Statistik, di sisi lain, umumnya menggunakan teori yang mapan dan lebih berfokus pada pengujian hipotesis. Ini adalah disiplin yang lebih tradisional yang, dari perspektif yang luas, sedikit berubah selama 100 tahun terakhir atau lebih, sementara ilmu data pada dasarnya berkembang dengan meningkatnya penggunaan komputer.


Bagaimana Menjadi Data Scientist


Ada tiga langkah umum untuk menjadi ilmuwan data:


  • Dapatkan gelar sarjana di bidang IT, ilmu komputer, matematika, fisika, atau bidang terkait lainnya
  • Dapatkan gelar master di bidang data atau bidang terkait
  • Dapatkan pengalaman di bidang yang ingin Anda geluti (mis: perawatan kesehatan, fisika, bisnis).


Persyaratan Pendidikan Data Scientist


Ada banyak jalan untuk mendapatkan karir di bidang data science, tetapi untuk semua maksud dan tujuan, sangat tidak mungkin untuk memulai karir di lapangan tanpa pendidikan perguruan tinggi. Anda akan, paling tidak, membutuhkan gelar sarjana empat tahun. Namun, perlu diingat bahwa 73% profesional yang bekerja di industri ini memiliki gelar sarjana dan 38% memiliki gelar PhD. Jika tujuan Anda adalah posisi kepemimpinan tingkat lanjut, Anda harus mendapatkan gelar master atau doktor.




Beberapa sekolah menawarkan gelar ilmu data, yang merupakan pilihan yang jelas. Gelar ini akan memberi Anda keterampilan yang diperlukan untuk memproses dan menganalisis kumpulan data yang kompleks, dan akan melibatkan banyak informasi teknis yang terkait dengan statistik, komputer, teknik analisis, dan banyak lagi. Sebagian besar program ilmu data juga memiliki elemen kreatif dan analitis, yang memungkinkan Anda membuat keputusan penilaian berdasarkan penelusuran Anda.


Jalur Karir Data Scientist


Meskipun Anda mungkin memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi ilmuwan data setelah lulus kuliah, tidak jarang orang membutuhkan beberapa pelatihan kerja sebelum mereka berangkat dan menjalankan karier mereka. Pelatihan ini sering kali berpusat pada program khusus dan sistem internal perusahaan, tetapi mungkin mencakup teknik analitik tingkat lanjut yang tidak diajarkan di perguruan tinggi.





Dunia ilmu data adalah bidang yang selalu berubah, sehingga orang yang bekerja di bidang ini perlu terus memperbarui keterampilannya. Mereka terus dilatih untuk tetap menjadi yang terdepan dalam informasi dan teknologi.


Pekerjaan Ilmuwan Data


Ilmuwan data bekerja di banyak pengaturan yang berbeda, tetapi sebagian besar dari mereka akan bekerja di pengaturan seperti kantor yang memungkinkan orang untuk bekerja sama dalam tim, berkolaborasi dalam proyek, dan berkomunikasi secara efektif. Sebagian besar pekerjaan mungkin termasuk mengunggah nomor dan data ke dalam sistem atau menulis kode untuk program yang akan menganalisis informasi.


Kecepatan, suasana, dan tempo lingkungan kerja akan sangat bergantung pada perusahaan dan industri tempat Anda bekerja. Anda dapat bekerja di lingkungan kerja yang serba cepat yang menekankan hasil cepat, atau Anda dapat bekerja untuk organisasi yang menghargai kemajuan yang lambat, metodis, dan terperinci.


Anda mungkin menemukan lingkungan kerja yang dirancang untuk mendorong pemikiran kreatif, atau Anda dapat bekerja di kantor yang dirancang untuk efisiensi dan efektivitas; itu sangat tergantung pada jenis ilmu data yang Anda lakukan dan sifat bisnis tempat Anda bekerja.


Pro kontra


Ada banyak manfaat menjadi ilmuwan data, dan itu tidak semua hanya di nilai seputar pada gaji. Pekerjaan adalah karir yang unik namun menantang yang menawarkan berbagai macam tugas sehari-hari, dan keragaman ini sering disebut sebagai salah satu manfaat utama. Sebagai data scientist, Anda dapat bekerja untuk berbagai perusahaan, menghasilkan solusi dan informasi yang berkaitan dengan retensi pelanggan, pemasaran, produk baru, atau solusi bisnis umum. Ini berarti Anda dapat terlibat dalam topik dan subjek unik dan menarik yang memberi Anda perspektif luas tentang ekonomi dan dunia pada umumnya.


Sama seperti karir apa pun, ada beberapa kelemahan yang jelas. Meskipun variasi mata pelajaran yang ekstrem memberi Anda tantangan baru, itu juga bisa berarti bahwa Anda tidak pernah bisa sepenuhnya menyelami topik tertentu. Teknologi yang Anda gunakan akan terus berkembang, sehingga Anda mungkin menemukan bahwa sistem dan perangkat lunak yang baru Anda kuasai tiba-tiba menjadi usang. Sebelum Anda menyadarinya, Anda perlu mempelajari sistem yang sama sekali baru. Hal ini juga dapat menyebabkan banyak kebingungan, karena sangat sulit menentukan sistem mana yang terbaik untuk pekerjaan tertentu.


Gaji Data Scientist


Tidak peduli sumber apa yang Anda lihat, satu hal yang pasti: para profesional ini akan mendapatkan penghasilan yang besar. Sumber terbaik untuk gaji karir adalah Biro Statistik Tenaga Kerja, tetapi sayangnya mereka tidak mengumpulkan informasi untuk ilmuwan data secara khusus. Namun, mereka memiliki informasi tentang "Ilmuwan Riset Komputer dan Informasi", yang mencakup apa yang mereka sebut "penggalian data," suatu keterampilan yang mencerminkan ilmu data dalam banyak cara. Menurut BLS, orang yang bekerja sebagai ilmuwan riset komputer dan informasi memperoleh pendapatan rata-rata $ 108,360 per tahun, dan semua pekerjaan yang berhubungan dengan komputer menghasilkan rata-rata $ 79,390. Lihat laporan BLS tentang data besar di sini.





Angka-angka ini tampaknya berkorelasi dengan angka upah dari sumber lain juga. Glassdoor melaporkan gaji rata-rata $ 113,436 sementara PayScale memiliki penghasilan mereka di $ 93.146. Seorang ilmuwan data dengan pengalaman 9 tahun atau lebih dapat mengharapkan gaji sekitar $ 150.000 dan tim pengelola yang terdiri dari sepuluh orang atau lebih dapat mengharapkan penghasilan mendekati $ 232.000.


Dari sumber mana pun yang Anda lihat, Anda dapat melihat keterampilan tingkat lanjut ini sangat diminati. Jika Anda memiliki keterampilan, pelatihan, dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi seorang data scientist, kemungkinan besar Anda akan memperoleh penghasilan yang cukup besar selama karier Anda. Ada lebih banyak kabar baik juga, karena para profesional ini akan sangat diminati di masa mendatang.


sumber: dari berbagai artikel

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Penulis



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

Site View

Categories

555 (8) 7 segmen (3) adc (4) amplifier (2) analog (15) android (12) antares (3) arduino (21) artikel (11) attiny (2) attiny2313 (19) blog (1) bluetooth (1) cmos (2) crypto (2) dasar (44) digital (1) display (3) esp8266 (25) euro2020 (13) gcc (1) iklan (1) infrared (2) Input Output (3) iot (44) jam (6) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (16) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (7) lain-lain (8) lcd (2) led (14) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (68) micropython (6) mikrokontroller (12) mikrotik (5) mqtt (1) ninmedia (3) ntp (1) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (78) pcb (2) power (1) praktek (2) project (33) proyek (1) python (3) radio (15) raspberry pi (4) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (3) signage (1) sinyal (1) sms (6) software (18) solar (1) solusi (1) tachometer (2) technology (1) teknologi (2) telegram (2) telepon (9) televisi (145) television (28) transistor (2) troubleshoot (3) tulisan (83) tutorial (80) tvri (2) vu meter (2) vumeter (2) wav player (3) wayang (1) wifi (3)

Arsip Blog

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika