Semua Tentang Belajar Teknologi Digital Dalam Kehidupan Sehari - Hari

Senin, 21 Februari 2022

Cara Memperbaiki Mi Band 4 / 5 / 6 - Jangan Pernah Lupa ID Pertama Anda Pairing Di App Mi Fit !

 



XiaoMi Smart Band 4 mungkin sudah jadi barang jadul terlebih karena semakin banyaknya wearable gadget yang ditawarkan oleh berbagai produsen elektronika asal negeri tirai bambu. Namun ada kalanya kesimpelan yg ditawarkan Mi band 4 ini menjadi alasan banyak yg masih memakainya disamping kehandalannya tentunya ( asal bukan beli barang KW aja). Kita bisa memanfaatkannya untuk sekedar gaya-gayaan saat jalan pagi, pergi nge gym atau sekedar penunjuk waktu layaknya jam di pergelangan tangan.

Saya membeli Mi Band 4 sekitar 3 tahun lalu dan tentu saja ini buat hadiah buat istri tercinta, maklum saya kurang cocok dicantolin jam apapun di tangan, suka gatel ! Gatelnya bukan kena alergi atau apa, namun gatel oprek-opreknya. Wong jam tangan hadiah ultah dari kakak waktu SMP langsung face nya diganti dengan foto nyomot dari album. Saking seringnya gonta-ganti ya hasilnya rusaklah sebelum saya ulang tahun lagi. Yaahh dipastikan kapoklah yg mau ngasi hadiah berupa jam lagi.

Untungnya istri saya ini orangnya super teliti dalam menjaga barangnya, di "eman-eman" kalau orang jawa bilang, kalau gak dipakai disimpen dan dibungkus rapi sampai suatu ketika kita berpindah rumah dan terseliplah jam ini selama 3 bulan entah di kardus yg mana. Dan saat istri teringat punya barang berupa Mi Band 4 lalu dicarilah dan baterainya sudah habis. Lalu di charge sampe penuh namun layar Mi Band 4 nya muncul tulisan china. Seperti biasa sang suamilah yg menjadi sasaran untuk memeprbaiki. Ini mah gampang, tinggal lihat youtube aja beres.




Namun yg diharapkan pun "mbleset", para pembuat konten youtube umumnya menjelaskan tentang langkah awal pairing ketika baru beli Mi Band 4 kosongan. Maksudnya yg langsung beli tapi gak di test dulu sama si penjual maka akan muncul tulisan china atau kalau versi inggris muncul "Pair First" dan tulisan cmiit id 2019d p1398. Dengan menginstal aplikasi Mi Fit pada smartphone dan melakukan pairing bluetooth maka semua video tutorial di youtube akan menjadi benar. Lalu kenapa saya gagal seperti gambar diatas ?

Setelah install ini itu dan nonton bermacam-macam tutorial yg geje semua, gonta-gati HP pun sudah saya lakukan kecuali HP istri yg dipakai nonton youtube seharian, lalu pencerahan muncul ketika saya melihat aplikasi monitoring gelang kesehatan generic  yg menjelaskan kalau sejak Mi Band 4 terdapat Auth Key yg digenerate dari Mac Address Mi band nya dan apabila Mi Band 4 pernah dipairing sebelumnya dan belum di "lepas", maka server di cloud nya Xiaomi / Mi fit akan menolak untuk pairing di akun Mi fit berbeda. Nah inilah yg merangsang logika saya, dimanakah saya dulu menginstall Mi Fit dan pairing pertama kali saat gelang ini baru saya unboxing dari kurir paket ?

Wah HP nya sudah dijual ! Gawat...gimana ini ? Tenang saya masih punya tebakan yg mungkin saja jitu, saya coba login Mi Fit menggunakan akun Google di HP istri yg kebetulan masih sama dengan Hp yg dijual itu. Dengan perjuangan bertengkar rebutan HP bersama istri (padahal dia yg minta benerin jam nya lhoo) saya berhasil login dan...taaadaaa..saya melihat akun Mi Fit nya masih ter "Pair" pada Mi band 4 ini.



Setelah itu semua jadi gampang, tinggal melepaskan perangkat dari akun Mi Fit istri dan kemudian melakukan pairing ulang dengan smatphone saya biar tidak rebutan lagi !







Kemudian ikuti saja yg diminta oleh Mi Fit seperti melakukan update firmware dan upload data-data baru yang mungkin memakan waktu dan kuota sesuai kecepatan internet anda. Dan sekarang istri saya senang melihat Mi Band 4 kesayangannya dapat dipergunakan kembali. 






Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Penulis



12179018.png (60×60)
+628155737755

Mail : ahocool@gmail.com

Site View

Categories

555 (8) 7 segmen (3) adc (4) amplifier (2) analog (19) android (12) antares (8) arduino (26) artikel (11) attiny (3) attiny2313 (19) audio (5) baterai (5) blog (1) bluetooth (1) chatgpt (2) cmos (2) crypto (2) dasar (46) digital (11) dimmer (5) display (3) esp8266 (25) euro2020 (13) gcc (1) iklan (1) infrared (2) Input Output (3) iot (58) jam (7) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (17) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (8) lain-lain (8) lcd (2) led (14) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) lora (5) MATV (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (70) micropython (6) mikrokontroler (1) mikrokontroller (14) mikrotik (5) modbus (9) mqtt (3) ninmedia (5) ntp (1) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (88) pcb (2) power (1) praktek (2) project (33) proyek (1) python (7) radio (18) raspberry pi (4) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (2) sharing (3) signage (1) sinyal (1) sms (6) software (18) solar (1) solusi (1) tachometer (2) technology (1) teknologi (2) telegram (2) telepon (9) televisi (167) television (28) transistor (2) troubleshoot (3) tulisan (93) tutorial (108) tv digital (6) tvri (2) vu meter (2) vumeter (2) wav player (3) wayang (1) wifi (3)

Arsip Blog

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika