"Kembali Ke Dasar Elektronika Digital ... "

Selasa, 13 April 2021

Gangguan Pada Televisi Analog Yang Hanya Tinggal Kenangan Saat Era TV Digital

Gangguan televisi dapat berasal dari berbagai sumber penggangu dan dapat berwujud dalam berbagai bentuk. Sebelum menjelaskan karakteristik setiap jenis gangguan, mari kita lakukan pemeriksaan dasar pada instalasi TV kamu.





PEMERIKSAAN DASAR

  • Periksa koneksi antena.
  • Putuskan dan sambungan semua aksesori seperti DVD, STB dan perangkat audio.
  • Lakukan uji penggantian peralatan.
  • Bandingkan siaran TV anda dengan TV  tetangga.


Setelah memastikan peralatan dipasang sesuai dengan standar yang relevan dan gangguan tetap ada , bila anda pelanggan televisi kabel atau layanan satelit sebaiknya  menghubungi teknisi atau costumer service / CS dari layanan yg anda pakai.


NAMUN JIKA GANGGUAN MASIH SAJA BERLAKU…MUNGKIN INI PENYEBABNYA :


1. GANGGUAN DARI SUMBER LISTRIK

Banyak perangkat listrik, umumnya yang menggunakan motor listrik, baik perkakas dan alat rumah tangga, dapat menyebabkan gangguan. Jenis interferensi sangat berbeda dari satu perangkat listrik ke perangkat listrik lainnya. Gangguan yang disebabkan oleh komputer, misalnya, tidak sama dengan yang dihasilkan oleh alat rumah tangga.

Termostat pada peralatan pemanas, sakelar rheostat (dimmer), lampu fluoresen, lampu neon, bantalan dan selimut pemanas listrik, serta transformator bel pintu juga termasuk dalam kategori ini.

Garis dan titik terang pada TV yg kadang disebut "semut", yang intensitasnya bervariasi, sering kali disertai dengan suara berderak dan berdengung, dan juga dapat memengaruhi penerimaan radio AM dan FM di rumah anda.



Interferensi sporadis ini umumnya terjadi saat aksesori atau alat listrik mulai atau sedang beroperasi.


Bagaimana cara menemukan sumber gangguan?




Uji putus sambung mungkin membantu menemukan sumber gangguan di dalam rumah 


JIKA GANGGUAN MASIH NGEYEL ?

Sumber gangguan mungkin di luar rumah Anda.


Tanyakan kepada tetangga terdekat anda. Tempat di mana interferensi paling kuat dapat menunjukkan sumber gangguan. Jika salah satu tetangga Anda memiliki masalah yang sama, minta dia untuk menjalankan tes putus sambung guna mencoba menemukan peralatan yang rusak. Alat rumah tangga atau perangkat listrik jarang menyebabkan interferensi yang melampaui beberapa rumah.


JIKA MASALAH TETAP BERLAKU…

Gangguan tersebut mungkin berasal dari saluran daya listrik. Jaringan listrik yang menyuplai lingkungan Anda seringkali menjadi sumber gangguan.


Saluran Kabel Listrik




Jika jenis gangguan ini muncul dan intensitasnya bervariasi tergantung pada kondisi cuaca (cuaca kering atau lembab, atau angin), dan jika uji putus sambung tidak membuktikan sumber gangguan dari dalam rumah, gangguan tersebut dapat disebabkan oleh komponen yang salah yang terkait dengan saluran listrik di dekat rumah Anda.

Jenis gangguan ini juga dapat mempengaruhi penerimaan radio AM, dan terkadang FM. Hubungi teknisi listrik Anda atau PLN untuk berkonsultasi tentang masalah televisi anda.


2. JENIS GANGGUAN LAINNYA

Jika peralatan Anda tidak menangkap sinyal yang diinginkan dengan cukup jelas, atau jika menerima sinyal yang tidak diinginkan, masalah interferensi akan muncul.


Penerimaan sinyal buruk


Masalah sinyal lemah muncul ketika Anda terlalu jauh dari pemancar stasiun yang ingin Anda ambil atau ketika ada penghalang antara antena dan pemancar. Efeknya akan sama jika antena rusak atau tidak diarahkan ke arah yang benar.

Gambar televisi lebih mungkin terpengaruh daripada suaranya. Suara hanya akan terpengaruh jika sinyalnya sangat lemah.


SOLUSI YANG MEMUNGKINKAN

  • Periksa dan perbaiki antena dan kabel kabel antena.
  • Pasang antena yang lebih terarah atau lebih terarah (gain lebih tinggi)
  • Pasang penguat sinyal / booster.


Gangguan yang disebabkan oleh penerimaan dua sinyal televisi secara bersamaan




Saat televisi menerima dua sinyal berbeda pada saat yang sama, mungkin ada gangguan dari gelombang yang berdekatan. Kedua gambar seperti contoh diatas berasal dari sumber berbeda dan ditumpangkan.

Jenis gangguan ini dapat disebabkan oleh kondisi atmosfer yang tidak biasa yang memungkinkan sinyal dari pemancar jauh yang menggunakan saluran yang sama dapat ditangkap. Dalam kasus ini, Anda harus menunggu hingga kondisi membaik, karena ini adalah fenomena yang berumur pendek.

Jika ini adalah masalah berulang karena lokasi rumah Anda, Anda harus mempertimbangkan untuk memasang antena pengarah. Antena akan memungkinkan penerimaan sinyal yang lebih baik ke arah stasiun yang diinginkan.


Penerimaan dua sinyal bersamaan


Jangan bingung jenis gangguan ini dengan yang disebut "gambar hantu / ghosting".


Jika ada sistem televisi kabel yang dipasang di lingkungan sekitar, antena Anda dapat menangkap sinyal dari kebocoran di sistem kabel dan menyebabkan gangguan. Adanya gangguan jenis ini dapat diperiksa dengan menyetel saluran di mana biasanya tidak ada sinyal. Jika ada sinyal, beri tahu operator kabel.


Gangguan dari sistem TV kabel


GAMBAR HANTU / BERBAYANG




Interferensi ini terjadi jika sinyal televisi dipantulkan oleh penghalang, seperti gedung atau gunung, atau saat kabel antena atau kabel antena dalam kondisi buruk. Gambar-gambar tersebut kemudian ditumpangkan, karena sinyal utama dan sinyal yang dipantulkan tidak sampai ke penerima pada waktu yang bersamaan. Hambatan pantulan dapat ditemukan di segala arah dari antena. Hanya dengan memutar antena dapat menyelesaikan masalah. Jika sinyal yang dipantulkan datang dari belakang antena televisi, bayangan bayangan dapat dikurangi atau dihilangkan dengan menggunakan antena Yagi atau antena dengan jaring pantulan dibelakang. Pemasangan antena yang buruk juga dapat menyebabkan bayangan "hantu" pada TV atau saat menonton sepakbola anda akan kesulitan melihat bola yg dikejar pemain dilapangan.


Gangguan yang disebabkan oleh pantulan dari benda tinggi / multipath


Dalam beberapa kasus, fenomena tersebut dapat terus berlanjut terlepas dari jenis antena yang digunakan, mungkin karena hambatannya terlalu besar.



Gangguan yang disebabkan oleh pemancar radio


 gambar normal  vs  gangguan dari pemancar radio (Saluran VHF 2 hingga 13)


Saat jenis gangguan ini muncul di layar, atau saat suara dapat didengar, perangkat mengalami gangguan dari transmisi Radio Panggil (lebih dikenal sebagai CB), transmisi radio amatir, atau transmisi radio lain dari pemancar yang terletak di dekatnya. Gangguan muncul saat operator radio berbicara.

Fenomena ini umumnya mempengaruhi saluran VHF 2 sampai 13 dan saluran 17 sampai 22 jika Anda adalah pelanggan kabel. Periksa lingkungan Anda untuk mengidentifikasi potensi sumber gangguan, kemudian hubungi operator yang terlibat yang kemungkinan besar akan bersedia membantu Anda memecahkan masalah.




Filter high-pass atau filter notch, dapat membantu menghilangkan gangguan ini.



Perbaikan audio : Suara yang tidak diinginkan dapat terdengar.


Gangguan ini mempengaruhi televisi, radio, telepon, atau berbagai instrumen atau perangkat elektronik lainnya di rumah seperti interkom, organ, atau mikrofon.

Perbaikan audio adalah fenomena umum di mana rangkaian elektronik, biasanya penguat, tiba-tiba dipengaruhi oleh sinyal radio eksternal yang tidak diinginkan. Jika peralatan dikelilingi oleh sinyal radio yang kuat, kabel atau salah satu komponen rangkaian dapat bertindak sebagai antena dan menangkap sinyal yang tidak diinginkan. Ini belum tentu merupakan akibat dari kesalahan teknis pada pemancar. Titik masuk sinyal yang tidak diinginkan harus ditemukan. Ini dapat dilakukan dengan memutuskan semua aksesori untuk mengisolasi penyebabnya. Filter dan pelindung yang tepat dapat menyelesaikan masalah.


Gangguan dari saluran TV berdekatan / ACI : Adjacent Channel Interference




Pemancar stasiun televisi di wilayah Anda dapat menyebabkan masalah dengan penerimaan stasiun yang lebih jauh yang memancarkan pada saluran yang berdekatan. Jika, misalnya, Anda menerima sinyal saluran 13 yang lemah dan sinyal saluran 12 yang sangat kuat, suara saluran 12 kemungkinan besar akan menyebabkan gambar berbintik pada saluran 13. Untuk memeriksanya, setel televisi lain ke saluran 12, jika mungkin, sambil mengamati gangguan pada saluran 13 dari pesawat televisi aslinya. Jika Anda mengalami jenis gangguan ini, akan ada korelasi antara gangguan pada saluran 13 dan suara pada saluran 12. Mengecek kembali antena Anda dapat menghilangkan jenis gangguan ini; jika tidak, filter yang tepat akan diperlukan. Yagi dengan gain lebih tinggi atau antena layar belakang juga terbukti efektif.


Gambar normal vs gangguan dari saluran bertetangga


Pelanggan kabel seharusnya tidak mengalami masalah seperti ini karena semua sinyal televisi dipertahankan pada level yang sama.


Gangguan yang disebabkan oleh stasiun radio FM


Gambar normal vs gangguan dari stasiun radio FM


Jika antena pemancar stasiun radio FM berada di lingkungan sekitar, interferensi dapat mempengaruhi berbagai perangkat elektronik. Gangguan yang disebabkan oleh stasiun radio FM sering kali bervariasi sesuai dengan suara yang dipancarkan oleh stasiun tersebut.Berbeda dengan gangguan yang disebabkan oleh pemancar radio dua arah yang hanya muncul saat operator radio berbicara, gangguan ini terus menerus. Jenis gangguan ini mempengaruhi terutama saluran 6 atau saluran VHF 2 sampai 13. Selain gambar, suara pada perangkat Anda juga mungkin terpengaruh.

Untuk menemukan sumbernya, gunakan radio portabel dan sesuaikan tuner dari satu stasiun FM ke stasiun FM lainnya untuk melihat apakah Anda dapat menentukan dengan tepat pemancar sinyal yang mengganggu yang cocok dengan suara yang mempengaruhi televisi.


Solusi yang memungkinkan

  • Pasang kembali antena.
  • Pasang filter takik.
  • Jika ini adalah stasiun FM baru di wilayah Anda, hubungi penyiar, yang pasti akan bekerja sama untuk membantu Anda memecahkan masalah.



Penguat sinyal  / Booster rusak


Gambar normal vs dengan penguat sinyal rusak


Antena yang dilengkapi dengan penguat sinyal yang rusak dapat menyebabkan gangguan. Penguat sinyal adalah perangkat kecil dan murah yang dihubungkan ke antena, yang meningkatkan sinyal dan membantu meningkatkan kualitas penerimaan.


Ketika penguat sinyal rusak, hal itu dapat menyebabkan gangguan pada penerima televisi di puluhan rumah di lingkungan sekitar. Interferensi muncul dalam berbagai cara, terutama sebagai garis bergelombang yang kurang lebih stabil atau sebagai batang horizontal. Layar bahkan mungkin menjadi hitam untuk beberapa saat. Jenis gangguan ini dapat terjadi dalam berbagai bentuk.


Penguat sinyal yang rusak dapat mengirimkan sinyal yang tidak diinginkan yang intensitasnya akan bervariasi dan mempengaruhi saluran televisi yang berbeda pada penerima di daerah tersebut, sesuai dengan kondisi atmosfer atau saluran yang ditonton di televisi yang terhubung dengannya.





Solusi

  • Periksa kondisi penguat sinyal Anda. Matikan daya booster dan sambungkan televisi Anda langsung ke antena.
  • Jika penguat Anda dalam kondisi baik, Anda dapat menemukan penguat sinyal yang rusak dengan bantuan tetangga Anda dengan memutuskan hubungan penguat di area satu per satu sampai gangguan berhenti. Jika Anda memiliki antena arah yang dilengkapi dengan rotor, Anda dapat menentukan arah sumber gangguan. (Perhatikan bahwa beberapa penguat dipasang di tiang dekat antena.) Penguat sinyal yang rusak kemudian harus diperbaiki atau diganti.


Sumber : https://www.ic.gc.ca/eic/site/smt-gst.nsf/eng/sf01382.html


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Penulis



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

Site View

Categories

555 (7) 7 segmen (3) adc (4) amplifier (2) analog (10) android (11) antares (3) arduino (16) artikel (1) attiny (2) attiny2313 (18) blog (1) bluetooth (1) cmos (2) crypto (2) dasar (40) display (3) esp8266 (3) gcc (1) iklan (1) infrared (2) Input Output (3) iot (21) jam (6) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (14) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (7) lain-lain (8) lcd (2) led (13) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (56) mikrokontroller (10) mikrotik (5) ninmedia (2) ntp (1) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (50) pcb (2) praktek (2) project (33) proyek (1) python (1) radio (6) raspberry pi (4) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (3) signage (1) sinyal (1) sms (6) software (18) solusi (1) tachometer (2) telepon (7) televisi (111) television (19) transistor (1) troubleshoot (3) tulisan (74) tutorial (80) tvri (2) vu meter (2) vumeter (2) wav player (3) wayang (1) wifi (3)

Arsip Blog

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika