Semua Akan Digital Pada Akhirnya... Dari Audio, Video, TV, Kontrol, Keuangan, Kesehatan dan Sebagainya. Blog Ini Ditujukan Buat Kamu Yang Ingin Belajar Dasar Digital Dan Yang selalu Bertanya, Kenapa Bisa Begini Dan Harus Begitu ?

Rabu, 28 April 2021

HD RADIO - "Hybrid Digital" : Standar Radio AM-FM di Amerika Serikat yg Berdampingan A+D Dalam 1 Frekuensi

Di banyak kota Amerika Serikat ternyata memiliki lusinan stasiun radio tersembunyi dalam format digital atau dikenal sebagai Radio HD.  Dengan cara yang operasional yg sama (sub saluran)  di stasiun TV digital,  radio hd telah ada selama hampir dua dekade tetapi tidak banyak orang menyadari itu. Perkiraan terbaru sekitar 3.500 stasiun radio hd  mengudara di Amerika Serikat.



Banyak dari Anda mungkin mengira huruf "HD" di radio hd adalah singkatan dari "High Definition " atau definisi tinggi,  itu sebenarnya adalah singkatan dari "hybrid digital ", istilah merek dagang untuk in-band on channel  atau radio IBOC yang disetujui oleh FCC (kominfo nya amrik)  pada tahun 2002.

In-band On-channel (IBOC) adalah metode hybrid untuk mentransmisikan sinyal siaran radio digital dan radio analog secara bersamaan pada frekuensi yang sama.


Dengan memanfaatkan subcarrier atau sideband digital tambahan, informasi digital "digandakan" pada sinyal analog AM atau FM, sehingga menghindari alokasi ulang pita siaran. Namun, dengan meletakkan energi RF di luar saluran yang ditentukan secara normal, interferensi ke stasiun saluran yang berdekatan akan meningkat saat menggunakan pita samping digital. Penambahan sideband digital berfungsi lebih baik di Amerika Serikat, di mana saluran pita siaran FM memiliki jarak 200 kHz, dibandingkan dengan 100 kHz yang normal di tempat lain. Jarak 200 kHz berarti bahwa dalam praktiknya, stasiun yang memiliki area cakupan bersamaan atau berdekatan tidak akan diberi jarak kurang dari 400 kHz. Di luar AS, jarak bisa 300 kHz, yang menyebabkan masalah dengan sidebands digital IBOC.

IBOC memungkinkan beberapa saluran program, meskipun hal ini dapat memerlukan beberapa subcarrier yang ada off air untuk membuat bandwidth tambahan tersedia di baseband modulasi. Di FM, ini pada akhirnya bisa berarti menghilangkan stereo. Di AM, IBOC tidak kompatibel dengan stereo analog, dan saluran tambahan apa pun dibatasi untuk suara yang sangat terkompresi, seperti lalu lintas dan cuaca. Akhirnya, stasiun dapat beralih dari mode hibrid (analog dan digital) ke semua-digital, dengan menghilangkan audio monofonik pita dasar.


Banyak stasiun radio di seluruh negara bagian di Amerika mengoperasikan sinyal radio digital bersamaan di atas sinyal radio analognya.  sinyal ini memungkinkan mereka untuk menyiarkan tidak hanya konten radio utama  stasiun tetapi juga sub saluran tambahan,  seperti yang Anda lihat di TV digital pada umumnya. 



Jika Anda menggunakan antena luar,  beberapa stasiun radio HD2 dan HD3 tambahan memiliki format unik dengan sedikit atau tidak ada iklan sama sekali. Sedangkan kualitas suara dapat bervariasi tergantung pada  berapa banyak sub saluran yang digunakan di atas  sinyal utama. HD 1 biasanya terdengar bagus namun ketika  ada tambahan dua atau tiga sub saluran audio  terdengar sedikit lebih di kompresi. Namun seperti radio sirius xm masih jauh lebih baik dari kualitas  radio  AM.





Anda memerlukan penerima radio hd untuk mendengarkan stasiun-stasiun ini dan  sebagian besar radio mobil baru (di Amerika) memiliki radio hd internal, tetapi Anda dapat menemukannya perangkat radio mini dengan harga antara 50-150 dolar. Untuk mengetahui apakah lokasi Anda memiliki radio hd  buka hdradio.com dan ketik kode pos Anda  ini akan memberi Anda daftar stasiun radio yang menyiarkan  format digital hybrid.



Website ini sangat membantu untuk menentukan  stasiun radio mana yang mengudara dalam format hd di wilayah Anda. Namun kadang saya menemukan sub saluran tidak selalu up-to-date,  misalnya di kota philadelphia , Radio WMGK  subchannel nya tercatat sebagai genre "Deep Trax namun aslinya lagu oldies jadul.  Website itu juga menunjukkan WTDY hd2 sebagai "channel q" tetapi sebenarnya  menyiarkan lagu rock alternatif.

Anda biasanya dapat memverifikasi jenis format radionya yg ada di sub-saluran dari stasiun radio tertentu  dengan mencari artikel wikipedia. Contohnya Anda ingin melihat apa disiarkan di stasiun radio WMGK dan jika Anda mencari di google "wiki wmgk" dan klik  pada artikel ini akan menunjukkan kepada Anda daftar sub-saluran hd yang lebih up-to-date.




Anda membutuhkan sinyal yang cukup bagus untuk mengambil sinyal digital dari pemancar stasiun radio yang menyiarkan hd.  Secara umum dapat dikatakan sinyal hd dari sebuah stasiun radio, paling penuh dapat dihasilkan jika radio penerima berada dalam jarak 30 mil (50 Km) dari menara siaran.  Lebih jauh dari itu Anda mungkin membutuhkan antena luar seperti pada tv. Umumnya sinyal digital pada stasiun pemancar radio hd  jauh lebih lemah daripada  sinyal radio analog.

Namun kenyataan radio hd telah ada selama  hampir 20 tahun, kenapa tidak banyak diketahui  orang kebanyakan ? Salah satu alasannya ada hubungannya dengan  ketersediaan pesawat penerima radio hd yang sebenarnya tidak banyak beredar di luar sana. Ini juga, ada ketentuan produsen pesawat radio hd harus membayar royalti kepada  perusahaan ibiquity. 

Alasan lain radio hd belum sepenuhnya  lepas landas karena tidak tersedia di semua area  kemungkinan besar karena biaya yang harus dibayar stasiun radio  untuk meluncurkan sinyal digital hibrid, biayanya dapat berkisar antara seratus ribu hingga dua ratus ribu dolar . Stasiun radio yang lebih kecil mungkin  tidak punya sebanyak itu, dan inilah sebabnya beberapa daerah pedesaan bahkan tidak  memiliki satu stasiun radio hd.

Jika stasiun radio hd tidak ada di sekitar Anda, jangan khawatir karena ini tidak seperti transisi TV digital  tahun 2009 di Amerika. Untuk radio fm analog akan tetap ada untuk waktu lama karena tidak ada persyaratan untuk merubah semuanya digital. Mungkin sekarang di Amerika yg terjadi adalah kuburan  radio AM dan kita mungkin mulai melihat beberapa (hampir semua) stasiun radio AM menjadi digital di area tertentu.


FCC  baru-baru ini menyetujui perubahan aturan yang memungkinkan stasiun radio untuk   mematikan sinyal analog mereka dan dipancarkan secara eksklusif dalam bentuk digital. 


Bagaimana kualitas radio HD  yg mengudara bersamaan pada  frekuensi tradisonal AM ( 550 - 1700 khz ) di amerika? Mari kita lihat video berikut ini :





Bagaimana dengan di Indonesia ? Dapat di lihat dari artikel saya sebelumnya di : https://www.aisi555.com/2021/04/rri-radio-digital-dab-pertama-di.html


Semoga informasi ini bermanfaat ...


Courtesy of : https://www.youtube.com/watch?v=dKSepjpPDhs

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Penulis



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

Site View

Categories

555 (8) 7 segmen (3) adc (4) amplifier (2) analog (15) android (12) antares (3) arduino (18) artikel (11) attiny (2) attiny2313 (18) blog (1) bluetooth (1) cmos (2) crypto (2) dasar (42) digital (1) display (3) esp8266 (9) euro2020 (13) gcc (1) iklan (1) infrared (2) Input Output (3) iot (26) jam (6) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (16) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (7) lain-lain (8) lcd (2) led (14) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (56) mikrokontroller (10) mikrotik (5) ninmedia (3) ntp (1) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (77) pcb (2) power (1) praktek (2) project (33) proyek (1) python (2) radio (15) raspberry pi (4) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (3) signage (1) sinyal (1) sms (6) software (18) solar (1) solusi (1) tachometer (2) technology (1) teknologi (2) telepon (9) televisi (144) television (28) transistor (2) troubleshoot (3) tulisan (83) tutorial (80) tvri (2) vu meter (2) vumeter (2) wav player (3) wayang (1) wifi (3)

Arsip Blog

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika