Semua Tentang Belajar Teknologi Digital Dalam Kehidupan Sehari - Hari

Senin, 03 Mei 2021

EWS (Early Warning System) - Fitur Yg Seharusnya Jadi Handalan TV DIGITAL



BPPT bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar Seminar Nasional Penerapan Sistem Peringatan Dini (Early Warning System/EWS) pada Siaran TV Digital di Indonesia bertema Peluang dan Tantangan dalam Penerapan EWS di Siaran TV Digital Indonesia, di Auditorium BPPT, Jakarta, (10/6/2014). 


Kepala BPPT Unggul Priyanto mengatakan tema pada seminar nasional ini sangat istimewa karena mensinergikan dua aspek penting bagi daya saing dan kemandirian bangsa, yaitu siaran TV digital sebagai salah satu aspek menuju konversi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta aspek teknologi untuk mitigasi kebencanaan melalui sistem peringatan dini atau EWS.





"Indonesia adalah negara yang besar dengan sumber daya alam yang kaya, namun secara geografis merupakan salah satu negara di dunia dengan tingkat risiko bencana alam yang tinggi. Tentunya bencana alam yang terjadi akan menimbulkan kerugian finansial, korban jiwa, dan menurunnya produktivitas ekonomi. Oleh karena itu, BPPT sangat memerhatikan bagaimana teknologi dapat berperan untuk meminimalisir dampak bencana," kata Unggul.


Kepala BPPT kemudian menambahkan, untuk mengaplikasikan EWS diperlukan suatu teknologi untuk menyampaikan pesan secepat mungkin sebelum terjadinya bencana alam pada lokasi tertentu, sehingga korban jiwa bisa diminimalkan. Selama ini, dalam catatan BPPT, banyak teknologi kebencanaan berbasis TIK di Indonesia merupakan produk asing sehingga menyebabkan tingginya biaya apabila ingin diterapkan dengan kondisi alam di Indonesia.



"Hal itu menjadi tantangan besar bagi BPPT, khususnya Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi (PTIK-BPPT). Dengan munculnya sistem digital teresterial free to air di Indonesia telah memberikan satu alternatif TIK bagi BPPT untuk pengembangan teknologi kebencanaan. Saya berharap seminar nasional ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan dalam waktu dekat sistem digital terestrial free to air yang menyertakan fitur EWS dapat dinikmati bersama oleh masyarakat Indonesia." ujar Unggul.





Sementara, menurut Hammam Riza, Direktur PTIK-BPPT, seminar ini membahas banyak hal, mulai dari kesiapan dan ketersediaan teknologi, membahas industri nasional, serta kesiapan masyarakat dalam menyongsong kesiapan EWS pada siaran TV digital di Indonesia. Kajian EWS di TV digital hanya salah satu dari teknologi yang bisa diterapkan. Sebetulnya masih banyak inovasi teknologi lagi yang bisa dikomersialisasikan di siaran TV digital.





"Industri TV di Indonesia terus berkembang melalui migrasi dari TV analog ke TV digital. Saya berharap migrasi ini bisa memberikan multi effect kepada industri TV di Indonesia, baik dari sisi teknologi dan konten. Dengan begitu, Indonesia akan menjadi negara yang maju dan mandiri menghasilkan produk-produk nasional," tutup Hammam.


Sebagai informasi, seminar nasional ini dihadiri oleh 300an peserta yang terdiri dari berbagai lembaga negara yang menjadi pemangku kepentingan sistem EWS pada siaran TV digital, seperti Kominfo, BNPB, BPBD, BMKG, Basarnas, Konsorsium TV Digital, serta berbagai perwakilan dari kalangan industri.


Untuk informasi, kami telah review beberapa merek STB digital yg sudah ada di pasaran dan anda kini bisa bandingkan sesuai fasilitas dan keunggulannya :


Matrix Apple     - Polytron PDV 600T2   - Venus Cabe Rawit  - Evinix H-1  - Akari ADS-2230


Bagi anda yg berada di lokasi lain di Nusantara dapat juga membaca update perkembangan  migrasi TV digital di  kota-kota besar seluruh Indonesia :

Surabaya  MNC  ,  EMTEK , VIVA )

Malang

Jember 

Kediri

Jombang & Mojokerto

Madiun

Jogja

Semarang

Banjarmasin

Makasar

Medan

Palembang

Perbatasan Malaysia

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Penulis



12179018.png (60×60)
+628155737755

Mail : ahocool@gmail.com

Site View

Categories

555 (8) 7 segmen (3) adc (4) amplifier (2) analog (19) android (12) antares (8) arduino (25) artikel (11) attiny (3) attiny2313 (19) audio (5) baterai (5) blog (1) bluetooth (1) chatgpt (2) cmos (2) crypto (2) dasar (46) digital (11) dimmer (5) display (3) esp8266 (25) euro2020 (13) gcc (1) iklan (1) infrared (2) Input Output (3) iot (58) jam (7) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (17) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (8) lain-lain (8) lcd (2) led (14) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) lora (5) MATV (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (70) micropython (6) mikrokontroler (1) mikrokontroller (14) mikrotik (5) modbus (9) mqtt (3) ninmedia (5) ntp (1) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (88) pcb (2) power (1) praktek (2) project (33) proyek (1) python (7) radio (15) raspberry pi (4) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (2) sharing (3) signage (1) sinyal (1) sms (6) software (18) solar (1) solusi (1) tachometer (2) technology (1) teknologi (2) telegram (2) telepon (9) televisi (167) television (28) transistor (2) troubleshoot (3) tulisan (92) tutorial (108) tv digital (6) tvri (2) vu meter (2) vumeter (2) wav player (3) wayang (1) wifi (3)

Arsip Blog

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika