Semua Tentang Belajar Teknologi Digital Dalam Kehidupan Sehari - Hari

  • IC Timer 555 yang Multifungsi

    IC timer 555 adalah sirkuit terpadu (chip) yang digunakan dalam berbagai pembangkit timer, pulsa dan aplikasi osilator. Komponen ini digunakan secara luas, berkat kemudahan dalam penggunaan, harga rendah dan stabilitas yang baik

  • Ayo Migrasi TV Digital

    Kami bantu anda untuk memahami lebih jelas mengenai migrasi tv digital, apa sebabnya dan bagaimana efek terhadap kehidupan. Jasa teknisi juga tersedia dan siap membantu instalasi - setting perangkat - pengaturan antena dan distribusi televisi digital ke kamar kos / hotel

  • Bermain DOT Matrix - LOVEHURT

    Project Sederhana dengan Dot Matrix dan Attiny2313. Bisa menjadi hadiah buat teman atau pacarmu yang ulang tahun dengan tulisan dan animasi yang dapat dibuat sendiri.

  • JAM DIGITAL 6 DIGIT TANPA MICRO FULL CMOS

    Jika anda pencinta IC TTL datau CMOS maka project jam digital ini akan menunjukkan bahwa tidak ada salahnya balik kembali ke dasar elektronika digital , sebab semuanya BISA dibuat dengan teknologi jadul

  • Node Red - Kontrol Industri 4.0

    Teknologi kontrol sudah melampaui ekspektasi semua orang dan dengan kemajuan dunia elektronika, kini semakin leluasa berkreasi melalui Node Red

Rabu, 09 Juni 2021

Kisah Atari Dari Perusahaan GAME Paling Berkembang - Sampai Hanya Jadi Merek Jadul Yang Terlupakan

Pada awal 1980-an sebuah teknologi baru yang disebut video game telah mengubah wajah bisnis amerika, dan nama terbesar di industri saat itu adalah ATARI. Hanya dalam tiga tahun pendapatan tahunan mereka telah meningkat dari 75 juta dolar hingga naik jadi 2 miliar dolar amerika. Ini menjadikan atari perusahaan yang tercepat perkembangannya dalam sejarah Amerika Serikat. Tapi hari ini Atari tidak lebih dari sisa ampas dari  kejayaan masa lalu yang tertinggal hanya nama merek saja.  Jadi apa yang salah pada Atari ?



Di tahun 1960-an, seorang calon insinyur elektronik muda bernama nolan bushnell sedang kuliah di universitas utah dan  di sini dia bersentuhan dengan mesin yang disebut "Space War" yang adalah video game pertempuran yang dikembangkan pada tahun 1962 oleh steve russell pada komputer dec pdp-1. Universitas tempat nolan kuliah juga memiliki pdp-1 jadi  tidak butuh waktu lama untuk permainan ini tiba di kampusnya.   

Ketika nolan bushnell pertama kali memainkan game itu dia langsung menyadarinya potensi ekonomi jika ini dioperasikan dengan koin. Kata yg tepat adalag sebuah pencerahan, katanya.  "Saya pergi ke  lab dan di sana di layar ada gamenya perang luar angkasa, tetapi saya belum pernah mendengarnya dan saya melihatnya saat itu  dan kebetulan saya adalah manajer departemen game di laguna, taman hiburan lokal musim panas. Dan  itu salah satu cara saya membiayai diri saya kuliah di perguruan tinggi"





"Saya tahu bahwa jika saya memiliki layar itu di arcade tempat hiburan saya bekerja, itu akan menghasilkan uang, saya tahu   itu. Tapi kemudian kamu melakukan hitungan matematika dan kamu tahu  harga sejuta dolar untuk komputer dan 25 sen untuk sekali bermain   dan  itu hitungan matematika kurang pas. Tetapi saya tahu biaya pembuatan komputer terus-menerus turun dan saya yakin bahwa kurva akan sampai di titik persimpangan yg tepat" , jelas nolan.


Dan itu terjadi pada tahun 1972, noland bersama temannya Ted Dabney akan memulai sebuah perusahaan untuk mewujudkan hal yg menjadi  mimpi mereka, mendirikan perusahaan di bawah   nama ATARI. Kata ini adalah istilah yang mirip dengan skakmat di  permainan catur cina kuno yang mana mereka berdua penggemar permainan itu.




Produk pertama atari adalah video game komersial pertama di dunia arcade yang disebut "Computer Space"  tapi sayangnya itu tidak membawa banyak kesuksesan bagi mereka.   Selanjutnya pasangan itu menyewa Al Alcorn sebagai insinyur desain yang menciptakan game PONG.



Mesin atari pong pertama diselesaikan pada agustus 1972 dan ditempatkan di sebuah bar di sunnyvale  California, namun alcorn menerima panggilan hanya beberapa hari kemudian bahwa mesinnya rusak, ini tampak seperti awal yang buruk untuk atari. Mereka bahkan tidak dapat membuat mesin yang bekerja selama lebih dari beberapa hari. Masalah ternyata sebenarnya mekanisme koin telah kebanjiran dengan koin karena begitu banyak orang ingin bermain. Kata lain permainan itu sebenarnya terlalu sukses dan dari sini atari telah melesat cepat. 


"Itu seperti pesta besar di jam 6 sore,  semua eksekutif berusia akhir 20-an awal 30-an. Sebagian besar karyawan  berusia  20 hingga 23 , wow ! " Nolan menjelaskan.


Pong sangat sukses sehingga pada tahun 1974,  8.000 mesin pong dipasang di taman hiburan, restoran  dan bar di seluruh dunia. Namun segera setelah memulai kesuksesan  perusahaan dabney dan bushnell mulai memiliki perbedaan yang akhirnya menyebabkan itu jatuh dan dabney menjual saham dan pindah keluar pada tahun 1975. Atari sekarang dipimpin oleh nolan bushnell sendirian berencana untuk membawa video game ke konsumen di rumah tangga. 



Perusahaan mengembangkan video atari sistem komputer konsol rumah berbasis kartrid itu menggunakan yang baru tersedia   Mikroprosesor 8-bit teknologi mos 6502. Sayangnya atari tidak memiliki kemampuan untuk memproduksi konsol untuk komersial.  Ini mendorong bushnell untuk membuat keputusan yang selamanya akan mengubah nasib atari. Dia menjual atari ke konglomerat hiburan Warner Communications di tahun  1976 untuk sebuah angka fantastis  28 juta dolar. 

Sementara  semua ini terjadi, ada serangkaian kejadian lain  secara bersamaan berlangsung yaitu sejarah awal munculnya komputer apel.

"Steve jobs menemukan atari dan dia dipekerjakan oleh al alcorn dan sore itu  dia datang ke kantor saya dan dia berlagak seolah-olah itu adalah hal yang dikuasai benar oleh dia, dan hari pertama saya bilang hai ada apa dia bilang saya pikir kamu punya  perusahaan yang benar-benar hebat, luar biasa, dia sering menggunakannya dan dan dia bilang saya pikir semuanya cukup bagus tapi  saya telah melihat koneksi solder kamu dan mereka benar-benar jelek "



Diketahui secara luas bahwa steve jobs bekerja untuk atari sebelum memulai apple,  tapi tahukah kamu bahwa di atari itulah pondasi kesuksesan apple   pertama kali diletakkan semuanya dimulai ketika nolan bushnell datang   dengan konsep untuk game breakout tetapi tidak dapat menemukan insinyur yang bersedia merancang prototipe game. Ia kemudian pergi ke steve jobs seorang teknisi tingkat rendah saat itu, bekerja shift malam di atari. 

"Saya tidak melihat pekerjaan steve yang buruk tetapi dia menyebabkan cukup banyak masalah sehingga saya  semacam menempatkan dia di shift malam" 

Teknologi yg tidak ada  pada masa itu atau mungkin karena microchip sangat mahal  dan nolan bushnell menawari steve jobs bonus 100 dolar untuk setiap chip yang dia berhasil hilangkan dari rancangan konsep gamenya dan pada saat inilah steve melakukan sesuatu yang sangat tidak terhormat, membajak temannya steve wozniak yang saat itu bekerja di hewiletpackard. Wozniak akan membantunya membuat   prototipe hanya dalam empat hari dan untungnya wozniak bisa menyelesaikannya   prototipe dalam empat hari dengan mengorbankan waktu tidurnya. Jobs dibayar   bonus 5000 dolar tetapi wozniak yang telah melakukan semua pekerjaan  hanya dibayar 375 dolar.




Breakout diluncurkan pada bulan April 1976 hanya beberapa hari setelah jobs dan wozniak mendirikan perusahaan komputer Apel.  Wozniak punya satu mimpi meskipun dia ingin memainkan versi breakout  ditulis sepenuhnya dalam bahasa pemrograman Basic, komputer pertama mereka  apple one tidak bisa melakukan ini jadi wozniak ingin membuat komputer baru untuk mencapai tujuan ini. Dia memasukkan fitur seperti perintah grafis berwarna, graphic  sirkuit untuk pengontrol pedal dan speaker .  Komputer ini akan disebut apple ii dan itu sukses instan.



Dan seperti yang kita tahu kelanjutanya adalah sejarah yang fenomenal tercipta. Apple ii sebenarnya awalnya dijual dengan dua pengontrol pedal untuk dimainkan bersama game  breakout. Mengutip wozniak banyak fitur  yang   benar-benar membuat apple ii menonjol pada zamannya, berasal dari game yang bernama breakout tentu saja.   

Sementara itu kembali di atari nolan bushnell mengalami perselisihan dengan perusahaan Warner dan meninggalkan atari pada tahun 1978. Tahun berikutnya Warner menyewa ray kazar untuk   mengambil alih sebagai ceo atari. Sekarang didukung dengan uang dari  perusahaan media Warner, perusahaan akan membuat konsol atari 2600.




Atari 2600 memiliki joystick keren dan kartrid game yang dapat diganti  dan dengan demikian memulai era baru dalam industri video game,   dengan Warner communication sebagaipemodalnya, fokus atari beralih dari kreativitas  menjadi fokus pada pemasaran. Departemen r & d dirampingkan dan  diganti dengan sebagian besar staf pemasaran. Langkah itu membuahkan hasil meskipun penjualan  atari 2600 mulai naik pada tahun 1979 mencapai 1  uta penjualan dan kemudian 2 juta tahun berikutnya dan akhirnya menghasilkan 10 juta dalam penjualan tahunan di 1982. 

Atari 2600 adalah game konsol terlaris  saat itu, pendapatan atari merupakan 70 % dari Laba yg dihasilkan perusahaan warner . Pada awal 1980-an pasar video game sedang booming  dan atari adalah raja video game yang tak terbantahkan yang menghasilkan jumlah yang uang dan tidak ada yang seperti itu sebelumnya di industri mana pun. Selain itu   ada kecenderungan tumbuh terlalu cepat untuk keberlanjutan  bisnis game yang sebenarnya masih sangat muda dan tidak ada yang benar-benar yakin  apa yang diinginkan pengguna atau cara memonetisasi produk dengan benar. Atau  bagaimana bahkan memberi penghargaan kepada karyawan mereka dengan benar.

Tapi untuk saat ini semua pasar video game yg tampak hanya uangnya dan lebih banyak perusahaan berusaha menyaingi. Atari 2600 yang dominan juga bersaing dengan banyak konsol rumahan seperti magnavox odyssey, coleco vision dan mattel intelivision. Saat uang mengalir ke industri itu bukan hanya perusahaan elektronik dan mainan yang ada di pasar, banyak perusahaan akan beralih industri hanya untuk menghasilkan uang dengan cepat dan kemudian pasar menjadi sangat jenuh dengan konsol game dan masih banyak lagi yang terus datang sementara semua konsol game ini   tiba-tiba menemukan diri mereka bersaing denga  teknologi baru lainnya, komputer pribadi.

PC memiliki lebih banyak utilitas daripada konsol game, mereka juga bisa menjadi mesin bisnis.  Komputer pribadi juga menampilkan memori jangka panjang yang  berarti game bisa disimpan alih-alih memulai lagi dari awal.  Setiap kali harga komputer menjadi terjangkau, ada kesadaran bahwa  membeli komputer rumah akan lebih masuk akal. Ini akan merusak daya tarik konsol game. 

Keadaan saat itu di industri video game itu tidak biasa untuk satu programmer untuk membuat seluruh game. Atas upaya mereka, programmer akan tidak dikenali oleh "kredit / tulisan penciptanya". atari tidak mengisinkan karena atari ingin menjadi satu-satunya pencipta yang terkait dengan pekerjaan apa pun yang dilakukan. Di permainan apa pun pekerjaan yang dilakukan individu hanyalah bagian mereka sebagai roda penggerak mesin. Seorang programmer biasanya hanya akan membuat   dua puluh hingga tiga puluh ribu dolar setahun bahkan jika game itu terus terjual jutaan eksemplar .




Beberapa tahun sebelumnya pada tahun 1979 beberapa programmer merasa sudah muak. Tahun itu david crane, larry kaplan, bob whitehead dan alan miller, semua meninggalkan  atari untuk memulai perusahaan mereka sendiri yang mereka sebut Activision. Atari dan yang lainnya menjual konsol mereka dengan harga murah tetapi diharapkan menghasilkan uang kembali pada penjualan game. 

Namun sekarang dengan munculnya activision, ketika salah satu dari game mereka dijual untuk konsol atari,   atari tidak akan mendapatkan sepeser pun. Secara instan model bisnis atari hancur, jadi tentu saja mereka menggugat activision tapi untungnya bagi konsumen atari kalah dalam pengadilan. Sekarang pintu terbuka bagi siapa saja untuk membuat  game untuk konsol rumah. Ini akan menjadi kebangkitan pihak ketiga sebagai pembuat game. Sekali lagi semua orang ikut-ikutan.

Jadi bukan hanya pasar yang jenuh, konsol yang berbeda - beda lalu sekarang benar-benar dibanjiri oleh perusahaan game yang tidak memiliki pengalaman dunia hiburan apa pun.   Pada satu titik quaker oat dan purina, ya perusahaan makanan hewan mulai membuat video game karena itu adalah tambang emas yang tak ada habisnya.  Segera lebih banyak programmer akan meninggalkan perusahaan induk mereka untuk membuatnya sendiri.  Programmer terbaik atari akan pergi untuk bergabung dalam aksi   karena semakin banyak game yang dibuat, kualitasnya turun.



Atari ingin terus menghasilkan uang dan memperoleh lisensi untuk sensasi arcade saat itu "pac-man". Eksekutif atari menginginkan versi   pac-man untuk atari 2600 dan ini sepertinya ide yang bagus,  tapi ada satu masalah atari hanya mendapat lisensi di akhir tahun, tapi tetap saja ingin game keluar sebelum natal. Ini memberi programmer hampir tidak ada waktu istirahat untuk membuat game, selain itu mereka menghubungi pihak luar.  

Freelancer datang dan mereka setuju untuk membayarnya biaya royalti untuk setiap unit yang diproduksi bukan setiap unit yang terjual, dan setelah diproduksi atari memperkirakan 12 juta penjualan jadi mereka sudah  berjanji untuk membuat 12 juta kopi untuk semua orang. Jadi programmer yang beruntung sudah mendapatkan gaji besar sebelum perusahaan untung, bahkan ini tidak cukup memberi mereka banyak insentif untuk membuat game yang bagus terutama karena mereka tidak punya cukup waktu untuk membuat permainan yang bagus. 

Ini pula hasilnya tak tanggung-tanggung menjadi  malapetaka, gamenya lambat dan jelek dan hampir tidak mirip game aslinya yg dulu membuat orang jatuh cinta. Atari membuat 12 juta kopi dan terjual 7  juta, jadi pada akhirnya itu terjual dengan baik tetapi mereka   masih memiliki 5 juta kartrid yang tidak terjual di gudang. Rupanya mereka tidak belajar apapun, para eksekutif bisnis menandatangani kesepakatan lain, kali ini dengan steven spielberg untuk membuat game et, berjanji untuk menjadi salah satu film terbesar tahun ini dan itu dianggap bahwa permainan berdasarkan film laris itu akan terjual dengan baik.



Sekali lagi ini adalah ide yang bagus, tapi sekali lagi atari mengacau, mereka hampir tidak memberi programmer mereka  waktu cukup, enam minggu untuk merancang pembuatan dan pengiriman uji kualitas.  Jadwal yang benar-benar gila dan saat game mulai dijual, pikir atari  konsumen akan melihat nama ET dan mengantri untuk membeli gamenya. Akan tetapi setelahnya pengalaman mereka dengan dilema pac-man, para penggemar menunggu untuk melihat apakah permainannya bagus dan  itu bukan  benar-benar apa yang terjadi. 

Game ET dikenal sebagai salah satu yang terburuk dari "hiburan interaktif" yg pernah dijadikan sebagai hadiah natal, yang seperti diinginkan semua orang tetapi tidak ada yang menyukainya. Pada satu titik segalanya menjadi sangat buruk sehingga dari 4 juta kopi game yang dikirimkan oleh atari,   3,5 juta dari itu dikembalikan dan ini ditambahkan ke tumpukan permainan pacman, teronggok di gudang. Jadi atari membuat game yang mengerikan dan menjualnya dengan harga normal, sementara pesaing juga membuat  game yg sama mengerikan tapi menjualnya dengan harga murah.  

Pada dasarnya pasar mulai dilenyapkan, semuanya memuncak pada bulan desember 1982 dengan laporan laba rugi atar, mereka memberi tahu pemegang saham bahwa karena semua faktor yang sangat negatif ini,  perusahaan masih akan tumbuh sebesar 10 hingga 15 persen dan itu terdengar hebat.  Tetapi masalahnya adalah sebelum pengumuman, mereka memberi tahu pemegang saham bahwa  mereka mengharapkan pertumbuhan 50 % dan itu adalah kejutan besar untuk Wall Street dan laporan penghasilan ini meruntuhkan  penjualan pasar konsol dan game di sini.   



Pasar yang terlalu jenuh terjadi di seluruh dunia  selama beberapa dekade, rumor beredar puluhan juta  kartrid game atari yang tidak terjual semuanya dikirim ke tempat pembuangan sampah di new mexico dan sebuah buldoser mengubur dan menutupinya dengan semen. Laporan ini sebenarnya terbukti benar pada pada tahun 2014,  ketika suatu lokasi di new meksiko digali.

Atari telah menjadi panji permainan   revolusi dan pernah menjadi perusahaan dengan pertumbuhan tercepat dalam sejarah Amerika   tapi sekarang hutangnya 500 juta dolar.  Analis memperkirakan akhir dari industri game, yang mereka katakan investor dan pengecer sama-sama bahwa mereka harus mencari uang di tempat lain.  Akan  tetapi teknologi kecil dan baru yang disebut video game ini berjuang di dunia PC dan perlahan-lahan terus menjadi lebih kuat. Atari juga melanjutkan bisnis di PC setelah memasuki bisnis pc mereka menjadi cukup sukses di eropa dengan komputer Atari ST mereka yang dirilis pada tahun 1985.




Dipuji sebagai alat luar biasa di kancah musik elektronik, ini sebagian besar berkat kemampuan midi Atari ST,  fitur yang hanya ditemukan di studio rekaman mahal saat itu. Komputer Atari ST digunakan oleh produser musik seperti fat boy slim, tangerine dream dan derude. Meskipun bersaing dengan amiga komodor dan macintosh atari tidak mendapatkan banyak pangsa pasar pada akhirnya  pada tahun 1993 atari ingin mengejutkan dunia dengan konsol jaguarnya.  Konsol itu dijanjikan untuk menjadi konsol game 64-bit dan dengan lima yang berbeda,   prosesor itu akan menjadi binatang buas tetapi di  kenyataannya itu memiliki kinerja rata-rata yg mahal, sulit untuk membuat kode game yang berarti lebih sedikit game untuk konsumen dan terakhir pengontrolnya buruk. Menerima semua kegagalan, konsol jaguar  pada dasarnya menjadi mantra akhir untuk bisnis perangkat keras atari.

Sebelum kita selesai mari kita lihat beberapa fakta tentang atari. Meskipun atari tidak dapat mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar untuk video game, kontribusi mereka sangat besar dan begitu   ikonik. Bahwa pada tahun 2007 atari 2600 ditambahkan ke hall of fame mainan nasional  di new york berbagi kehormatan dengan orang-orang seperti kubus rubik dan lego. 

Selain memiliki hubungan dengan apple atari juga memiliki koneksi dengan microsoft, dimana   atari membayar bill gates untuk memprogram basic ke salah satu komputer atari dan Bill Gate terus melewatkan tenggat waktu dan akhirnya harus dipecat




Adalah fakta yang terkenal bahwa setelah hadirnya perusahaan game jepang nintendo, yaitu NES nintendo entertainment system, kemudian menggantikan posisi atari 2600.  Namun sedikit orang yang tahu bahwa nes   ampir menjadi produk atari sebelum sebuah kecelakaan. Nintendo mendekati atari mereka ingin merilis konsol dengan merek atari.   Pada akhirnya untungnya untuk nintendo kesepakatan itu gagal. 

Begitu banyak dari kamu mungkin bertanya-tanya apa yg terjadi pada nolan bushnell setelah dia meninggalkan atari.   Nah ternyata dia melanjutkan untuk memulai chuck e cheese,  dia berpikir bahwa restoran pizza akan menjadi bisnis yang sederhana untuk memulai. Hal  menariknya ketika dia telah membeli kostum untuk maskotnya,  noland mengira itu adalah coyote tetapi ketika kostumnya dipakai ternyata itu tikus dan   dia memutuskan untuk menamai restoran rick ratz pizza. Tetapi tim pemasaran berpikir bahwa tikus akan memiliki konotasi yang buruk untuk restoran pizza untuk alasan yang jelas  dan dengan itu bisa "dihubungkan" menjadi kesimpulkan bagaimana kejadian naik turunnya atari.




Share:

Frekuensi TV Digital Di Makasar - Kini Nonton Ikatan Cinta RCTI Pasti Jernih

Makassar merupakan kota terbesar di pulau sulawesi bahkan juga yg termaju di Indonesia bagian timur. Dengan perkembangannya yg pesat 10 tahun belakangan ini, Makassar telah menjadi pusat barometer pembangunan berbasis teknologi di wilayah timur Indonesia. Termasuk juga untuk urusan Migrasi TV digital maka kota makassar dijadwalkan untuk melakukan secara bertahap Analog Switch Off pada 31 Desember 2021. 




Alasan migrasi 


Direktur Penyiaran Kominfo, Geryantika Kurnia mengatakan, alasan utama migrasi dari TV analog ke TV digital adalah untuk efisiensi. Migrasi ini sudah menjadi tren dunia sejak 2007. Seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet melalui seluler. Spektrum frekuensi radio yang digunakan untuk TV analog, untuk saluran UHF 50 keatas berada pada pita 700 MHz atau pita favorit  untuk layanan seluler GSM. Maka, agar lebih efisien, penggunaan pita 700 MHz akan dihapus dari layanan TV analog dan akan diberikan untuk teknologi seluler terbaru 5G.  



Perbedaan TV analog dan digital 


Berbeda dengan menonton tv digital, saat menonton di TV analog di Indonesia, akan muncul bilah hitam di layar pada beberapa siaran. Biasanya ini muncul saat rasio layar siaran kurang sesuai dengan lebar TV analog. Sementara, pada TV digital mendukung format rasio layar 16:9. Perangkat TV dengan rasio aspek 16:9 dapat menampilkan gambar layar tanpa banyak ruang yang diambil oleh bilah hitam. Ini diakibatkan karena Indonesia telat mengadopsi standar TV yang sudah berubah di hampir semua negara.



Sedangkan dari segi sinyal , TV digital tidak terpengaruh dengan pantulan dari gedung, bukit dan gunung. Ini akan menyebabkan Ghosting atau gambar berbayang / doble dan ganguan-ganguan lainnya yg pernah saya tulis disini. Jadi dengan bantuan processing signal melalui teknologi terbaru, pengalaman menonton TV anda semakin seru.


BACA JUGA : Perbandingan Kualitas TV Analog vs TV Digital Menggunakan Antena Indoor


Cara Migrasi Ke TV Digital

Jika anda membeli TV LED generasi terbaru, maka sudah lazim dan umum memiliki tuner Digital DVB-T2 didalamnya. Jadi tinggal Scan seperti gambar dibawah. Namun, lain cerita dengan jenis TV tabung yang hanya bisa menerima siaran analog. Untuk TV jenis ini, masyarakat perlu perlu alat dekoder yang membuat TV analog dapat menayangkan siaran TV digital, yang disebut set top box (STB) DVBT2. Kominfo mendata warga kurang mampu yang layak mendapat subsidi STB. Bagi yang ingin membeli, STB ada di toko elektronik atau marketplace daring.



Untuk wilayah kota makassar terdapat 21 siaran TV Digital yang masih bersiaran Multicast dengan TV Analog sebanyak 20 saluran. Yang menggembirakan pada juni 2021 siaran RCTI-MNC-GTV yang merupakan TV favorit masyarakat Indonesia sudah dapat dinikmati dalam format jernih TV Digital.







Untuk pencinta sinetron Ikatan Cinta , kini wajah catik Amanda manopo - si Andin akan lebih jernih tampil di layar TV tabung maupun LED, tanpa kehadiran semut lagi di layar tv anda.




Dan jangan lupa keseruan EURO 2020 yg dimulai 12 juni 2021 akan tayang secara digital dan pasti jernih di kota Makassar.


Untuk panduan, kami telah review beberapa merek STB digital yg sudah ada di pasaran dan anda kini bisa bandingkan sesuai fasilitas dan keunggulannya :


Matrix Apple     - Polytron PDV 600T2   - Venus Cabe Rawit  - Evinix H-1  - Akari ADS-2230

-Tanaka


Antena Digital paling jernih :

- Fleco AT-56


Bagi anda yg berada di lokasi lain di Nusantara dapat juga membaca update perkembangan  migrasi TV digital di  kota-kota besar seluruh Indonesia :

Surabaya  MNC  ,  EMTEK , VIVA )

Malang

Jember 

Kediri

Jombang & Mojokerto

Madiun

Jogja

Semarang

Banjarmasin

Makasar

Medan

Palembang

Perbatasan Malaysia

Share:

Selasa, 08 Juni 2021

[ Komponen ] LED - Dasar dan Cara Penggunaan Yang Benar

Pada akhir tahun 1800an, Thomas Edison menemukan bola lampu pertama yang layak dan kemudian dapat dikomersilkan. Bola lampu seperti ini bekerja dengan mengalirkan arus dengan jumlah besar melalui sebuah filamen tipis yang pada dasarnya adalah hanya sebuah kabel. Filamen menjadi begitu panas sehingga mulai berpijar dan memancarkan cahaya. Proses ini sangat tidak efisien - kurang dari 5% energi yang dihasilkan bola lampu berubah  menjadi cahaya - sisanya berubah menjadi panas.




Sumber cahaya yang jauh lebih efisien dari bohlam adalah dioda pemancar cahaya (Light Emiting Diode) atau LED.  LED pada dasarnya mengandung dua semikonduktor khusus yang ditempel bersama, dan ketika Anda mengalirkan  tegangan yang cukup besar, cahaya akan terpancar dalam proses yang disebut elektroluminesensi.



Memang ada sedikit panas yang dihasilkan, tapi keseluruhannya proses ini jauh lebih efisien dan Anda dapat  mendapatkan banyak sekali cahaya dari alat yang kecil sekali. Rata-rata, ini bertahan selama lebih dari 10 tahun digunakan terus-menerus, sehingga Anda dapat melihat  mengapa mereka begitu populer. Kini kita punya senter LED, lampu jalan LED, papan iklan LED bahkan bola lampu LED.  Tapi Anda tidak perlu menjadi sebesar Sony untuk membuat sirkuit LED.

Tulisan saya akan menunjukkan Anda dasar bagaimana menggunakan LED dalam praktek keseharian  Pertama, dapatkan sejumlah LED yang Anda dapat membelinya di penjual elektronik mana saja, tapi kini online shop menjual dengan amat murah dan Anda  dapat mendapat beragam jenis hanya dengan beberapa rupiah, paling sebiji cuman 150 rupiah untuk ukuran 1.5 mm.




Saya sarankan untuk membeli resistor 330 ohm sejumlah yg sama  LED sebagai pengaman arus berlebih. Jadi setiap LED mempunyai 3 hal penting yang perlu Anda ketahui :  Polaritas, tegangan maju dan tingkat arus maksimal.  

Mari mulai dengan polaritas, pada dasarnya ini berarti bagaimana cara Anda memasang LED di  sirkuit. Semua LED mempunyai dua kaki, sebuah "anoda" dan sebuah "katoda", Anoda dan katoda kadang-kadang disingkat A dan K. Anoda adalah sisi arus konvensional  akan mengalir ke dalam LED. Dengan kata lain, Anda menyambung sisi positif sumber tenaga / baterai  ke anoda.  Katoda adalah di mana arus konvensional keluar dari dalam LED. Jadi Anda akan menyambung sisi negatif sumber tegangan dengan katoda.


Untuk LED 5mm standar seperti ini, ada dua cara mudah untuk mengetahui polaritas  Anoda memiliki kaki yang lebih panjang dan katoda memiliki kaki yang lebih pendek. Kalau Anda juga perhatikan dengan hati-hati, Anda akan melihat satu sisi plastik diasah rata / mendatar.  Sisi yang rata adalah katoda dan sisi yang bundar adalah anoda.  Jadi pada contoh ini saya sambung sisi positif catu daya ke anoda dan  sisi negatif catu daya ke katoda dan LED menyala sesuai harapan.



Jika Anda mendapati polaritas LED di sirkuit keliru, jangan khawatir, untuk proyek tegangan rendah  LED yang terbalik menghalangi aliran arus dan tidak menyala. 

Mari lanjut kita bahas tentang tegangan maju / forward sebuah LED. Semua LED perlu tegangan tertentu untuk dapat melewatinya, dengan arah yang benar. Sebelum setiap arus listrik dapat mengalir dan mulai memancarkan cahaya,  LED putih superbright yang saya gunakan di gambar diatas mempunyai tegangan maju 3 volt, jadi kita perlu sekitar  3 volt sebelum LED dapat melakukan hal yang menarik yaitu menyala. 

Dengan suplai diatur ke 0 volt, LED tetap padam  Dengan suplai diatur ke 1,5 volt, masih tidak cukup untuk menyalakan LED  Tapi seiring kita mendekati 3 volt, LED mencapai kecerahan penuh.


Setiap LED punya tegangan maju yang sedikit berbeda dan di sini ada beberapa  panduan kasar besar tegangan yang dapat digunakan dari LED yang berbeda. Ketika LED menyala, akan ada penurunan tegangan konstan relatif di dalamnya.

Berikutnya, mari bicara soal batas arus maksimal LED. Misalnya percobaan saya diatas, saya menggunakan fitur spesial catu daya saya untuk membatasi arus yang mengalir  melalui LED hingga maksimal 30mA, yang kira-kira sebesar arus yang dapat ditanggung LED ini. Tapi apa yang terjadi jika saya melewati batas?  




Saya akan mengatur catu daya hingga 7,5 volt dan saya akan hilangkan semua batas arus. Mari kita lihat apa yang terjadi!  Jadi jika Anda melewati angka tengangan maju secara signifikan, arus dalam jumlah sangat besar  akan mengaliri LED dan tidak ada yang dapat menghentikannya dari meledakkan dirinya sendiri.  

Jelas jangan lakukan ini di rumah, sebenarnya mungkin bagi LED untuk meledak, melontarkan serpihan  plastik dan logam kecil ke wajah Anda. Anda tidak ingin berakhir tampak seperti ini! Jadi sebuah baterai kotak 9 volt cukup untuk  membunuh LED secara instan - ada sesuatu yang diperlukan untuk membatasi arus hingga batas aman. 




Angka arus setiap LED dapat berbeda-beda  Misalnya, modul LED berdaya tinggi ini dapat menanggung 100 miliampere, tapi umumnya  LED 5mm standar yang biasanya anda gunakan di rumah memiliki nilai 20 miliampere.  Jadi apa yang Anda lakukan jika Anda ingin membatasi arus dan tak punya catu daya bagus yang dapat diatur? Anda dapat gunakan benda yang disebut resistor! Untuk LED sebagai lampu indikator perangkat tegangan digital TTL, yang biasanya ada pada level 5 volt maka resistro 330 ohm lazim digunakan. Untuk baterai 9V dan catuan aki motor anda 12 volt maka resistor yg dipilih adalah 1 Kilo Ohm. Jangan salah pilih ya, karena sangat berpengaruh pada tingkat kecerahan dan keawetan LED. 

Share:

[ Sejarah Radio] Pelajaran Yg didapat dari Radio Heterodyne - Untuk Mendapatkan Sesuatu yg Besar Cukup Fokus pada 1 Hal Kecil Saja

Heterodyne atau lebih populer disebut proses Intermediate Frequency / IF merupakan kejeniusan oleh Armstrong atau penemu awalnya yg pernah berperkara paten seorang perancis Lucien Levie bahkan Walter scotchky bapak transistor pun sempat mengakui paten ini. Entahlah siapa yg benar menemukan nya, namun hanya Armstrong dan kepintaran bisnis David Sarnoff lah yg membesarkan radio seperti saat ini. Namun kita tidak akan membahas dalam-dalam pertentangan mereka. Saya akan mencoba mengambil hikmah dari proses heterodyne, dapat menjangkau frekuensi tinggi yg susah di kerjakan secara elektronik jaman itu, menjadi frekuensi lebih kecil dan gampang diolah menjadi suara di loud speaker. 




Untuk itu kita perlu tahu tantangan apa yg dihadapi para pelopor radio masa lalu , seperti rangkuman berikut :


  • Tabung Vakum Triode, hanya mampu mengolah sinyal tidak lebih dari 500 Khz. Jadi mustahil mendapatkan penerima radio AM yg bekerja bagus pada frekuensi diatas itu.
  • Dari tiap frekuensi stasiun radio pemancar, maka akan diperlukan banyak proses tuning di tiap tingkat rangkaian pesawat radio, sehingga tidak nyaman bagi pengguna awam, hanya cocok untuk pencinta radio dan teknisi elektronik saja.


Dengan kendala seperti diatas, maka para jenius tahun itu mendapati kenyataan untuk mendapatkan jangkauan yg bagus maka perlu frekuensi kerja radio yg cukup tinggi. Namun untuk 1 frekuensi pemancar hanya jernih didengar pada pesawat penerima yg khusus di tuning pada frekuensi itu. Hanya 1 frekuensi kerja yg dipakai oleh militer jerman untuk mengirim sinyal ke radio di tentara mereka pada medan perang dunia pertama. Tuningnya dipaskan pada frekuensi itu saja, tidak bisa dipindahkan.


 Bagaimana jika memerlukan banyak siaran radio terutama nantinya pada masa broadcast ? Masak tiap stasiun radio mengeluarkan pesawat penerima masing-masing, khusus untuk menerima stasiun pada frekuensi yg pasti.




Yang dilakukan oleh Armstrong saat itu adalah melakukan sesuatu terobosan, penggabungan 2 frekuensi sehingga menghasilkan frekuensi baru "beat frequency" . Nah beat frekuensi ini dibuat tepat 1 frekuensi saja, yg pada penerima radio AM / MW sejak dulu adalah disepakati 455 Khz. Jadi proses pengolahan sinyal berupa detektor dan filter nya cukup rangkaian FIX alias tanpa tuning lagi.


Jadi misal nih, Frekuensi pemancar radio stasiun KCLXX berada pada 800 Khz , maka saya membuat oscilator dengan frekuensi :  800 - 455 =  355 khz. Jadi membuat oscliator 335 khz cukup dengan rangkaian TANK R + C saja dan selanjutnya di Mixer dengan sinyal RF yang masuk dari antena yg telah di tuning dengan kapasitor dan kumparan sebelumnya. Secara kasarnya penggambarannya seperti ini :




LO merupakan local oscilator yg dihasilkan sendiri oleh pesawat penerima radio kemudian di Mixer berubah menjadi IF (intermediate frequency) yang pas tepat hanya 455khz. Ingat hal ini dilakukan  ketika peralatan radio berupa tabung vakum memiliki keterbatasan frekuensi kerja. Namun saat semikonduktor dan transistor mampu bekerja pada frekuensi kerja yg lebih besar, maka Local Oscilator yang  dibuat tetap pada angka 455 Khz, dan IF nya bisa berupa variabel. Namun karena perkembangan komponen elektronika yg semakin bagus, ini bukan menjadi masalah.





Perkembangan radio FM juga dipermudah dengan sudah dipahaminya prinsip heterodyne ini, dan penerima radio FM menggunakan local oscilator pada 10.7 Mhz. Bahkan untuk lebih simpelnya digunakan IF 2 tahap sehingga angka Magic pada frekuensi 455 Khz yg mudah diolah masih tetap dipakai. 



Pada komunikasi TV satelit, proses IF juga juga sangat berguna. Kita ketahui parabola untuk TV bekerja pad frekuensi S band (2.7 Ghz), C band( 3-4 Ghz) dan Ku band ( 9 - 12 Ghz). Sedangkan Receiver STB bekerja pada frekuensi L band. Jadi Pada LNB terdapat Local Oscillator (LO) yg akan men "DOWN CONVERT" frekuensi turun menjadi frekuensi kerja receiver antara 950 MHz -  2100 Mhz. Sedangkan pada rangkaian di dalam STB juga terdapat beberapa proses penurunan IF lagi sehingga frekuensinya menjadi "JINAK". Apalagi jaman sekarang semua pengolahan sinyal telah dilakukan oleh IC Digital SIgnal Processing yang sangat canggih.


Jadi yg ingin saya utarakan pada tulisan kali ini adalah : kadang untuk mengerti sesuatu yg besar, memahami pesan yg tersirat pada sesuatu yg diluar jangkauan, yang tidak kita bisa kerjakan malahan, kembalikan lah ke hal-hal kecil pada diri kita sendiri. Dan dengan tuning yang tepat maka akan mendapatkan hasil yang terbaik. 





Contohnya pada masa pandemi ini, janganlah berkoar-koar tentang penyakit Covid 19 yang katanya buatan konspirasi global yg ujungnya memaksa negara jualan vaksin. Ini tidak akan membuat kita terbebas dari pandemi kawan, kita bukan ilmuwan yg mengerti bahkan mungkin hanya mimpi jadi politisi tingkat internasional yg bisa melawan negara-negara besar. Kembalikan ke hal kecil dalam diri sendiri, seperti pola hidup bersih dan sehat, rajin mencuci tangan dan Menggunakan masker.

Cukup hal kecil itu saja toh hasilnya akan sama untuk sekarang, dan akan lebih bagus lagi jika nanti obat covid ditemukan. Namun kamu bisa apa untuk membantu membuat obat covid ? Tak ada bukan ?


Semoga tulisan kali ini dapat mengilhami kita semua yg sedang berjuang di masa pandemi yang tak tau kapan berakhirnya.





Share:

Senin, 07 Juni 2021

[ Sejarah Radio ] Frequency Modulation dan Kisah Tragis Sang Penemu Howard Armstrong

Modulasi frekuensi atau radio FM mengubah cara kita berkomunikasi. Itu menurut Howard Armstrong's yg akhirnya menjadi musuh bebuyutan David Sarnoff, "Sebuah revolusi". Saya telah melihat buku dan video dan artikel tentang sejarah mengenai ini tetapi mereka selalu mengabaikan sains. Yang selalu di angkat adalah kisah perseteruan mereka. 




Ini adalah upaya saya untuk menulis cerita yang akurat, jelas dan sederhana tentang bagaimana Howard Armstrong yang pertama menemukan radio FM dan betapa menakjubkannya hal itu hingga menyebabkan kehancurannya. 

Howard Armstrong bekerja dengan temannya, David Sarnoff, saat itu wakil presiden RCA untuk membuat radio "Radiola" dan segera Armstrong dan Sarnoff menghasilkan jutaan dolar dan  siaran radio mengambil alih budaya dunia. Hanya ada satu masalah, gangguan statis (kemresek), dan itu ada hubungannya dengan sifat radio AM. Mari kita mulai dengan beberapa prinsip dasar. 

Gelombang radio bukanlah gelombang suara. Itu sebenarnya adalah gelombang cahaya yang tidak terlihat. Gelombang radio digunakan sebagai media yang digunakan untuk mengirimkan atau membawa informasi suara. Dalam suara radio AM diubah menjadi sinyal listrik dan sinyal itu digunakan untuk mengubah ketinggian atau amplitudo gelombang. 



Demikian nama radio AM untuk modulasi amplitudo. Namun, setiap kali ada percikan listrik seperti petir atau saklar lampu, itu membuat gelombang radio liar yang meningkatkan amplitudo gelombang yang menciptakan statis (kemresek) di radio AM. 

Sarnoff telah berulang kali mengatakan bahwa dia berharap dia punya kotak hitam kecil untuk menghilangkan statis dan Howard Armstrong berpikir dia punya solusinya. Mengapa tidak membuat gelombang radio di mana jumlah frekuensi menyimpang dari aslinya, lebih terjepit atau diregangkan, sesuai ke gelombang suara yang dihasilkan di mikrofon, bukannya mengubah ketinggian gelombang. Untuk alasan ini disebut radio FM untuk modulasi frekuensi. 




Sebenarnya banyak ilmuwan yang tertarik dalam menggunakan modulasi frekuensi pada akhir 1910an  dan awal dua puluhan. Namun, pada tahun 1922, John Carson, kepala ahli teori matematika di Bell Laboratories menulis makalah bahwa itu tidak akan berhasil. Untuk lebih meyakinkan, dia bilang itu akan berhasil, tapi itu secara alami mendistorsi tanpa keuntungan kompensasi apapun. 

Carson akhirnya menyimpulkan kutipan itu "Statis, seperti kemiskinan yang akan selalu ada bersama kita." Sekarang, Armstrong bahkan lebih bertekad mengatakan, "Saya tidak pernah bisa menerima temuan didasarkan pada sesuatu yg hampir secara eksklusif berupa rumus matematika." Pada tahun 1928 Howard Armstrong memutuskan untuk menghabiskan seluruh waktunya mencoba membuat radio FM. 

Selama tiga tahun, dia tidak mendapatkan apa-apa. Kemudian dia punya ide radikal. Dia tahu bahwa untuk membuat radio FM, ada keharusan mengubah frekuensi. Dia juga tahu itu dengan teknologi yang tersedia saat itu dia perlu menjaga fluktuasi itu seminimal mungkin atau akan mendistorsi sinyal, seperti yang dibuktikan secara matematis Carson. Tapi kemudian tidak mungkin untuk memiliki jangkauan penuh frekuensi suara dan untuk mengurangi statis. 

Bagaimana jika, pikirnya, kita memulai dengan frekuensi rendah dengan perubahan kecil dan kemudian dikalikan ke frekuensi yang lebih tinggi dengan perubahan besar dan membuat penerima hanya menerima perubahan besar. Ini disebut radio FM broadband dan itu bukan tugas yang mudah dan dia membutuhkan waktu sampai tahun 1933 baginya untuk melakukannya dengan benar. 



Tetapi ketika dia melakukannya, itu bekerja lebih baik dari yang dia harapkan. Statis itu hilang. Anda dapat mengirimkan seluruh jangkauan pendengaran manusia bukannya rentang kecil seperti AM. Anda bahkan dapat mengirimkan dua sinyal pada saat yang sama untuk membuat suara stereo. Dan Sarnoff membencinya. 

Anda mungkin bertanya bagaimana sinyal dari mikrofon diubah menjadi variasi frekuensi gelombang? Yah, itu sedikit membingungkan tapi Armstrong mulai dengan membuat sinyal AM pada gelombang radio frekuensi sangat rendah. Dia kemudian menekan gelombang radio halus asli dan menginstal ulang, 90 derajat keluar dari fase. Ini menciptakan PM atau modulasi fase. 

Jadi, alih-alih sinyal mengubah ketinggian gelombang, itu mengubah fase gelombang atau di mana gelombang terjebak. Dia kemudian menggunakan kapasitor untuk menghaluskan atau mengintegrasikan sistem dan membuatnya menjadi sinyal FM. Akhirnya, dia menggunakan harmonik untuk melipatgandakan sinyal untuk sampai ke frekuensi pembawa dan variasi frekuensi yang diinginkannya. 




Bagaimana dengan penerima? Nah, untuk berbicara tentang penerima FM mari kita mulai dengan cara kerja penerima AM Armstrong terlebih dahulu. Dengan AM, Armstrong memperkuat sinyal dari antena dan kemudian mencampurnya dengan sinyal lain untuk membuat sinyal perantara yang lebih rendah itu lebih mudah untuk ditangani. Dia kemudian menyaringnya ke frekuensi yang diinginkannya, memperkuat sinyal itu dan kemudian menggunakan elektronik untuk mendeteksi perubahan amplitudo. 



Omong-omong, detektor amplop ini bisa sesederhana katup satu arah. Akhirnya, dia memperkuat suaranya dan memproyeksikannya ke pengeras suara. Penerima FM hanya sedikit berbeda daripada penerima AM. Pertama dengan FM, Anda tidak ingin filter frekuensi sempit karena akan memotong semua informasi suara. Jadi dia menggunakan filter frekuensi yang luas. 



Kedua, dia menggunakan sesuatu yang dia sebut pembatas / limiter, karena membatasi tinggi gelombang. Pada dasarnya itu mensaturasi sinyal sehingga variasi apa pun di puncak gelombang akan dihapus. Karena sinyal sebenarnya dalam variasi frekuensi dan variasi amplitudo yg bisa dipengaruhi gangguan statis. 



Ketiga, detektor amplop Armstrong menggunakan sesuatu yang dia sebut diskriminator itu, seperti yang dikatakan Armstrong, mengutip, "Terjemahkan variasi frekuensi menjadi variasi amplitudo." Armstrong menciptakan dua sirkuit tune dengan kumparan dan kapasitor. Satu disetel ke atas frekuensi pembawa dan satu disetel ke bawah frekuensi pembawa. 




Jika gelombang diciptakan tanpa modulasi yang akan bekerja sama buruknya di kedua sirkuit. Kemudian kedua kumparan berlabel 48 dan 49 akan mendapatkan tegangan yang sama diinduksi di dalamnya yang akan menyebabkan tidak ada arus yang mengalir di antara mereka. Namun, jika frekuensi dimodulasi lebih tinggi atau lebih rendah maka satu sirkuit akan beresonansi lebih baik dan pada amplitudo yang lebih tinggi dan yang lainnya akan beresonansi lebih buruk dengan amplitudo yang lebih rendah. 

Ini akan menyebabkan satu koil memiliki tegangan yang lebih tinggi diinduksi dari kumparan lainnya, yang akan menciptakan arus di antara mereka dan sesuai arus di speaker atau headphone. Semakin besar perbedaan frekuensi, semakin besar amplitudo arus di headphone. Dengan cara ini Armstrong mengubah perubahan frekuensi menjadi perubahan amplitudo pada speaker. 

Wah. Jadi jika FM jauh lebih baik daripada AM mengapa Sarnoff tidak senang? Nah Sarnoff mengharapkan sesuatu untuk memperbaiki sistemnya bukan sesuatu untuk menggantikan sistemnya. Apa yang harus dilakukan? Sarnoff memutuskan untuk menghancurkan penemuan baru temannya. Menendang Armstrong keluar dari laboratoriumnya di Empire State Building, menyuruh ilmuwannya menulis artikel yang merendahkan FM, dan melarang RCA menggunakan radio FM. 




Armstrong yang tidak terpengaruh bahkan menjual semua sahamnya di RCA dan memulai perusahaan FM-nya sendiri yang disebut Yankee Network. Tidak sampai lima tahun kemudian Sarnoff menyadari kesalahannya dan mencoba membuat Armstrong menandatangani satu juta dolar dari lisensi non-eksklusif. Armstrong menyuruh Sarnoff untuk minggat ! Pengacara Armstrong mengira kliennya gila. Kutipan, "Itu pertama kalinya saya mendengar tentang seorang penemu menolak satu juta untuk lisensi non-eksklusif." 

Sarnoff sangat marah. Dia memulai perang pribadi dengan mantan temannya dan menggunakan pengaruhnya untuk memiliki FCC mengubah frekuensi radio yang tersedia untuk FM, membuat peralatan dan perusahaan Armstrong menjadi tidak berharga. Sarnoff dan RCA kemudian mulai menggunakan FM tanpa izin dan segera banyak perusahaan lain mengikutinya. 

Pada bulan Juli 1948, Armstrong menggugat. RCA memutuskan untuk melawan dengan membuat gugatan selama dan sesulit mungkin. Atau seperti yang dikatakan Armstrong, kutipan, "Mereka akan menghentikan hal ini sampai aku mati atau bangkrut." Dan gugatan ini berlarut-larut. Gugatan Armstrong berlangsung setahun penuh. Pada tahun 1952 dia kehabisan uang dan harus memiliki pinjaman untuk membayar pengacaranya. 

Pada 20 Februari 1953, Sarnoff berbohong di bawah sumpah kutipan itu "RCA telah berbuat lebih banyak untuk mengembangkan FM daripada siapa pun di negara ini, termasuk Armstrong". Dikalahkan, Armstrong mencoba menyelesaikan, tapi Sarnoff tidak mengizinkannya. Pada bulan November 1953, Armstrong mengakui keadaan keuangannya kepada istrinya, Marion. 

Mereka bertengkar hebat dan Armstrong memukul lengannya dengan poker. Marion melarikan diri dari rumah untuk tidak pernah melihat suaminya lagi. Pada tanggal 31 Januari 1954, tepat 40 tahun setelah Armstrong terjaga sepanjang malam dengan Sarnoff mendemonstrasikan sirkuit regeneratifnya. Tanggal yang mereka rayakan selama beberapa dekade. Armstrong menulis permintaan maaf kepada istrinya, melepas AC dari jendela apartemennya dan melompat 13 lantai ke kematiannya. Dia berusia 63 tahun. 





Ketika David Sarnoff mendengar tentang bunuh diri Armstrong dia berseru, "Saya tidak membunuh Armstrong." Tapi dia pasti tahu dia punya andil terhadap tindakan putus asa  Armstrong dan menangis secara terbuka di pemakamannya. 

Marion Armstrong melanjutkan semua tuntutan hukum suaminya. Akhirnya dia akan mengajukan 21 tuntutan hukum paten dan menangkan semuanya. Dia memenangkan lebih dari $ 10 juta dalam perkara ini selama 11 tahun ke depan. Mari kita kembali ke tahun 1934 sebentar. Sebagian dari alasan mengapa David Sarnoff tidak ingin menggantikan sistemnya dengan FM adalah karena dia miskin karena dia sudah menggelontorkan $5 juta untuk mengendalikan benda aneh yang disebut tabung sinar katoda. 

Inilah mengapa Sarnoff dan RCA akhirnya menjadi raksasa televisi CRT / Tabung. Tapi apa itu tabung sinar katoda? Mengapa itu ditemukan? Dan apa hubungannya, tidak hanya dengan televisi tetapi juga osiloskop, radar, mesin x-ray, penemuan elektron dan efek foto listrik. Saya akan bahas lain kali yaaa...

Share:

Kontak Penulis



12179018.png (60×60)
+628155737755

Mail : ahocool@gmail.com

Site View

Categories

555 (8) 7 segmen (3) adc (4) amplifier (2) analog (19) android (12) antares (8) arduino (26) artikel (11) attiny (3) attiny2313 (19) audio (5) baterai (5) blog (1) bluetooth (1) chatgpt (2) cmos (2) crypto (2) dasar (46) digital (11) dimmer (5) display (3) esp8266 (25) euro2020 (13) gcc (1) iklan (1) infrared (2) Input Output (3) iot (58) jam (7) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (17) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (8) lain-lain (8) lcd (2) led (14) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) lora (7) MATV (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (70) micropython (6) mikrokontroler (1) mikrokontroller (14) mikrotik (5) modbus (9) mqtt (3) ninmedia (5) ntp (1) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (88) pcb (2) power (1) praktek (2) project (33) proyek (1) python (7) radio (26) raspberry pi (4) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (2) sharing (3) signage (1) sinyal (1) sms (6) software (18) solar (1) solusi (1) tachometer (2) technology (1) teknologi (2) telegram (2) telepon (9) televisi (167) television (28) transistor (2) troubleshoot (3) tulisan (93) tutorial (108) tv digital (6) tvri (2) vu meter (2) vumeter (2) wav player (3) wayang (1) wifi (3)

Arsip Blog

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika