Semua Akan Digital Pada Akhirnya... Dari Audio, Video, TV, Kontrol, Keuangan, Kesehatan dan Sebagainya. Blog Ini Ditujukan Buat Kamu Yang Ingin Belajar Dasar Digital Dan Yang selalu Bertanya, Kenapa Bisa Begini Dan Harus Begitu ?

Minggu, 25 April 2021

Nostalgia - Siaran TV dari Negara Asean - Australia yg Pernah Hadir Di Satelit Palapa

Satelit Palapa merupakan sistem komunikasi satelit domestik (SKSD) yang di operasikan oleh Perumtel /Telkom kemudian dialihkan ke satelindo/indosat, menjadi kebanggaan Indonesia sebagai yg pertama memanfaatkan teknologi luar angkasa di asia pada era 70-80 an. Bapak presiden suharto yg dengan semangatnya menggerakkan pembangunan, menjadikan satelit palapa sebagai pendorong komunikasi yg lebih menjangkau ke seluruh nusantara bahkan Asia tenggara. Ini terbukti ketika satelit palapa meluncurkan generasi satelit seri B, penggunaan nya merambah negara di ASEAN dan ketika seri C sudah menjangkau India dan Australia / Selandia baru. 



Palapa B2P yang kemudian di beli Filipina menjadi  Agila 1 ini diluncurkan pada tanggal 20 Maret 1987 dengan menggunakan kendaraan Delta 3920.  Satelit ini bergerak mengitari orbit geosinkron, orbit suatu benda -- umumnya satelit buatan -- dengan bumi menjadi pusat perputaran. Periode perputaran benda dengan bumi pun sama, yakni satu hari sideris atau 23,9344 jam. Sehingga, perputaran Palapa B2P berada dalam periode yang sinkron dengan waktu putar bumi dan bergerak dari barat ke timur.




Jangkauan palapa B2P ini sempat menjadi pemanis jualan sewa transponder yg laris untuk operator TV di negara Asean, dan berikut ini beberapa siaran TV Asean yang sempat memanfaatkan satelit Palapa B2P sebagai sumber Feed transmisi ke stasiun relay mereka pada tahun 90-an, sebelum negara Asean selain Indonesia mampu membeli satelit sendiri.


1. TV1 - RTM Malaysia



Radio Televisyen Malaysia - TV1 merupakan televisi siaran publik milik pemerintah malaysia yang disiarkan dari pusat penyiaran televisi Angkasa Puri Kuala Lumpur. Siaran RTM-TV1 menggunakan palapa sejak tahun 1990 dengan menyewa satu transponder video dan audio (untuk radio). Acara nya berisikan perkembangan pembangunan di malaysia dan hiburan dalam dan luar negeri. Favorit nya adalah saat ada acara olahraga penting semacam seagames, asian games, olimpiade maupun tinju mike tyson maka dapat diapstikan TV1 tidak kelewatan untuk menyiarkan nya secara langsung dan FTA.

Acara TV yg lumayan ditunggu pemirsa dinusantara adalah Titian Muhibah - Senada Seirama , kerjasama dengan TVRI Jakarta dimana akan ditampilkan artis kedua belah negara dan akan menyanyi live. Biasanya acara ini daiadakan saat perayaan idul fitri dan bulan agustus saat kedua negara merayakan hari kemerdekaan yang kebetulan jatuh pada bulan yang sama.



2. TV 3 Malaysia

TV 3 malaysia merupakan televisi siaran swasta dari malaysia yg merupakan konsultan saat berdirinya RCTI , ini bisa dilihat pada logonya dengan nuansa yg mirip pada jaman itu.




TV 3 pada satelit palapa hadir sekitar tahun 1989 saat penanda tanganan kerjasama penyewaan transponder dan mulailah masayarakat di Nusantara dapat menyaksikan siaran TV berbahasa melayu yang tentunya mampu dipahami oleh penonton Indonesia. Acara film luar dan sport di TV 3 tidak jauh berbeda dengan TV swasta macam RCTI dan SCTV saat 90-an sehingga jika ingin mendahului mengetahui cerita drama telenovela cukup dengan menonton TV3 melalui palapa. 

Acara yg lumayan disukai di akhir-akhir sebelum TV dari malaysia migrasi ke Measat yg merupakan satelit milik mereka sendiri adalah rancangan komedi SENARIO yg walau sulit dipahami kelakarnya (ngomong nya dialek kelantan) namun pelan-pelan penulis tertawa juga dibuatnya.




3. RTB Brunei



Radio Televisyen Brunei mengudara di palapa sekitar tahun 1995 melalui pusat uplink di daerah subok, menampilkan acara tempatan yang bahasa melayunya lebih mudah dipahami karena menggunakan istilah dan dialek yg sedikit kearah bahasa di wilayah kalimantan. Pada suat liputan di tahun 1997 (kalau tidak salah) RTB melakukan wawancara dengan produser RRI dan TVRI jogja yg rutin datang diundang mengajarkan penyiaran. Dan tida disangka banyak penyiar dan reporter RTB masa itu mengambil kuliah di UGM dan kampus-kampus diseputaran jogja. Maklum sultan Brunei Hasanah Bolkiah dan Sultan Hamengkubuwono memiliki hubungan erat masa itu.

Siaran RTB dimuali pagi sampai jam 10, dilanjut sore jam 3 sampai jam 9 malam WIB dan kemudian dilanjutkan siaran dari SITV (Singapore International TV) yang menampilkan siaran dari channel 5 mediacorp. SITV merupakan cikal bakal siaran Channel News Asia. Siaran SITV mengudara 1 jam saja dengan siaran berita 30 menit dan acara dokumenter di sisa 30 menit dan tutup jam 10 malam WIB.


4. GMA Philipine / Rainbow TV


GMA merupakan jaringan TV ber "aroma" amerika pertama di filipina , dimana standar penyiaran yg dipakai adalah NTSC yang notabene standar amerika. Ketika Rainbow Satellite network bekerjasama dengan GMA pada 1992 dipilihlah Palapa B2P sebagai transponder yg disewa menjangkau kawasan asia tenggara. TV ini berbahasa tagalog  90% dan Inggris 10% jadi bagi pemirsa di Indonesia cukup meraba-raba mengartikan acara di TV. Paling yg bisa dimengerti saat iklan sabun detergen maka kata PUTIH dan MURAH akan dimengerti karena ya artinya sama, iklan  cucian detergen hasilnya bersih, PUTIH cemerlang dan juga MURAH. 




5. TV 5 ARMY Thailand


TV 5 thailand sempat mengudara di palapa B2P sebentar sekitar tahun 1992-1994 dan berformat NTSC. jadi jika ingin menontonnya butuh TV Multisystem jika tidak maka gambarnya akan hitam putih saja pada pesawat televisi. Acara nya seputar kegiatan pembangunan di thailand, kegiatan keluarga raja, thai boxing dan sepakbola lokal. Karena keterbatasan bahasa maka bukan menjadi stasiun favorit saya.


6. ABC Australia 


Siaran dari australia juga hadir di palapa untuk menjangkau masyarakat australia yg melancong atau berbisnis di asia tenggara. Awalnya ditujukan kepada operator TV Hotel yg kesulitan jangkauan siaran australia yg saat itu OPTUS hanya memiliki beam  ke arah Australia. Jadi dengan memilih Palapa sebagai relay siaran asia pasifik, maka para peselancar Aussie yg datang ke Bali dapat menonton bola AFL atau rugby NFL live di bar-bar seputaran seminyak dan kuta.


Salah satu penyiar favorit saya adalah si cantik Rosemarry Curch yang menghadirkan berita malam di ABC NEWS, karirnya dimulai di ABC dan kemudian menjadi Anchor terkemuka di CNN International.





7.  Channel News Asia Singapore 



Menginjak era satelit high power dengan Upgrade dari Palapa B2P menjadi Palapa C2 serta digitalisasi siaran, maka ukuran parabola jaring C band menjadi semakin kecil . SITV yg dimiliki media corp singapore, menjelma menjadi siaran berita 24 jam Channel News Asia di tahun 1999 melalui palapa C2. Saat itu mungkin hanya sedikit yg mampu membeli STB/dekoder DVB-mpeg2 yang menginjak harga 2 juta paling murah. 


Untuk siaran negara diluar Asean yg hadir di satelit Palapa meliputi CNN International, MTV Asia, SKY news, Star TV Hongkong, Cartoon Network/TNT,  akan saya bahas dilain kesempatan. 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Penulis



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

Site View

Categories

555 (8) 7 segmen (3) adc (4) amplifier (2) analog (15) android (12) antares (3) arduino (21) artikel (11) attiny (3) attiny2313 (19) blog (1) bluetooth (1) cmos (2) crypto (2) dasar (45) digital (1) display (3) esp8266 (25) euro2020 (13) gcc (1) iklan (1) infrared (2) Input Output (3) iot (44) jam (7) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (16) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (7) lain-lain (8) lcd (2) led (14) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (70) micropython (6) mikrokontroller (12) mikrotik (5) mqtt (1) ninmedia (3) ntp (1) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (78) pcb (2) power (1) praktek (2) project (33) proyek (1) python (3) radio (15) raspberry pi (4) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (3) signage (1) sinyal (1) sms (6) software (18) solar (1) solusi (1) tachometer (2) technology (1) teknologi (2) telegram (2) telepon (9) televisi (145) television (28) transistor (2) troubleshoot (3) tulisan (83) tutorial (80) tvri (2) vu meter (2) vumeter (2) wav player (3) wayang (1) wifi (3)

Arsip Blog

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika