"Kembali Ke Dasar Elektronika Digital ... "

Sabtu, 15 Mei 2021

Menengok Siaran TV Digital High Definition Di Jerman

Australia, Jepang, Korea Selatan, dan Amerika Serikat adalah pemimpin dunia dalam televisi definisi tinggi. Eropa tertinggal. Jerman, pasar TV terbesar di Eropa, terbilang lambat memulai siaran HDTV, bahkan tertinggal dari Austria dan Swiss.



Jerman memulai konversinya ke televisi digital (DVB) pada tahun 2003. Itu adalah langkah penting untuk HDTV digital, jadi Anda akan mengira bahwa Jerman juga akan menjadi salah satu negara pertama yang memperkenalkan siaran TV hi-def, tetapi Anda salah. ! Faktanya, negara-negara Austria dan Swiss yang jauh lebih kecil mengalahkan Jerman dalam HDTV. Sementara penyiar publik Jerman, ARD dan ZDF, tidak menyiarkan dalam format HD hingga Agustus 2009 (untuk pertandingan atletik Kejuaraan Dunia IAAF di Berlin), TV Austria dan Swiss menyiarkan HD untuk Pertandingan Piala Dunia 2008.


HDTV melalui Antena


HDTV menggunakan antena biasa baru dimulai di Jerman pada 2017 , lhoo?  Jadi sebleum tahun itu satu-satunya cara untuk menerima dan menonton program HD adalah melalui satelit atau kabel digital. Meskipun ada banyak saluran TV digital over-the-air (DVB-T) dalam definisi standar di sebagian besar kota besar di Jerman, tidak satu pun di antaranya dalam HD. 

Akhirnya, pada Maret 2016, beberapa bagian Jerman dapat menonton program HD over-the-air - jika mereka memiliki peralatan yang tepat. Fase pengujian di beberapa wilayah metropolitan besar di Jerman ini diubah menjadi standar HDTV digital nasional (DVB-T2) pada pertengahan 2019. Banyak daerah sudah memiliki HD penuh pada tahun 2017 atau 2018, tetapi pemirsa harus membeli TV baru atau kotak konverter. Beberapa wilayah di Jerman mengalami perubahan saluran / spektrum pada November 2018. Pemirsa melalui udara harus memindai ulang perangkat TV mereka untuk menerima saluran tertentu.





Karena sebagian besar orang Jerman menonton TV melalui kabel atau satelit, itu bukanlah masalah besar, tetapi mereka yang saat ini menonton TV definisi standar (SD) terestrial akan mengalami masalah saat fase pengujian sistem baru selesai. Teknologi HDTV digital over-the-air baru tidak kompatibel dengan standar SD digital lama. Tidak hanya itu, ketika HDTV terestrial beroperasi penuh waktu di Jerman, sinyal over-the-air SD yang lama akan menjadi gelap. Pemerintah Jerman telah mengurangi jumlah spektrum siaran yang tersedia untuk televisi, yang berarti bahwa penyiar TV Jerman, publik dan swasta, tidak dapat lagi menyiarkan televisi SD dan HD melalui udara. Pemirsa TV kabel, satelit, atau streaming tidak terpengaruh oleh perubahan baru DVB-T2.


Tapi tunggu, masih ada lagi! Zinger lain dalam gerakan HDTV terestrial baru Jerman: Hanya ARD, ZDF, dan penyiar publik regional (öffentlich-rechtliche) yang dapat dilihat melalui antena secara gratis! Untuk menonton penyiar swasta (RTL, ProSieben, Vox, Sat.1) melalui udara, pemirsa harus membayar biaya tahunan € 69 (€ 5.75 / bln) ke freenet.tv untuk chip decoder atau set-top-box . Itu karena sinyal digital terestrial dari Pengirim pribadi diacak. Jadi, TV over-the-air “gratis” di Jerman sekarang hanya sebagian yang gratis. Dan Anda masih harus membayar apa yang disebut saluran publik "gratis" melalui Rundfunkbeitrag yang harus dibayar oleh setiap rumah tangga di Jerman. Cari tahu lebih banyak secara online di situs www.freenet.tv yang bernama ironis.


Saat Anda berbelanja perangkat HDTV digital baru untuk menonton siaran DVB-T2 baru melalui antena, cari logo hijau khusus (lihat di atas) yang menunjukkan peralatan TV yang kompatibel dengan DVB-T2-HD. Jika Anda tidak memiliki pesawat televisi HD DVB-T2, Anda bisa mendapatkan kotak konverter untuk monitor TV Anda yang sudah ada. Jika Anda menonton TV Jerman melalui kabel atau satelit, tidak ada yang berubah.


HDTV di Jerman Hari Ini




ARD dan ZDF telah meningkatkan program HD mereka selama bertahun-tahun. Kebanyakan TV di Jerman sekarang HD. Tetapi masih ada beberapa wilayah di Jerman yang sistem kabelnya tidak menyediakan saluran HD! Penyiar TV swasta Jerman (RTL, ProSieben, dll.) Telah menggunakan 1080i HD, dan pada tahun 2012 mereka menawarkan lebih banyak program HD - dengan biaya tertentu. Penyiaran HDTV reguler oleh ARD dan ZDF baru dimulai dengan Olimpiade Musim Dingin 2010 di Vancouver.


Apa masalahnya?

Pemirsa TV Jerman (dan Eropa) menderita masalah ayam-dan-telur. Penyiar tidak ingin menghabiskan uang untuk HDTV yang tidak dapat ditonton oleh siapa pun. Pemirsa tidak ingin membeli perangkat HDTV yang tidak dapat mereka gunakan. Pemerintah Eropa lambat menyelesaikan masalah itu dengan memaksa penyiar TV beralih ke HDTV, dengan cara yang sama mereka pernah membantu mempromosikan peralihan ke televisi berwarna.


Alasan lain yang mungkin menyebabkan lambatnya adopsi HDTV di Jerman dan Eropa adalah kenyataan bahwa gambar TV PAL standar selalu memiliki lebih banyak garis resolusi daripada NTSC di AS (dan di Jepang, Meksiko, dan beberapa negara lain). Bagi orang Amerika, lompatan dari gambar TV dengan 480 garis (NTSC) ke 1080 garis untuk HDTV jauh lebih jelas daripada berpindah dari 576 garis (PAL) di Jerman. Namun, full 1080 HD memiliki resolusi lima kali lipat (2 megapiksel) dari gambar TV digital standar lama (0,4 megapiksel) di Jerman!

Tapi yang menakjubkan, ARD dan ZDF, penyiar publik Jerman, memilih untuk menggunakan standar internasional terendah untuk HDTV: 720p.

Sebagian besar karena alasan biaya, pemirsa TV Jerman harus puas dengan 720p (sama dengan ABC di AS) daripada 1080i atau 1080p HDTV. (Jika Anda menemukan angka-angka ini membingungkan, lihat glosarium HD kami di bawah.) ARD dan ZDF membenarkan pilihan mereka untuk HDTV 720p dengan mengklaim bahwa ini lebih baik untuk olahraga dengan gambar yang bergerak cepat. Kritikus membantah dengan inferioritas standar 720p dan fakta bahwa layar 1080i / 1080p yang lebih baru dapat meningkatkan frame rate hingga 100 atau 120 Hz (atau lebih), mengurangi blur. 





Untuk film dan sebagian besar acara TV, gambar HD 1080i / p jauh lebih unggul daripada 720p. Tetapi banyak penyiar publik lainnya di negara-negara Eropa juga mengadopsi 720p, kebanyakan untuk menghemat uang. Saluran komersial dan layanan TV berbayar melalui kabel dan satelit biasanya menawarkan gambar 1080i yang lebih baik. Cakram Blu-ray berukuran 1080p. Konsumen dapat dengan mudah membandingkan gambar Blu-ray yang lebih tajam dengan gambar TV 720p.


Daftar Istilah Teknologi HDTV


4K Ultra HD: Juga disebut UHD, tampilan video 4K adalah tampilan dengan setidaknya 8 juta piksel aktif. Untuk televisi, resolusi itu distandarisasi sebagai 3840 x 2160 piksel. Full-HD normal (1080p) adalah 1920 x 1080 piksel. Bioskop digital 4K (digunakan di bioskop film 4K) sedikit lebih tinggi: 4096 x 2160. Standar HDMI 2.0 dikembangkan untuk mendukung 4K, dan memungkinkan video 2160p ditampilkan pada 50/60 bingkai per detik.

16: 9: Rasio aspek yang terdapat pada gambar TV layar lebar HD. Rasio aspek standar (SD) lama adalah 4: 3, tetapi PALplus (SD lebar) adalah 16: 9.

720p: Gambar HDTV dengan 720 garis (1280 x 720 piksel), dipindai secara progresif, tidak bertautan.

1080i: Gambar HDTV dengan 1080 garis bertautan, tidak dipindai secara progresif

1080p: Gambar HDTV dengan 1080 garis (1920 x 1080 piksel), dipindai secara progresif, tidak bertautan. Juga disebut full-HD; Standar TV over-the-air DVB-T2 Jerman yang baru adalah 1080p

720p50 / 1080p60: Seperti di atas, tetapi menambahkan kecepatan bingkai 50 atau 60 gambar penuh per detik.

ATSC: Komite Sistem Televisi Lanjutan mengembangkan standar TV digital AS baru yang telah menggantikan standar TV berwarna analog NTSC. ATSC juga digunakan di Kanada dan Meksiko.

Blu-ray ™: Sistem disk optik yang menampilkan film atau game dalam 1080p HD.

DVB: Penyiaran Video Digital adalah standar TV digital Eropa yang pertama kali diterapkan pada tahun 1998 (di Inggris). DVB menggantikan standar PAL analog dan SECAM TV lama yang digunakan di banyak negara di seluruh dunia. Ada beberapa standar DVB yang berbeda: DVB-C (kabel), DVB-S (satelit), dan DVB-T (terestrial). Ini adalah standar TV yang paling banyak digunakan di dunia (Afrika, Asia, Australia, Eropa, Rusia, Greenland).

DVB-T2: Penyiaran Video Digital - Terestrial, generasi ke-2. Pertama kali diuji di Jerman pada Maret 2016, standar TV baru ini memungkinkan TV HD over-the-air. Ini menggantikan standar DVB-T lama.

HDTV: Televisi definisi tinggi, dengan minimal 720 garis yang dipindai secara progresif (720p).

HDMI: Antarmuka Multimedia Definisi Tinggi - Antarmuka (kabel) audio / video eksklusif untuk transmisi data video yang tidak dikompresi dan data audio digital yang dikompresi atau tidak dikompresi dari perangkat sumber yang mendukung HDMI ke monitor TV digital, proyektor video, atau perangkat digital lainnya. Standar HDMI 2.0, diperkenalkan pada September 2013, dikembangkan untuk mendukung perangkat video 4K.

MPEG-4 AVC: Moving Pictures Expert Group, Standard 4 Advanced Video Coding adalah versi lanjutan dari kompresi video MPEG-2 yang digunakan untuk HDTV.

NTSC: Standar TV warna analog AS lama, dengan gambar 480i. Sekarang diganti dengan ATSC.

PAL: Phase Alternating Lines - Standar TV analog Jerman lama, dengan gambar 576i. Lihat TV PAL Jerman untuk lebih lanjut.


Saluran TV Jerman berikut menawarkan program HD (dengan tipe HD):

3sat HD (720p), Anixe HD (1080i), ARD HD (720p), Arte HD (720p), BR Süd HD (720p), BR Nord HD (720p), EinsFestival HD (720p), HR HD (720p), KiKa HD (720p), NDR NS HD (720p), Phoenix HD (720p), QVC HD (1080i), rbb HD (720p), Servus TV HD (1080i), SWR BW HD (720p), SWR RP HD (720p ), WDR HD (720p), ZDF HD (720p), ZDFinfo HD (720p), ZDF Neo HD (720p), ZDF Kultur HD (720p). Semua kecuali ARD, Arte, ZDF, dan "saluran ketiga" lokal memerlukan paket HD berbayar.


Selain itu, ada banyak saluran premium berbahasa Inggris dan Jerman, termasuk Discovery HD, ESPN America HD, History HD, RTL HD, N24, Sat 1 HD, Sky Cinema HD, Sky Sport HD, dan Vox HD - semuanya dalam 1080i. Saluran HDTV dari Austria dan Swiss juga tersedia sebagai pilihan (dalam 720p). Beberapa saluran HD hanya tersedia melalui satelit Astra dan Hotbird (bukan kabel). CNN hanya ada di SD di Jerman dan Eropa hingga September 2013, ketika beberapa penyedia kabel / satelit mulai menawarkan CNN Internasional dalam HD - jika Anda memiliki langganan HD. Lihat tautan web di bawah untuk informasi lebih lanjut tentang saluran HD.



sumber : https://www.german-way.com/for-expats/living-in-germany/german-television/hdtv-in-germany/

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Penulis



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

Site View

Categories

555 (8) 7 segmen (3) adc (4) amplifier (2) analog (13) android (12) antares (3) arduino (16) artikel (5) attiny (2) attiny2313 (18) blog (1) bluetooth (1) cmos (2) crypto (2) dasar (41) display (3) esp8266 (3) euro2020 (11) gcc (1) iklan (1) infrared (2) Input Output (3) iot (23) jam (6) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (15) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (7) lain-lain (8) lcd (2) led (13) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (56) mikrokontroller (10) mikrotik (5) ninmedia (2) ntp (1) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (66) pcb (2) praktek (2) project (33) proyek (1) python (1) radio (13) raspberry pi (4) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (3) signage (1) sinyal (1) sms (6) software (18) solar (1) solusi (1) tachometer (2) technology (1) teknologi (2) telepon (9) televisi (135) television (21) transistor (2) troubleshoot (3) tulisan (81) tutorial (80) tvri (2) vu meter (2) vumeter (2) wav player (3) wayang (1) wifi (3)

Arsip Blog

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika