Semua Akan Digital Pada Akhirnya... Dari Audio, Video, TV, Kontrol, Keuangan, Kesehatan dan Sebagainya. Blog Ini Ditujukan Buat Kamu Yang Ingin Belajar Dasar Digital Dan Yang selalu Bertanya, Kenapa Bisa Begini Dan Harus Begitu ?

Kamis, 15 April 2021

Tidak Sembarangan Bisa Pasang Parabola di Singapura - Begini alasannya

 


Jika anda sedang berada di Singapura, baik untuk berwisata atau bekerja disana, pasti anda akan dibuat kagum oleh kerapian penataan negara berbentuk "kota dan taman" itu. Bahkan kalau anda adalah seorang treker parabola, yang pertama dicari ketika berkunjung ke tempat baru pasti gak jauh dari dimana sih piringan parabolanya? Nah ini tidak akan anda temukan di Singapura, bahkan antena seluler / BTS pun hampir tidak bisa dideteksi. Wow...bayangkan deh pemandangan disalah satu lokasi rooftop di suatu gedung di Indonesia.



Itupun baru di era 4G ketika jangkauan tergeser oleh kapasitas bandwith menyebabkan tower seluler tidak butuh tinggi-tinggi amat, karena yang lebih dipentingkan kerapatan cell dari BTS nya agar dapat melayani aplikasi haus bandwith seeperti youtube yg kini paling sering digunakan pelanggan. Jadi di Indonesia kini banyak BTS dipasang diatas gedung, namun di Singapura tetap saja tidak terlihat oleh mata karena antena nya di kamuflase seperti gambar paling atas. Bagaimana dengan parabola di Singapura ?


Menurut Undang-Undang mengenai perangkat TVRO / Penerima satelit tv di sana, disebutkan sebagai berikut :


Lisensi Sistem Televisi Receive-Only (TVRO) memungkinkan penerima lisensi untuk menginstal, mengoperasikan atau memiliki sistem satelit TVRO di tempat operasi bisnis pemegang lisensi di Singapura, memungkinkan pemegang lisensi untuk menerima informasi dalam bentuk saluran TV satelit dari satelit terestrial. Ada 3 jenis lisensi sistem TVRO:


  • Tipe A: Hanya lihat
  • Tipe B: Lihat dan Rekam
  • Tipe C: Lihat, Rekam dan Distribusikan


Siapa saja yg diperbolehkan?

Pelamar Lisensi Sistem TVRO harus menunjukkan kebutuhan untuk mengakses informasi sensitif waktu untuk tujuan bisnis atau operasional, dan harus termasuk dalam salah satu kategori berikut:


  • Lembaga keuangan yang didukung oleh Monetary Authority of Singapore (MAS)
  • Institusi komersial yang didukung oleh Economic Development Board (EDB) atau Enterprise Singapore
  • Institusi media (termasuk bioskop) yang didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (MCI)
  • Kedutaan besar asing yang didukung oleh Kementerian Luar Negeri (MFA) (pemasangan sistem TVRO terbatas pada kantor utama atau kanselir kedutaan);
  • Badan hukum;
  • Hotel resmi yang didukung oleh Singapore Tourism Board (STB)
  • Institusi pendidikan tinggi asing dan sekolah internasional yang didukung oleh Economic Development Board (EDB)
  • Institusi pendidikan tinggi lokal yang terdaftar di Kementerian Pendidikan (MOE)
  • Institusi medis yang terdaftar di Kementerian Kesehatan (Depkes)
  • ("Lembaga" berarti setiap badan orang, perusahaan atau tidak berbadan hukum, dan termasuk usaha apa pun).


Masa Lisensi dan Biaya

  • Masa Lisensi: 1 tahun
  • Biaya Lisensi:
  • S $ 1.000 per parabola per tahun.
  • S $ 100 per parabola untuk lisensi TVRO sementara (untuk jangka waktu hingga 30 hari) 



Kalau bersikeras ingin melihat parabola di Singapura, maka anda bisa jalan-jalan ke tempat uplink nya Singtel di bukit timah atau di pulau sentosa.  Kesemuanya di operasikan oleh singtel, dimana sentosa satellite earth station didirikan tahun 1971 dan bukit timah pada 1983. Ini menjadikan singapura sebagai pusat Hub telekomunikasi di asia tenggara sejak jaman itu karena banyak perusahaan eropa dan amerika lebih memilih menempatkan perangkat komunikasi satelitnya di singapore sebelum di kirimkan secara darat menuju Indonesia, malaysia dan negara sekitarnya.





Kenyataan ini berlanjut ketika dunia komunikasi data beralih ke optic, dimana jaringan bawah laut Indonesia pun masih menggunakan Singapura sebagai gateway international. Jadi kalau anda lagi main facebook dan tiba-tiba ngadat, mungkin saja di singapura lagi mati lampu tuh..hehehe..tapi ini kejadian yg sangat jarang karena kebanyakan gangguan terjadi karena kabel SKKL (sistem komunikasi kabel laut) Jakabare sedang putus.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Penulis



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

Site View

Categories

555 (8) 7 segmen (3) adc (4) amplifier (2) analog (15) android (12) antares (3) arduino (18) artikel (11) attiny (2) attiny2313 (18) blog (1) bluetooth (1) cmos (2) crypto (2) dasar (42) digital (1) display (3) esp8266 (9) euro2020 (13) gcc (1) iklan (1) infrared (2) Input Output (3) iot (26) jam (6) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (16) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (7) lain-lain (8) lcd (2) led (14) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (56) mikrokontroller (10) mikrotik (5) ninmedia (3) ntp (1) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (77) pcb (2) power (1) praktek (2) project (33) proyek (1) python (2) radio (15) raspberry pi (4) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (3) signage (1) sinyal (1) sms (6) software (18) solar (1) solusi (1) tachometer (2) technology (1) teknologi (2) telepon (9) televisi (144) television (28) transistor (2) troubleshoot (3) tulisan (83) tutorial (80) tvri (2) vu meter (2) vumeter (2) wav player (3) wayang (1) wifi (3)

Arsip Blog

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika