Semua Tentang Belajar Teknologi Digital Dalam Kehidupan Sehari - Hari

Senin, 23 September 2013

Panduan Singkat Belanja Di Pusat Elektronika Komponen Pasar Genteng Surabaya



Jika anda pernah kuliah di kota Surabaya dan jurusan yg anda ambil nyerempet ke teknik yg berhubungan dengan listrik, maka nama pasar yang satu ini menjadi pilihan yg paling tepat untuk mencari komponen listrik - elektronika yg cukup terjangkau dengan kantong mahasiswa. Walau sedikit kumuh dan berkesan pasar tradisional (lt.1 memang pasar biasa) maka di lantai 2 akan didapati nuansa hi-tech yg berpadu dengan geliat ekonomi beromzet ratusan juta rupiah perhari. Mungkin suasana pasar dan pajak kios pedagang yg masih mengikuti "tarif" pasar tradisonal menyebabkan para "tacik" mempertahankan suasana dan nuansa yang nyaris tidak berubah dari tahun 80an.


image courtesy of eastjava.com

Adalah sangat tidak menyenangkan ketika anda pertama kali dan pergi sendirian ke pasar genteng lantai 2 tanpa mengetahui gambaran mengenai kios-kios dan jenis barang yang ditawarkan. Secara umum pusat elektronika di kantai 2 terdiri dari :

  • Video-Parabola-CCTV
  • Sound System
  • Komponen Elektronika Analog
  • Komponen Elektronika Digital
  • Komponen Grosir Umum 
  • Komponen spare part Televisi
  • Radio Komunikasi / GPS
  • Kabel dan Komponen Electrical Tegangan Tinggi
  • Panel surya dan Baterai
  • PCB-LED-Display Matrix
  • Service (terpusat di lt. 3)
  • Loak dan Barang ElektronikVintage (kuno)
  • Toko Elektronika Tidak Jelas (jualan tergantung apa yg sedang laku)




Karena blog ini membahas tentang elektronika digital, maka akan saya sesuaikan panduan pada tulisan ini pada tempat belanja yang berhubungan dengan digital. Jangan lupa lokasi dari pasar genteng jika anda belum mengenal kota Surabaya manfaatkan saja google map seperti gambar dibawah ini.

klik pada gambar untuk memperjelas


Landmark atau bangunan penanda yg saya rekomendasikan adalah Tugu Pahlawan - Jalan Tunjungan - Grahadi (Gedung Gubernuran). Ikuti tanda panah diatas yang menunjukkan jalan masuk ke pasar genteng. Apabila melalui Tugu pahlawan menuju Jalan pahlawan atau Kramat gantung ( 2 jalan sejajar) maka ujungnya ada di perempatan SIOLA, ditandai dengan poster besar di jembatan penghubung gedung yg melintang diatas jalan Tunjungan. Dari sini cukup dekat sehingga jika membawa motor maka lampu sein harap dinyalakan ke kiri dan masuk ke pertigaan arah kiri pertama yang ditemui. Kesan pertama yg muncul adalah parkir yg cukup ruwet di pusat oleh-oleh khas surabaya "BHEK".

Apabila melewati Gubernuran (akibat kebablasan dari siola ga belok kiri) maka lanjutkan berputar sampai menuju balai kota Surabaya dan kemudian menuju ke barat yg ditandai dengan jalan dengan pohon yang sangat rimbun (jl. walikota mustajab), disini terkenal dengan sate ondemohen nya dan bisa dicoba loo.... Kemudian jalannya agak ribet karena masuk jalan kecil disebelah hotel Weta sehingga ikuti penanda panah pada gambar diatas saja.



Pemilihan parkir motor/mobil sangat membuat kepala benar-benar pusing jika anda pertama kali kesini, tapi rekomendasi saya adalah parkir sebelah timur karena cukup teduh walaupun sekali lagi parkirnya ga begitu luas. Penulis selalu memarkir motornya disini karena memang aksesnya terasa mudah untuk menjadi penanda awal menuju ke toko-toko elektronika digital. Karena penulis tidak mahir membuat denah,maka akan coba digambarkan saja dengan kata-kata dan saya harap pembaca mampu memahaminya.

Toko Saturn

Paling dekat dengan tangga naik kelantai 2, langsung saja berbelok ke kiri di ujung tangga dan ditandai dengan display LED MATRIX dengan tulisan grafik yg cukup menarik. Barang yg dijual berupa segala sesuatu yg berhubungan dengan LED dan Display Moving Sign. Beberapa kit merek "saturn " juga dijual dan kit ini cukup terkenal dikalangan penghoby elektronika.  Penjaga toko ini 2 orang wanita.

Toko SAN

Toko san ini berada di 2 toko di sebelah kanan tangga naik lantai 2, dengan spesialisasi di komponen digital, alat ukur dan yang paling menarik adalah koleksi kapasitor premiumnya. Jangan kecewa kalau toko ini tutup waktu jam makan siang ya...karena sang pemilik cukup disiplin waktu istirahatnya. penjaganya  cewek 2 orang dan ciri khas pemilik chinese  selalu berada di depan laptopnya.

Toko Mahajaya

Toko paling terkenal di era 80-an dengan koleksi IC TTL dan CMOS yg lengkap dan juga koleksi resistor watt besar, inductor berbagai jenis, relay, koleksi xtal dan perangkat radio. Mungkin sudah sedikit outdate untuk era digital tapi sang pemilik yg sudah uzur masih melayani pembeli dengan memorynya pada jenis komponen lumayan bagus untuk seusianya. Penulis memiliki kesenangan tersendiri ke toko ini karena nuansa elektronika vintage nya terasa, apalagi koleksi xtal untuk radio CB  (27Mhz) nya lumayan lengkap dan satu-satunya tempat yg menjual xtal UART 7372800 hz. Untuk mencari lokasinya dari ujung tangga, 1 lorong didepan ke kanan dan toko ini berhadapan dengan toko perangkat audio/cctv . Penjaga wanita 2 orang  , dengan pemilik chinese rambut putih (sudah super senior) dan kadang-kadang ada orang  chinese gemuk yg entah anaknya atau keponakan si pemilik.

Toko Prima

Toko dengan spesialisasi kabel VGA (katanya penyalur ke semua karaoke di Indonesia timur) dan memiliki koleksi kit dari Innovative terlengkap. Jadi jika ingin membeli kit microcontroller dari innovative disinilah tempatnya. Koleksi Micro Atmel (MCS51/AVR) paling lengkap dengan harga lumayan murah. LCD 16x2 atau 16x4, 7 segmen berbagai jenis dan juga Led matrix terpasang di etalase. Jangan terkejut kalau ramai pelajar dan mahasiswa berjubel disini karena koleksi komponen TTL , OPAMP dan Sensor yang dibilang paling lengkap dengan harga mahasiswa. Penjaga toko berjumlah 2 orang (wanita stw bahenol ) dan biasanya tacik yg punya selalu setia di kios. Ancer-ancer untuk mencarinya adalah lorong ketiga dari tangga parkiran belok kanan 1 blok, atau jika dari tangga masuk utama langsung lurus saja ke lorong di kiri tangga.

Toko Mentari

Toko ini kecil tapi dengan koleksi microcontroller yang bagus. Penjaga toko berjumlah 2 orang cowok dan sang pemilik yang chinese selalu berada di depan laptop. Spesialisasi di robotika , motor servo, stepper dan beberapa komponen impor dari sparkfun. Lokasi agak kedalam , dari toko prima lurus 1 lorong lagi ke kiri didepan toko spesialis audio grosiran.

Toko Eltech

Semua pasti tau eltech, jadi ga saya bahas karena lumayan gede tokonya dengan spesialisasi MOVING SIGN dan Digital yang lumayan kelas atas jadi harga mahal. Letaknya di bagian belakang dan lokasi kios cukup luas.

Toko Jupiter

Sebenernya nama toko ini ga terlalu jelas, akan tetapi saya selalu mengingatnya dengan nama ini. Spesialisasi adalah PCB polos berbagai macam dan ukuran beserta pelarut pcb "FeCl" feri clorit. Disini juga dapat dibeli adaptor switching (bekas tp bagus) biasanya penulis membeli yang tegangannya 5V dan membeli dalam jumlah besar biar murah. Cara yg paling ampuh untuk mencari toko ini adalah dengan menanyakan dimana letak toko jamu karena berdekatan dengan pusat jamu (mungkin diharapkan selain menyolder kita juga harus sehat dengan minum jamu !) Penjaganya seorang chinese cewek yg genit abiss...

Toko Varia


Jika berhubungan dengan elektronika digital-power maka disini tempatnya. Koleksi Mosfetnya lengkap banget dan dioda fast switching juga ada. Harap menyiapkan duit lebih dikantong karena harga MOSFET dkk cukup mahal. Lokasinya di pinggir, dari tangga parkiran ke kiri lurus mentok trus kekanan 2 toko.

Loakan & Komponen jadul

Jika ingin mencari motor stepper, motor gearbox, komponen bekas untuk pengiritan maka cukup mengelilingi toko disekitaran pinggiran pagar lantai 2. Disini beberapa komponen bekas yg masih bagus bisa didapatkan asal dengan perjuangan lebih dalam tawar menawar. Kalau ingin mencari Transistor TABUNG untuk koleksi radio jaman perang disinilah tempatnya. Kata salah satu pemilik toko , pasar genteng menjadi rujukan seluruh Indonesia untuk komponen tabung karena koleksi tabungnya asli (komponen buatan dibawah tahun 90-an, Toshiba-Motorola-RCA) bukan KW yg produksi dari china.


Catatan

Sering penulis mendapati orang yang kebingungan mencari suatu komponen yg "dianggapnya" rusak dan kemudian membawanya ke salah satu toko untuk ditanyakan ke penjaga toko. Hasilnya pasti dapat ditebak 90% si penjaga toko akan geleng-geleng kemudian si pembeli dapat dipastikan dengan expresi muka kecut berkata "kira-kira dimana ya mbak yg jual? " Jangan harap bakal dikasi tau dan bisa-bisa anda akan disesatkan karena sesama penjaga toko umumnya saling bercanda melempar-lempar para pembeli yang bingung. Jadi pastikan komponen yg anda cari adalah komponen diskrit yang umum dipasaran atau setidaknya dijual di toko komponen online atau banyak ditemukan di mesin google. Jika komponennya spesifik pabrik, cobalah mencari komponen itu jenisnya apa? Karena ketika yg anda beli semisal microcontroller dan ternyata ada dijual di salah satu toko, maka masalah tidak berhenti disini. Programnya bagaimana ? Ditancepin ke alat dan dijamin (jika programmingnya internal) akan mengecewakanmu.


SELAMAT BERBELANJA
Share:

75 komentar:

  1. Sekedar untuk menambah informasi toko komponen elektronika online anda bisa berkunjung ke www.tokopedia.com/komponenelektro --> KADAL ELEKTRO toko online Aman, nyaman dan terpercaya ...

    BalasHapus
  2. Admin boleh tahu contak person toko2 diatas td, seandainya punya cp nya mohon di uplod ya.. Khususnya toko yg ngejual kit. Trims sebelunya ni :-)

    BalasHapus
  3. aku kasi yg ada aja ya ...
    PRIMA : 031-5313645
    SATURN : 031-5356141
    ELTECH : 031-5316320

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toko jupiter disebelah mana ya?
      Punya cp nya gk?

      Hapus
  4. Nice Post. This post explains me very well.
    thanks cctv surabaya

    BalasHapus
  5. Silahkan coba elko di http://www.rujakelko.com/

    BalasHapus
  6. Klo toko PCB di bgian mna ea??

    BalasHapus
  7. kalo High Power LED di bagian mana ya mas??

    BalasHapus
  8. Untuyg khusus jual IC ada contact personnya tdk ya? trims

    BalasHapus
  9. mohon info, toko yang menjual INVERTER DC ke AC UNTUK BLENDER. INVERTER TYPE PURE SINR WAVE

    BalasHapus
  10. Yang jual radio komunikasi toko apa ya gan ?

    BalasHapus
  11. kemarin muter2 di pasar gnteng sby, nyari VC (varko) radio FM punya e radi polytron susahnya minta ampun . terpaksa pulang tanpa hasil>

    rekomndasi di mana yg jual sparepart alat2 radio penerima FM. terimakasih

    BalasHapus
  12. Saya mencari mini compo yng ada casete playernya,kira2 dimana ya yang masih jual?

    BalasHapus
  13. kayaknya sudah jarang merek2 terkenal mengeluarkan produk casette tape player ..tapi ada yg merek2 ga jelas buatan china, ato kalo mau ya produk Lawas yg masih eksis kayak TOA yg pernah saya liat masih jual wireless untuk meting yg ada cassete nya

    keliling aja, ga begitu besar kok pasar genteng

    BalasHapus
  14. Admin boleh tahu contak person toko Varia diatas td, seandainya punya cp nya mohon di uplod ya.. saya tinggal di jogja Trims sebelunya ni

    BalasHapus
  15. Mas kalo yg jual display radio komunikasi HT merk kenwood ditoko apa ya

    BalasHapus
  16. Mas kalo yg jual display radio komunikasi HT merk kenwood ditoko apa ya

    BalasHapus
  17. monggo silahkan keliling aja di LT. 2 ..ga terlalu apal untuk jualan speaker atau HT kenwood,
    yg jelas ADA !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas kalau copper tape Dan lampu led smd Ada ta mas di with mas?
      Mohon infonya mas

      Hapus
  18. Kalau mau service pre amp dan power amply, seperti merk Adcom, Hafler gitu di mana ya di Sby ini? Bisa ada rekomendasi?

    Sy hr Minggu ke Pasar Genteng (pas banyak yang tutup), gelap dan tidak memberikan rasa mantap mau service di sana.

    BalasHapus
  19. hari minggu ke ps. genteng ya rugi..ga ada yg buka..service lt.3 mbake..

    BalasHapus
  20. Pasar genteng bagian alat elektronik buka jam brp ya, tlg

    BalasHapus
  21. Jam buka senin s/d sabtu jam 10 - 17 ..minggu rata2 tutup hanya beberapa yg buka

    BalasHapus
  22. Kalok mau beli smart relay d toko yang mna ya mas, ada rekomendasi nggak

    BalasHapus
  23. Kalok mau beli smart relay d toko yang mna ya mas, ada rekomendasi nggak

    BalasHapus
  24. mohon infonya
    lagi nyari IC HA13164A ada apa ndak??
    harganya berapa??
    yerimakasih

    BalasHapus
  25. Mantap infonya, lengkap, sampai kepada penjaga toko yang genit... Hehe..

    BalasHapus
  26. Untuk pemesanan PCB di toko SATURN..dari parkiran motor sebelah timur naik tangga belok kiri toko pertama sebelah kiri,anda bisa pesan PCB dengan syarat layout sudah di print diatas kertas kalkir atau mika bening. Minimum pemesanan 5 keping dg harga amat bersahabat, 1 minggu jadi..toko buka jam 12-17..kualitasnya mantaap

    BalasHapus
  27. Boleh tanya" dikit... Karena di kota saya sulit sekali cari kompenen TV yg lengkap... Kususx TV LG...

    BalasHapus
  28. Minta bantuan... Di mn ya toko yg jual kompenen TV terlengkap di surabaya... Di kota saya cari IC'S merek LG ssh banget...

    BalasHapus
  29. mohon info, yang jual:
    -resistor, 75watt, 100Ω
    -capasitor, 1000volt, 0.1μ, ±5%

    BalasHapus
  30. Yang jual solar cell ukuran mini sekitaran 5 inch di toko mana ya gan, mohon infonya?
    terima kasih

    BalasHapus
  31. yang jual resisitor 60 ohm 10 watt apa ya tokonya? terimaksih

    BalasHapus
  32. Tempat jual pcb kit yang lengkap untuk praktek merakit anak sekolah dimana ya ??

    BalasHapus
  33. yth. admin,
    mau tanya yang jual modul atmega8535, arduino, sensor tegangan, sensor arus kira2 dmana ya ? kalo punya kontaknya, sekalian ya...trims

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. Mw Tanya di pasar genteng Ada yg jual copper tape dan lampu led smd Ada ta mas ?
    Mohon infonya mas

    BalasHapus
  36. karek mlaku2 nang pasar genteng mesti onoke bozzz

    BalasHapus
  37. derek tanglet bozz
    tempat jual audio sound system yang terpecaya dan harga oce murah toko apa boss di genteng kali
    oce trim

    BalasHapus
  38. toko fajar audio sound murah bisa nego

    BalasHapus
  39. om nyoman sekadar numpang..kami melayani pemasangan cctv,proyektor, hingga sound system..service dan penjualan juga..hubungi citra mandala di nomer 031-5619070

    BalasHapus
  40. Maaf.. mau tanya.. yg jual transistor horizontal yg komplit toko ap ya.. saya mau cari, tr c5480, c6092,BU2527D. Mohin infonya.

    BalasHapus
  41. Maaf.. mau tanya.. yg jual transistor horizontal yg komplit toko ap ya.. saya mau cari, tr c5480, c6092,BU2527D. Mohin infonya.

    BalasHapus
  42. hem..ada yang bilang toko genteng juga terkenal servicenya luar biasa canggih.betul ya?

    BalasHapus
  43. mohon info klo mau beli power ampli lokal di toko apa ?

    BalasHapus
  44. mohon info klo mau beli power ampli lokal di toko apa ?

    BalasHapus
  45. Pingin servis efek vocal. Tempatnya dimana ya yg bisa ditunggu.. Suwun suwun..
    Tak tinggali nomor 085645870833

    BalasHapus
  46. Permisi gan. Ada yg jual radio komunikasi Motorola MTX960 gak ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tinggali jejak saya ... 08563100039

      Hapus
  47. Pemisi om mau tanya,, kalau toko yang jual PCB amplifier IC toko apa ya? Soalnya saya kemarin ubek2 g ketemu. Terima kasih

    BalasHapus
  48. PCB amplifier mungkin bisa coba saturn...atau depannya mentari juga ada...kok bisa ga ketemu? kayaknya gudangnya kit ampli di ps. genteng deh, mungkin kamu terlalu diem kali ga tanya2...

    BalasHapus
  49. ada tweeter audax seri 61 atau 65 gak...

    BalasHapus
  50. Klu ada tweeter audax seri 61 apa 65 saya mau beli...

    BalasHapus
  51. Mau nanya mas brow aku mau bka toko elektro dan mnjual komponeny bs bgi info supleyerny ndak

    BalasHapus
  52. Mau nanya mas brow aku mau bka toko elektro dan mnjual komponeny bs bgi info supleyerny ndak

    BalasHapus
  53. Mau nanya mas brow aku mau bka toko elektro dan mnjual komponeny bs bgi info supleyerny ndak

    BalasHapus
  54. MAs mau tanya kalo tempatnya yang bisa reparasi LCD Touch Screen dimana ya? mungkin punya rekomendasi? atau yang jual LCD TFT Touch Screen merk NEC model : NL 3224BC35-20. trims

    BalasHapus
  55. Mau beli ini ada gk
    A 6053 M
    Sk5d2
    N17f6

    BalasHapus
  56. Mau beli ini ada gk
    A 6053 M
    Sk5d2
    N17f6

    BalasHapus
  57. Permisi saya cari SCR X0405mf ada gak ya disana

    BalasHapus
  58. Permisi saya cari SCR X0405mf ada gak ya disana

    BalasHapus
  59. Kalau toko buana menurut pean gimana mas

    BalasHapus
  60. Lagi cari transistor C2078 gan.. Mohon pencerahan nya

    BalasHapus
  61. Maaf gan. toko yang jual spearpart running text dan controlernya. Toko apa gan.

    BalasHapus
  62. Gan nama toko yang melayani paket komponen untuk buka toko komponen bagi pemula ....mohon infonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. toko mentari...toko prima ...toko san ...kalau duit banyak larilah ke eltech

      Hapus
    2. Bisa ke toko mahameru ato buana...

      Hapus
  63. Mohon info CP gan toko yang ngejual Panel Surya

    BalasHapus
  64. saya butuh dioda v6 57 utk rectifire punya kah

    BalasHapus
  65. Srrvice monitor komputer LED dan LCD toko apa ya Gan?

    BalasHapus
  66. Dengan hormat,

    Kami dari PT. MALIKA PUTRA LOGISTIK, perusahaan kami bergerak di bidang Jasa Export – Import, Undername, Door To Door, International Air & Sea Freight Forwader, dan Jasa pembelian barang dari seluruh dunia ke berbagai daerah tujuan di Indonesia. Karyawan di perusahaan kami memiliki pengalaman yang sangat baik di bidang import, menjadikan kami sebagai mitra bisnis yang dapat di andalkan, dan terpercaya. Sebagai sebuah perusahaan jasa pengiriman (via laut dan udara) kami memiliki tarif jasa yang sangat kompetitif. Perusahaan kami memberikan jaminan kepastian bahwa barang import anda akan sampai ke tempat yang di tuju secara cepat dan aman.

    Service kami antara lain :

    Under name

    Door To Door

    Import Borongan

    Jasa pembelian barang import

    Pengiriman barang domestik

    Custom Clearance

    Pengurusan barang yang terkena Lartas / LS / SNI / PI Besi Baja /BPOM / Ijin Postel

    Note : ==============================================================================

    # Perusahaan kami juga bisa mengurus import kendaraan bermotor (all condition)
    # Untuk import berupa bahan kimia, dan barang berbentuk cairan cukup dengan syarat yang diperlukan, dan disertai dengan MSDS atau Medical Report
    # Pihak Customer bertanggung jawab sepenuhnya terhadap kebenaran isi dan jenis barang import sesuai Invoice dan Packing List
    # Kehilangan barang dengan packing rapi ( Original Packing ) akan kami ganti sesuai dengan nilai yg tertera pada INVOICE yang
    kami terima
    #Pembayaran dapat dilakukan secara COD (Cash On Delivery)

    Demikian penawaran ini kami buat, agar kiranya dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Bapak/Ibu untuk dapat bekerjasama dengan kami. Terimakasih.

    Best Regards,

    PT. MALIKA PUTRA LOGISTIK
    Rukan The Avenue 8-129 Jakarta Garden City.
    Jakarta Timur 13910
    Tlp :021-22133833
    Wa.me :081345994631
    Email :Basri.mpl89@gmail.com

    BalasHapus

Kontak Penulis



12179018.png (60×60)
+628155737755

Mail : ahocool@gmail.com

Site View

Categories

555 (8) 7 segmen (3) adc (4) amplifier (2) analog (19) android (12) antares (8) arduino (25) artikel (11) attiny (3) attiny2313 (19) audio (5) baterai (5) blog (1) bluetooth (1) chatgpt (2) cmos (2) crypto (2) dasar (46) digital (11) dimmer (5) display (3) esp8266 (25) euro2020 (13) gcc (1) iklan (1) infrared (2) Input Output (3) iot (58) jam (7) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (17) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (8) lain-lain (8) lcd (2) led (14) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) lora (5) MATV (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (70) micropython (6) mikrokontroler (1) mikrokontroller (14) mikrotik (5) modbus (9) mqtt (3) ninmedia (5) ntp (1) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (88) pcb (2) power (1) praktek (2) project (33) proyek (1) python (7) radio (17) raspberry pi (4) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (2) sharing (3) signage (1) sinyal (1) sms (6) software (18) solar (1) solusi (1) tachometer (2) technology (1) teknologi (2) telegram (2) telepon (9) televisi (167) television (28) transistor (2) troubleshoot (3) tulisan (93) tutorial (108) tv digital (6) tvri (2) vu meter (2) vumeter (2) wav player (3) wayang (1) wifi (3)

Arsip Blog

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika