"Kembali Ke Dasar Elektronika Digital ... "

Selasa, 09 Agustus 2011

Kit Pemancar FM 1 Transistor Untuk Pemula

Mau belajar bikin pemancar radio FM sederhana?
Apakah mengalami kesulitan karena bahan-bahan susah dicari?
Mungkin kami bisa bantu kamu menyediakan kompenennya...



KABAR BARU ..TERSEDIA JUGA KIT PEMANCAR AM dengan IC 555

Pemancar FM atau FM transmitter untuk player mp3/mmc umumnya dijual murah, terutama produk dari china..tapi kalau bikin sendiri kenapa tidak? Jika merakit sendiri akan mengasah ketrampilan solder menyolder buat kalian yang baru mengenal dunia elektronika.

Dipasaran ada juga yang menjual KIT pemancar dengan PCB yang sudah jadi , tetapi tidak seru ahh..mending bikin yang seperti ini, lebih klasik dan terlihat sangar! Perlu diketahui jika memakai KIT PCB yang tinggal solder maka kamu akan melewati ilmu "membaca gambar skematik". Tentunya akan mengurangi proses penyerapan ilmu elektronika.

Paket KIT terdiri dari :

1. PCB POLOS 5x10 cm dan PCB lobang 2x3 cm

http://www.blind-summit.co.uk/wp-content/uploads/2006/06/make-your-own-pcb-boards.jpg

PCB polos sebagai "groundplane" atau dasar ground/pentanahan untuk mengurangi interferensi/gangguan, sedangkan PCB lobang untuk menempatkan komponen. PCB lobang akan diletakkan diatas PCB polos

2. Transistor NPN  general purpose seperti 2N3904, 2N2222 dsb

405-454-home.jpg (129×129)

Transistor sebagai penguat sinyal oscillator

3. Kapasitor 10nF, 1uF, 10pF

capacitors.jpg (434×234)
berfungsi sebagai filter sinyal audio dari input

4. Resistor 10K, 27K dan 470 ohm

http://electronicrepairguide.com/four%20band%20resistor.jpg
digunakan untuk penahan arus listrik, dan jika digabung dengan kapasitor dapat berfungsi sebagai osilator

5. Kasitor Trimmer 20pF

http://shop.rabtron.co.za/catalog/images/trimcap.jpg
nilai kapasitansinya dapat diubah-ubah, cocok sebagai penala frekuensi yg akan dipancarkan

6. Lilitan kawat email (induktor)

http://www1.picturepush.com/photo/a/6275074/220/6275074.jpg

Lilitan induktor jika digabungkan dengan kapasitor akan menghasilkan resonansi frekuensi. Lilitan ini digunakan bersama-sama kapasitor untuk menghasilkan frekuensi FM.

7. Konektor Baterai + Baterai 9V

http://www.superdroidrobots.com/images/TE-086-000.jpghttp://www.blasterstool.com/images/products/detail/energizer_9v__67602_std.jpg

8. Skematik & Petunjuk Perakitan


http://anarchy.translocal.jp/radio/micro/howtosimplestx_logo.jpg
Image Hosted by PicturePush - Photo Sharing



Harga



Murah saja ...75 Ribu (belum ongkos kirim)


Cara Transaksi


Melalui Transfer rek Mandiri / BCA (no rek via PM/sms )

Pengiriman Lewat JNE atau Paket Pos

HUBUNGI KAMI


HP: 085733889569 , 087882045949
Mail : ahocool@gmail.com
ym :ahokleng
fb: ahocool1@gmail.com
twiter: @ahocool



Jika Kamu sukses merakit, bisa ngerjain orang serumah...karena pesawat TV bisa keluar suara MP3 dari pemancar yang kamu rakit


Share:

10 komentar:

  1. skema yang lebih jelas ada kaga

    BalasHapus
  2. bener tuh, kurang jelas gan...
    oya itu katanya TV serumah muter musik yg dr pemancar kita... apa disini ni Nggak pake gelombang berapa gitu gan..?? maksud ane, apa kayak gelombang/saluran'y semua langsung masuk gitu..?? MOHON di balas agan...

    BalasHapus
  3. skemanya sudah jelas banget....bahkan itu skematik + komponen layout..kalo bikin pemancar memang harus seperti ini

    untuk muter lagu ke TV karena oscilatornya mengganggu sinyal TV aja , jadi bisa kedengeran

    BalasHapus
  4. VCC nya masuk d kaki komponen apa.?

    BalasHapus
  5. mantap dah.. thank's ya

    sukses dach gan

    BalasHapus
  6. videonya ga jls bgt,. yang di ambil gambarnya cma tvnya doang apa yang di liat

    BalasHapus
  7. kalau suara mp3 masuk TV juga itu mah nyeplet om....waduh...

    BalasHapus
  8. Bikin yg 71/75 jangkauan lebih Luas bisa 1 kabupaten, bila kualitas Dan proses pembuatannya bagus ga bakal tubrukan SMa sinyal TV, ditahun 1998an harga Msh Skitar 75rb, itu biasa dipakai komunikasi berhubung blm Ad yg namanya HAPE,

    BalasHapus

Kontak Langsung



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

ANTI SPAM !



Blog Ini Mendukung Blogger Indonesia Yang Jujur dan Memberikan Informasi Sebenarnya, Bukan Menyampah Demi $Rp$ Yang Hanya Merendahkan Blogger Indonesia

Site View

Categories

555 (6) 7 segmen (3) adc (3) amplifier (1) analog (9) android (11) attiny (1) attiny2313 (16) blog (1) bluetooth (1) cmos (1) dasar (31) display (2) gcc (1) infrared (2) Input Output (3) jam (6) jualan (10) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (9) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (2) lain-lain (8) lcd (2) led (9) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (48) mikrokontroller (1) mikrotik (4) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) pcb (2) project (33) proyek (1) radio (3) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (2) sms (5) software (16) tachometer (2) telepon (7) televisi (16) transistor (1) troubleshoot (3) tulisan (34) tutorial (67) vu meter (1) vumeter (1) wav player (3) wayang (1) wifi (1)

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika