Jumat, 22 Juli 2011

LED 7-Segmen

7-segmen Display , atau indikator tujuh-segmen, adalah suatu bentuk perangkat tampilan elektronik untuk menampilkan angka desimal. 7-segmen display yang banyak digunakan dalam jam digital, meter elektronik, dan perangkat elektronik lainnya untuk menampilkan informasi numerik. Pada umumnya 7 segmen merupakan kumpulan Led yang disusun sehingga terbentuk rangkaian yg dapat dipilih secara elektronik untuk menampilkan suatu digit desimal.


Ada dua jenis 7 Segmen yang dibedakan berdasarkan cara menyusun LED yaitu komon Katoda /negatif/ground serta komon anoda /positif. Pada 7 segmen komon katoda, kutub negatif/ground dari LED dihubungkan menjadi satu, sehingga untuk menghidupkan salah satu LED dari Segmen maka pin Led segmen yg bersangkutan harus diberikan tegangan “1” atau tegangan bias maju. Sedangkan untuk komon anoda yang menjadi kutub “common” atau “umum” adalah kutub positif dari masing-masing LED. Untuk menghidupkan LED dari segmen dibutuhkan hubungan ke VCC atau kutub positif pada kutub komon dan pin dari Led segmen diberikan tegangan “0” atau ground . Tegangan maju dari led 7-segmen beragam sesuai besar kecil display.




6 komentar:

Burhanudin yahya mengatakan...

Wah, Cukup detail...terima kasih sharingnya..

gigihgokill mengatakan...

kalo decoder Common Anode pakenya apa ya??

Nyoman Yudi mengatakan...

7447 ata 74ls247 common anode kok ...kalo ndak tinggal pake transistor ato ULN

gigihgokill mengatakan...

kalo buat counter pakenya apa???

Nyoman Yudi mengatakan...

tetep pake 4026 , tapi gampangnya pake inverter dengan transistor di masing-masing output kayak disini : http://www.kpsec.freeuk.com/images/trinvert.gif

Septhian Eko mengatakan...

gan pnya skema jam digital tanpa mikrokontroller,
ane pengen belajar buat jam digital gan, yg ga pake mikrokontroller,,
makase gan ...

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting