"Kembali Ke Dasar Elektronika Digital ... "

Senin, 27 Mei 2019

Membuat Hotspot Mikrotik Dan Melakukan Bloking Game Berdasarkan User

Hotspot adalah suatu istilah pada sebuah area dimana orang atau user bisa mengakses jaringan internet menggunakan PC atau Laptop atau Gawai lainnya dengan fitur wifi tentunya. Definisi hotspot lainnya adalah kegiatan yg dilakukan sehingga  seorang client dapat terhubung dengan internet secara wireless.

Block Game Online adalah suatu kegiatan dimana seseorang tidak dapat mengakses atau memainkan game online dari port manapun karena port yang dimiliki game tersebut telah di block atau di firewall oleh mikrotik. 

Dalam Praktek ini kita akan melakukan bloking game online berdasarkan tingkatan user sesuai harga pembelian yg dilakukan di warkop (simulasi), sehingga yg hanya beli kopi 3 ribu rupiah tidak akan mendapatkan fasilitas game online.

Persiapan yg diperlukan sebelum praktek

PC atau Laptop
Mikrotik wifi router
Kabel LAN
Koneksi Internet
Script Login Landing Page
Artikel internet sebagai referensi untuk seting mikrotik
Handphone
Winbox

A. Pembuatan Login Landing Page

1. Buka winbox dan masuk ke system mikrotiknya
2. Setting agar mikrotik bisa akses internet
3. Setting nama SSID hotspot di Interfaces > +


4. Buat hotspot di IP > Hotspot > Hotspot Setup


5. Pada menu hotspot interfaces, pilih bridge-local. Klik next.


6. Secara otomatis akan muncul IP Address pada Local Address of Network, jika tidak otomatis, maka ada kesalahan pada sambungan internet Anda. Lalu, checklist pada Masquerade Network. Klik next

7. Secara otomatis akan muncul Address Pool Network. Klik next


8. Pada Select Certificate, pilih none. Klik next


9. Pada menu IP Address of SMTP Server, tidak udah diisi IP atau biarkan pada posisi 0.0.0.0 . Klik next



10. Pada DNS Server, isikan 8.8.8.8 lalu klik tanda panah bawah di sebelahnya dan isi IP Addressnya dengan IP address yang kalian gunakan, disini saya menggunakan IP address 192.168.88.1 . Klik next


11. Isi DNS Name nya. Ini digunakan untuk nanti sebagai alamat kalian login di website. Namanya bisa diganti sesuka hati kalian, disini saya menggunakan DNS Name loginhotspot.sch.id (bisa juga diganti dengan mikrotik.id, detik.com, dll). Klik next


12. Isikan username dan password untuk laman login nantinya (disini milik saya tidak muncul karena sebelumnya saya telah membuat hotspot dengan ip dan dns name yang sama). Disini saya kasih username nya admin dan passwordnya admin . Klik next.

13. Lalu buka browser kalian masukkan DNS name di bar url yang telah kalian buat tadi. Dan hasilnya akan seperti ini.

14. Masukkan username login dan password kalian. Dan akan muncul status koneksi kalian seperti gambar dibawah ini.

15. Untuk membuat Login Landing Page lebih menarik, kalian bisa mendowload file templatenya di google dengan mencarinya dengan kata “Download Template Login Landing Page”. Disini saya sudah mendownloadnya dan sudah saya ekstrak dan siap digunakan.  (Link download https://drive.google.com/drive/folders/0Bymby4kMka4lOVBpSVk1dW5jcUk)

16. Lalu copy file nya ke mikrotik dengan menggunakan FTP. Masuk dulu ke folder FTP mikrotiknya.


17. Masukkan username dengan admin dan  password sesuai yg telah dibuat (default kosong). Klik LogOn.


18. Copy kan file login landing page yang telah kita extract ke mikrotik lewat copy paste FTP.



19. Lalu kita atur agar file tersebut bekerja. Masuk ke IP > Hotspot > Server Profiles . Double klik pada hsprof1.


20. Ubah nama HTML Directory dengan nama folder login yang tadi kalian copy kan ke mikrotik. Disini nama folder saya login.

21. Klik Apply lalu OK hingga berubah seperti ini.


22. Lalu buka browser kalian dan ketikkan di kolom url dns name kalian. Maka hasilnya akan seperti ini. Untuk mengedit halamannya kalian bisa menggunakan Notepad++. File nya bernama login.html , logout.html , dan status.html . Silakan kalian edit sesuka hati.



23. Berikut ini tampilan login logout yg telah saya buat 


24. Disini saya juga akan membuat pengaturan bandwidth pada setiap pembeli. Disini saya perumpamakan di warkop saya menjual makanan dan minuman. Setiap pembelian saya batasi bandwidthnya. Untuk pemberian bandwidth saya atur dengan rincian setiap pembeli yang memesan minuman saja, makanan saja, dan/atau keduanya memiliki bandwidth yang berbeda. Berikut contohnya


25. Langkah yang pertama. Masuk ke IP > Hotspot > User Profiles > + . Disini saya membuat namenya minuman, atur bandwidthnya  kita atur di kolom Rate Limit (rx/tx). Cara inputnya dengan memasukkan kecepatan “upload/download”. Disini saya akan mengatur bandwidth saya dengan besar 256k/256k. Untuk Shared Users saya kasih 10 (Shared Users digunakan untuk mengatur seberapa banyak user yang akan menyambung ke user profiles yang kita buat). Klik Apply lalu OK



26. Saya membuat lagi dengan name dan bandwidth yang berbeda. Caranya sama dengan sebelumnya, namun disini namenya saya kasih makanan dan bandwidthnya saya atur dengan 512k/512k dan user lainnya dengan 1024k/1024k. Klik Apply lalu OK.


27. Lanjut masuk ke IP > Hotspot > User > +. Disini saya akan menyusun tiap user menjadi kelompok user ringan, sedang dan berat. Jangan lupa untuk mengisi password loginnya dan  saya ambil contoh passwordnya 12345678. Pada kolom Profile, ganti dengan profile hotspot yg sesuai. Klik Apply lalu OK.




28. Kita coba login dengan menggunakan berbagai username dan kemudian kita bandingkan hasilnya seperti yang ada digambar. Masuk ke winbox. Lalu klik bar Queues. Maka akan terlihat berapa besar limitnya dan siapa saja yang menggunakan user yang kalian buat. 




B. Memblokir Game Online

1. Sambungkan HP kalian ke wifi yang sudah kalian buat. Lalu mainkan salah satu game online yang kalian punya (disini saya memainkan game Mobile Legend Bang Bang)

2. Buka winbox. Klik Tools > Torch. Ganti Interfaces ke bridge-local dan checklist pada Src. Address, Dst. Address, Protocol, Port. Jika ingin lebih mudah, maka masukkan alamat IP kita pada Src. Address di bagian Filters (sebelah kanan). Setelah itu klik tombol Start. Lalu akan muncul IP dan port dari game online yang kita mainkan.


3. Lalu kita buka IP > Firwall > Filter Rules > +



4.   Ubahlah chain menjadi Forwad,dan Protocol menjadi 6(tcp), masukan Dst Port game Mobile Legend Lalu Kita pilih Action dan menggantinya dengan Drop yaitu artinya memblokir koneksi, Lalu klik Apply dan ok, dan kita lihat hasilnya kita tes drive dulu apakah GAME sudah ke blokir atau belum



5. Hasilnya Mobile Legend tidak bisa masuk/loading ke dalam game cuma berhenti di menu awal Saja. Bloking ini berlaku untuk semua pengguna router mikrotik.



6. Disini saya akan mengatur salah satu user tidak dapat masuk ke game. Sebenarnya dengan mengecilkan bandwith dari salah satu user sudah cukup membuat game ML menjadi "LAG" seperti contohnya pada user RINGAN di hostspot yg saya buat.  Tapi untuk melakukan FULL BLOCKING saya akan  membuat user berat/host makanan&minuman tidak dapat bermain game ”Mobile Legend”. Saya menggunakan user berat karena disini bandwithnya cukup digunakan untuk bermain game online, sehingga terasa efek FULL BLOCKING nya.

Buka IP > Hotspot > User Profiles. Buka user makanan&minuman, isikan Address List dengan “makanan_minuman” (tanpa tanda petik)



7. Buka IP > Firewall > Filter Rule > + . Pada menu General, pilih bar Chain dengan “forward”. Lalu isi Protocol dengan “6(tcp)” lalu cari port yang akan di blokir, disini saya menggunakan port game online mulai dari port 30021-30102, masukkan port tersebut  kedalam Dst. Port

Pilih Advanced lalu isikan nama user yang akan mau di blok di Src. Address List, lalu masukan ke Action. Pilih Jump lalu tuliskan di Jump target dengan blokgame. Pilih Apply and OK





8. Kita tambahkan lagi rule baru, kita buka + > General kita isi Chain dengan blokgame , dan di menu Advanced masukkan user yang mau di drop, disini saya memakai makanan_minuman lanjut masuk ke menu Action lalu isi Action dengan drop untuk memblokir lalu pilih Apply And OK



9. Kita tambahkan lagi +  >  General. Isikan Chain dengan forward,  pilih menu Advanced, masukkan Src. Address List dengan makanan_minuman, pilih menu Action dan masukkan Action dengan return


10. Buka IP > Firewall > Address List. Disitu akan terlihat IP user yang sedang menyambung ke user makanan_minuman. 



11. Jika ada yang bermain game online dengan port yang telah ditentukan, maka secara otomatis firewall return akan bekerja ditandai dengan bertambahnya jumlah angka pada bar Bytes dan Packet. Dan hasilnya user tersebut akan gagal login di game online Mobile Legend.





Semakin bertambahnya angka dalam tahun, maka semakin canggih pula teknologi di dunia ini berkembang. Akses internet merupakan sebuah kebutuhan sehari-hari bagi seluruh umat manusia yang ada di dunia ini. Dengan adanya mikrotik, kita dapat mengamankan dan memantau akses jaringan kita dari pengguna yang lainnya. Login Landing Page, hal tersebut banyak dilakukan pada warung-warung yang memiliki wifi, bahkan juga ada pada suatu kantor maupun rumah. Hal tersebut dilakukan agar tidak semua orang dapat mengakses internet dengan cara cuma-cuma yang dapat merugikan pemilik jaringan. Hal ini juga dilakukan di warung-warung yang memiliki wifi untuk melakukan bisnisnya.

Memblokir Game Online, hal ini dilakukan saat seorang orang tua melarang anaknya bermain game online namun bisa mengakses internet browser. Dengan menambahkan beberapa program pada menu firewall, hal ini sudah dapat melakukan blok pada game online. Dengan hanya bermodal mikrotik yang praktis, kita sudah dapat menghemat, mengamankan, menjaga, dan memantau akses internet kita.

Gunakanlah akses internet dengan kegiatan positif seperti belajar pelajaran sekolah, mencari artikel, mencari sebuah inovasi, dll. Gunakan internet sewajarnya.

Disusun oleh :
Elfonda Miken F.
Moch. Widi F.
M. Muhyidin
Raka Dzaky A.R.

PKL- MEI 2019
INDOTECH
SURABAYA
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Penulis



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

Site View

Categories

555 (6) 7 segmen (3) adc (3) amplifier (1) analog (9) android (11) attiny (1) attiny2313 (16) blog (1) bluetooth (1) cmos (2) crypto (2) dasar (35) display (2) gcc (1) iklan (1) infrared (2) Input Output (3) iot (1) jam (6) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (12) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (2) lain-lain (8) lcd (2) led (9) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (48) mikrokontroller (1) mikrotik (5) ninmedia (1) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (26) pcb (2) project (33) proyek (1) radio (3) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (2) sms (5) software (18) tachometer (2) telepon (7) televisi (51) television (1) transistor (1) troubleshoot (3) tulisan (41) tutorial (70) tvri (1) vu meter (1) vumeter (1) wav player (3) wayang (1) wifi (1)

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika