Semua Tentang Belajar Teknologi Digital Dalam Kehidupan Sehari - Hari

Kamis, 21 Januari 2021

Frekuensi Televisi Digital di Karesidenan Madiun - Semakin Lengkap Kualitas HD

 


Update Juli 2021

Salah satu kota di jawa timur yang sudah menikmati geliat migrasi TV Digital adalah Madiun dan sekitarnya. Kota ini sempat dihebohkan dengan berakhirnya siaran transmedia group akibat tidak diperpanjangnya kontrak penggunaan frekuensi di beberapa kota di jawatimur. Jadi bagi kalian di wilayah madiun dan ingin menyaksikan Bioskop TransTV atau acara Jejak Petualang Trans7 dapat menggunakan STB digital DVB T2



Tidak perlu merubah antena UHF lama anda cukup dengan membeli STB digital atau membeli televisi yang sudah memiliki Tuner DVB T2 di dalamnya dan ikuti langkah-langkah berikut :



1. Sambungkan Kabel Antena UHF anda ke port ANT IN dibelakang Set Top Box.


Jadi memang dalam pengunaannya, kabel antena uhf anda  tidak lagi dihubungkan ke televisi anda, tetapi dihubungkan ke set top box.


2. Hubungkan Kabel Audio Video (Kabel AV/ Kabel Merah Putih Kuning) anda dari set top box ke televisi. 



Di TV anda pasti ada colokan berwarna merah putih kuning bukan? colokan ini biasanya anda gunakan saat anda ingin memasang DVD Player.  Alternatif lain bagi anda yang menggunakan TV LED/LCD bisa menggunakan Kabel HDMI sebagai pengganti kabel Audio Video (Kabel AV/ Kabel Merah Putih Kuning). Keunggulan Kabel HDMI dibandingkan kabel audio video adalah resolusinya yang lebih tinggi, sehingga bisa menampilkan gambar yang lebih tajam.

3.Setelah itu jika anda membeli set top box di jaringan toko kami biasanya akan mendapat bonus berupa Kabel Loop Out, nah fungsi kabel loop out ini agar tv anda tetap bisa menyaksikan siaran tv analaog biasa di tv anda, tanpa harus cabut colok kabel lagi. Sambungkan kabel loop out ini diantara set top box dan tv. Hubungkan ke di port Loop Out dibelakang set top box. dan port antena dibelakang TV. Port antena ini biasanya tempat anda mencolokkan kabel antena di belakang tv.




Setelah semuanya dihubungkan dengan tepat, kini nyalakan set top box dan pesawat tv nya. Set Top Box Skybox memiliki 2 tombol power yang berada didepan dan belakang set top box. Pastikan keduanya dalam keadaan aktif.



Jika keduanya sudah aktif, jika anda menggunakan Kabel Audio Video, sekarang ubah mode TVnya ke mode VIDEO/AV1/AV2/AV3. Dan Jika mengunakan kabel HDMI anda bisa ubah modenya ke HDMI.

Untuk mengubah mode di tv biasanya anda cukup klik tombol source atau input di remote pesawat tv anda.


BACA JUGA : Perbandingan Kualitas TV Analog vs TV Digital Menggunakan Antena Indoor


Jika anda benar memasangnya nanti akan muncul menu PANDUAN INSTALASI di layar TV.

Jika belum muncul menunya, kemungkinan terbesar anda salah colok kabel dibelakang TVnya.

Coba di cek lagi, karena ada sebagian pesawat tv yang memiliki banyak port audio video dan HDMI sehingga banyak yang salah colok kabelnya dan berakibat menu panduan instalasi set top box tidak muncul di tv.

Courtesy of : Youtuber pelit - Gambar di comot malah marah !
Tujuan blog ini buat belajar brooo ....


Jika sudah muncul menu panduan Instalasi / Instalation Guide nya, lalu pilih

OSD language / Bahasa OSD : Indonesia (atau bahasa lain tergantung anda)

Country / Negara : Indonesia

lalu pilih Pencarian channel /channel search klik oke. Lalu akan muncul progress instalasi .. tunggu sampai 100%. Nanti akan muncul daftar tv digitalnya di kolom sebelah kiri dan radio di kolom sebelah kanan.

Courtesy of : Youtuber pelit - Gambar di comot malah marah !
Tujuan blog ini buat belajar brooo ....


Lalu klik exit saja, dan anda sudah bisa menyaksikan siaran tv digitalnya.


Courtesy of : Youtuber pelit - Gambar di comot malah marah !
Tujuan blog ini buat belajar brooo ....


Untuk panduan, kami telah review beberapa merek STB digital yg sudah ada di pasaran dan anda kini bisa bandingkan sesuai fasilitas dan keunggulannya :


Matrix Apple     - Polytron PDV 600T2   - Venus Cabe Rawit  - Evinix H-1  - Akari ADS-2230

-Tanaka


Bagi anda yg berada di lokasi lain di Nusantara dapat juga membaca update perkembangan  migrasi TV digital di  kota-kota besar seluruh Indonesia :

Surabaya  MNC  ,  EMTEK , VIVA )

Malang

Jember 

Kediri

Jombang & Mojokerto

Madiun

Jogja

Semarang

Banjarmasin

Makasar

Medan

Palembang

Perbatasan Malaysia


Update : Untuk wilayah madiun kini terisi slot digital untuk Metro TV group, EMTEK group (SCTV INDOSIAR) dan TransMedia Group . Terakhir di cek pada februari 2021 sesuai gambar diatas.

Share:

5 komentar:

  1. Wah ini, gambar saya tu.
    Ngambil dari mana gan ?

    BalasHapus
  2. Kl mau beli stbnya toko mana n brp harganya

    BalasHapus
  3. Saya cek, ponorogo blm ada siaran digital tv

    BalasHapus
  4. ponorogo cuma tvri doang😭😭😭😭😭😭😭

    BalasHapus

Kontak Penulis



12179018.png (60×60)
+628155737755

Mail : ahocool@gmail.com

Site View

Categories

555 (8) 7 segmen (3) adc (4) amplifier (2) analog (19) android (12) antares (8) arduino (26) artikel (11) attiny (3) attiny2313 (19) audio (5) baterai (5) blog (1) bluetooth (1) chatgpt (2) cmos (2) crypto (2) dasar (46) digital (11) dimmer (5) display (3) esp8266 (25) euro2020 (13) gcc (1) iklan (1) infrared (2) Input Output (3) iot (58) jam (7) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (17) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (8) lain-lain (8) lcd (2) led (14) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) lora (5) MATV (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (70) micropython (6) mikrokontroler (1) mikrokontroller (14) mikrotik (5) modbus (9) mqtt (3) ninmedia (5) ntp (1) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (88) pcb (2) power (1) praktek (2) project (33) proyek (1) python (7) radio (18) raspberry pi (4) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (2) sharing (3) signage (1) sinyal (1) sms (6) software (18) solar (1) solusi (1) tachometer (2) technology (1) teknologi (2) telegram (2) telepon (9) televisi (167) television (28) transistor (2) troubleshoot (3) tulisan (93) tutorial (108) tv digital (6) tvri (2) vu meter (2) vumeter (2) wav player (3) wayang (1) wifi (3)

Arsip Blog

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika