Konsultasi Seputar Migrasi TV Digital - Pemasangan STB & Antena Digital - Hubungi 0815-5737-755

Selasa, 25 Januari 2022

Mengenal Efek Resistansi Aki dan Cold Cranking Amps


 


Apa perbedaan antara aki yang "kebanjiran" dan baterai jaman now alias aki kering atau AGM / Gell? Pertama - tama dan paling jelas adalah konstruksi internal, akan  tetapi perbedaan dalam konstruksi internal ini berarti juga ada hambatan internal yang berbeda. Sehingga anda mungkin berpikir , Apaaaa? Kok baterai ada resistansinya.





Saya tidak dapat mengukur resistansi dari baterai  voltmeter tetapi dapat diukur dengan tester baterai dan ini adalah salah satu pengukuran paling penting dalam kinerja baterai. Dengan kata lain ketika Anda mengukur resistansi internal baterai anda mengukur pelat memasang elektrolit atau pasta di dalam baterai AGM. Biasanya baterai AGM akan menghasilkan lebih banyak daya atau Cold Cranking Amps (daya starter kendaraan) daripada baterai / aki basah.


Hal ini disebabkan oleh konstruksi baterai dan resistansi internal yang lebih rendah. Jadi bagaimana Anda menerapkan resistansi internal ketika anda memiliki  kendaraan yang tidak dapat dihidupkan atau baterainya mati ?


Langkah pertama dimulai dengan pengisi daya karena Baterai AGM memiliki resistansi internal yang lebih rendah sehingga membutuhkan pengisi daya khusus. Namun keuntungannya dapat menyerap muatan lebih cepat dan anda tidak perlu menggunakan charger arus segede 40 - 70 amp untuk melakukan pengisian. Kalau charging terlalu cepat pada baterai AGM dapat merusak komponen  internal karena baterai jenis ini memiliki resistansi internal yang lebih rendah.





Ini mungkin baik-baik saja untuk baterai asam-timbal biasa  yang elektrolitnya kebanjiran  mungkin pertimbangan lain, juga karena baterai asam timbal masih dipakai pada sebagian besar kendaraan modern. Industri dan bengkel otomotif mengukur resistansi internal baterai untuk menentukan masa pakai baterai sehingga pelanggan tidak terdampar alias bosan menunggu saat kendaraan diservis  dan ujungnya eaalah ! pak baterai diganti aja! 

Anda perlu mengatur ulang monitor baterai ini atau pada mobil mahal mungkin cukup masuk melalui layar informasi di dasbor atau menggunakan alat pindai khusus. Jika Anda tidak melakukan ini sementara pada baterai baru itu bisa menjadi kelebihan muatan karena seiring waktu  baterai akan memiliki resistansi internal yang lebih tinggi seiring bertambahnya usia. Dan jika kendaraan dipasang baterai lama, itu bisa membuat menunda penggantian baterai berharga terlalu mahal karena menyebabkannya menjadi terlalu panas dan akhirnya "boom".


Cold Cracking Amps



Ketika anda membeli baterai otomotif  anda akan menemukan bahwa ada dua spesifikasi penting yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah kapasitas penyimpanannya dalam ampere-jam (AH). Angka umum untuk aki mobil adalah 60 ampere jam. Juga anda perlu memastikan bahwa baterai dapat menyimpan cukup banyak "jus" untuk memenuhi kebutuhan anda untuk jangka waktu yang lama, tetapi hanya karena baterai dapat menyimpan banyak jus, tidak ada hubungannya dengan seberapa baik itu benar-benar dapat menghidupkan mobil atau truk anda terutama  kalau sudah dingin.

Cold cranking yang kita maksud adalah setelah mesin anda di biarkan dingin sampai suhu lingkungan suhu ruangan atau lebih rendah misalkan saja sekitar 30 derajat celcius di musim panas atau 0 derajat celcius pada musim dingin. Atau gampangnya seperti setelah mesin kendaraan anda dibiarkan dingin itu akan membutuhkan sejumlah arus, namun dalam ledakan yang sangat singkat untuk memulai mesin.

Hanya karena baterai dapat menyimpan satu juta ampere jam tidak berarti bahwa itu akan dapat memulai kendaraan anda dari situasi dingin, seperti mengengkol motor roda 2 setelah ditinggal pulkam. Angka CCA untuk mobil anda dapat berkisar antara 400 hingga 750 ampere hanya untuk baterai otomotif biasa. Sekarang ketika anda menggunakan katakan saja arus ini di sini  skala maksimum di sini adalah 750 amp dan kita berbicara tentang waktu cepat, mungkin orde detik bukan jam




Ketika Anda pertama kali memutar kunci itu  untuk menyalakan kendaraan itu akan membutuhkan arus yang sangat besar untuk menyalakan busi dan membuat semuanya berjalan dengan cepat. Ini akan menjadi lonjakan tiba-tiba dan mungkin anda harus berhenti - matikan dan coba lagi. Sekarang kita lihat perbandinga ampere jam dari aki, karena 750 amp itu gueede. Jika baterai Anda hanya memiliki 60 ampere jam untuk memulai dengan 750 amp itu tidak akan bertahan lama mungkin tiga atau empat  engkol yang baik saja , jika seperti itu anda akan menguras baterai.

Tulisan diatas dengan asumsi bahwa baterai anda dalam kondisi yang cukup baik tetapi jika baterai anda tidak dalam kondisi baik dan angka ini telah turun untuk mengatakan mungkin 200 amp CCA. Anda  mungkin tidak dapat menghidupkan kendaraan Anda sama sekali terutama ketika benar- benar dingin dan itulah mengapa baterai lama yang  benar-benar dingin bukan hal yang sangat baik untuk dimiliki terutama di lubang hitam Wilayah Dakota Amerika Serikat.

Sehingga perbedaan antara CCA dan  AH adalah sesuatu seperti perbedaan antara kecepatan maksimum yang dapat dicapai seorang pelari cepat dalam lari sprint 100m versus daya tahan yang dibutuhkan untuk berlari maraton, tentu saja anda dapat mengetahuinya dari analogi saya.

Saya pikir jadi begitulah yang mereka maksud dengan Cold Cranking Amps dan itu adalah angka penting karena anda ingin dapat menyalakan mobil itu ketika anda berada di suatu tempat yang belum pernah anda  kunjungi dan anda tidak mengenal siapa pun dan anda bahkan tidak tahu di mana truk derek berada. Anda bisa menghindarinya jadi dapatkan baterai baru setiap tiga atau empat tahun dan saya  merekomendasikan bahkan mungkin setiap dua tahun dalam iklim yang sulit seperti di eropa/ amerika, pastikan Anda mendapatkan nilai Cold Cranking Amps yang tepat untuk kendaraan anda.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Penulis



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

Site View

Categories

555 (8) 7 segmen (3) adc (4) amplifier (2) analog (15) android (12) antares (5) arduino (22) artikel (11) attiny (3) attiny2313 (19) audio (5) baterai (5) blog (1) bluetooth (1) cmos (2) crypto (2) dasar (46) digital (10) display (3) esp8266 (25) euro2020 (13) gcc (1) iklan (1) infrared (2) Input Output (3) iot (45) jam (7) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (17) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (7) lain-lain (8) lcd (2) led (14) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) lora (3) MATV (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (70) micropython (6) mikrokontroller (12) mikrotik (5) mqtt (2) ninmedia (3) ntp (1) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (85) pcb (2) power (1) praktek (2) project (33) proyek (1) python (5) radio (15) raspberry pi (4) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (3) signage (1) sinyal (1) sms (6) software (18) solar (1) solusi (1) tachometer (2) technology (1) teknologi (2) telegram (2) telepon (9) televisi (159) television (28) transistor (2) troubleshoot (3) tulisan (85) tutorial (92) tvri (2) vu meter (2) vumeter (2) wav player (3) wayang (1) wifi (3)

Arsip Blog

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika