Semua Tentang Belajar Teknologi Digital Dalam Kehidupan Sehari - Hari

Selasa, 08 Januari 2019

Menengok Kembali TV Digital Teresterial di Surabaya


Tidak terasa sudah 10 tahun sudah kehadiran TV Digital Teresterial di kota Surabaya dan saya sebagai pemerhati televisi seharusnya sudah bisa menikmati ratusan siaran TV digital karena digital migration - analog switch off seharusnya sudah selesai di 2018. Tapi rupanya saya hanya bermimpi karena kenyataanya program perpindahan nya tidak begitu mulus. Mari kita tengok kondisi TV digital di tahun 2019 di wilayah seputaran kota Surabaya. Tulisan ini disusun bersama anak PKL dari SMKN 2 Kediri yg kebetulan sedang praktek di tempat kami.

Pengertian Televisi Digital
             
Televisi digital atau DTV adalah jenis televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal gambar, suara, dan data ke pesawat televisi.

Pengertian Televisi Digital Terestrial      

Siaran televisi digital terestrial adalah siaran yang menggunakan frekuensi VHF/UHF seperti halnya penyiaran analog, tetapi dengan modulasi sinyal yang digital. Sistem ini menyediakan transmisi digital satu arah melalui jaringan tranmisi berbasis darat (land-based transmitter) yang bisa diterima antena TV UHF konvensional.

Mengapa siaran TV analog akan digantikan oleh TV digital ?

"Karena saat ini dunia bersama-sama beralih ke digital, maka teknologi analog akan menjadi usang dan mahal pengoperasiannya."

Penggunaan frekuensi penyiaran analog pun tidak akan mendapatkan proteksi internasional. Digitalisasi berdampak pada efisiensi pita frekuensi radio sebagai sumber daya terbatas. Selain itu pada siaran TV digital mempunyai banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh perangkat siaran TV analog.


Hubungi kami jika anda terkendala seting TV digital di wilayah Surabaya dan sekitarnya :

TV Digital Pasti Jernih

Jl. Ikan Mujaer No.7 P, Perak Bar., Kec. Krembangan, Kota SBY, Jawa Timur 60177

0815-5737-755 

https://g.co/kgs/No6JmP



Perkembangan Teknologi TV Digital

Di era teknologi digital saat ini terus berkembang setiap saat, penemuan-penemuan terbaru yang mungkin akan menghilangkan penemuan lama. Tahun 2019 ini Indonesia akan terus melakukan migrasi penyiaran televisi analog ke penyiaran digital. Migrasi teknologi analog ke digital ini tidak hanya sekadar mengikuti perkembangan teknologi baru, tetapi lebih pada upaya efisien-si penggunaan frekuensi. Selain itu, juga meningkatkan peluang usaha, bisnis, ekonomi, sosial dan budaya masyarakat. Teknologi yang berkembang dengan pesat saat ini salah satunya adalah teknologi telekomunikasi. Beragam bentuk teknologi dan kecanggihannya setiap saat terus berubah sesusai kebutuhan. Keuntungan perkembangan teknologi bermacam-macam, salah satunya pengguna / konsumen sudah bisa menikmati informasi tanpa batas. Hal tersebut terjadi ketika zaman sudah maju dan selalu ada penemuan terbaru dibidang teknologi.

"Borosnya" Televisi analog menjadi pemicu utama migrasi ke televisi digital, selain kesepakatan negara-negara untuk Telekomunikasi Internasional (ITU) juga karena teknologi analog dinilai akan semakin mahal pengoperasiannya. Secara bertahap, teknologi ini akan usang dan tergeser. Yang lain adalah frekuensi sumber daya terbatas. Mengingat 1 siaran TV analog membutuhkan 1 frekuensi dan kian lama semakin padat. Perangkat TV Analog menggunakan tabung katoda sebagai display, sementara TV Digital menggunakan panel layar datar seperti LCD, plasma, atau LED. Akibatnya, TV Analog cenderung lebih besar dan tebal dibandingkan dengan TV Digital jaman now. TV Analog juga mengonsumsi daya yang lebih banyak dibandingkan dengan TV Digital. Hal ini lah yang membuat Kominfo untuk migrasi ke TV Digital. TV Digital dinilai lebih unggul dari TV Analog.

Televisi digital bisa digunakan untuk siaran interaktif, layanan komunikasi dua arah seperti menggunakan jaringan internet. Kebutuhan daya pancar televisi digital juga lebih kecil. Penyiaran televisi digital menyebabkan tersedianya saluran siaran yang lebih banyak. Selanjutnya penyiaran secara digital akan menjadi sebuah trend yang mencerminkan sebuah kemajuan negara di bidang teknologi.

Perbandingan TV Analog Dan TV Digital

Seperti yang kita ketahui, sekarang ini terdapat TV digital dan analog, kedua tv tersebut cukup mempunyai perbedaan. Berikut ini perbedaan antara TV digital dan Tv analog :


1. Perbedaan yang paling mendasar adalah penerimaan gambar lewat pemancar. Pada system analog, semakin jauh pesawat televisi dari stasiun pemancar televisi maka sinyal akan semakin melemah dan penerimaan gambar akan semakin buruk. Sedangkan TV digital dioptimalkan penerimaan akan bagus walau lokasi jauh dari pemancar tv. 
 
Ilustrasi pantulan multipath


2. Televisi digital mengatasi problem MULTIPATH pada kota-kota besar akibat pantulan sinyal ke gedung tinggi. Pada system analog maka sinyal asli dan pantulan akan diterima perangkat televisi sebagai phase yg berbeda sehingga menimbulkan efek "ghosting" atau gambar berbayang / dobel. Dengan teknologi digital hal ini dapat diperbaiki dengan sinyal prosesing yg lebih canggih dan hasilnya siaran yg diterima jernih.

3. TV analog, hanya dapat memproses sinyal analog, sedangkan tv digital dapat memproses sinyal analog dan digital.

Keunggulan TV Digital

Untuk sekarang ini hampir semua negara didunia telah berbondong-bondong untuk mengganti dari TV analog menuju ke TV digital, sedangkan Indonesia sedang berproses untuk pengalihan dari TV analog ke digital. Pemerintah akan menghapuskan system TV analog dan menggantinya menjadi TV digital dan tentunya pemerintah  telah mempertimbangkan keunggulan dan kelemahan dari tv digital, sehingga keunggulan tersebut menjadikan alasan mendasar pemerintah untuk melakukan migrasi selain alasan keharusan dari badan PBB yang mengatur frekuensi (ITU) .Beberapa keunggulan dari TV digital yaitu:

1. TV digital memungkinkan pengiriman gambar dengan akurasi dan resolusi yang cukup tinggi(Hight Definition). Tv digital dapat menghasilkan gambar yang jernih, stabil, dan tanpa efek bayangan walaupun pesawat penerima dalan keadaan goyah/bergerak dengan kecepatan yang cukup tinggi. Sedangkan TV analog menghasilkan akurasi dan resolusi rendah gambar tidak sejernih TV Digital (Standart Definition)

(klik gambar biar lebih jelas)



2. Dalam satu Kanal TV digital mampu memiliki hingga puluhan channel yang beragam, dari channel yang beragam tersebut, terdapat channel yang gratis dan channel yang berbayar.

3. Mengurangi terhadap efek noise (gangguan gambar dan  suara pada televisi)




Kelemahan TV Digital

1. Harus menyiapkan peralatan tambahan STB atau upgrade ke TV baru yg support DVB T2
2. Siaran bersifat 1 atau 0 artinya ada dan tiada siaran sesuai kekuatan sinyal di dapat dilokasi.
3. Harga TV yg support siaran digital masih dibilang cukup tinggi untuk kalangan tertentu
4. Belum semua stasiun TV menyediakan format siaran digital



Alat dan Bahan Pemasangan Antena  TV Digital

Untuk alat dan bahan pemasangan antena yang dibutuhkan sudah lengkap ada ketika membeli antena mungkin hanya membutuhkan alat seperti :
- Obeng untuk menguatkan baut mur
- Kawat dalam pemasangan penempatan antena




Lalu untuk perakitan antena,setiap antena memiliki bentuk yang berbeda beda. Jadi perakitan antena bisa kalian ikuti di panduan manual book / buku panduan.
       


Apa itu Set Top Box dan kenapa membutuhkan Set Top Box?
     


Set Top Box adalah alat untuk mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di pesawat TV yg belum mengadopsi sistem digital. Set top box dibutuhkan untuk membaca sinyal digital dan merubahnya ke dalam bentuk composit (CVBS / RCA / AV) maupun HDMI. Tanpa set-top-box, gambar dan suara tidak akan muncul di TV.

Tata Cara Instalasi Set Top Box

1. Bagian belakang STB terlihat jek atau colokan ANT IN, yang biasanya kita temukan pada bagian pesawat televisi di sisi belakang, maka koneksi dari antena UHF ke TV itu kita cabut, lalu kita pindah  ke ANT IN (antena input) pada STB DVB T2. Lalu kita lihat juga ada colokan RCA Video (warna kuning), Colokan Audio L (Left) yang warna putih, dan Audio Right (warna merah), maka kita ambil saja kabel RCA bawaan STB (seperti halnya kabel vcd / dvd), lalu kita hubungkan sesuai warnanya. Terus selanjutnya lihat kabel power ada di sisi kanan bawah pada foto dibawah dan hubungkan ke jala jala listrik PLN.





2. Pada foto dibawah  terlihat jelas koneksi kabel RCA sesuai warna atau gunakan port HDMI jika tersedia input HDMI di TV. Sedangkan antena UHF dihubungkan ke ANT IN .



3. Langkah selanjutnya mari kita hubungkan kabel power Televisi dan kabel power  ke stop kontak seperti foto diatas. Lalu pencet tombol Power di televisi dan di STB.



4. Diatas tampak hasil dari pencarian otomatis dari sinyal televisi digital dan didapatkan hasil seperti berikut ( update Februari 2023)

 

Frekuensi

Nama TV

Sinyal

1

VIVA

490 MHz

(23 UHF)

1

TV ONE

Lemah

2

ANTV HD

Lemah

3

NET HD

Lemah

 

Akan dimatikan maret 2023

2

TRANSMEDIA

522 MHz

(27 UHF)

4

Trans TV HD

Kuat

5

Trans 7 HD

Kuat

6

CNN Indonesia HD

Kuat

7

CNBC Indonesia HD

Kuat

 

Akan dimatikan maret 2023

 

 

3

EMTEK

538 MHz

(29 UHF)

8

SCTV HD

Kuat

9

INDOSIAR HD

Kuat

10

MOJI HD

Kuat

11

MENTARI TV HD

Kuat

12

RTV HD

Kuat

13

KOMPAS TV HD

Kuat

4

VIVA

562 MHz

 

( 32 UHF)

14

ANTV HD

Kuat

15

TVONE HD

Kuat

16

VTV HD

Kuat

17

AREK TV

Kuat

19

NET TV HD

Kuat

5

TVRI

586 MHz

 

( 35 UHF)

20

TVRI SPORT HD 

Kuat

21

TVRI WWORLD

Kuat

22

TVRI JATIM

Kuat

23

TVRI NASIONAL

Kuat

24

SURABAYA TV

Kuat

5

MEDIA GROUP

610 MHz

( 38 UHF)

25

METRO TV HD 

Kuat

26

BN TV

Kuat

27

MAGNA CHANNEL

Kuat

28

BBS TV

Kuat

29

JAWAPOS

Kuat

30

JTV

Kuat

31

Madu TV Nusantara

Kuat

6

MNC

634 MHz

( 41 UHF)

32

RCTI

Kuat

33

MNC TV

Kuat

34

GTV

Kuat

35

I News

Kuat

7

TRANSMEDIA

658 MHz

(44 UHF)

 

36

Trans TV HD

Kuat

37

Trans 7 HD

Kuat

38

CNN Indonesia HD

Kuat

39

CNBC Indonesia HD

Kuat





5. Hasil saat kita pindah saluran akan tampak jendela keterangan seperti itu



Untuk panduan, kami telah review beberapa merek STB digital yg sudah ada di pasaran dan anda kini bisa bandingkan sesuai fasilitas dan keunggulannya :


 - Matrix Apple  - Matrix Kuning   - Polytron PDV 600T2   - Venus Cabe Rawit  - Evinix H-1  - Akari ADS2230 Tanaka 


Antena Digital paling jernih :

- Fleco AT-56   - Venus Cabe Rawit Indoor/Outdoor


Bagi anda yg berada di lokasi lain di Nusantara dapat juga membaca update perkembangan  migrasi TV digital di  kota-kota besar seluruh Indonesia :


Malang

Jember 

Kediri

Jombang & Mojokerto

Madiun

Jogja

Semarang

Banjarmasin

Makasar

Medan

Palembang

Perbatasan Malaysia

Singaraja Bali 


Bagaimana perkembangan TV Digital Teresterial di daerah kamu? Ayo tuliskan di komentar dibawah ya...

Share:

85 komentar:

  1. Saya per tgl 6 mei 2019 scan stasiun digital kok yang muncul hanya trans tv HD dan trans & HD + CNN
    Mohon pencerahannya, saya pakai TV merk sony KDL 40r350E
    TERIMA KASH

    BalasHapus
  2. tidak semua daerah di surabaya dapat semua chanel.. mungkin arah antena atau diganti antena digital saja.. di daerah petemon dpt chanel metro HD, BBS, TVRi 3 chanel, Trans Tv, tranns7, SBO dan CNN ( 2 chanel ), itupun pake antena biasa outdoor..heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, nasib saya seperti mbak Ratni, cuma 3 program saja yg ketangkap

      Hapus
    2. Coba antena diarahkan keselatan.saya dapat 12 channel

      Hapus
    3. bagian yang mananya yang diarahkan ke Selatan?

      Hapus
    4. Saya malah pasang anten digital dapat nya sama malah minus net tv

      Hapus
  3. ya namanya juga siaran digital masih terbatas bro, cuma beberapa wilayah aja yang dapet siaran yg maksimal. tapi yang penting 3 chanel aja udah bagus bisa tertangkap sinyalnya

    BalasHapus
  4. Nasib Chanel belum merata di Surabaya. Waktu di tokonya dapet lumayan. Eh pas dirumah cuma bisa 3 (trans grup)

    BalasHapus
  5. Di daerah jombang kapan ya ada signal tv digital

    BalasHapus
  6. Surabaya pusat saat ini channel yang on-air Digital METRO TV SD/HD, TRANSTV (480p), TRANS7 (480p), CNN INDONESIA SD/HD, TVRI, TVRI SPORT HD (480p), BBSTV, NTV. Sementara SBOTV, KOMPASTV, NET. HD hilang. TVONE, ANTV, SCTV, INDOSIAR belum masuk.

    BalasHapus
  7. Sekarang cuma 3 yang aktif
    Cnn trans7 transtb

    BalasHapus
  8. Sekarang cuma 3 yang aktif
    Cnn trans7 transtb

    BalasHapus
  9. Saya tinggal di sambisari, kelurahan lontar, kecamatan sambikerep. Sudah beli DVBT2 merek Megogo di shopee tapi tidak dapat signal sama sekali, apakah alatnya memang rusak atau gimana ya? Antena pakai indoor merek Titis by orang jogja yang kalau dipakai tv analog terang banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Arahkan ke selatan.indoor/outdoor dapat 12 channel.saya daerah sidotopo wetan

      Hapus
    2. Lontar analog jernih ya jangan ditanya lagi karena sekelilingnya banyak pemancar TV ..kalau untuk DIGITAL kemungkinan terhalang karena gedung2 bertingkat sepanjang mayjen sungkono / hr muhamad secara TVRI berada di bawahnya jalan lontar dari kontur tanahnya. apalagi TRANSTV seingat saya berada di wilayah surabaya selatan / jemursari

      Hapus
    3. Justru siaran digital tdk terhalang gedung tinggi

      Hapus
    4. Skrng gmn mas? Dekat sekali itu.
      Transtv di sambisari IIB mas

      Hapus
  10. Untuk wilayah purwoketo jawa tengah,,,DTV udah on apa blm ya

    BalasHapus
  11. Di daerah kabupaKab Pekalongan udah belum yaa . .. Mau beli di shopee takut bekum suort wilayahnya

    BalasHapus
  12. Di wadungasri dgn TV digital merk TCL A3 dapet 15 chanel...
    1.BBS ...kadang ada banyak gelapnya
    2.CNN indonesia
    3.CNN indonesia
    4.Inspira TV
    5.Metro TV kadang ada banyak gelapnya
    6.Metro tv HD kadang ada banyak gelapnya
    7.NET HD gelap
    8.Nusantara TV
    9.SBO TV
    10.TRANS7 DIGITAL
    11.Transtv digital
    12.TVRI 3
    13.TVRI 4
    14.TVRI Jatim
    15.TVRI Nasional

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap kalau aq di TRENGGALEK pegunungan, mustahil dan mimpi utk menikmati TV telestirial

      Hapus
  13. Hasil saya

    Surabaya Rungkut (Sony KDL-32R300B)
    Trans TV
    Trans 7
    CNN ID HD
    Metro HD
    Metro Jatim
    BBS
    TVRI Nas
    TVRI Jatim
    TVRI 3
    TVRI Sport
    CNN SD
    Nusantara
    Inspira
    SBO TV

    Gresik (Sharp 40SA5200i)
    Trans TV
    Trans 7
    CNN ID HD
    TVRI Nas
    TVRI Jatim
    TVRI 3
    TVRI Sport
    CNN SD
    Nusantara
    Inspira
    SBO TV

    BalasHapus
  14. Di sukabumi jabar siaran tv digital udah masuk belum ya?

    BalasHapus
  15. Cm dpt 11 channel di ketintang.. transtv, trans7, sbo, cnn indonesia 1, cnn ind 2, tvri jatim, tvri3, tvri, nusantara tv, inspira tv, net tv (hilang), tv one, rcti, sctv, indosiar, Gtv, kompastv, rtv, mnctv, antv, jtv, metrotv, inews, blm ada sama sekali siaran digital di sby

    BalasHapus
  16. Daerah sy wonokitri dpt tvri cnn ind inspira bbs metro tv sbo ntv

    BalasHapus
  17. Di daerah madiun ngawi dah ada belom siaran tv digitsl.... Tolong jawab yg tau

    BalasHapus
  18. Daerah lontar metro, metro hd,.cnn, trans tv, trans 7,.TVRI ,TVRI 2, TVRI 3, TVRI SPORT,NTV,SBO, BBS

    BalasHapus
  19. Saya tinggal di wilayah Jombang belakang Samsat dekat Peterongan cuma dapat 3 TransTV, Trans7 dan CNN Indonesia

    BalasHapus
  20. Di aq kembang kuning :
    Metro hd
    Sbo hd
    Metro (suara kecil)
    Trans
    Trans7
    Cnn (suara kecil)
    Tvri nas
    Tvri jatim
    Tvri kanal 3
    Tvri sport hd
    Cnn (suara kecil)
    Nusantara
    Inspira

    Net hd tulisan doang (hitam pekat)
    Channel lainnya yg manual ada semua tp ada yg gambar dobel, ada yg bergambar tp jg ada semut, macam2 deh

    BalasHapus
  21. Di Babat Lamongan dapat 3 yaitu Tran7,Transtv,Cnn

    BalasHapus
  22. Di Babat Lamongan dapat 3 yaitu Tran7,Transtv,Cnn

    BalasHapus
  23. Kalau mau beli set bok untuk digital tv dimana ya. Ini no wa saya 081231846615

    BalasHapus
  24. Saya di kutorejo mojokerto dpt 11 chanel
    Pake antena toyosaki AIO 220,dan dvb t2 evenix by SKYBOX pasang diluar arah selatan agak condong kebarat
    1 TRANS TV
    2 TRANS 7
    3 CNN indonesia
    4 TVRI nasional
    5 TVRI jatim
    6 TVRI kanal 3
    7 TVRI sport hd
    8 NUSANTARA tv
    9 SBO tv
    10 CNN (gnada)
    11 INSPIRA TV

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua channel aktif kah pak,krn d daerah sy pungging 8-11 hitam,mhn pencerahan

      Hapus
  25. Di daerah demak&dupak cuma dapat trans grup. Kayaknya 3 tahun kedepan lebih baik pakai parabola dulu. Toh parabola juga gratis

    BalasHapus
  26. Saya di daerah taman sidoarjo dapat 1q chanel persis seperti pak eko di atas. Lumayan bisa nonton liga Inggris di tvri gambar kinclong. Sekitar 3-4 bulan lalu ada net tv. Skrg sdh hilang. Padahal penonton setia net tv ☹️

    BalasHapus
  27. Di bojonegoro cuma dapat 2 BBS dan Metro TV. Saran posisi arah antenanya dong...

    BalasHapus
  28. Saya di Wilayah Kediri Timur (Gunung Kelud), tidak ada siaran tv digital, yang ada cuma siaran tv analog

    BalasHapus
  29. Madiun cuma Metrotv dan BBS tolong yg punya akses Transtv sampaikan segera siaran digital wilayah madiun dsk, mwngingat Transtv/trans7 analog sudah lama off jadi kami di wilayah Madiun tdk bisa menikmasti siaran terestrial trans7 dan Trantv

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan searching ulang televisi digitalnya mas 🙏🙏🙏

      Hapus
  30. Madiun cuma Metrotv dan BBS tolong yg punya akses Transtv sampaikan segera siaran digital wilayah madiun dsk, mwngingat Transtv/trans7 analog sudah lama off jadi kami di wilayah Madiun tdk bisa menikmasti siaran terestrial trans7 dan Trantv

    BalasHapus
  31. Saya ada didaerah jl. Kenjeran, pake set top box.TVRI kok gak bisa ya ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lokasi anda kurang beruntung...karena memang pemancar ada di mayjen sungkono dan banyak gedung yang menghalangi sampai kenjeran...coba pake antena yang lebih jozzz

      Hapus
  32. Wilayah madura khususnya sumenep dapat chanel apa saja ya..

    BalasHapus
  33. Rcti group belum nyiarin tv digital kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jual Mahal mereka. Hanya grup mereka saja yg bisa. Pake IPTV via internet aja ga dikeluarin

      Hapus
  34. Hebat trans grup, siaran nya jossss...yg lain payah....

    BalasHapus
  35. Saya di daerah menanggal, Antena PX indoor, hbs ini mau coba dipindahin outdoor. krn rmh saya dikelilingi bangunan tinggi jd agak susah sinyal.

    DTV dapet 4 (Trans TV, Trans 7, CNN, CNBC)
    Analog ANTV, MNC, RCTI, SCTV (Gemersek), Sbo, RTV, BBS,TVONE,MetroTV,Trans7,Net TV,JTV

    entah bisa beda nda kl anten ditaruh luar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake parabola aja pak...menanggal kena pantulan dari CITO graha pangeran dan gedung sebelah2nya .. mau ?

      Hapus
  36. Mohon masukan, untuk antena yg bagus merk apa ya antara toyasaki, px, dll.
    Saya ada di daerah Buncitan, Sedati SDA

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketinggian antena mempengaruhi..merek bisa apa saja

      Hapus
  37. Tv Digital dvb t2 update 12 Juli 2020
    Lokasi madura, kota sampang, kel. Karangdalem, TV LG 28TL430, antena outdoor:
    1. Trans TV
    2. Trans 7
    3. CNN
    4. CNBC
    5. TVRI
    6. TVRI kanal 3
    7. TVRI jatim
    8. TVRI sport
    (8 channel

    BalasHapus
  38. Tv Digital dvb Tanaka t2 update 23 Juli 2020
    Lokasi Gubeng masjid, kota Surabaya,antena outdoor:
    1. Trans TV Digital
    2. Trans 7 Digital
    3. CNN Indonesia
    4. CNBC Indonesia
    5. TVRI
    6. TVRI kanal 3
    7. TVRI jatim
    8. TVRI sport
    9. Magna channel
    (8 channel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tv Digital dvb Tanaka t2 update 23 Juli 2020
      Lokasi Gubeng masjid, kota Surabaya,antena outdoor:
      1. Trans TV Digital
      2. Trans 7 Digital
      3. CNN Indonesia
      4. CNBC Indonesia
      5. TVRI
      6. TVRI kanal 3
      7. TVRI jatim
      8. TVRI sport
      9. Magna channel

      Hapus
  39. Jombang dapat siaran digital apa aja guys

    BalasHapus
    Balasan
    1. jombang masih ngikut pemancar surabaya, jadi kalau antenanya mumpuni ya bisa dapat channel yg sama dengan kawan di surabaya

      Hapus
  40. UPDATE Daerah Kab.Bangkalan tetangganya Surabaya dapet TV Digital
    TVRI JATIM
    TVRI NASIONAL
    TRANSTV
    TRANS 7
    CNN INDONESIA
    CNBC INDONESIA

    Atenanya Toyosaki beli di lazada. Tv nya smart TV Samsung

    BalasHapus
  41. Di Lidah Kulon cuma dapat 8 channel:
    BBS TV
    METRO TV
    MAGNA CHANNEL
    METRO TV HD
    TRANS TV HD
    TRANS 7 HD
    CNBC INDONESIA HD
    CNN INDONESIA HD

    BalasHapus
  42. Beli setup box d surabaya di mana ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Online banyak ...kalau toko di pasar genteng lt 2 LUMEN

      Hapus
  43. Dawarblandong Mojokerto (Polytron PE-SPKT 0943) antena digital indoor:
    1. Channel 25 UHF (sinyal kurang stabil)
    - BBS TV
    - Metro TV
    - Magna Channel
    - Metro TV HD
    - BN TV
    2. Channel 27 UHF
    - Trans TV HD
    - Trans 7 HD
    - CNN HD
    - CNBC HD
    3. Channel 31 UHF
    - TVRI Nasional
    - TVRI 3
    - TVRI 4 (Sport HD)
    - SD (kosong/hitam)
    - TVRI Jatim

    Semoga tambah stabil dan untuk stasiun TV yang lain segera menyusul

    BalasHapus
  44. Ngawi sudah bisa nonton siaran digital
    Metro, bbs, bn, magna, sakti
    ,trans, trans7,cnn,cnbc,kompass (off)

    Pakai antena uhf tanpa boster tinggi 10 meter arah blora dapat
    Tvri jateng, tvri nasional, tvri sport, tvri3

    BalasHapus
  45. di pandaan pasuruan ch 25 masih bisa apa nggak ya?kok gelap,,kan itu tempat metro,,bbs,,magna,,bn,,kasih tau dong

    BalasHapus
  46. Untuk di pacet mojokerto apakah sudah bisa ya

    BalasHapus
  47. Gedeg mojokerto 5ch grup trans tv apakah ada yang dapat ch lebih....

    BalasHapus
  48. Babat Lamongan sebagaimana di jabarkan diatas sudah dapat semua,terkecuali frekuensi 634Mhz (Rcti,Mnctv,global)

    BalasHapus
  49. Besuki tulungagung dapat
    Cnn gruop trans gruop dan kompas tv

    BalasHapus
  50. Baru beli dvb setopbox pakai antena lama yg nyantol 16 stas.tv.lokasi semambung gedangan sda.

    BalasHapus
  51. Untuk daerah blitar dan sekitarnya apa kabarnya gan?

    BalasHapus
  52. Tkp gempol pasuruan dapat 16 chanel, yg zonk:
    1.SCTV HD
    2.INDOSIAR
    3.HD,O CHANNEL HD
    4.MENTARI TV HD
    5.RCTI
    6.MNC TV
    7.GTV

    BalasHapus
  53. Saya tunggu untuk daerah kota bung karno..semoga sinyal digitalnya bisa

    BalasHapus
  54. Baru pasang kemaren tvone sama antv ada, besoknya hilang entah kemana,yang on air metro tv, trans7, trans tv, cnn, cnbc, magna chnl, bn tv,kompas tv,tvri, tvri jatim, tvri sport, bbs, ini di daerah wringin anom gresik

    BalasHapus
  55. Cara dapat channel RCTI, MNCTV, GLOBAL TV gimana ya di daerah surabaya. Rumah saya di wonokromo, sekarang masih daoat 20 channel. Di arahkan kemana antenanya supaya dapat 23?

    BalasHapus
  56. Hasil saya

    Surabaya tenggumung wetan(panasonic viera)


    26 chanel bos

    Joooosss👍

    BalasHapus
  57. Daerah Krian Sidoarjo emtek group(SCTV dan kelompokya)kok ngak ada

    BalasHapus
  58. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  59. Didaerah TUBAN dapat
    TV ONE DIGITAL
    ANTV DIGITAL
    MetroTV
    MetroTV HD
    Magna Channel  HD
    BN TV HD
    BBS TV
    Trans TV HD
    Trans 7 HD
    CNN Indonesia HD
    CNBC HD
    Kompas TV
    JTV
    Madu tv
    SCTV HD
    INDOSIAR HD
    O CHANNEL HD
    MENTARI TV HD
    RCTI
    MNC TV
    GTV
    TVRI SPORT HD 
    TVRI 3
    TVRI JATIM
    TVRI NASIONAL
    Jawapos TV

    Dengan menggunakan antena merk Push on type po-812
    ketinggian antena 10 meter

    BalasHapus

Kontak Penulis



12179018.png (60×60)
+628155737755

Mail : ahocool@gmail.com

Site View

Categories

555 (8) 7 segmen (3) adc (4) amplifier (2) analog (19) android (12) antares (8) arduino (25) artikel (11) attiny (3) attiny2313 (19) audio (5) baterai (5) blog (1) bluetooth (1) chatgpt (2) cmos (2) crypto (2) dasar (46) digital (11) dimmer (5) display (3) esp8266 (25) euro2020 (13) gcc (1) iklan (1) infrared (2) Input Output (3) iot (58) jam (7) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (17) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (8) lain-lain (8) lcd (2) led (14) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) lora (5) MATV (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (70) micropython (6) mikrokontroler (1) mikrokontroller (14) mikrotik (5) modbus (9) mqtt (3) ninmedia (5) ntp (1) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (88) pcb (2) power (1) praktek (2) project (33) proyek (1) python (7) radio (15) raspberry pi (4) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (2) sharing (3) signage (1) sinyal (1) sms (6) software (18) solar (1) solusi (1) tachometer (2) technology (1) teknologi (2) telegram (2) telepon (9) televisi (167) television (28) transistor (2) troubleshoot (3) tulisan (92) tutorial (108) tv digital (6) tvri (2) vu meter (2) vumeter (2) wav player (3) wayang (1) wifi (3)

Arsip Blog

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika