"Kembali Ke Dasar Elektronika Digital ... "

Selasa, 08 Januari 2019

Menengok Kembali TV Digital Teresterial di Surabaya


Tidak terasa sudah 10 tahun sudah kehadiran TV Digital Teresterial di kota Surabaya dan saya sebagai pemerhati televisi seharusnya sudah bisa menikmati ratusan siaran TV digital karena digital migration - analog switch off sudah selesai 2018. Tapi rupanya saya hanya bermimpi karena kenyataanya program perpindahan nya tidak begitu mulus. Mari kita tengok kondisi TV digital di tahun 2019 di wilayah seputaran kota Surabaya. Tulisan ini disusun bersama anak PKL dari SMKN 2 Kediri yg kebetulan sedang praktek di tempat kami.

Pengertian Televisi Digital
             
Televisi digital atau DTV adalah jenis televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal gambar, suara, dan data ke pesawat televisi.

Pengertian Televisi Digital Terestrial      

Siaran televisi digital terestrial adalah siaran yang menggunakan frekuensi VHF/UHF seperti halnya penyiaran analog, tetapi dengan konten yang digital. Sistem ini menyediakan transmisi digital satu arah melalui jaringan tranmisi berbasis darat (land-based transmitter) yang bisa diterima antena TV UHF konvensional.

Mengapa siaran TV analog akan digantikan oleh TV digital ?

Karena saat ini dunia bersama-sama beralih ke digital, maka teknologi analog akan menjadi usang dan mahal pengoperasiannya.
Penggunaan frekuensi penyiaran analog pun tidak akan mendapatkan proteksi internasional.
Digitalisasi berdampak pada efisiensi pita frekuensi radio sebagai sumber daya terbatas. Selain itu pada siaran TV digital mempunyai banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh perangkat siaran TV analog.



Perkembangan Teknologi TV Digital

Di era teknologi digital saat ini terus berkembang setiap saat, penemuan-penemuan terbaru yang mungkin akan menghilangkan penemuan lama. Tahun 2019, Indonesia akan terus melakukan migrasi penyiaran televisi analog ke penyiaran digital. Migrasi teknologi analog ke digital ini tidak hanya sekadar mengikuti perkembangan teknologi baru, tetapi lebih pada upaya efisien-si penggunaan frekuensi. Selain itu, juga meningkatkan peluang usaha, bisnis, ekonomi, sosial dan budaya masyarakat. Teknologi yang berkembang dengan pesat saat ini salah satunya adalah teknologi telekomunikasi. Beragam bentuk teknologi dan kecanggihannya setiap saat terus berubah sesusai kebutuhan. Keuntungan perkembangan teknologi bermacam-macam, salah satunya pengguna / konsumen sudah bisa menikmati informasi tanpa batas. Hal tersebut terjadi ketika zaman sudah maju dan selalu ada penemuan terbaru dibidang teknologi.

Televisi analog menjadi pemicu utama migrasi ke televisi digital, selain kesepakatan negara-negara untuk Telekomunikasi Internasional juga karena teknologi analog dinilai akan semakin mahal pengoperasiannya. Secara bertahap, teknologi ini akan usang dan tergeser. Yang lain adalah frekuensi sumber daya terbatas. Mengingat TV analog membutuhkan frekuensi, dan kian lama semakin padat. Perangkat TV Analog menggunakan tabung katoda sebagai display, sementara TV Digital menggunakan panel layar datar seperti LCD, plasma, atau LED. Akibatnya, TV Analog cenderung lebih besar dan tebal dibandingkan dengan TV Digital. TV Analog juga mengonsumsi daya yang lebih banyak dibandingkan dengan TV Digital. Hal ini lah yang membuat Kominfo untuk migrasi ke TV Digital. TV Digital dinilai lebih unggul dari TV Analog.
Televisi digital bisa digunakan untuk siaran interaktif, layanan komunikasi dua arah seperti menggunakan jaringan internet. Kebutuhan daya pancar televisi digital juga lebih kecil. Penyiaran televisi digital menyebabkan tersedianya saluran siaran yang lebih banyak. Selanjutnya penyiaran secara digital akan menjadi sebuah trend yang mencerminkan sebuah kemajuan negara di bidang teknologi.

Perbandingan TV Analog Dan TV Digital

 Seperti yang kita ketahui, sekarang ini terdapat TV digital dan analog, kedua tv tersebut cukup mempunyai perbedaan. Berikut ini perbedaan antara TV digital dan Tv analog :


1. Perbedaan yang paling mendasar adalah penerimaan gambar lewat pemancar. Pada system analog, semakin jauh dari stasiun pemancar televisi maka sinyal akan semakin melemah, dan penerimaan gambar akan semakin buruk. Sedangkan TV digital dioptimalkan penerimaan akan bagus walau lokasi jauh dari pemancar tv. 
 
Ilustrasi pantulan multipath


2. Televisi digital mengatasi problem MULTIPATH pada kota-kota besar akibat pantulan sinyal ke gedung tinggi. Pada system analog maka sinyal asli dan pantulan akan diterima perangkat televisi sebagai phase yg berbeda sehingga menimbulkan efek "ghosting" atau gambar berbayang / dobel. Dengan teknologi digital hal ini dapat diperbaiki dengan sinyal prosesing yg lebih canggih dan hasilnya siaran yg diterima jernih.

3. TV analog, hanya dapat memproses sinyal analog, sedangkan tv digital dapat memproses sinyal analog dan digital.

Keunggulan TV Digital

Untuk sekarang ini, beberapa Negara didunia telah berbondong-bondong untuk mengganti dari TV analog menuju ke TV digital, untuk saat ini Indonesia sedang berproses untuk pengalihan dari TV analog ke digital, Pemerintah akan menghapuskan system TV analog dan menggantinya menjadi TV digital, tentunya pemerintah  telah mempertimbangkan kelemahan dari tv digital, dan merasa puas dengan keunggulan TV digital, sehingga keunggulan tersebut menjadikan alasan mendasar pemerintah, berikut ini beberapa keunggulan dari TV digital:

1. TV digital memungkinkan pengiriman gambar dengan akurasi dan resolusi yang cukup tinggi(Hight Definition). Tv digital dapat menghasilkan gambar yang jernih, stabil, dan tanpa efek bayangan walaupun pesawat penerima dalan keadaan goyah/bergerak dengan kecepatan yang cukup tinggi. Sedangkan TV analog menghasilkan akurasi dan resolusi rendah gambar tidak sejernih TV Digital (Standart Definition)

(klik gambar biar lebih jelas)



2. Dalam satu Kanal TV digital mampu memiliki hingga puluhan channel yang beragam, dari channel yang beragam tersebut, terdapat channel yang gratis dan channel yang berbayar.
3. Mengurangi terhadap efek noise (gangguan gambar dan  suara pada televisi)

Kelemahan TV Digital

1. Harus menyiapkan peralatan tambahan STB atau upgrade ke TV yg support DVB T2
2. Siaran bersifat 1 atau 0 artinya ada dan tiada siaran sesuai kekuatan sinyal di dapat dilokasi.
3. Harga TV yg support siaran digital masih dibilang cukup tinggi untuk kalangan tertentu
4. Belum semua stasiun TV menyediakan format siaran digital



Alat dan Bahan Pemasangan Antena  TV Digital

Untuk alat dan bahan pemasangan antena yang dibutuhkan sudah lengkap ada ketika membeli antena mungkin hanya membutuhkan alat seperti :
- Obeng untuk menguatkan baut mur
- Kawat dalam pemasangan penempatan antena




Lalu untuk perakitan antena,setiap antena memiliki bentuk yang berbeda beda. Jadi perakitan antena bisa kalian ikuti di panduan manual book / buku panduan.
       


Apa itu Set Top Box dan kenapa membutuhkan Set Top Box?
     


Set Top Box adalah alat untuk mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di pesawat TV yg belum mengadopsi sistem digital. Set top box dibutuhkan untuk membaca sinyal digital dan merubahnya ke dalam bentuk composit (CVBS / RCA / AV) maupun HDMI. Tanpa set-top-box, gambar dan suara tidak akan muncul di TV.

Tata Cara Instalasi Set Top Box

1. Bagian belakang STB terlihat colokan ANT IN, ujung antena yang biasanya kita colokan ke bagian colokan pesawat televisi di sisi belakang, maka itu kita cabut, lalu kita colokin ke ANT IN (antena input) ini. Lalu gantian kita lihat ada colokan Video (warna kuning), Colokan Audio L (Left) yang warna putih, dan Audio Right (warna merah), maka kita ambil saja kabel bawaan STB, lalu kita colokin sesuai warnanya. Terus selanjutnya lihat colokan power ada di sisi kanan bawah pada foto diatas dan hubungkan ke jala jala listrik .





2. Pada foto diatas terlihat jelas warna ujung kabel RCA sesuai warna atau port HDMI jika tersedia input HDMI di TV. Sedangkan antena dihubungkan ke ANT IN .



3. Langkah selanjutnya mari kita colokin kabel power Televisi dan kabel power  ke stop kontak seperti foto diatas. Lalu pencet tombol Power di televisi dan di STB.



4. Diatas tampak hasil dari pencarian otomatis dari sinyal televisi digital dan didapatkan hasil seperti berikut

 

Frekuensi

Nama TV

1.
506 MHz
(25 UHF)
MetroTV
MetroTV HD
BBS TV
2.
522 MHz
(27 UHF)
Trans TV
Trans 7
CNN Indonesia
3.
586 MHz
( 35 UHF)
TVRI SPORT HD 
TVRI 3
TVRI JATIM
TVRI NASIONAL
INSPIRA TV
NTV
NET HD
SBO TV



5. Hasil saat kita pindah pindah saluran, akan tampak jendela keterangan seperti itu


Bagaimana perkembangan TV Digital Teresterial di daerah kamu? Ayo tuliskan di komentar dibawah ya...

Share:

26 komentar:

  1. Saya per tgl 6 mei 2019 scan stasiun digital kok yang muncul hanya trans tv HD dan trans & HD + CNN
    Mohon pencerahannya, saya pakai TV merk sony KDL 40r350E
    TERIMA KASH

    BalasHapus
  2. tidak semua daerah di surabaya dapat semua chanel.. mungkin arah antena atau diganti antena digital saja.. di daerah petemon dpt chanel metro HD, BBS, TVRi 3 chanel, Trans Tv, tranns7, SBO dan CNN ( 2 chanel ), itupun pake antena biasa outdoor..heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya NET HD ada juga

      Hapus
    2. Wah, nasib saya seperti mbak Ratni, cuma 3 program saja yg ketangkap

      Hapus
    3. Coba antena diarahkan keselatan.saya dapat 12 channel

      Hapus
    4. bagian yang mananya yang diarahkan ke Selatan?

      Hapus
  3. ya namanya juga siaran digital masih terbatas bro, cuma beberapa wilayah aja yang dapet siaran yg maksimal. tapi yang penting 3 chanel aja udah bagus bisa tertangkap sinyalnya

    BalasHapus
  4. Nasib Chanel belum merata di Surabaya. Waktu di tokonya dapet lumayan. Eh pas dirumah cuma bisa 3 (trans grup)

    BalasHapus
  5. Di daerah jombang kapan ya ada signal tv digital

    BalasHapus
  6. Surabaya pusat saat ini channel yang on-air Digital METRO TV SD/HD, TRANSTV (480p), TRANS7 (480p), CNN INDONESIA SD/HD, TVRI, TVRI SPORT HD (480p), BBSTV, NTV. Sementara SBOTV, KOMPASTV, NET. HD hilang. TVONE, ANTV, SCTV, INDOSIAR belum masuk.

    BalasHapus
  7. Sekarang cuma 3 yang aktif
    Cnn trans7 transtb

    BalasHapus
  8. Sekarang cuma 3 yang aktif
    Cnn trans7 transtb

    BalasHapus
  9. Saya tinggal di sambisari, kelurahan lontar, kecamatan sambikerep. Sudah beli DVBT2 merek Megogo di shopee tapi tidak dapat signal sama sekali, apakah alatnya memang rusak atau gimana ya? Antena pakai indoor merek Titis by orang jogja yang kalau dipakai tv analog terang banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Arahkan ke selatan.indoor/outdoor dapat 12 channel.saya daerah sidotopo wetan

      Hapus
    2. Lontar analog jernih ya jangan ditanya lagi karena sekelilingnya banyak pemancar TV ..kalau untuk DIGITAL kemungkinan terhalang karena gedung2 bertingkat sepanjang mayjen sungkono / hr muhamad secara TVRI berada di bawahnya jalan lontar dari kontur tanahnya. apalagi TRANSTV seingat saya berada di wilayah surabaya selatan / jemursari

      Hapus
  10. Untuk wilayah purwoketo jawa tengah,,,DTV udah on apa blm ya

    BalasHapus
  11. Di daerah kabupaKab Pekalongan udah belum yaa . .. Mau beli di shopee takut bekum suort wilayahnya

    BalasHapus
  12. Di wadungasri dgn TV digital merk TCL A3 dapet 15 chanel...
    1.BBS ...kadang ada banyak gelapnya
    2.CNN indonesia
    3.CNN indonesia
    4.Inspira TV
    5.Metro TV kadang ada banyak gelapnya
    6.Metro tv HD kadang ada banyak gelapnya
    7.NET HD gelap
    8.Nusantara TV
    9.SBO TV
    10.TRANS7 DIGITAL
    11.Transtv digital
    12.TVRI 3
    13.TVRI 4
    14.TVRI Jatim
    15.TVRI Nasional

    BalasHapus
  13. Hasil saya

    Surabaya Rungkut (Sony KDL-32R300B)
    Trans TV
    Trans 7
    CNN ID HD
    Metro HD
    Metro Jatim
    BBS
    TVRI Nas
    TVRI Jatim
    TVRI 3
    TVRI Sport
    CNN SD
    Nusantara
    Inspira
    SBO TV

    Gresik (Sharp 40SA5200i)
    Trans TV
    Trans 7
    CNN ID HD
    TVRI Nas
    TVRI Jatim
    TVRI 3
    TVRI Sport
    CNN SD
    Nusantara
    Inspira
    SBO TV

    BalasHapus
  14. Di sukabumi jabar siaran tv digital udah masuk belum ya?

    BalasHapus
  15. Cm dpt 11 channel di ketintang.. transtv, trans7, sbo, cnn indonesia 1, cnn ind 2, tvri jatim, tvri3, tvri, nusantara tv, inspira tv, net tv (hilang), tv one, rcti, sctv, indosiar, Gtv, kompastv, rtv, mnctv, antv, jtv, metrotv, inews, blm ada sama sekali siaran digital di sby

    BalasHapus
  16. Daerah sy wonokitri dpt tvri cnn ind inspira bbs metro tv sbo ntv

    BalasHapus
  17. Di daerah madiun ngawi dah ada belom siaran tv digitsl.... Tolong jawab yg tau

    BalasHapus
  18. Daerah lontar metro, metro hd,.cnn, trans tv, trans 7,.TVRI ,TVRI 2, TVRI 3, TVRI SPORT,NTV,SBO, BBS

    BalasHapus
  19. Saya tinggal di wilayah Jombang belakang Samsat dekat Peterongan cuma dapat 3 TransTV, Trans7 dan CNN Indonesia

    BalasHapus
  20. Di aq kembang kuning :
    Metro hd
    Sbo hd
    Metro (suara kecil)
    Trans
    Trans7
    Cnn (suara kecil)
    Tvri nas
    Tvri jatim
    Tvri kanal 3
    Tvri sport hd
    Cnn (suara kecil)
    Nusantara
    Inspira

    Net hd tulisan doang (hitam pekat)
    Channel lainnya yg manual ada semua tp ada yg gambar dobel, ada yg bergambar tp jg ada semut, macam2 deh

    BalasHapus

Kontak Penulis



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

Site View

Categories

555 (6) 7 segmen (3) adc (3) amplifier (1) analog (9) android (11) attiny (1) attiny2313 (16) blog (1) bluetooth (1) cmos (2) crypto (2) dasar (35) display (2) gcc (1) iklan (1) infrared (2) Input Output (3) iot (4) jam (6) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (12) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (2) lain-lain (8) lcd (2) led (9) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (48) mikrokontroller (1) mikrotik (5) ninmedia (1) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (27) pcb (2) project (33) proyek (1) radio (3) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (2) sms (5) software (18) tachometer (2) telepon (7) televisi (52) television (1) transistor (1) troubleshoot (3) tulisan (42) tutorial (72) tvri (1) vu meter (1) vumeter (1) wav player (3) wayang (1) wifi (1)

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika