Semua Tentang Belajar Teknologi Digital Dalam Kehidupan Sehari - Hari

Selasa, 15 Januari 2019

Siaran TV Satelit Bernuansa Islami di Indonesia





Keberadaan channel-channel tv Islam melalui jaringan tv satelit tentu saja sangat mempermudah umat Islam yang ingin memperdalam keislamannya melalui tayangan Televisi, karena hampir semua tayangan-tayangan tv swasta nasional lebih mementingkan profit atau keuntungan finansial meskipun tayangan yang ditampilkannya tidak berbobot atau edukatif. Dengan adanya saluran-saluran tv islami maka akan memperkaya pilihan masyarakat untuk mendapatkan tontonan yang diinginkannya meskipun harus melalui tv satelit.

Sebelum mengetahui apa saja channel Islami di beberapa layanan tv satelit, mari ketahui dulu apa sih manfaat Channel Islami melalui TV satelit ? Berikut penjelasannya:

Manfaat channel Islami :

- Menghadirkan tayangan yang Islami, Mendidik, dan Bermanfaat Untuk Anda dan Keluarga 
-  Melindungi Keluarga Anda dari tayangan-tayangan buruk pada TV Konvensional yang dapat  merusak aqidah dan moral 
-  Memudahkan Keluarga Anda untuk mempelajari Islam dari rumah kapanpun Anda mau 
-  Sarana dakwah yang efektif kepada orang-orang tersayang 
-  Kualitas gambar yang jernih dalam berbagai kondisi cuaca (untuk parabola C band)
-  Bebas tagihan, Bebas Biaya Bulanan..! Sekali pasang untuk seterusnya....! 
-  Mendapatkan informasi perkembangan dunia islam dari sumber terpercaya. 
-  Dengan menggunakan Parabola TV Islam (Islamic Channel), Anda turut berperan dalam memajukan penyiaran TV Islam di Indonesia


Selanjutnya mari kita bahas satu per satu channel-channel dari Satelit yang berbeda-beda yg dapat di tangkap di seantero nusantara.




Channel Islami Yang Ada di Parabola Mini Ninmedia 





Layanan TV satelit Ninmedia Transpondernya menempati jalur Ku Band di Chinasat 11 dan dapat diterima dengan parabola mini 45 cm.

Satellite          : ChinaSat 11 (98 E)
Frequency      : 12500 MHz & 12560 MHz  (Ku Band)
Polarization    :  Vertical
Symbol Rate   : 43200
       
     
- Quran TV Mekah (Siaran langsung dari Mekkah )

- NU Channel , Saluran televisi resmi milik PBNU. Berisi program-program yang mendidik, tidak provokatif,dan mengajarkan toleransi. Selain itu juga menayangkan sejumlah program menarik seperti dakwah, doa, kebudayaan, seni, diskusi, dan talkshow.

- DMI Berisi informasi menarik seperti pendidikan Islami untuk anak usia dini dalam bentuk film kartun. Konten lainnya adalah sekelumit jejak sejarah tentang masjid-masjid kuno di nusantara dalam syiar dan dakwah Islam di Indonesia. Ada pula kisah tentang perjalanan hidup sepasang anak manusia dalam menempuh kehidupan rumah tangga. dilengkapi dengan beragam konten dan informasi menarik lainnya seputar DMI, keummatan, keislaman, dan kebangsaan, talkshow semua kalangan, dan dakwah

- Tawaf TV merupakan saluran kedua dari Dewan Masjid Indonesia (DMI) yg lebih menekankan ke cerita-cerita islami yg inspiratif

- Al Bahjah TV menampilkan ceramah dari ustadz Buya Yahya

- Saling Sapa menyiarkan program acara dakwah Islam dari beberapa ustaz yang populer. Di saluran Saling Sapa TV ini kita bisa mendapatkan ilmu mengenai Islam, dan sangat cocok untuk kita yang kekurangan pengetahuan terutama tentang Islam, Al-Quran dan Khazanah

- Nabawi TV Talkshow Islami, Berita Islam, Sejarah Islam, Kabar Majelis, Dakwah Islam, Ibadah dan Amalan




- Madu TV : disiarkan dari tulungagung jawatimur dan banyak menampilkan acara kajian islami dari pendakwah di jawa timur



DAFTAR CHANNEL ISLAMI DI SATELIT PALAPA ( 113 E)




Indonesia menggunakan banyak satelit yang digunakan acara TV, salah satunya adalah satelit palapa, satelit ini memiliki fungsi yang sangat penting bagi Indonesia, terutama untuk masyarakat yang tinggal di daerah pelosok, yang mana juga membutuhkan signal atau frequensi yang bagus. Dengan satelit ini kita dapat menikmati banyak channel, salah satunya channel islami, berikut daftar channel yang bersiar di satelit palapa.         
             
   
Channel islami di satelit palapa dapat disaksikan menggunakan parabola C band dengan diameter minimal 4 feet solid atau 6 feet jaring, dan siarannya dapat di lihat pada daftar transponder berikut :

Frekuensi : 4014 (C Band)
Symbol rate : 7200
Polaritas : H

Channel yang menggunakan transponder diatas sebagai berikut :

1. Akhyar TV (tidak aktif lagi)
Sajian konten Islami yang bermanfaat untuk ummat. Dengan narasumber ustadz Adi Hidayat, Lc. MA - Fiqih Sholat, Kajian Tematik, Sejarah Islam, dan Q&A Seputar islami

2. Share Channel TV
Media dakwah yang bervisi menyajikan video-video islami yang bermanfaat untuk ummat

3. Wesal TV
Program kajian, nasihat dan penyampaian hadist-hadist nabi yang dibawakan oleh Ustadz DR.Khalid Basalamah,Lc.MA, dan itu adalah program milik beliau.

4. Salam TV
Layanan informasi yang bersih(terpercaya), berbasis islami dan berbahasa Indonesia yang menyajikan acara dalam skop global, guna memperkokoh prinsip-prinsip dan nilai ke islamanya.


5. Niaga TV
Membuat program-program yang mengangkat para pengusaha muslim di Indonesia yang selama ini belum mendapatkan ruang untuk berpotensi atau menginspirasi orang banyak. Juga menayangkan talkshow yang isinya penuh dengan ilmu bisnis dan juga ilmu ekonomi islam.

6. Surau TV
Channel yang bergerak dibidang dakwah dan pendidikan islam, berisi tentang kajian-kajian dan edukasi yang berbasis islam.

7. Puldapii TV
Menjadi lembaga yang terbesar di Indonesia, yang bermanhaj Ahlussunnah Wal Jama’ah
dalam menjalankan kegiatan di bidang pendidikan, dakwah, sosial, ekonomi dan pemberdayaan ummat.


Frekuensi : 4057 (C Band)
Symbol rate : 2727
Polaritas : H

8. Rodja TV
Radio Rodja dan RodjaTV menyajikan siaran tilawah Al-Qur’an Al-Karim, hadits-hadits nabi, kajian Islam, juga nasihat para ulama 


Frekuensi : 4052 (C Band)
Symbol rate : 3333
Polaritas : H


9. Insan TV
Kajian dan pencerahan dari beberapa ustadz, diantaranya Ustadz Abu Yahya Badrussalam, Ustadz Dr.Arifin Baderi,Lc.MA, dan masih banyak lagi ustadz terkenal lainnya.

10. Fatwa TV

11. Ashiil TV


Frekuensi : 3991 (C Band)
Symbol rate : 2600
Polaritas : H

12. Ahsan TV
Layanan informasi yang bertujuan untuk mendekatkan keluarga pada sunnah-sunnah Rasulullah

13. Al Iman TV
media dakwah ahlussunnah yang dipancarkan dari Gedung Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ali bin Abi Thalib Islamiyah Surabaya.



Frekuensi : 3627 (C Band)
Symbol rate : 17985
Polaritas : H

14. Saling Sapa TV
15. Madani TV

Frekuensi : 4140 & 4100 (C Band)
Symbol Rate : 29900
Polaritas : V

16. Transponder ini merupakan milik MATRIX TV dan  dengan menggunakan receiver khususnya  seperti Matrix Garuda dan Matrix sinema , maka siaran QuranTV 24 jam ka'bah mekah dan Sunna TV madinah dapat disaksikan.




Channel Islami di K-vision / Garmedia


K-Vision merupakan stasiun televisi satelit berlangganan saat ini di Indonesia. Untuk channel Islami ditayangkan secara FREE TO AIR (FTA / GRATIS) dan ada 5 channel islami yang disediakan, berikut penjelasan dari masing-masing channnel : 

Data Transponder K Vision Ku Band Measat 3a (91.3 E) menggunakan parabola mini 45 cm.

Frequensi      : 12396 MHZ (Ku Band)
Polarization : Horizontal
Symbol Rate : 31000

1. TVMU (Tv Muhammadiyah Bernuansa Islam dan juga sebagai sumber informasi, pendidikan, dakwah dan kontrol sosial, yang diharapkan mampu menjadi inspirasi,
referensi dan motivasi bagi khalayak umat, guna meningkatkan harkat,martabat dan kualitas kehidupan)
2. TV 9 Nusantara (TV milik PBNU yg bersiaran dari surabaya, bernuansa Islam, tradisi masyarakat Islam khususnya di Surabaya dengan tema-temanya sesuai acara yang disiarkan)
3. Quran TV (Live Mekah dan menyiarkan bacaan Qur`an hampir 24 jam)

       


Channel Islami di Matrix Garudaku 



Tidak seperti satelit  lainnya ternyata Garudaku di satelit SES 9 hanya menyajikan 2 buah channel yang menyiarkan siaran Islami, Sunnah TV dan Quran TV secara Free To Air (dapat berubah Free To View )
.
Satelit SES9  ( 108 E) menggunakan parabola mini 45cm

Frekuensi : 11024 MHz (Ku Band)
Simbol Rate : 15675
Polaritas : V

1. Sunnah TV ( Stasiun tv yang menyiarkan siaran langsung masjid nabawi di Madinah 24jam ) 

2. Quran TV  ( Stasiun tv yang menanyakan siaran keadaan ka’bah di mekkah  24 jam disertai bacaan Al-Quran. )



Nahh jadi uraian diatas merupakan daftar channel-channel yang masing-masing ditangkap oleh 4 satelit GRATIS di langit Indonesia. Berminat pasang yang mana kawan ?

Jika anda berminat pasang parabola islami dan berada di kota surabaya sekitarnya kontak kami ke nomer : 0812 4663 7645




*) disusun bersama anak PKL SMKN 2 kediri Batch 2 ( Sina, Ryan, Eka, Mala) 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Penulis



12179018.png (60×60)
+628155737755

Mail : ahocool@gmail.com

Site View

Categories

555 (8) 7 segmen (3) adc (4) amplifier (2) analog (19) android (12) antares (8) arduino (26) artikel (11) attiny (3) attiny2313 (19) audio (5) baterai (5) blog (1) bluetooth (1) chatgpt (2) cmos (2) crypto (2) dasar (46) digital (11) dimmer (5) display (3) esp8266 (25) euro2020 (13) gcc (1) iklan (1) infrared (2) Input Output (3) iot (58) jam (7) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (17) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (8) lain-lain (8) lcd (2) led (14) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) lora (7) MATV (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (70) micropython (6) mikrokontroler (1) mikrokontroller (14) mikrotik (5) modbus (9) mqtt (3) ninmedia (5) ntp (1) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (88) pcb (2) power (1) praktek (2) project (33) proyek (1) python (7) radio (24) raspberry pi (4) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (2) sharing (3) signage (1) sinyal (1) sms (6) software (18) solar (1) solusi (1) tachometer (2) technology (1) teknologi (2) telegram (2) telepon (9) televisi (167) television (28) transistor (2) troubleshoot (3) tulisan (93) tutorial (108) tv digital (6) tvri (2) vu meter (2) vumeter (2) wav player (3) wayang (1) wifi (3)

Arsip Blog

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika