Semua Tentang Belajar Teknologi Digital Dalam Kehidupan Sehari - Hari

Kamis, 25 Juni 2020

[IOT Itu Gampang] BUG pada Library antares Mqtt ESP8266 - part1



[youtube version dapat klik disini]

Antares merupakan sebuah entitas IOT yang dikembangkan oleh PT TELKOM INDONESIA untuk menjawab tantangan teknologi terbaru jaman now. Penulis yang pernah 10 tahun berhubungan dengan perusahaan BUMN ini  sangat memahami bahwa telkom merupakan pelopor banyak teknologi mutahir di negeri ini. Jadi setiap ada tren baru diluar sana maka telkom dan groupnya dengan RnD yang kelas wahid akan segera mempelajari dan selanjutnya  mendeploy layanannya. Dari laman web antares.id, perkenalan dari antares seperti yg saya baca :

ANTARES merupakan sebuah Horizontal IoT Platform, yang berarti kami mencoba untuk menjadikan layanan kami se-umum mungkin agar solusi vertikal IoT anda dapat menyesuaikan dengan arsitektur yang umumnya digunakan. Banyak kasus-kasus IoT yang dapat dipecahkan dengan menggunakan layanan kami, contohnya adalah smart home, smart metering, asset tracking, smart building, dan lain-lain.

Kebutuhan akan platform IOT dalam negeri memang sangat saya dukung agar kita tidak hanya menjadi pengguna tapi juga bisa menjadi penyedianya. Lawan berat dari luar sana seperti AWS, Google IOT, ThingSpeak dll. dan  memang akan membuat ciut nyali dengan nama besar itu apalagi  melihat prospek meng "uang" kan belum secepat jualan fiber optik ke pelanggan indihome. 


Perkenalan penulis dengan antares terjadi sekitar tahun 2019, saat penulis kembali menekuni dunia 8 bit. Dari saran beberapa teman menujulah ke platform iot lokal ini dan terkejutnya karena terlalu banyak sisi IT nya dan menyoldernya hampir sedikit sekali, dan otak serta otot solderan saya berontak ketika melihat perintah pengiriman data melalui REST API seperti dibawah ini:




Bingung dan terkesan sulit dan saya beralih ke MQTT berbasis Mosquitto yang sangat mudah bagi tukang solder ini. Saya tinggalkan menggunakan antares sampai ada request dari seorang pembaca blog dan kebetulan saya sudah sedikit paham mengenai mqtt dengan esp8266. Apalagi pada sketch arduino, library ANTARES sudah terpampang dengan gagahnya di library manager.






Kita akan mencoba mencontoh example pada libraries ini dengan sedikit modifikasi mengirimkan counter penekanan tombol, scriptnya sederhana saja , saya gunakan wemos d1 r1:



#include <AntaresESP8266MQTT.h>

//gunakan acces key antares kamu
#define ACCESSKEY "access:key"

#define WIFISSID "myIOT" //wifi ssid
#define PASSWORD "selaluterhubung" //wifi pass

//Nama project dan device antares
#define projectName "AHOCOOL_IOT"
#define deviceName "test_pubsub"

AntaresESP8266MQTT antares(ACCESSKEY);

int counter=0;


void setup() {
  pinMode(16, INPUT); //Tombol pada wemos
  Serial.begin(9600);//Serial monitor
  //koneksi antares
  antares.setDebug(true);
  antares.wifiConnection(WIFISSID, PASSWORD);
  antares.setMqttServer();
}

void loop() {
  
  // ngecek koneksi
  antares.checkMqttConnection();
  
  //tombol ditekan = 0, pin pullup
  if( digitalRead(16) == 0 ){
  //tambah counter
  counter++;
  //kirim mqtt ke antares
  antares.add("counter", counter);
  antares.publish(projectName, deviceName);
  delay(300);
  }
}



Dan hasil yg saya dapatkan sedikit mengecewakan..


Seperti kembali ketahun lalu dan saya kembali membaca manual pada website antares dan de-ja-vu dengan bahasa Inggris yg di paksakan menjadi Bahasa Indonesia. Jadi maaf sepertinya developer antares hanya berusaha menterjemahkan manual ke bahasa Indonesia tapi bukan berusaha menjelaskan secara teknisnya. Ayo kita perhatikan debug diatas, saya menemukan bahwa yg belum konek WIFI NYA ! ESP saya rusak? Oooo tidak ketika saya mencoba script mqtt lain lancar saja, berarti ada salah di library antaresesp8266mqtt, dan saya coba buka script library AntaresESP8266MQTT.cpp


bool AntaresESP8266MQTT::wifiConnection(String SSID, String wifiPassword) {
    char ssidChar[sizeof(SSID)];
    char wifiPasswordChar[sizeof(wifiPassword)];

    SSID.toCharArray(ssidChar, sizeof(SSID));
    wifiPassword.toCharArray(wifiPasswordChar, sizeof(wifiPassword) );

    int count = 0;
    _wifiSSID = ssidChar;
    _wifiPass = wifiPasswordChar;
   
    WiFi.begin(_wifiSSID, _wifiPass);
    

   
    printDebug("[ANTARES] Trying to connect to " + SSID + "...\n"); 
    //saya tambahkan debug wifi name dan password disini
    printDebug("ssid dan password setelah di char array:  "); 
    printDebug(String(_wifiSSID) +" : " + String(_wifiPass));
    
 for (count=0;count<20;count++)
    {
      delay(500);
      printDebug(".");
    }

    if(WiFi.status() != WL_CONNECTED) {
        printDebug("[ANTARES] Could not connect to " + SSID + ".\n");
        return false;
    }
    else {
        WiFi.setAutoReconnect(true);
        printDebug("\n[ANTARES] WiFi Connected!\n");
        printDebug("[ANTARES] IP Address: " + ipToString(WiFi.localIP()) + "\n");
        return true;
    }
}
Dan benar saja librarynya hanya merupakan penyesuaian dari library yang sudah banyak beredar yaitu pub sub client milik knoleary, tapi tidak mengapa namanya juga library OPEN SOURCE sah sah aja bikin, tapi dari hasil penambahan debug saya dapatkan kenyataan wifi saya tidak konek sesuai gambar berikut:



Ternyata ohh ternyata..terjadi lagi permasalahan classic pada C++ yaitu passing string ke function, dimana banyak yg mengeluh sampe ada yg pindah coding ke micropython. Password saya terpotong hampir 4 char array...jadi solusinya gampang saja..kita tambahkan panjang arraynya + 5.



Dan console Antares saya di website antares.id pun pertama kalinya merasakan data masuk...wkwkwkwkw


Yeahhhh...berhasil ...dan yg bikin saya geleng-geleng ada output pada layar sub MQTT.FX yang biasa saya gunakan untuk mencoba pub sub, awalnya saya sebelum menggunakan esp8266 saya gunakan mqtt.fx, lalu frustasi gak ada data masuk. Ehhhh nongol dia...


Ternyata memang data yg dikirim masih berupa JSON REST API ..ckkcckkkckkk , jadi cicak deh saya

Baiklah..demikian penelusuran BUG PADA ANTARES MQTT , semoga pihak antares bisa memperbaiki librarynya..

PS: BUG yang lebih gatel ternyata muncul juga..silahkan baca lanjutannya di :
Share:

1 komentar:

Kontak Penulis



12179018.png (60×60)
+628155737755

Mail : ahocool@gmail.com

Site View

Categories

555 (8) 7 segmen (3) adc (4) amplifier (2) analog (19) android (12) antares (8) arduino (25) artikel (11) attiny (3) attiny2313 (19) audio (5) baterai (5) blog (1) bluetooth (1) chatgpt (2) cmos (2) crypto (2) dasar (46) digital (11) dimmer (5) display (3) esp8266 (25) euro2020 (13) gcc (1) iklan (1) infrared (2) Input Output (3) iot (58) jam (7) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (17) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (8) lain-lain (8) lcd (2) led (14) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) lora (5) MATV (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (70) micropython (6) mikrokontroler (1) mikrokontroller (14) mikrotik (5) modbus (9) mqtt (3) ninmedia (5) ntp (1) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (88) pcb (2) power (1) praktek (2) project (33) proyek (1) python (7) radio (15) raspberry pi (4) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (2) sharing (3) signage (1) sinyal (1) sms (6) software (18) solar (1) solusi (1) tachometer (2) technology (1) teknologi (2) telegram (2) telepon (9) televisi (167) television (28) transistor (2) troubleshoot (3) tulisan (92) tutorial (108) tv digital (6) tvri (2) vu meter (2) vumeter (2) wav player (3) wayang (1) wifi (3)

Arsip Blog

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika