Semua Akan Digital Pada Akhirnya... Dari Audio, Video, TV, Kontrol, Keuangan, Kesehatan dan Sebagainya. Blog Ini Ditujukan Buat Kamu Yang Ingin Belajar Dasar Digital Dan Yang selalu Bertanya, Kenapa Bisa Begini Dan Harus Begitu ?

Rabu, 16 Juni 2021

Sebelum Nonton EURO 2020 Kamu Perlu Tahu Bagaimana Siaran Langsung Diproduksi

Sungguh luar biasa melihat berbagai negara di dunia berkumpul untuk bersaing satu sama lain dalam kesatuan kegemaran yang sama, meskipun saya bukan penggemar yang " GILA" sepak bola, tetapi saya tentu saja penggemar acara bola tiap 4 tahun, baik piala dunia maupun piala eropa. Saya kagum bagaimana tayangan sepakbola itu menyatukan dunia , terlepas dari negara, ras, warna kulit atau Agama.




Tentu saja tidak setiap orang akan memiliki waktu atau sumber daya yang diperlukan untuk melakukan perjalanan ke Eropa untuk menyaksikan musim panas bersejarah ini, apalagi dalam situasi pandemi covid 19 ini. Disitulah teknologi siaran langsung TV masuk, demi kenyamanan rebahan di sofa dengan minuman dingin dan makanan ringan yang kemudian kamu dapat menyaksikan 22 orang berebut bola bersaing satu sama lain dalam kotak ajaib bernama TELEVISI. Tapi sebelum Anda menyalakan TV itu untuk menonton pertandingan berikutnya....


Mari kita memahami bagaimana teknologi bekerja untuk sepakbola.


Mari kita ambil permasalahan dari pertandingan sepak bola atau acara siaran langsung di stasiun televisi, saya tahu Anda mungkin bertanya, saya menonton pertandingan melalui stasiun televisi lokal saya tanpa perlu parabola atau semacamnya,


Bagaimana bisa?





Faktanya adalah bahwa bahkan jika sebuah stasiun Televisi Lokal di Rusia, kenyataanya tidak mungkin untuk menyiarkan ke tanah air tanpa satelit. Jadi apa yang mereka lakukan adalah meneruskan acara tv Rusia itu melalui satelit dan menyiarkan ulang secara lokal ke Indonesia

Oke mari kita alihkan pandangan menjadi lebih lokal. Pernahkah Anda melihat pertandingan EURO yg tayang di saluran MNC GROUP dan Anda bingung apakah Anda akan menonton RCTI atau INEWS karena Anda melihat kedua TV menayangkan secara bersama? Anda harus sadar bahwastasiun TV lokal merelay acara melalui satelit dan itu sangat mahal sehingga kadang-kadang, stasiun TV lokal menganggap lebih ekonomis untuk berkolaborasi satu sama lain untuk menampilkan pertandingan ini.





TEKNOLOGI SIARAN LANGSUNG


Penemuan televisi merupakan inovasi yang sangat luar biasa. Keunikannya tidak hanya pada kemampuannya untuk menghadirkan representasi visual dari peristiwa masa lalu, tetapi dalam kemampuannya untuk menyajikan informasi kepada dunia dengan kecepatan cahaya.

Bayangkan niat kita menonton pertandingan sepak bola beberapa hari setelah dimainkan dan hasilnya diumumkan, satu-satunya orang yang akan terjebak dalam ketegangan dan ketegangan adalah orang-orang yang membayar tiket pesawat dan tiket ke dan di lokasi. di mana pertandingan sedang dimainkan. Nah teknologi yang merupakan satu paket dengan teknologi televisi adalah teknologi siaran langsung.




Hanya catatan tambahan, perbedaan antara streaming langsung dan siaran langsung adalah; siaran streaming mentransmisikan sinyal melalui internet sementara siaran langsung tv mentransmisikan sinyal live melalui jaringan dan stasiun televisi.


SISTEM TELEVISI


Sistem Televisi adalah produk dari banyak kontribusi dari banyak individu dari penutupan abad ke-19 hingga awal abad ke-20. Pada awalnya, tidak mungkin untuk mengirimkan gambar bergerak (video), karena sensitivitas pemindai tidak cukup tinggi, yang terbaik yang dapat ditransmisikan adalah suara dan gambar melalui kabel, transmisi nirkabel tidak mungkin karena kurangnya pengetahuan  elektromagnetisme.

Sebuah lompatan kuantum dicapai oleh penemu Skotlandia John Logie Baird pada tahun 1920-an di mana gambar bergerak (video) dibuat menjadi kenyataan melalui disk Nipkow.

Itu hanya latar belakang singkat sejarah televisi , sekarang mari kita lompat ke masa depan.

Untuk menyederhanakan segalanya, televisi hanya mengacu pada "radio dengan gambar" itulah idenya, jadi seperti suara transmisi radio normal Anda, laju pergerakan gambar yang bervariasi dan cepat juga ditransmisikan melalui gelombang radio yang sama,


Cara kerja scanning televisi dapat dibaca disini : https://www.aisi555.com/2012/06/bermain-dengan-tv.html

Apa itu gelombang Radio; Gelombang radio adalah gelombang elektromagnetik (karena panjang gelombang pendek, mereka adalah pola tak terlihat dari medan listrik dan magnet yang merambat secara simultan di atas media apa pun), bergerak dengan kecepatan cahaya, dengan panjang gelombang terpanjang (dari katakanlah 1 mm – 100km) dan frekuensi terendah (3kHz -300GHz). Pada dasarnya sistem televisi pada dasarnya terdiri dari 3 tahap;


Kamera TV





Pemancar TV




Penerima TV




Fakta bahwa Anda memiliki akses untuk menonton pertandingan itu dari dalam rumah Anda berarti bahwa ada orang di luar sana  yang bertanggung jawab untuk mengambil "feed" video dari setiap detail pertandingan itu.

Pada dasarnya, video adalah gambar yang bergerak cepat, dan bergerak sangat cepat sehingga menciptakan kesan video / gambar yg bergerak di otak Anda. (Banyak gambar dalam hal ini lho).


Mari kita lakukan eksperimen cepat dengan HP anda :


Buka kamera dan tekan tombol "capture" atau smartphone versi baru dengan swipe kebawah 2 jari. beberapa kali. Tampilan berderet gambar yang akan diberikan kepada Anda oleh smartphone itulah layaknya gambar  video yang kamu terima dari kamera tv.


Oleh karena itu, kamera TV di lapangan itu digunakan oleh perusahaan televisi tertentu untuk menayangkan siaran langsung pertandingan.



BAGAIMANA TEPATNYA KAMERA TV BEKERJA ? 


Kamera bekerja seperti mata manusia. Teknologi di balik pandangan manusia mungkin tampak ajaib, tetapi dalam arti sebenarnya, indera penglihatan kita bekerja ketika hal-hal yang kita lihat memantulkan cahaya ke mata kita; cahaya yang dipantulkan membentuk pola piksel yang kemudian menghasilkan gambar, dengan demikian otak bertindak sebagai penafsir pola ini.

Oleh karena itu, cara kerja kamera tidak terlalu mengada-ada; kamera terbuat dari lensa yang ketika difokuskan pada tubuh misalnya, mengumpulkan sinar cahaya dari pantulan tubuh itu. Lensa terbuat dari kaca atau plastik (dengan cara apa pun indeks biasnya harus sedemikian rupa sehingga sinar cahaya merambat lebih lambat daripada biasanya ketika melaju di udara) lensa kemudian difokuskan pada permukaan, sinar cahaya kemudian akan membentuk bayangan dari objek di permukaan, permukaan ini disebut kertas fotografi atau "film" yang kebetulan peka cahaya karena terbuat dari bahan peka cahaya seperti silver nitrate.



Nah dalam kasus kamera TV yang kebetulan identik dengan kamera digital, Cahaya yang dipantulkan dari objek ke lensa kamera gambar yang terbentuk kemudian masuk ke chip sensor gambar;



Apa yang dilakukan chip sensor adalah memecah gambar masuk yang dihasilkan menjadi jutaan piksel, dan menyimpannya dalam format elektronik, format digital inilah yang membuatnya dapat ditransfer dari satu titik ke titik lain melalui saluran elektronik seperti kabel USB dan media nirkabel lainnya.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, video adalah aliran gambar bergerak yang lebih cepat, sebuah video menunjukkan sekitar 24 gambar berbeda (frame) dalam satu detik yang membuat penangkapan gerakan menjadiseperti  kenyataan.


Terus gimana ? (pemancar televisi)


Setelah menghasilkan sinyal elektronik dengan kamera TV kami di lapangan sepak bola, oleh karena itu diinginkan untuk mengirimkan melalui jarak jauh secara real time di seluruh dunia.

Lalu apa metode terbaik untuk mencapai ini? Sebelum saya menjawab pertanyaan yang jelas, pertama-tama saya akan menjelaskan beberapa mode dasar siaran TV. Ada berbagai cara melalui mana siaran televisi dilakukan, yang paling awal dari metode ini adalah

TV Terestrial Analog atau transmisi antena: Tidak seperti sistem modern kita, tidak memerlukan penggunaan kabel atau satelit. Seperti halnya stasiun radio, apa yang dilakukan pemancar analog hanyalah mentransformasikan suara dan gambar (proses yang disebut encoding) menjadi sinyal analog, sinyal ini disebut sinyal modulasi, untuk keperluan transmisi, sinyal tersebut perlu dimodulasi.


Modulasi melibatkan superimposisi sinyal sinusoidal pada sinyal yang akan ditransmisikan.




Sinusoid di mana sinyal modulasi dicampur disebut sinyal pembawa. Sinyal pembawa tidak memiliki informasi di dalamnya tetapi digunakan untuk memodifikasi sinyal pesan menjadi parameter yang diinginkan agar sesuai untuk transmisi. Saya dapat terus berbicara dan berbicara tentang modulasi (Mungkin saya akan melakukan sesuatu tentang itu segera) tetapi perhatikan bahwa parameter utama yang dimodifikasi selama modulasi adalah amplitudo (modulasi amplitudo) frekuensi (modulasi frekuensi) atau fase (modulasi fase)


Ingat bahwa sinyal dijelaskan oleh persamaan


F(t) = Asin(wt+Φ)

Dimana w = 2πf.


Siaran TV dimodulasi menggunakan UHF (Frekuensi Ultra tinggi) atau (VHF) frekuensi sangat tinggi, Karena UHF dan VHF digunakan, tidak diperlukan antena besar untuk mencegat sinya ini adalah salah satu keuntungan utama UHF. UHF memiliki frekuensi radio yang tinggi berkisar antara 300MHz-3GHz sedangkan VHF memiliki frekuensi berkisar antara 169-216MHz.





Perhatikan bahwa setiap stasiun Televisi Lokal mentransmisikan pada frekuensi tertentu, saya ingat ketika saya jauh lebih muda, saya selalu suka mencari TV saya untuk memeriksa saluran baru karena programnya yang menarik, saya tidak pernah tahu apa yang saya lakukan kemudian menelusuri berbagai frekuensi. lol


JARINGAN TV KABEL:


Juga dikenal sebagai Community Antennae Television (CATV) ini adalah metode siaran yang melibatkan penggunaan kabel untuk mengirimkan sinyal televisi dalam suatu komunitas, seperti sistem distribusi listrik yang menggunakan trafo distribusi untuk mengirimkan listrik dari satu ujung ke ujung lainnya melalui kabel tegangan rendah, tv kabel jaringan memiliki lokasi sentral yang berfungsi sebagai penerima beberapa sistem televisi dan mengirimkan secara lokal melalui kabel koaksial dari satu rumah ke rumah lainnya.




Pada titik ini, saya berharap kita mulai bertanya-tanya apakah stasiun televisi lokal dibatasi oleh ruang dalam arti tertentu, misalnya tidak mungkin untuk mendapatkan siaran langsung real-time dari Rusia ke Indonesia melalui salah satu media yang disebutkan di atas. Oleh karena itu, bagaimana teknologi yang membawa siaran televisi real-time dari satu ujung dunia ke ujung lainnya bekerja?




TEKNOLOGI TV SATELIT (Jawaban pertanyaan diatas)


Saya kebanyakan menonton siaran sepakbola melalui satelit tetangga seperti yang saya bahas pada tulisan disini : https://www.aisi555.com/2021/06/siaran-euro-2020-yang-bisa-dilihat.html . Perhatikan bahwa pertandingan sepak bola jauh lebih jernih ketika Anda menonton stasiun seperti cara kesenangan saya itu dibandingkan dengan sistem siaran UHF melalu udara konvensional. Biarkan saya melanjutkan untuk menjelaskan cara kerjanya.


SUMBER PEMROGRAMAN: Mulai dari saluran seperti HBO, CNN, Disney Jnr dll mereka disebut perusahaan penyiaran, tentu saja memiliki akses ke kamera TV yang seperti yang disebutkan sebelumnya digunakan dalam menyiarkan acara langsung ini, Perhatikan bahwa mereka tidak perlu menyiarkan acara langsung, mereka dapat berfungsi seperti stasiun HDTV biasa (yang sering mereka lakukan). Oleh karena itu, sumber pemrograman akan mengirimkan sinyal melalui kabel atau sistem nirkabel ke pusat penyiaran


PUSAT PENYIARAN: Ini adalah perusahaan yang menerima sinyal dari berbagai sumber program, contoh perusahaan tersebut adalah apa yang kita kenal sebagai MNC GROUP, MEDIA GROUP, EMTEK, TRANSMEDIA dll, di perusahaan ini 2 operasi besar terjadi, yaitu


  • Kompresi: Berbagai sinyal yang berasal dari sumber pemrograman (Stasiun) dikompresi menjadi sekitar 60% dari sinyal asli, multiplexer digunakan untuk mengumpulkan beberapa input sinyal dari sumber yang berbeda dan memberikan output tunggal/lebih sedikit, output ini adalah salah satu yang terkompresi
  • Perlindungan dengan enkripsi: Anda tahu, apa yang memberi Anda akses untuk menggunakan layanan ini adalah langganan berbayar Anda, oleh karena itu layanan harus dilindungi dari non-pelanggan; di situlah keajaiban terjadi.


Setelah dua hal itu terjadi, maka inilah saatnya untuk menyalurkannya.


Ke mana kita mengirimkannya?


SATELIT GEO-STATIONERY



Sinyal terenkripsi dan terkompresi yang sangat berharga ini ditransmisikan ke satelit geostasioner. Satelit geostasioner adalah satelit yang dipasang di luar angkasa (sekitar 38500Km di atas permukaan laut).




Salah satu fitur spektakuler dari satelit ini adalah bahwa ia direkayasa sedemikian rupa sehingga bergerak pada periode yang sama dengan rotasi bumi tentang matahari dalam orbitnya yaitu dibutuhkan 24 jam  untuk satelit berputar mengelilinginya atau mengorbit seperti rotasi bumi. Fitur unik ini membuat satelit tampak stasioner saat melihatnya dari posisi bumi. Sebuah satelit geostasioner tunggal dapat mencakup sekitar 40% dari permukaan bumi.

Di satelit kami memiliki sejumlah transponder di satelit, yang dilakukan transponder adalah menerima sinyal yang dikirimkan oleh pusat siaran dan menyiarkannya kembali.




Frekuensi sinyal ini sangat tinggi pada titik ini sebenarnya adalah frekuensi microwave.


Ingat; V=fλ , oleh karena itu frekuensi berbanding terbalik dengan panjang gelombang karena f=v/λ karena v adalah kecepatan cahaya, itulah sebabnya gelombang mikro memiliki panjang gelombang kecil tetapi frekuensi tinggi.


Disitulah parabola Anda masuk mengambil perannya menangkap sinyal dari satelit.






PIRING /  DISH SATELIT. apa yang mereka lakukan dan mengapa mereka ditempatkan di luar? 


Parabola ini menerima sinyal yang dipancarkan kembali dari transponder, seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa panjang gelombang yang datang dari transponder di luar angkasa sangat rendah, (antara 1cm -10cm) meskipun dapat menembus dinding Anda, tetapi tidak akan dapat dibelokkan seperti dinding rumah Anda Saya tentu lebih tebal dari 10cm, namun penerima AM yang memiliki panjang gelombang lebih panjang dapat ditempatkan di dalam rumah Anda, bahkan UHF tertentu tidak dapat dipetik jika penerima UHF ada di dalam rumah.




Parabola ini memiliki permukaan parabola yang digunakan untuk mengumpulkan gelombang mikro frekuensi tinggi ini, semakin tinggi luas permukaan, semakin tinggi kekuatan sinyal. Piringan parabola memantulkan gelombang mikro ke feed-horn yang terletak di titik fokus parabola, seperti cermin cekung. Salah satu keuntungan utama menggunakan piringan adalah kenyataan bahwa piringan akan menerima sinyal yang jelas karena fakta bahwa dalam kondisi ideal tidak ada hambatan antara satelit dan piringan.

Feed Horn memiliki konverter Blockdown Kebisingan Rendah (LNB / Low Noise Block Down Converter) yang menyaring kebisingan (sinyal tanpa informasi), memperkuat sinyal dan akhirnya, mengubah sinyal ke frekuensi rendah  (IF) yang kompatibel dengan dekoder. Sinyal tersebut kemudian ditransmisikan melalui kabel LNB yang umumnya koaksial ke dekoder penerima.


AKHIRNYA, DEKODER




Penerima/dekoder adalah perangkat yang menerima frekuensi pita rendah dan sinyal yang diperkuat dari feed horn / LNB  melalui kabel coaxial. Dekoder "Menterjemahkan"salah satu sinyal dari pusat siaran, dengan fungsi utama Dekompresi dan Dekripsi untuk siaran berbayar (tentu saja hanya pelanggan aktif yang akan diberikan izin untuk melakukannya). Untuk siaran satelit FTA / Gratis maka hanya dilakukan proses dekompresi Mpeg 2 atau Mpeg 4.


KESIMPULAN


Teknologi siaran satelit dapat memberikan ssiaran HD / definisi tinggi, dan karena satelit geostasioner, jauh lebih mudah bagi gelombang elektromagnetik untuk bergerak bebas di ruang angkasa, namun sangat mahal untuk melaksanakan proyek tersebut, itulah sebabnya sebagian besar perusahaan/pusat tv satelit memerlukan biaya berlangganan untuk mengaksesnya.



sumber : https://steemit.com/stemng/@lawkay/before-you-watch-the-next-football-match-let-s-learn-how-live-broadcast-technology-works

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Penulis



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

Site View

Categories

555 (8) 7 segmen (3) adc (4) amplifier (2) analog (15) android (12) antares (3) arduino (18) artikel (11) attiny (2) attiny2313 (18) blog (1) bluetooth (1) cmos (2) crypto (2) dasar (42) digital (1) display (3) esp8266 (9) euro2020 (13) gcc (1) iklan (1) infrared (2) Input Output (3) iot (26) jam (6) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (16) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (7) lain-lain (8) lcd (2) led (14) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (56) mikrokontroller (10) mikrotik (5) ninmedia (3) ntp (1) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (77) pcb (2) power (1) praktek (2) project (33) proyek (1) python (2) radio (15) raspberry pi (4) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (3) signage (1) sinyal (1) sms (6) software (18) solar (1) solusi (1) tachometer (2) technology (1) teknologi (2) telepon (9) televisi (144) television (28) transistor (2) troubleshoot (3) tulisan (83) tutorial (80) tvri (2) vu meter (2) vumeter (2) wav player (3) wayang (1) wifi (3)

Arsip Blog

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika