Semua Akan Digital Pada Akhirnya... Dari Audio, Video, TV, Kontrol, Keuangan, Kesehatan dan Sebagainya. Blog Ini Ditujukan Buat Kamu Yang Ingin Belajar Dasar Digital Dan Yang selalu Bertanya, Kenapa Bisa Begini Dan Harus Begitu ?

Selasa, 27 April 2021

Digital Audio Broadcasting - DAB Radio FM Digital - Mari Kita Kenali

Tulisan ini akan memberikan gambaran umum atau  memberikan informasi tentang dasar-dasar apa itu DAB, Digital Audio Broadcasting, salah satu bentuk teknologi penyiaran radio yang kini digunakan di sejumlah negara.


Radio Digital DAB, yang juga dikenal sebagai siaran audio digital, adalah sistem yang sepenuhnya baru untuk menyiarkan dan menerima stasiun radio. Seperti namanya, sinyal disiarkan dalam format digital untuk memungkinkan kualitas suara setara  CD tercapai. Orang-orang yang telah mendengar radio digital DAB telah mengomentari kualitas suara yang jauh lebih baik dan "keberagaman" sistem radio baru. Juga tidak mengalami efek multipath yang sering dialami pada transmisi FM dan karena sistem menggunakan apa yang dikenal sebagai jaringan frekuensi tunggal (SFN), tidak diperlukan retuning ke frekuensi baru untuk stasiun radio yg sama, saat berpindah dari satu area jangkauan ke area berikutnya.


Selain itu, banyak layanan baru yang dapat dilakukan pada transmisi radio digital ini sehingga memungkinkan sistem baru ini kompatibel dengan abad ke-21. Sinyal radio digital membawa data bersama audio, dan ini memungkinkan teks dan gambar ditransmisikan bersama audio untuk meningkatkan pengalaman mendengarkan. Dengan cara ini dimungkinkan untuk mengirimkan judul lagu, dan gambar artis saat beberapa musik sedang dikirim. Juga dimungkinkan untuk memiliki berita yang berjalan (news ticker) di bagian bawah layar yang digunakan di radio.


Radio Digital Portabel


Radio digital DAB sekarang sudah mapan di banyak negara di seluruh dunia dari Inggris dan Eropa hingga Kanada, Australia, dan banyak negara lainnya. Dengan fasilitas yang ditawarkan radio digital, sekarang diterima dan pendengar beralih ke transmisi radio digital baru ini di area di mana mereka tersedia.


Bagaimana radio digital DAB bekerja ?


Untuk menghasilkan sistem digital yang beroperasi secara memuaskan dalam kondisi yang dibutuhkan untuk radio digital, sejumlah besar pekerjaan telah dilakukan dalam tahap pengembangan. Beberapa teknik digital yang ada telah diselidiki tetapi disadari memiliki keterbatasan yang signifikan untuk aplikasi ini. Salah satu masalah utama adalah banyak penerima akan menggunakan antena non-arah dan akibatnya mereka akan mengambil sinyal yang dipantulkan. Ini akan cukup tertunda sehingga data menjadi rusak. Selain itu, bandwidth yang diperlukan untuk mengakomodasi sinyal stereo penuh perlu dikurangi untuk memastikan penggunaan spektrum yang efisien. Standar teknis untuk radio digital dikembangkan di bawah naungan Proyek Eureka Eropa 147. Konsorsium ini terdiri dari produsen, badan penelitian penyiaran, dan operator jaringan.




Ada dua area utama dari sistem yang menarik di radio digital: yaitu sistem modulasi dan sistem pengkodean dan kompresi audio digital.


Sistem pengkodean dan kompresi sangat penting. Agar sistem dapat berjalan, kecepatan data harus sangat dikurangi dari CD standar. Sistem radio digital yang diadopsi mengurangi kecepatan data hingga 128 kbits / detik, seperenam dari kecepatan bit untuk kualitas sinyal yang dikodekan secara linier. Untuk mencapai pengurangan ini, sinyal audio yang masuk dianalisis dengan cermat. Diketahui bahwa telinga memiliki ambang pendengaran tertentu. Di bawah ini sinyal tidak terdengar. Selain itu, jika ada suara yang kuat di satu frekuensi, maka suara yang lebih lemah di dekatnya mungkin tidak terdengar karena ambang pendengaran diubah. Dengan menganalisis audio yang masuk dan hanya mengkodekan konstituen yang akan didengar telinga, pengurangan yang signifikan dapat dilakukan. Penurunan lebih lanjut dalam kecepatan data dapat dicapai dengan mengurangi bandwidth audio. Ini diimplementasikan pada beberapa saluran seperti yang digunakan hanya untuk pidato.


Kunci lain untuk pengoperasian radio digital adalah sistem modulasi. Disebut Coded Orthogonal Frequency Division Multiplex (COFDM), ini adalah bentuk modulasi spektrum tersebar yang memberikan ketangguhan yang diperlukan untuk mencegah pantulan dan bentuk gangguan lain dari mengganggu penerimaan.


Sistem ini menyediakan sekitar 1500 operator individu / radio yang mengisi spektrum sekitar 1,5 MHz. Tiap operator radio ditempatkan sangat dekat satu sama lain. Interferensi antara pembawa dicegah dengan membuat sinyal individu ortogonal satu sama lain. Ini dilakukan dengan memberi jarak masing-masing dengan frekuensi yang sama dengan kecepatan data yang dibawa. Dengan cara ini null dalam sideband modulasi jatuh pada posisi pembawa berikutnya berada. Data audio kemudian tersebar di seluruh operator sehingga setiap operator hanya mengambil sebagian kecil dari kecepatan data. Ini memiliki keuntungan bahwa jika interferensi ditemui di satu area maka data yang cukup diterima untuk menyusun kembali sinyal yang diperlukan. Pita pelindung juga diperkenalkan di awal setiap simbol, dan efek gabungannya sedemikian rupa sehingga sistem menjadi kebal hingga penundaan yang konsisten dengan sinyal 60 km lebih jauh dari sumber utama.


Catatan tentang OFDM:

Orthogonal Frequency Division Multiplex, OFDM adalah bentuk format sinyal yang menggunakan sejumlah besar pembawa jarak dekat yang masing-masing dimodulasi dengan aliran data laju rendah. Sinyal jarak dekat biasanya diharapkan untuk mengganggu satu sama lain, tetapi dengan membuat sinyal ortogonal satu sama lain tidak ada interferensi timbal balik. Data yang akan dikirim dibagikan ke semua operator dan ini memberikan ketahanan terhadap pemudaran selektif dari efek multi-jalur.





Dengan tingkat kekebalan ini, sistem dapat beroperasi dengan pemancar radio digital lain yang beroperasi pada frekuensi yang sama tanpa efek buruk. Artinya, dimungkinkan untuk menyiapkan sistem di mana semua pemancar untuk jaringan beroperasi pada frekuensi yang sama. Ini berarti bahwa dimungkinkan untuk mengatur jaringan frekuensi tunggal di seluruh area di mana "multipleks" umum digunakan. Meskipun tampaknya ini adalah resep untuk penerimaan yang lebih buruk yang disebabkan oleh beberapa pemancar yang menggunakan frekuensi yang sama, yang sebenarnya terjadi adalah sebaliknya. Diketahui bahwa sinyal di luar area cenderung menambah sinyal yang dibutuhkan. Ini juga berarti bahwa area kecil dengan cakupan yang buruk dapat memiliki pemancar kecil dengan frekuensi yang persis sama yang mengisi lubang dan selanjutnya meningkatkan penerimaan di area yang berdekatan.


Keuntungan lebih lanjut dari sistem radio digital ini adalah membutuhkan daya yang lebih sedikit daripada pemancar tradisional. Misalnya yang membawa jaringan utama BBC FM dari situs pemancar utama seperti Wrotham di Tenggara Inggris beroperasi dengan daya sekitar 100 kW untuk masing-masing dari empat layanan utama yang dipancarkan. Biaya listrik sendiri merupakan faktor penting dalam biaya operasional BBC dan pengurangan daya akan menghasilkan penghematan yang sangat besar, belum lagi manfaat lingkungan.


Spektrum Pita Frekuensi DAB

Di Inggris, alokasi spektrum antara 217,5 dan 230 MHz telah dicadangkan untuk transmisi radio digital. Ini memberikan total tujuh blok 1,55 MHz, masing-masing mampu membawa layanan multipleks. Di negara lain juga spektrum sedang tersedia. Dalam spektrum Eropa tersedia baik dalam Pita III seperti di Inggris atau di pita L antara 1452 dan 1467 MHz. Bagian atas pita antara 1467 dan 1492 akan disediakan untuk pengiriman satelit radio digital.


Peralatan radio DAB

Salah satu masalah utama peluncuran awal radio digital adalah ketersediaan peralatan. Diperlukan investasi besar dari produsen peralatan. Ketergantungan yang besar pada teknik pemrosesan sinyal digital berarti program pengembangan besar diperlukan untuk mengembangkan peralatan. Ada juga masalah dengan fakta bahwa implementasi awal membutuhkan level arus tinggi. Solusi ini tidak akan cocok untuk receiver portabel, dan untuk aplikasi dalam mobil dan rumah, pembuangan panas menjadi masalah. Selain itu, solusi multi-chip membuat peralatan menjadi besar dan besar serta membuat biaya produksi menjadi tinggi.


Produsen segera memecahkan masalah tersebut. Perangkat chip khusus untuk DAB dikembangkan dan biaya ini memungkinkan untuk dikurangi secara dramatis dari yang semula terlihat sehingga DAB tidak ada yang mendekati setinggi itu jika dibandingkan dengan penerima FM.



Banyak orang sekarang mengomentari peningkatan signifikan yang dibawa radio digital DAB. Salah satu contoh tipikal adalah ketika seorang teman masuk ke toko dan memperhatikan bahwa musik yang dimainkan semakin meningkat. Dia berasumsi itu pasti DAB, dan ini dikonfirmasi ketika dia bertanya. Orang lain telah memperhatikan kinerja yang mulus saat berada di dalam mobil. Tidak ada desisan yang terputus-putus saat melakukan perjalanan melalui area pinggiran di antara dua pemancar.


Oleh karena itu, radio digital DAB sekarang menjadi media penyiaran abad ke-21.



Disadur dari : https://www.electronics-notes.com/articles/audio-video/broadcast-audio/digital-radio-audio-broadcasting-dab-tutorial.php

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Penulis



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

Site View

Categories

555 (8) 7 segmen (3) adc (4) amplifier (2) analog (15) android (12) antares (3) arduino (18) artikel (11) attiny (2) attiny2313 (18) blog (1) bluetooth (1) cmos (2) crypto (2) dasar (42) digital (1) display (3) esp8266 (9) euro2020 (13) gcc (1) iklan (1) infrared (2) Input Output (3) iot (26) jam (6) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (16) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (7) lain-lain (8) lcd (2) led (14) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (56) mikrokontroller (10) mikrotik (5) ninmedia (3) ntp (1) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (77) pcb (2) power (1) praktek (2) project (33) proyek (1) python (2) radio (15) raspberry pi (4) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (3) signage (1) sinyal (1) sms (6) software (18) solar (1) solusi (1) tachometer (2) technology (1) teknologi (2) telepon (9) televisi (144) television (28) transistor (2) troubleshoot (3) tulisan (83) tutorial (80) tvri (2) vu meter (2) vumeter (2) wav player (3) wayang (1) wifi (3)

Arsip Blog

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika