Semua Akan Digital Pada Akhirnya... Dari Audio, Video, TV, Kontrol, Keuangan, Kesehatan dan Sebagainya. Blog Ini Ditujukan Buat Kamu Yang Ingin Belajar Dasar Digital Dan Yang selalu Bertanya, Kenapa Bisa Begini Dan Harus Begitu ?

Senin, 28 Juni 2021

MotoGP Trans7 Di Acak Biss - Akhirnya Perang Konten Antar Pay TV Lengkap Sudah

Setelah hampir 20 tahun Trans7 menghadirkan MotoGP dilayar TV, kini para penonton yg setia menggunakan satelit dan pay tv diluar group Transmedia harus rela layar TV nya GELAP karena feed Trans7 dari Telkom 4 di acak menggunakan BISS. Penasaran berapa sih kode biss key nya Trans 7 di satelit Telkom 4 ? Baca sampai habis ya..



Kenapa sih harus diacak? Kan padahal sebelumnya aman saja dan pihak Dorna pun sebagai pemilik hak siar MotoGP tidak mensyaratkan siaran satelit TRANS7 harus di enkripsi? Ini ujung perang konten yg sebenarnya dimulai semenjak hadirnya NINMEDIA melalui slogan TV satelit GRATIS. Semenjak hadir di 2016, ninmedia mengambil sisi "RECEH" dari dunia televisi dengan menonjolkan siaran TV lokal GRATIS untuk masyarakat kecil. Kita flashback yuk apa yg terjadi sampai akhirnya siaran Moto GP TRANS 7 diacak.


Ninmedia merelay tidak sah RCTI-MNC-GTV dengan Receiver Rekomendasi


RCTI saat ada di ninmedia

Sekitar bulan desember 2017 RCTI mulai hadir di ninmedia melalui satelit chinasat 11, dan penulis sangat ingat keanehan yg terjadi dimana audionya tidak sinkron alias delay 3 detik. Berbagai analisa pun dilakukan oleh para penggila satelit saat itu dan mendapatkan solusinya dengan menggunakan receiver kelas atas yaitu kaonsat yg ada fasilitas TS delay sehingga videonya dilambatkan 3 detik untuk mengimbangi suara. Dan itu menyebabkan receiver kaonsat yg juga bagus untuk tiket FLY jaman itu menjadi laris di berbagai online shop.

Namun kemudian munculah receiver khusus yg disediakan oleh ninmedia dengan nama pasarannya : RECEIVER REKOMENDASI, padahal sebelumnya manajemen ninmedia menyatakan dan bersikukuh kalau siaran satelitnya dapat diterima oleh receiver FTA. Receiver ini menjadi laris karena semua siaran lancar tanpa delay. Ya namanya saja bisnis ya harus cari untung, apalagi ketika trik delay ini berhasil dioprek oleh programer SKYBOX dan delaynya sembuh.

Skybox laris dipasaran dengan menjadikan keberhasilan mengatasi delay MNC group sebagai nilai jual. Namun ini tidak lama, ya gak mau rugilah pihak ninmedia akibat penjualan STB rekomendasinya merosot tajam. Munculah trick dengan merusak suara menjadi CEKOT-CEKOT dimana dari analisa saya kala itu adanya stream audio kedua yg merusak audio aslinya. Al hasil penjualan receiver rekomendasi yg harganya kemahalan itu menjadi naik lagi.

Namun ini tercium pihak MNC bersamaan dengan jebloknya pemasangan parabola mini mereka bahkan banyak parabola ex Indovision yg dimodif menjadi ku band untuk ninmedia. Akhirnya mulai 2018 RCTI mengenkripsi siaran di satelit palapa mulai pukul 5 sore sampai sinetron berakhir pukul 10 malam. Luar biasa hebohnya dunia satelit kala itu.


MNC VISION mengeklusifkan RCTI - MNC TV - GTV dan berbagi ke KVISION




MNC group menjadi tersadarkan kekuatan sinetron mereka yg laris manis dipasaran dan menjadikan ini sebagai nilai jual eksklusif. Siaran mereka yg di satelit sekarang menjadi 24 jam encrypted dan hanya bisa di tonton melalui STB rekomendasi nya K-vision GOL. Wahhh semakin seru saja kejadian di 2018 ini yg mengakibatkan ninmedia kehilangan pasar akibat tidak bisa merelay tv kesayangan masyarakat.

Parahnya lagi kemudian Ninmedia mendapat gugatan hukum oleh MNC karena dianggap melakukan relay siaran RCTI-MNC-GTV secara tidak sah. Ujungnya Ninmedia kalah di pengadilan dan menjadi oleng setelahnnya harus bergeser satelit ke asiasat 9 dan akhirnya kehilangan hak relay siaran milik EMTEK (SCTV INDOSIAR) karena tidak ada kesepakatan barter konten siaran. 


Transvision dan Emtek/NexParabola Boleh Relay Asal Barter Siaran


Nah ini kelanjutan yg kurang sehat karena akhirnya MNC group diikuti oleh eksklusifnya SCTV-INDOSIAR di jalur parabola mini. Sebenarnya Transvision menganggap ini kurang etis karena siaran FTA yg hadir dimasyarakat haruslah gratis tanpa melihat dari jalur apa mereka menontonnya.

Satelit C band memang tidak diacak oleh trans dan emtek , namun ketika RCTI berani mengacak di telkom maka kegatelan untuk mengeksklusifkan semua siaran mungkin saja ada dibenak para pemilik stasiun. Tapi ini masih dipahami terlalu kejam, namun ketika TRANS tidak mendapatkan penonton saat musim bola 2021 hal yg tak mengenakkan terjadi.


EURO & COPA America di 2021  Membuat Transmedia gak kebagian penonton




Nah..akhirnya pada tanggal 27 juni 2021, saat para pengguna parabola ingin menonton siaran MotoGP Assen jam 6 sore, tiba-tiba layar diatas muncul. Ketakutan saya akan munculnya kejengkelan dari pihak transmedia yg gak dapat penonton pay tv saat musim bola menjadi terbukti. Walau di forum parabola akhirnya bisa mengkodekan BISS nya untuk satelit Telkom 4 - C band, namun untuk pengguna pay tv hal ini terasa mustahil karena walaupun teknisinya bisa membuka biss nya, namun ini adalah hal ilegal.




Penulis masih menunggu apa yg dimaksud oleh trans group ini, apakah minta jatah siaran bola atau ingin pamer kekuatan bahwa : KONTEN DI TV SAYA JUGA BELI MAHAL KOK! Nah kalau semua berpikiran begini, harus bayar untuk langganan FOX SPORT demi tayangan MotoGP, ya sebaiknya kita kembali ke antena UHF lagi yuk menggunakan STB DIGITAL.




Untuk panduan, kami telah review beberapa merek STB digital yg sudah ada di pasaran dan anda kini bisa bandingkan sesuai fasilitas dan keunggulannya :


Matrix Apple     - Polytron PDV 600T2   - Venus Cabe Rawit  - Evinix H-1  - Akari ADS-2230


Bagi anda yg berada di lokasi lain di Nusantara dapat juga membaca update perkembangan  migrasi TV digital di  kota-kota besar seluruh Indonesia :

Surabaya  MNC  ,  EMTEK , VIVA )

Malang

Jember 

Kediri

Jombang & Mojokerto

Madiun

Jogja

Semarang

Banjarmasin

Makasar

Medan

Palembang

Perbatasan Malaysia





Namun buat yg butuh banget, ini nih BISS KEY Trans 7 di Telkom 4 : 76 A4 78 92 46 C4 3E 48





Cara memasukkan BISS KEY bisa dibaca disini : https://www.aisi555.com/2021/06/cara-memasukkan-biss-key-di-berbagai.html


Share:

13 komentar:

  1. Parah nenmedia...
    Semua terjadi karena ulahnya..

    BalasHapus
  2. Parahnya pengguna STB K-Vision juga kna dampaknya.
    Kan STB recomendasi,kena acak juga.
    Parah..parah..

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Aku sebagai pengguna k vision ikut merasa dirugikan

    BalasHapus
  5. Sangat kecewa siaran MotoGP di acak!

    BalasHapus
  6. Pengguna k-vision sangat sangat dirugikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. K vision aman, cums pakai metode scan ulang tp 4060 v 31k bisa nonton motogp secara free

      Hapus
  7. Kecewa.....
    Bangeeeet.sumpah dh...

    BalasHapus

Kontak Penulis



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

Site View

Categories

555 (8) 7 segmen (3) adc (4) amplifier (2) analog (15) android (12) antares (3) arduino (21) artikel (11) attiny (3) attiny2313 (19) blog (1) bluetooth (1) cmos (2) crypto (2) dasar (45) digital (1) display (3) esp8266 (25) euro2020 (13) gcc (1) iklan (1) infrared (2) Input Output (3) iot (44) jam (7) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (16) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (7) lain-lain (8) lcd (2) led (14) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (70) micropython (6) mikrokontroller (12) mikrotik (5) mqtt (1) ninmedia (3) ntp (1) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (78) pcb (2) power (1) praktek (2) project (33) proyek (1) python (3) radio (15) raspberry pi (4) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (3) signage (1) sinyal (1) sms (6) software (18) solar (1) solusi (1) tachometer (2) technology (1) teknologi (2) telegram (2) telepon (9) televisi (145) television (28) transistor (2) troubleshoot (3) tulisan (83) tutorial (80) tvri (2) vu meter (2) vumeter (2) wav player (3) wayang (1) wifi (3)

Arsip Blog

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika