"Kembali Ke Dasar Elektronika Digital ... "

Senin, 17 Mei 2021

Iron Dome Israel yang Sangat Canggih - Kayak Gimana Ya Cara Kerjanya ?

Dalam konflik antara Israel dan Palestina, kedua belah pihak telah melakukan serangan udara dan serangan roket. Hampir tiap hari ada saja  video di media sosial menunjukkan roket yang ditembakkan dari Gaza dicegat oleh sistem pertahanan udara Iron Dome Israel. Tampaknya roket itu mengenai perisai yg sepertinya "tak kasat mata".





Apa itu Iron Dome?

Ini adalah sistem pertahanan udara jarak pendek, darat-ke-udara, yang mencakup radar dan rudal pencegat Tamir yang melacak dan menetralkan setiap roket atau rudal yang ditujukan ke sasaran Israel. Ini digunakan untuk melawan roket, artileri & mortir (C-RAM) serta pesawat terbang, helikopter dan kendaraan udara tak berawak.

Asal mula Iron Dome kembali ke perang Israel-Lebanon 2006, ketika Hizbullah menembakkan ribuan roket ke Israel. Tahun berikutnya, Israel mengumumkan bahwa Rafael Advance Systems yang dikelola negara akan menghasilkan sistem pertahanan udara baru untuk melindungi kota dan penduduknya. Ini dikembangkan dengan Israel Aerospace Industries.




Iron Dome digunakan pada tahun 2011. Sementara Rafael mengklaim tingkat keberhasilannya lebih dari 90%, dengan lebih dari 2.000 intersepsi, para ahli setuju bahwa tingkat keberhasilannya lebih dari 80%. Rafael mengatakan di situs webnya bahwa ia dapat "melindungi pasukan yang dikerahkan dan bermanuver, serta Pangkalan Operasi Maju (FOB) dan daerah perkotaan, dari berbagai ancaman tidak langsung dan udara".


Bagaimana cara kerjanya, dan apa yang membuatnya sangat efektif?

Iron Dome memiliki tiga sistem utama yang bekerja sama untuk menyediakan perisai di area tempat penempatannya, menangani berbagai ancaman. Ia memiliki radar pendeteksi dan pelacakan untuk melihat setiap ancaman yang masuk, manajemen pertempuran dan sistem kendali senjata (BMC), dan unit penembakan rudal. BMC pada dasarnya menjadi penghubung antara radar dan pencegat rudal.




Ini mampu digunakan di semua kondisi cuaca, termasuk siang dan malam.


Pensiunan Marsekal Udara Anil Chopra, yang mengepalai think tank Center for Air Power Studies (CAPS) di New Delhi, menjelaskan bahwa dalam sistem pertahanan udara mana pun ada dua elemen utama. "Salah satunya adalah radar, yang harus memiliki kemampuan untuk melihat benda-benda kecil, dan mampu melacaknya secara akurat."


Dia mengatakan biasanya ada dua hingga tiga radar di sistem pertahanan udara mana pun untuk menemukan dan melacak objek yang masuk. "Saat Anda meluncurkan senjata, radar pelacaklah yang akan membantu senjata mencapai sana." Setelah itu, katanya, "kepala senjata itu sendiri akan mengambil alih".


Setelah rudal ditembakkan, ia "harus bisa bermanuver, harus bisa melihat target kecilnya sendiri dan kemudian pergi dan menembak". Tetapi tidak mungkin untuk mencapai target secara langsung setiap saat, itulah sebabnya “ada sesuatu di setiap rudal yang disebut proximity fuse” yang merupakan “sekering yang dikendalikan laser”. Saat melewati dalam jarak sepuluh meter dari target, ini mengaktifkan dan meledakkan rudal dengan pecahan peluru yang menghancurkan target. "Hulu ledak itu meledak sedemikian rupa sehingga sesuai dengan kecepatan rudal dan targetnya." Kata Chopra.


Berapa harga barang ini?


Setiap baterai, atau satu unit penuh, dapat berharga lebih dari $ 50 juta, dan satu pencegat rudal Tamir berharga sekitar $ 80.000. Sebaliknya, harga roket bisa kurang dari $ 1.000. Sistem tersebut mengirimkan dua rudal Tamir untuk mencegat setiap roket.







Namun, Chopra mengatakan bahwa itu bukan ukuran yang baik untuk menilai efektivitas biaya. "Jika saya harus mengambil ... roket, yang harganya sangat murah, dan saya menembakkan rudal apa pun, maka itu latihan yang mahal."


Tapi itu terbukti jera, katanya. Juga, katanya, efektivitas biaya adalah setiap nyawa diselamatkan. Kedua, lanjutnya, tentang moral bangsa agar tidak terintimidasi oleh roket.


sumber : Indian Express

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Penulis



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

Site View

Categories

555 (8) 7 segmen (3) adc (4) amplifier (2) analog (13) android (12) antares (3) arduino (16) artikel (5) attiny (2) attiny2313 (18) blog (1) bluetooth (1) cmos (2) crypto (2) dasar (41) display (3) esp8266 (3) euro2020 (11) gcc (1) iklan (1) infrared (2) Input Output (3) iot (23) jam (6) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (15) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (7) lain-lain (8) lcd (2) led (13) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (56) mikrokontroller (10) mikrotik (5) ninmedia (2) ntp (1) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (66) pcb (2) praktek (2) project (33) proyek (1) python (1) radio (13) raspberry pi (4) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (3) signage (1) sinyal (1) sms (6) software (18) solar (1) solusi (1) tachometer (2) technology (1) teknologi (2) telepon (9) televisi (135) television (21) transistor (2) troubleshoot (3) tulisan (81) tutorial (80) tvri (2) vu meter (2) vumeter (2) wav player (3) wayang (1) wifi (3)

Arsip Blog

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika