Semua Akan Digital Pada Akhirnya... Dari Audio, Video, TV, Kontrol, Keuangan, Kesehatan dan Sebagainya. Blog Ini Ditujukan Buat Kamu Yang Ingin Belajar Dasar Digital Dan Yang selalu Bertanya, Kenapa Bisa Begini Dan Harus Begitu ?

Rabu, 09 Juni 2021

Kisah Atari Dari Perusahaan GAME Paling Berkembang - Sampai Hanya Jadi Merek Jadul Yang Terlupakan

Pada awal 1980-an sebuah teknologi baru yang disebut video game telah mengubah wajah bisnis amerika, dan nama terbesar di industri saat itu adalah ATARI. Hanya dalam tiga tahun pendapatan tahunan mereka telah meningkat dari 75 juta dolar hingga naik jadi 2 miliar dolar amerika. Ini menjadikan atari perusahaan yang tercepat perkembangannya dalam sejarah Amerika Serikat. Tapi hari ini Atari tidak lebih dari sisa ampas dari  kejayaan masa lalu yang tertinggal hanya nama merek saja.  Jadi apa yang salah pada Atari ?



Di tahun 1960-an, seorang calon insinyur elektronik muda bernama nolan bushnell sedang kuliah di universitas utah dan  di sini dia bersentuhan dengan mesin yang disebut "Space War" yang adalah video game pertempuran yang dikembangkan pada tahun 1962 oleh steve russell pada komputer dec pdp-1. Universitas tempat nolan kuliah juga memiliki pdp-1 jadi  tidak butuh waktu lama untuk permainan ini tiba di kampusnya.   

Ketika nolan bushnell pertama kali memainkan game itu dia langsung menyadarinya potensi ekonomi jika ini dioperasikan dengan koin. Kata yg tepat adalag sebuah pencerahan, katanya.  "Saya pergi ke  lab dan di sana di layar ada gamenya perang luar angkasa, tetapi saya belum pernah mendengarnya dan saya melihatnya saat itu  dan kebetulan saya adalah manajer departemen game di laguna, taman hiburan lokal musim panas. Dan  itu salah satu cara saya membiayai diri saya kuliah di perguruan tinggi"





"Saya tahu bahwa jika saya memiliki layar itu di arcade tempat hiburan saya bekerja, itu akan menghasilkan uang, saya tahu   itu. Tapi kemudian kamu melakukan hitungan matematika dan kamu tahu  harga sejuta dolar untuk komputer dan 25 sen untuk sekali bermain   dan  itu hitungan matematika kurang pas. Tetapi saya tahu biaya pembuatan komputer terus-menerus turun dan saya yakin bahwa kurva akan sampai di titik persimpangan yg tepat" , jelas nolan.


Dan itu terjadi pada tahun 1972, noland bersama temannya Ted Dabney akan memulai sebuah perusahaan untuk mewujudkan hal yg menjadi  mimpi mereka, mendirikan perusahaan di bawah   nama ATARI. Kata ini adalah istilah yang mirip dengan skakmat di  permainan catur cina kuno yang mana mereka berdua penggemar permainan itu.




Produk pertama atari adalah video game komersial pertama di dunia arcade yang disebut "Computer Space"  tapi sayangnya itu tidak membawa banyak kesuksesan bagi mereka.   Selanjutnya pasangan itu menyewa Al Alcorn sebagai insinyur desain yang menciptakan game PONG.



Mesin atari pong pertama diselesaikan pada agustus 1972 dan ditempatkan di sebuah bar di sunnyvale  California, namun alcorn menerima panggilan hanya beberapa hari kemudian bahwa mesinnya rusak, ini tampak seperti awal yang buruk untuk atari. Mereka bahkan tidak dapat membuat mesin yang bekerja selama lebih dari beberapa hari. Masalah ternyata sebenarnya mekanisme koin telah kebanjiran dengan koin karena begitu banyak orang ingin bermain. Kata lain permainan itu sebenarnya terlalu sukses dan dari sini atari telah melesat cepat. 


"Itu seperti pesta besar di jam 6 sore,  semua eksekutif berusia akhir 20-an awal 30-an. Sebagian besar karyawan  berusia  20 hingga 23 , wow ! " Nolan menjelaskan.


Pong sangat sukses sehingga pada tahun 1974,  8.000 mesin pong dipasang di taman hiburan, restoran  dan bar di seluruh dunia. Namun segera setelah memulai kesuksesan  perusahaan dabney dan bushnell mulai memiliki perbedaan yang akhirnya menyebabkan itu jatuh dan dabney menjual saham dan pindah keluar pada tahun 1975. Atari sekarang dipimpin oleh nolan bushnell sendirian berencana untuk membawa video game ke konsumen di rumah tangga. 



Perusahaan mengembangkan video atari sistem komputer konsol rumah berbasis kartrid itu menggunakan yang baru tersedia   Mikroprosesor 8-bit teknologi mos 6502. Sayangnya atari tidak memiliki kemampuan untuk memproduksi konsol untuk komersial.  Ini mendorong bushnell untuk membuat keputusan yang selamanya akan mengubah nasib atari. Dia menjual atari ke konglomerat hiburan Warner Communications di tahun  1976 untuk sebuah angka fantastis  28 juta dolar. 

Sementara  semua ini terjadi, ada serangkaian kejadian lain  secara bersamaan berlangsung yaitu sejarah awal munculnya komputer apel.

"Steve jobs menemukan atari dan dia dipekerjakan oleh al alcorn dan sore itu  dia datang ke kantor saya dan dia berlagak seolah-olah itu adalah hal yang dikuasai benar oleh dia, dan hari pertama saya bilang hai ada apa dia bilang saya pikir kamu punya  perusahaan yang benar-benar hebat, luar biasa, dia sering menggunakannya dan dan dia bilang saya pikir semuanya cukup bagus tapi  saya telah melihat koneksi solder kamu dan mereka benar-benar jelek "



Diketahui secara luas bahwa steve jobs bekerja untuk atari sebelum memulai apple,  tapi tahukah kamu bahwa di atari itulah pondasi kesuksesan apple   pertama kali diletakkan semuanya dimulai ketika nolan bushnell datang   dengan konsep untuk game breakout tetapi tidak dapat menemukan insinyur yang bersedia merancang prototipe game. Ia kemudian pergi ke steve jobs seorang teknisi tingkat rendah saat itu, bekerja shift malam di atari. 

"Saya tidak melihat pekerjaan steve yang buruk tetapi dia menyebabkan cukup banyak masalah sehingga saya  semacam menempatkan dia di shift malam" 

Teknologi yg tidak ada  pada masa itu atau mungkin karena microchip sangat mahal  dan nolan bushnell menawari steve jobs bonus 100 dolar untuk setiap chip yang dia berhasil hilangkan dari rancangan konsep gamenya dan pada saat inilah steve melakukan sesuatu yang sangat tidak terhormat, membajak temannya steve wozniak yang saat itu bekerja di hewiletpackard. Wozniak akan membantunya membuat   prototipe hanya dalam empat hari dan untungnya wozniak bisa menyelesaikannya   prototipe dalam empat hari dengan mengorbankan waktu tidurnya. Jobs dibayar   bonus 5000 dolar tetapi wozniak yang telah melakukan semua pekerjaan  hanya dibayar 375 dolar.




Breakout diluncurkan pada bulan April 1976 hanya beberapa hari setelah jobs dan wozniak mendirikan perusahaan komputer Apel.  Wozniak punya satu mimpi meskipun dia ingin memainkan versi breakout  ditulis sepenuhnya dalam bahasa pemrograman Basic, komputer pertama mereka  apple one tidak bisa melakukan ini jadi wozniak ingin membuat komputer baru untuk mencapai tujuan ini. Dia memasukkan fitur seperti perintah grafis berwarna, graphic  sirkuit untuk pengontrol pedal dan speaker .  Komputer ini akan disebut apple ii dan itu sukses instan.



Dan seperti yang kita tahu kelanjutanya adalah sejarah yang fenomenal tercipta. Apple ii sebenarnya awalnya dijual dengan dua pengontrol pedal untuk dimainkan bersama game  breakout. Mengutip wozniak banyak fitur  yang   benar-benar membuat apple ii menonjol pada zamannya, berasal dari game yang bernama breakout tentu saja.   

Sementara itu kembali di atari nolan bushnell mengalami perselisihan dengan perusahaan Warner dan meninggalkan atari pada tahun 1978. Tahun berikutnya Warner menyewa ray kazar untuk   mengambil alih sebagai ceo atari. Sekarang didukung dengan uang dari  perusahaan media Warner, perusahaan akan membuat konsol atari 2600.




Atari 2600 memiliki joystick keren dan kartrid game yang dapat diganti  dan dengan demikian memulai era baru dalam industri video game,   dengan Warner communication sebagaipemodalnya, fokus atari beralih dari kreativitas  menjadi fokus pada pemasaran. Departemen r & d dirampingkan dan  diganti dengan sebagian besar staf pemasaran. Langkah itu membuahkan hasil meskipun penjualan  atari 2600 mulai naik pada tahun 1979 mencapai 1  uta penjualan dan kemudian 2 juta tahun berikutnya dan akhirnya menghasilkan 10 juta dalam penjualan tahunan di 1982. 

Atari 2600 adalah game konsol terlaris  saat itu, pendapatan atari merupakan 70 % dari Laba yg dihasilkan perusahaan warner . Pada awal 1980-an pasar video game sedang booming  dan atari adalah raja video game yang tak terbantahkan yang menghasilkan jumlah yang uang dan tidak ada yang seperti itu sebelumnya di industri mana pun. Selain itu   ada kecenderungan tumbuh terlalu cepat untuk keberlanjutan  bisnis game yang sebenarnya masih sangat muda dan tidak ada yang benar-benar yakin  apa yang diinginkan pengguna atau cara memonetisasi produk dengan benar. Atau  bagaimana bahkan memberi penghargaan kepada karyawan mereka dengan benar.

Tapi untuk saat ini semua pasar video game yg tampak hanya uangnya dan lebih banyak perusahaan berusaha menyaingi. Atari 2600 yang dominan juga bersaing dengan banyak konsol rumahan seperti magnavox odyssey, coleco vision dan mattel intelivision. Saat uang mengalir ke industri itu bukan hanya perusahaan elektronik dan mainan yang ada di pasar, banyak perusahaan akan beralih industri hanya untuk menghasilkan uang dengan cepat dan kemudian pasar menjadi sangat jenuh dengan konsol game dan masih banyak lagi yang terus datang sementara semua konsol game ini   tiba-tiba menemukan diri mereka bersaing denga  teknologi baru lainnya, komputer pribadi.

PC memiliki lebih banyak utilitas daripada konsol game, mereka juga bisa menjadi mesin bisnis.  Komputer pribadi juga menampilkan memori jangka panjang yang  berarti game bisa disimpan alih-alih memulai lagi dari awal.  Setiap kali harga komputer menjadi terjangkau, ada kesadaran bahwa  membeli komputer rumah akan lebih masuk akal. Ini akan merusak daya tarik konsol game. 

Keadaan saat itu di industri video game itu tidak biasa untuk satu programmer untuk membuat seluruh game. Atas upaya mereka, programmer akan tidak dikenali oleh "kredit / tulisan penciptanya". atari tidak mengisinkan karena atari ingin menjadi satu-satunya pencipta yang terkait dengan pekerjaan apa pun yang dilakukan. Di permainan apa pun pekerjaan yang dilakukan individu hanyalah bagian mereka sebagai roda penggerak mesin. Seorang programmer biasanya hanya akan membuat   dua puluh hingga tiga puluh ribu dolar setahun bahkan jika game itu terus terjual jutaan eksemplar .




Beberapa tahun sebelumnya pada tahun 1979 beberapa programmer merasa sudah muak. Tahun itu david crane, larry kaplan, bob whitehead dan alan miller, semua meninggalkan  atari untuk memulai perusahaan mereka sendiri yang mereka sebut Activision. Atari dan yang lainnya menjual konsol mereka dengan harga murah tetapi diharapkan menghasilkan uang kembali pada penjualan game. 

Namun sekarang dengan munculnya activision, ketika salah satu dari game mereka dijual untuk konsol atari,   atari tidak akan mendapatkan sepeser pun. Secara instan model bisnis atari hancur, jadi tentu saja mereka menggugat activision tapi untungnya bagi konsumen atari kalah dalam pengadilan. Sekarang pintu terbuka bagi siapa saja untuk membuat  game untuk konsol rumah. Ini akan menjadi kebangkitan pihak ketiga sebagai pembuat game. Sekali lagi semua orang ikut-ikutan.

Jadi bukan hanya pasar yang jenuh, konsol yang berbeda - beda lalu sekarang benar-benar dibanjiri oleh perusahaan game yang tidak memiliki pengalaman dunia hiburan apa pun.   Pada satu titik quaker oat dan purina, ya perusahaan makanan hewan mulai membuat video game karena itu adalah tambang emas yang tak ada habisnya.  Segera lebih banyak programmer akan meninggalkan perusahaan induk mereka untuk membuatnya sendiri.  Programmer terbaik atari akan pergi untuk bergabung dalam aksi   karena semakin banyak game yang dibuat, kualitasnya turun.



Atari ingin terus menghasilkan uang dan memperoleh lisensi untuk sensasi arcade saat itu "pac-man". Eksekutif atari menginginkan versi   pac-man untuk atari 2600 dan ini sepertinya ide yang bagus,  tapi ada satu masalah atari hanya mendapat lisensi di akhir tahun, tapi tetap saja ingin game keluar sebelum natal. Ini memberi programmer hampir tidak ada waktu istirahat untuk membuat game, selain itu mereka menghubungi pihak luar.  

Freelancer datang dan mereka setuju untuk membayarnya biaya royalti untuk setiap unit yang diproduksi bukan setiap unit yang terjual, dan setelah diproduksi atari memperkirakan 12 juta penjualan jadi mereka sudah  berjanji untuk membuat 12 juta kopi untuk semua orang. Jadi programmer yang beruntung sudah mendapatkan gaji besar sebelum perusahaan untung, bahkan ini tidak cukup memberi mereka banyak insentif untuk membuat game yang bagus terutama karena mereka tidak punya cukup waktu untuk membuat permainan yang bagus. 

Ini pula hasilnya tak tanggung-tanggung menjadi  malapetaka, gamenya lambat dan jelek dan hampir tidak mirip game aslinya yg dulu membuat orang jatuh cinta. Atari membuat 12 juta kopi dan terjual 7  juta, jadi pada akhirnya itu terjual dengan baik tetapi mereka   masih memiliki 5 juta kartrid yang tidak terjual di gudang. Rupanya mereka tidak belajar apapun, para eksekutif bisnis menandatangani kesepakatan lain, kali ini dengan steven spielberg untuk membuat game et, berjanji untuk menjadi salah satu film terbesar tahun ini dan itu dianggap bahwa permainan berdasarkan film laris itu akan terjual dengan baik.



Sekali lagi ini adalah ide yang bagus, tapi sekali lagi atari mengacau, mereka hampir tidak memberi programmer mereka  waktu cukup, enam minggu untuk merancang pembuatan dan pengiriman uji kualitas.  Jadwal yang benar-benar gila dan saat game mulai dijual, pikir atari  konsumen akan melihat nama ET dan mengantri untuk membeli gamenya. Akan tetapi setelahnya pengalaman mereka dengan dilema pac-man, para penggemar menunggu untuk melihat apakah permainannya bagus dan  itu bukan  benar-benar apa yang terjadi. 

Game ET dikenal sebagai salah satu yang terburuk dari "hiburan interaktif" yg pernah dijadikan sebagai hadiah natal, yang seperti diinginkan semua orang tetapi tidak ada yang menyukainya. Pada satu titik segalanya menjadi sangat buruk sehingga dari 4 juta kopi game yang dikirimkan oleh atari,   3,5 juta dari itu dikembalikan dan ini ditambahkan ke tumpukan permainan pacman, teronggok di gudang. Jadi atari membuat game yang mengerikan dan menjualnya dengan harga normal, sementara pesaing juga membuat  game yg sama mengerikan tapi menjualnya dengan harga murah.  

Pada dasarnya pasar mulai dilenyapkan, semuanya memuncak pada bulan desember 1982 dengan laporan laba rugi atar, mereka memberi tahu pemegang saham bahwa karena semua faktor yang sangat negatif ini,  perusahaan masih akan tumbuh sebesar 10 hingga 15 persen dan itu terdengar hebat.  Tetapi masalahnya adalah sebelum pengumuman, mereka memberi tahu pemegang saham bahwa  mereka mengharapkan pertumbuhan 50 % dan itu adalah kejutan besar untuk Wall Street dan laporan penghasilan ini meruntuhkan  penjualan pasar konsol dan game di sini.   



Pasar yang terlalu jenuh terjadi di seluruh dunia  selama beberapa dekade, rumor beredar puluhan juta  kartrid game atari yang tidak terjual semuanya dikirim ke tempat pembuangan sampah di new mexico dan sebuah buldoser mengubur dan menutupinya dengan semen. Laporan ini sebenarnya terbukti benar pada pada tahun 2014,  ketika suatu lokasi di new meksiko digali.

Atari telah menjadi panji permainan   revolusi dan pernah menjadi perusahaan dengan pertumbuhan tercepat dalam sejarah Amerika   tapi sekarang hutangnya 500 juta dolar.  Analis memperkirakan akhir dari industri game, yang mereka katakan investor dan pengecer sama-sama bahwa mereka harus mencari uang di tempat lain.  Akan  tetapi teknologi kecil dan baru yang disebut video game ini berjuang di dunia PC dan perlahan-lahan terus menjadi lebih kuat. Atari juga melanjutkan bisnis di PC setelah memasuki bisnis pc mereka menjadi cukup sukses di eropa dengan komputer Atari ST mereka yang dirilis pada tahun 1985.




Dipuji sebagai alat luar biasa di kancah musik elektronik, ini sebagian besar berkat kemampuan midi Atari ST,  fitur yang hanya ditemukan di studio rekaman mahal saat itu. Komputer Atari ST digunakan oleh produser musik seperti fat boy slim, tangerine dream dan derude. Meskipun bersaing dengan amiga komodor dan macintosh atari tidak mendapatkan banyak pangsa pasar pada akhirnya  pada tahun 1993 atari ingin mengejutkan dunia dengan konsol jaguarnya.  Konsol itu dijanjikan untuk menjadi konsol game 64-bit dan dengan lima yang berbeda,   prosesor itu akan menjadi binatang buas tetapi di  kenyataannya itu memiliki kinerja rata-rata yg mahal, sulit untuk membuat kode game yang berarti lebih sedikit game untuk konsumen dan terakhir pengontrolnya buruk. Menerima semua kegagalan, konsol jaguar  pada dasarnya menjadi mantra akhir untuk bisnis perangkat keras atari.

Sebelum kita selesai mari kita lihat beberapa fakta tentang atari. Meskipun atari tidak dapat mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar untuk video game, kontribusi mereka sangat besar dan begitu   ikonik. Bahwa pada tahun 2007 atari 2600 ditambahkan ke hall of fame mainan nasional  di new york berbagi kehormatan dengan orang-orang seperti kubus rubik dan lego. 

Selain memiliki hubungan dengan apple atari juga memiliki koneksi dengan microsoft, dimana   atari membayar bill gates untuk memprogram basic ke salah satu komputer atari dan Bill Gate terus melewatkan tenggat waktu dan akhirnya harus dipecat




Adalah fakta yang terkenal bahwa setelah hadirnya perusahaan game jepang nintendo, yaitu NES nintendo entertainment system, kemudian menggantikan posisi atari 2600.  Namun sedikit orang yang tahu bahwa nes   ampir menjadi produk atari sebelum sebuah kecelakaan. Nintendo mendekati atari mereka ingin merilis konsol dengan merek atari.   Pada akhirnya untungnya untuk nintendo kesepakatan itu gagal. 

Begitu banyak dari kamu mungkin bertanya-tanya apa yg terjadi pada nolan bushnell setelah dia meninggalkan atari.   Nah ternyata dia melanjutkan untuk memulai chuck e cheese,  dia berpikir bahwa restoran pizza akan menjadi bisnis yang sederhana untuk memulai. Hal  menariknya ketika dia telah membeli kostum untuk maskotnya,  noland mengira itu adalah coyote tetapi ketika kostumnya dipakai ternyata itu tikus dan   dia memutuskan untuk menamai restoran rick ratz pizza. Tetapi tim pemasaran berpikir bahwa tikus akan memiliki konotasi yang buruk untuk restoran pizza untuk alasan yang jelas  dan dengan itu bisa "dihubungkan" menjadi kesimpulkan bagaimana kejadian naik turunnya atari.




Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Penulis



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

Site View

Categories

555 (8) 7 segmen (3) adc (4) amplifier (2) analog (15) android (12) antares (3) arduino (21) artikel (11) attiny (2) attiny2313 (19) blog (1) bluetooth (1) cmos (2) crypto (2) dasar (44) digital (1) display (3) esp8266 (25) euro2020 (13) gcc (1) iklan (1) infrared (2) Input Output (3) iot (44) jam (6) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (16) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (7) lain-lain (8) lcd (2) led (14) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (68) micropython (6) mikrokontroller (12) mikrotik (5) mqtt (1) ninmedia (3) ntp (1) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (78) pcb (2) power (1) praktek (2) project (33) proyek (1) python (3) radio (15) raspberry pi (4) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (3) signage (1) sinyal (1) sms (6) software (18) solar (1) solusi (1) tachometer (2) technology (1) teknologi (2) telegram (2) telepon (9) televisi (145) television (28) transistor (2) troubleshoot (3) tulisan (83) tutorial (80) tvri (2) vu meter (2) vumeter (2) wav player (3) wayang (1) wifi (3)

Arsip Blog

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika