Semua Tentang Belajar Teknologi Digital Dalam Kehidupan Sehari - Hari

Minggu, 04 Juni 2017

Cara Membagi Siaran UseeTV ke 2 STB dengan Mikrotik


Setelah beberapa saat melupakan oprekan useetv vs mikrotik, kini akan di update hasil temuan cara menonton siaran yg berbeda pada  STB dan Player Komputer yg sebelumnya terkendala ilmu yg belum mumpuni mengenai konsep routing, switch dan bridge di mikrotik. Karena ketemu nya tidak sengaja maka daripada otak saya cepat terhapus memorynya, maka saya tulis aja disini. Jika anda memiliki 2 STB atau lebih yg valid (terdaftar secara legal di telkom) maka isi tulisan  ini pastinya dapat juga di aplikasikan.

Jangan Lanjut Membaca Tulisan Ini Sebelum Membaca Penjelasan Awal DISINI

Sebelumnya dalam praktek useetv lewat mikrotik, maka siaran yg dapat diputar hanya 1 saja dan dalam 1 player atau 1 stb saja. Jadi semisal STB memutar CNN maka jika ingin memutar HBO di komputer hasilnya STB langsung blank, begitu juga ketika STB pindah channel maka player di komputer akan terhenti.

Suatu hari saya ingin menonton FINAL LIGA CHAMPION 2017 di kamar tidur dengan mengolor kabel UTP/LAN dari mikrotik, dimana sebelumnya STB di ruang TV menancap ke port 3. Karena kabel jack RJ45 nya susah dicabut jadi saya mengambil port 4 sebagai port yg akan saya tancapkan dengan kabel UTP ke kamar tidur. Dan saya buat konfigurasi port 4 dengan model bridge-slave seperti halnya di port 3 dengan segmen IP yg berbeda.


Pertama saya lepaskan port 4 agar tidak menjadi slave bridge dari master defaultnya yaitu port 2. Pilih Master Port nya "none".



Lanjut buat bridge port baru (melalui menu bridge), saya membuat STB 1 di port 3 dan STB 2 di port 4. Awalnya saya menempatkan port 3 dalam bridge  yg terpisah dengan bridge local, jadi saya mempunya 2 bridge yaitu bride local (default) dan bridge stb. Inilah kuncinya saya tidak bisa melihat bersamaan 2 streaming pada bridge yg berbeda. Untunglah bridge port 4 yg saya buat baru ini memiliki bridge default (bridge-local) sehingga secara tidak sengaja dapat memutar 2 saluran berbeda pada STB dan Komputer dan tentunya cukup menggembirakan dapat menemukan konsep bridge yg benar. Jadi pastikan hanya terdapat 1 bridge yg akan digunakan ke semua port.

Kemudian jangan lupa memasukkan segment IP untuk port yg dimaksud pada menu IP ADDRESS.


Tambahkan pula IP POOL dan DHCP server untuk port 4 agar STB mendapatkan IP nya secara otomatis.

Dan hasilnya Seperti ini nih....

Terlihat pada hasil torch di gateway terdapat 2 stream yg aktif yaitu HBO pada STB dan HBO Hits pada player komputer. Tapi sayangnya DRM (digital rights management) alias acakan maut di STB nya USEETV (di surabaya) diberlakukan untuk beberapa channel premium. Mungkin saya mencoba tidak mengungkitnya agar pihak telkom tidak sensitif ...hehehe...lagian susah banget menembus acakan IPTV dengan AES 128 ...kalau TV satelite mungkin buaaanyaaakk yg share key pembuka acakannya.


Selamat Mencoba


Share:

15 komentar:

  1. .....
    ....dengan mengolor kabel UTP ....
    :-) :-)
    Bahasanya tukang ...
    He he he pisss mas Bro.

    BalasHapus
  2. mas mau tanya.
    untuk port 1 mikrotik yg ketemu dengan port 4 ONT/modemnya diberi DHCP client ga ya? kemudian yang ketemu dengan STB dipasang DHCP server di masing2 interface yg ke arah STB.

    kmrn saya coba port 1 mikrotik dhcp client, port 2 ke STB 1 tak kasih dhcp server. setelah STBnya dipasang, STB tidak menemukan server EGP. firewall udah tak accept semua IGMP ma UDPnya. kira kira mana yang salah ya.
    mohon bantuannya. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau menurt saya mas, interface yg terhubung ke port IPTV modem harus clone mac STB dan di kasih dhcp-client, trus juga mesti pake NAT dan static route untuk login dan akses epg. mungkin catatan saya bisa membantu : https://goo.gl/9YRadg

      Hapus
  3. mohon dibaca penjelasan sebelumnya..

    - modem indihome port 4 selalu dhcp..jangan diutak-atik
    - masuk ke WAN mikrotik, harus clone mac address dari STB, karena hanya mac address yg terdaftar telkom yg dapat IP
    - ke STB bisa dhcp bisa tidak, sebaiknya ya DHCP karena STB cari IP nya auto biar gak utak atik seting STB

    sekali lagi baca di pembahasan sebelumnya

    BalasHapus
  4. tanpa mikrotik bisa tidak bro ?

    BalasHapus
  5. Mas Klo Topologi nya.
    Port 1 Modem ke Port 1 Mikrotik. (internet)
    Port 4 Modem ke Port 2 Mikrotik. (IPTV)
    Port 3 Mikrotik ke PC
    Port 4 Mikrotik ke STB.

    gmna biar di PC dgn STB bisa memutar useetv ?

    BalasHapus
  6. permisi mas, saya sudah bikin 2 bridge, lalu kedua bridge nya sudah didaftarkan sebagai downstream di igmp proxy, tapi tetap tidak bisa di play kalo dari pc, tapi kalau dari stb bisa, kira2 kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejak akhir 2017 telkom menerapkan enkripsi siaran yg lebih ketat..jadi siaran diacak semua

      Hapus
    2. BETULLL..lgi cari cara tuk buka acakannya nih..yg da nemu share ya...thx

      Hapus
  7. Masih bisa dipake untuk 2 stb tha?

    BalasHapus
  8. sudah thn 2019, apakah cara ini masih bisa gan?

    BalasHapus
  9. sudah tidak bisa lagi.. karna di STB hybrid sekarang tidak ada settingan VLAN lagi

    BalasHapus
  10. Pake aj smart tv download aplikasi VIDIO...putar deh TV nya di aplikasi ViDEO...aman

    BalasHapus
  11. sangat menarik. terimakasih gann

    BalasHapus

Kontak Penulis



12179018.png (60×60)
+628155737755

Mail : ahocool@gmail.com

Site View

Categories

555 (8) 7 segmen (3) adc (4) amplifier (2) analog (19) android (12) antares (8) arduino (25) artikel (11) attiny (3) attiny2313 (19) audio (5) baterai (5) blog (1) bluetooth (1) chatgpt (2) cmos (2) crypto (2) dasar (46) digital (11) dimmer (5) display (3) esp8266 (25) euro2020 (13) gcc (1) iklan (1) infrared (2) Input Output (3) iot (58) jam (7) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (17) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (8) lain-lain (8) lcd (2) led (14) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) lora (5) MATV (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (70) micropython (6) mikrokontroler (1) mikrokontroller (14) mikrotik (5) modbus (9) mqtt (3) ninmedia (5) ntp (1) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (88) pcb (2) power (1) praktek (2) project (33) proyek (1) python (7) radio (15) raspberry pi (4) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (2) sharing (3) signage (1) sinyal (1) sms (6) software (18) solar (1) solusi (1) tachometer (2) technology (1) teknologi (2) telegram (2) telepon (9) televisi (167) television (28) transistor (2) troubleshoot (3) tulisan (92) tutorial (108) tv digital (6) tvri (2) vu meter (2) vumeter (2) wav player (3) wayang (1) wifi (3)

Arsip Blog

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika