Semua Akan Digital Pada Akhirnya... Dari Audio, Video, TV, Kontrol, Keuangan, Kesehatan dan Sebagainya. Blog Ini Ditujukan Buat Kamu Yang Ingin Belajar Dasar Digital Dan Yang selalu Bertanya, Kenapa Bisa Begini Dan Harus Begitu ?

Kamis, 03 Juni 2021

Bagaimana Cara Kerja Internet Sampai ke Gadget Kamu?

Saat anda sedang membaca tulisan saya ini, secara bersamaan data yg telah saya tulis sebelumnya melakukan perjalanan ribuan mil dari Pusat Data Google untuk menuju Smartphone kamu. Mari pelajari cara kerja internet dengan memahami detail perjalanan data yang luar biasa ini. 




Pusat data yang berjarak ribuan mil dari  lokasi kamu sekarang,  dan fungsinya untukmenyimpan tulisan ini di dalamnya. Bagaimana data ini mencapai ponsel atau laptop kamu? Cara mudah untuk mencapai tujuan ini adalah dengan menggunakan satelit. 


Dari pusat data, sinyal dapat dikirim ke satelit melalui antena, dan kemudian dari satelit sebuah sinyal dapat dikirim ke ponsel kamu melalui antena lain di dekat gadget kamu (BTS seluler). Namun, cara mentransmisikan sinyal ini bukanlah ide yang baik. Mari kita lihat mengapa. 




Satelit diparkir hampir 36.000 km  di atas khatulistiwa bumi, agar pengiriman data berhasil, data harus menempuh jarak total 65.000 km . Jarak perjalanan yang begitu jauh menyebabkan penundaan / delay yang signifikan dalam menerima sinyal. Lebih khusus lagi itu menyebabkan latensi besar yang tidak dapat diterima untuk sebagian besar aplikasi internet.


Jadi jika tulisan tidak menjangkau Anda melalui satelit, maka bagaimana itu benar-benar sampai ke Anda? Nah itu dilakukan dengan bantuan seatu yg ruwet dan rumit, yg sekarang ada di depan rumah kamu. Ya itu adalah jaringan kabel serat optik, yang menghubungkan antara pusat data dan perangkat Anda. 



Ponsel kamu dapat terhubung ke internet melalui data seluler atau router Wi-Fi apa pun, tetapi pada akhirnya ponsel Anda akan terhubung ke jaringan kabel serat optik ruwet seperti gambar diatas. 


Perlu diketahui kalau isi tulisan dari blog saya ini dismpan dalam sebuah pusat data. Untuk lebih spesifik, itu disimpan dalam perangkat solid-state di dalam pusat data. SSD ini bertindak sebagai memori internal server. Server hanyalah komputer canggih yang tugasnya menyediakan tulisan, gambar dan video atau konten tersimpan lainnya saat Anda memintanya. 


Sekarang tantangannya adalah bagaimana mentransfer data yang disimpan di pusat data khusus ke perangkat Anda melalui jaringan kompleks kabel serat optik. Mari kita lihat bagaimana ini dilakukan. 


Sebelum melangkah lebih jauh kita harus terlebih dahulu memahami konsep penting yang merupakan konsep dari alamat IP. Setiap perangkat yang terhubung ke Internet apakah itu server, komputer atau ponsel, diidentifikasi secara unik oleh susunan angka yang dikenal sebagai alamat IP. Anda dapat mempertimbangkan alamat IP yang serupa ke alamat rumah Anda yang merupakan alamat, yang secara unik mengidentifikasi rumah Anda. 



Setiap surat yang dikirimkan kepada Anda sampai kepada Anda itu jelas karena alamat rumah Anda. Demikian pula di dunia internet alamat IP bertindak sebagai alamat pengiriman kurir ekspedisi, melalui jalur mana saja semua informasi itu untuk mencapai tujuannya. 


Penyedia layanan internet Anda akan menentukan alamat IP perangkat Anda dan Anda dapat melihat apa yang Alamat IP yang diberikan ISP Anda ke ponsel atau laptop Anda. Server di pusat data juga memiliki alamat IP. Server menyimpan situs web sehingga Anda dapat mengakses situs web apa pun hanya dengan mengetahui alamat IP server. 



Namun, sulit bagi seseorang untuk mengingatnya banyak alamat IP. Jadi untuk mengatasi masalah ini, nama domain seperti youtube.com, facebook.com dll digunakan yang sesuai dengan alamat IP yang lebih mudah kita ingat daripada deretan angka yang panjang Hal lain yang perlu diperhatikan di sini adalah bahwa server memiliki kemampuan menyimpan beberapa situs web dan jika server terdiri dari beberapa situs web, semua situs web tidak dapat diakses dengan alamat IP server. 


Dalam kasus seperti itu, potongan tambahan dari additional informasi, header host digunakan untuk mengidentifikasi situs web secara unik. Namun, untuk situs web raksasa seperti Facebook.com atau YouTube.com seluruh data infrastruktur pusat akan didedikasikan untuk penyimpanan situs web tertentu.



Untuk mengakses internet, kami selalu menggunakan nama domain alih-alih nomor alamat IP yang kompleks. Dari mana internet mendapatkan alamat IP yang sesuai dengan permintaan nama domain kita. Nah, untuk tujuan ini internet menggunakan buku telepon besar yang dikenal sebagai DNS. Jika Anda tahu nama seseorang, tetapi tidak tahu nomor teleponnya Anda cukup mencarinya di buku telepon. 


Server DNS menyediakan layanan yang sama ke internet. Penyedia layanan internet Anda atau organisasi lain dapat mengelola server DNS. Mari kita rekap seluruh operasi. Anda memasukkan nama domain, browser mengirimkan permintaan ke server DNS untuk mendapatkan alamat IP yang sesuai. 


Setelah mendapatkan alamat IP, browser Anda cukup meneruskan permintaan ke pusat data, lebih khusus ke server masing-masing. Setelah server mendapat permintaan untuk mengakses situs web tertentu, aliran data dimulai. Data ditransfer dalam format digital melalui kabel serat optik, lebih khusus dalam bentuk pulsa cahaya. 


Pulsa cahaya ini terkadang melakukan perjalanan ribuan km melalui kabel serat optik untuk mencapai tujuan mereka. Selama perjalanan mereka seringkali harus melalui medan yang berat seperti daerah perbukitan atau di bawah laut. Ada beberapa perusahaan global yang berbaring dan memelihara jaringan kabel optik ini. Visual ini menunjukkan bagaimana peletakan kabel serat optik dilakukan dengan bantuan kapal. Sebuah bajak dijatuhkan jauh ke laut dari kapal, dan bajak ini membuat parit di dasar laut dan tempat kabel serat optik ditempatkan. 





Faktanya, kabel optik yang rumit ini jaringan adalah tulang punggung Internet. Kabel serat optik ini membawa: cahaya membentang di dasar laut ke depan pintu Anda di mana mereka terhubung ke router. Router mengubah sinyal cahaya ini menjadi sinyal listrik. Kabel Ethernet kemudian digunakan untuk mengirimkan sinyal listrik ke laptop Anda. 


Namun jika Anda mengakses Internet menggunakan data seluler, dari kabel optik sinyal harus dikirim ke menara seluler dan dari menara sel sinyal mencapai ponsel Anda dalam bentuk gelombang elektromagnetik. 


Karena Internet adalah jaringan global, menjadi penting untuk memiliki organisasi untuk mengelola hal-hal seperti penetapan alamat IP, pendaftaran nama domain, dll ini semua dikelola oleh sebuah lembaga bernama ICANN yang berlokasi di USA. Satu hal yang menakjubkan tentang internet adalah efisiensinya dalam mentransmisikan data jika dibandingkan dengan teknologi komunikasi seluler dan darat. 





Video yang Anda tonton dari Pusat Data Google ini dikirim ke Anda dalam bentuk koleksi besar nol dan satu. Apa yang membuat transfer data di internet efisien adalah cara di mana nol dan satu ini dicincang menjadi potongan-potongan kecil yang dikenal sebagai paket dan ditransmisikan. Mari kita asumsikan aliran nol dan satu ini dibagi menjadi paket yang berbeda oleh server dimana setiap paket terdiri dari enam bit. 


Seiring dengan bit video, setiap paket juga terdiri dari urutan nomor dan alamat IP server dan smartphone Anda. Dengan informasi ini paket diarahkan ke HP Anda, tidak perlu semua paket dirutekan melalui jalur yang sama dan setiap paket secara independen mengambil rute terbaik yang tersedia saat itu. 


Setelah mencapai HP maka paket-paket tersebut disusun kembali sesuai dengan nomor urutnya. Jika ada paket yang gagal mencapai ponsel Anda dan konfirmasi dikirim dari smartphone Anda untuk mengirim ulang paket yang hilang. 





Sekarang bandingkan ini dengan jaringan pos dengan infrastruktur yang baik, tetapi pelanggan tidak mengikuti aturan dasar mengenai alamat tujuan. Dalam skenario ini huruf tidak akan bisa mencapai tujuan yang benar. Demikian pula di internet kami menggunakan sesuatu yang disebut protokol untuk pengelolaan aliran paket data yang kompleks ini. 


Protokol menetapkan aturan untuk konversi paket data, lampiran alamat sumber dan tujuan ke setiap paket dan aturan untuk router dll untuk aplikasi yang berbeda protokol yang digunakan berbeda. Kami harap video ini memberi Anda pemahaman yang baik tentang cara kerja internet, lebih khusus tentang perjalanan paket data yang menakjubkan dari pusat data ke ponsel Anda.



sumber : YT ch Lesics

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Penulis



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

Site View

Categories

555 (8) 7 segmen (3) adc (4) amplifier (2) analog (15) android (12) antares (3) arduino (21) artikel (11) attiny (2) attiny2313 (19) blog (1) bluetooth (1) cmos (2) crypto (2) dasar (44) digital (1) display (3) esp8266 (25) euro2020 (13) gcc (1) iklan (1) infrared (2) Input Output (3) iot (44) jam (6) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (16) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (7) lain-lain (8) lcd (2) led (14) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (68) micropython (6) mikrokontroller (12) mikrotik (5) mqtt (1) ninmedia (3) ntp (1) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (78) pcb (2) power (1) praktek (2) project (33) proyek (1) python (3) radio (15) raspberry pi (4) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (3) signage (1) sinyal (1) sms (6) software (18) solar (1) solusi (1) tachometer (2) technology (1) teknologi (2) telegram (2) telepon (9) televisi (145) television (28) transistor (2) troubleshoot (3) tulisan (83) tutorial (80) tvri (2) vu meter (2) vumeter (2) wav player (3) wayang (1) wifi (3)

Arsip Blog

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika