"Kembali Ke Dasar Elektronika Digital ... "

Senin, 31 Mei 2021

"Free Energy " - Kisah Hoax yg Bertentangan Dengan Hukum Alam

Sebenarnya saya menghindari membahas tema tersebut, tetapi mereka yang cenderung mempercayai teori konspirasi, seperti Bumi datar, sering mempercayai teori konspirasi lainnya. Dalam hal ini yang akan kita bahas adalah teori konspirasi “energi bebas”.







Definisi 'energi bebas'


Energi yang kita nikmati setiap hari, apapun itu, adalah hasil konversi bentuk energi lain. Energi listrik misalnya, merupakan hasil pengubahan energi potensial gravitasi yg dimiliki air terjun / bendungan menjadi PLTA, energi kimiawi menjadi batubara menjadi PLTU, energi panas bumi menjadi PLTPB, atau energi matahari menjadi panel surya.


  • "Energi bebas" adalah konsep di mana energi dapat dibuat dan tidak perlu diubah dari energi lain.
  • "Energi gratis" bukanlah tentang harga. Harga mungkin gratis, tetapi energi masih dikonversi dari energi lain. Energi bisa gratis, misalnya biaya produksi bersubsidi.
  • "Energi bebas" melanggar hukum alam
  • “Energi bebas” tidak akan dapat bekerja karena bertentangan dengan hukum alam, yaitu hukum kekekalan energi dan hukum pertama termodinamika. Energi hanya dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya.


"Tapi ada video YouTube yang menunjukkan alat-alat listrik gratis ..."


Ada beberapa kemungkinan masalah dengan ini. Ini bisa berupa editing video, misalnya menghentikan video sebelum perangkat berubah posisi.


Tapi tidak sedikit dari video ini yang ajaib. "Energi bebas" tidak dapat bekerja selayaknya David Copperfield tidak dapat menembus Tembok Besar. Dalam konteks sihir “free energy”, seni tersebut terdiri dari penyelundupan energi ke dalam sistem tanpa disadari oleh penonton, sehingga alat tersebut dapat terus berfungsi selamanya, memberikan kesan sebagai “free energy”.





Perbedaan dari sihir biasa, tentu saja, para penonton sihir biasa sudah tahu bahwa mereka sebenarnya "berbohong" kepada mereka. Sementara itu, dalam keajaiban "energi bebas", ada beberapa penonton hijau yang benar-benar terjadi.


"Tapi Nikola Tesla menemukan perangkat 'energi bebas' ..."


Untuk alasan apa pun, Nikola Tesla adalah favorit dari banyak teori konspirasi. Namun terlepas dari apa yang mereka katakan, Nikola Tesla adalah seorang ilmuwan sejati dan dia jelas tidak percaya pada "energi bebas".





Hal ini dapat dibaca dalam tulisannya 'The Problem of Meningkatnya Energi Manusia' dalam majalah Century, 1900:


Pertama mari kita bertanya: Dari mana datangnya semua energi gerak? Pegas apa yang menggerakkan semua? Kita melihat laut naik dan turun, sungai mengalir, angin, hujan, hujan es, dan salju berdetak di jendela kita, kereta api dan kapal uap datang dan pergi; kami di sini suara gemerincing kereta, suara-suara dari jalan; kita merasakan, mencium, dan mengecap; dan kami memikirkan semua ini. Dan semua gerakan ini, dari gelombang samudra yang dahsyat hingga gerakan halus yang ada dalam pikiran kita, hanya memiliki satu penyebab yang sama. Semua energi ini memancar dari satu pusat, satu sumber tunggal - matahari. Matahari adalah mata air yang menggerakkan semua. Matahari memelihara semua kehidupan manusia dan memasok semua energi manusia.


Tesla tahu betul bahwa hampir semua energi berasal dari Matahari, dan hampir semua energi yang dinikmati merupakan hasil konversi energi matahari.


Asumsi bahwa Tesla percaya pada "energi bebas" hanyalah salah satu dari banyak fitnah yang dibuat oleh para ahli teori konspirasi terhadap Nikola Tesla.


"Tapi, lagu pengantar tidur Tesla ..."





Kumparan Tesla bukanlah generator listrik, apalagi perangkat "energi bebas". Telsa merancang kumparan Tesla, salah satunya ditujukan untuk transmisi energi.


Di Menara Wanderclyffe, Nikola Tesla menggunakan generator batu bara.


"Namun, dalam transmisi energi nirkabel, hanya ada satu pengirim, tetapi banyak penerima dengan energi yang sama ..."


Transmisi energi nirkabel mengikuti hukum kuadrat terbalik. Semakin jauh penerima dari emitor, semakin rendah energi yang diterima dan jumlahnya berbanding terbalik dengan kuadrat jarak. Jika banyak penerima, total energi yang diterima ini tidak akan pernah melebihi total energi yang dikirim.


"'Energi bebas' sengaja ditutup-tutupi oleh pihak-pihak tertentu ..."

Ini adalah tema yang sangat umum. Meskipun demikian, kita tidak dapat menikmati "energi bebas" karena "energi bebas" disembunyikan dengan sengaja. Tema ini tidak jauh berbeda bagi kita yang "berkecimpung" dalam teori konspirasi tentang bentuk Bumi.


Padahal, jika Anda memiliki energi yang tidak terbatas, tidak ada alasan mengapa Anda tidak menggunakan energi itu sesuai dengan tujuan Anda. Singkatnya, jika Anda memiliki energi yang tidak terbatas, Anda bisa menjadi elit dunia.


Bagaimana jika "energi bebas" ada?


Benar-benar ada "energi bebas", maka semuanya akan berubah. Semua hukum alam akan ditulis ulang dan akan jauh lebih fenomenal daripada Teori Relativitas Einstein. Penemunya akan menerima Hadiah Nobel, dan mungkin bukan hanya satu.


Jika energi hanya dapat diubah, di manakah mereka berakhir?


Sebagian besar energi tersebut akan berakhir sebagai energi panas / panas dan akan lepas ke angkasa dalam bentuk radiasi infra merah. Oleh karena itu, kita tetap membutuhkan masukan energi dari matahari. Ketika Matahari kehabisan energi, Bumi juga akan kehabisan energi.


Satu jenis energi tidak dapat dibandingkan dengan energi lain setelah diubah, karena jenisnya berbeda. Oleh karena itu, masih ada kemungkinan "energi bebas".


Ini tidak benar. Jumlah energi masukan dapat dihitung dan dan outputnya tidak akan lebih besar daripada inputnya. Hal ini berlaku untuk jenis energi apapun, sebagai input maupun outputnya.


Contohnya, sebuah baterai lithium 9V dengan kapasitas 600 mAh memiliki kandungan energi sebesar 9V × 600 mAh = 19440 joule. Jika baterai tersebut digunakan untuk menjalankan lampu CFL yang mengambil daya sebesar 5 W, maka lampu tersebut akan menyala selama maksimum 19440 joule / 5 watt = 1 jam 5 menit.


Contoh di atas masih mengasumsikan efisiensi 100%. Efisiensi tidak mungkin 100%, sehingga pada kenyataannya tidak akan selama itu.


Satuan Energi

Besar energi diukur dengan satuan Joule. Ini berlaku untuk energi apapun. Untuk energi yang berbeda-beda, cara menghitungnya pun berbeda-beda, namun akan tetap menghasilkan satuan Joule.


Selain Joule, satuan non standard yang sering digunakan sehari-hari adalah: kWh dan kalori.


Daya/power adalah laju energi atau rate of energy. Satuannya adalah Joule/detik, atau Watt. Perangkat yang mengkonsumsi energi listrik biasanya menyebutkan dayanya dalam satuan Watt. Lampu 5 Watt artinya lampu tersebut menkonsumsi energi sebesar 5 Joule setiap detiknya.


Sesat Pemikiran ‘Appeal to Consequences’


‘Free energy’ memiliki daya tarik tertentu. Jika memang benar ada ‘free energy’, maka kita tidak perlu membayar biaya listrik PLN atau bahan bakar untuk kendaraan.


Kata kuncinya adalah ‘jika memang benar’.


Sebagian orang menanggapi hal tersebut secara emosional. Dan pihak-pihak yang menyampaikan informasi mengenai hukum kekekalan energi dianggap sebagai ‘penjahat’, karena tidak sesuai dengan hal yang mereka inginkan.


Ini dinamakan sesat pemikiran appeal to consequences. ‘Free energy’ dianggap ada karena hal tersebut adalah sesuatu yang diinginkan.


Di sini pentingnya mengontrol emosi kita. Dengan mengontrol emosi, kita akan lebih efektif menilai segala sesuatunya secara objektif, seperti halnya dalam kasus ‘free energy’, dan tentu saja kasus ‘Bumi datar’.


Sumber: bumi datar

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Penulis



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

Site View

Categories

555 (8) 7 segmen (3) adc (4) amplifier (2) analog (13) android (12) antares (3) arduino (16) artikel (5) attiny (2) attiny2313 (18) blog (1) bluetooth (1) cmos (2) crypto (2) dasar (41) display (3) esp8266 (3) euro2020 (11) gcc (1) iklan (1) infrared (2) Input Output (3) iot (23) jam (6) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (15) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (7) lain-lain (8) lcd (2) led (13) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (56) mikrokontroller (10) mikrotik (5) ninmedia (2) ntp (1) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (66) pcb (2) praktek (2) project (33) proyek (1) python (1) radio (13) raspberry pi (4) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (3) signage (1) sinyal (1) sms (6) software (18) solar (1) solusi (1) tachometer (2) technology (1) teknologi (2) telepon (9) televisi (135) television (21) transistor (2) troubleshoot (3) tulisan (81) tutorial (80) tvri (2) vu meter (2) vumeter (2) wav player (3) wayang (1) wifi (3)

Arsip Blog

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika