"Kembali Ke Dasar Elektronika Digital ... "

Kamis, 27 September 2018

[Parabola] Aktuator Penggerak - Sudut Inklinasi - Deklinasi - Kenapa Perlu Diperhatikan?



Pada episode kali ini saya akan banyak mengutip ilmu yg saya dapat dari sesepuh Forum Satelit yaitu KI DEMANG SABA LINTANG dan saya akan berusaha menjelaskan dengan bahasa teknisi pemula sehingga mudah dimengerti. Untuk tulisan asli dari master Forsat dapat dibaca disini .



Tidak perlu dipikir susah-susah apalagi jaman sekarang tinggal beli ke toko seharga 500 rb sudah bisa praktek langsung. Apalagi onlineshop..wah banyak bertebaran penjual aktuator berbagai jenis dari yang pakai tongkat sampai yg ber gearbox H to H alias timur ke barat bisa mentok - tok. Yang penting sudah sering melakukan treking parabola jaring statis/tetap untuk mencari satelit favorit para treker seperti :


  • Palapa D
  • Telkom 3S
  • Asiasat 5/7
  • Thaicom 5/6/8
  • Measat3
  • Apstar 6/7
  • Intelsat 19 / 20
Jika anda sudah menguasai terking satelit yg tertera diatas maka dapat dijamin pemasangan dan penggunaan aktuator sangatlah gampang dimengerti. Tapi harus diperhatikan bahwa bumi itu bulat bukan ? Trus ada beberapa pemula yg memasang aktuator hasilnya tidak memuaskan karena satelit disebelah barat bagus siarannya sedangkan yg sebelah timur zonk sinyalnya, kadang juga terbalik  timur bagus di barat zonk Nah hal dibawah ini yg harus diperhatikan :

  • Satelit ada dikatulistiwa membentang dari timur ke barat
  • Jika berada di bawah katulistiwa (posisi 0 derajat lintang) maka lintasan satelit di ubun ubun dari timur ke barat
  • Semakin jauh lokasi parabola dari khatulistiwa maka lintasan satelit akan cenderung berupa busur






Azimuth , Inklinasi, Deklinasi adalah beberapa istilah yg mungkin menghantui para treker pemula tapi jangan khawatir kita ambil jalan gampangnya saja :


  • Azimuth : Posisi kemiringan barat timur  atau baut yg diatur adalah baut elevasi
  • Inklinasi : Posisi kemiringan utara selatan atau baut yg diatur adalah baut inklinasi



Gambar diatas merupakan sudut elevasi terhadap posisi satelit yg berselisih 40 derajat dengan posisi Bujur dari parabola. Semisal saya berada di SURABAYA dengan bujur 112, sedangkan PALAPA D berada di 113 Bujur timur maka elevasi parabola saya berselisih 1 derajat ke barat.

Aktuator berfungsi untuk merubah posisi elevasi dari parabola yg biasanya diputar menggunakan kunci pas, menjadi menggunakan motor penggerak. Aktuator umumnya memiliki kontrol box yang menggunakan standar kontrol diseqc 1.2 sehingga posisinya dapat disinkronkan dengan channel pada receiver. Pengaturan box aktuator dengan receiver akan dibahas pada kesempatan lainnya.






Jika saya berada di surabaya denga posisi 7 lintang selatan maka saya berselisih 7 derajat dengan ekuator/khatulistiwa ke arah utara, sehingga parabola saya condong ke utara. Untuk pemula tidak perlu sampai tahu secara akurat berapa derajat inklinasi parabolanya apalagi parabolanya statis, ya tinggal putar baut utara-selatan sambil liat monitor TV dan mengunci baut pada  posisi saat mendapat  sinyal terbaik di  transponder yg dianggap transponder dengan power terbesar di satelit yg dituju.


Sedangkan penjelasan untuk Deklinasi perhatikan gambar berikut ya, PERHATIAN Khusus hanya yg mau pasang aktuator saja sedangkan yg parabolanya statis atau berada di daerah khatulistiwa skip aja pembahasan selanjutnya.




Dari gambar diatas dapat dilihat apa yg terjadi jika sudut perbaikan atau deklinasi tidak digunakan . Tidak ada kesesuaian jalur lengkung pergerakan aktuator parabola dengan posisi lengkung satelit. Makanya jika menggunakan aktuator sebaiknya menambahkan pengaturan deklinasi. Pada produsen mounting parabola venus terdapat kunci rahasia yg dinamakan GANJEL DEKLINASI








Mungkin hasil scan diatas kurang begitu bagus tapi akan sangat berguna bagi teknisi pemula untuk menentukan berapa tebal ganjal deklinasi di kota-kota di Indonesia. Sebaiknya anda klik kanan pada gambar kemudian save as image sehingga lebih terlihat jelas.  INGAT !! kalau parabolamu cuman statis alias diam disatu posisi maka jangan di perhatikan ya....

Demikian pembahasan tentang aktuator dan hubungan dengan sudut inklinasi-deklinasi , semoga bermanfaat.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Langsung



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

ANTI SPAM !



Blog Ini Mendukung Blogger Indonesia Yang Jujur dan Memberikan Informasi Sebenarnya, Bukan Menyampah Demi $Rp$ Yang Hanya Merendahkan Blogger Indonesia

Site View

Categories

555 (6) 7 segmen (3) adc (3) amplifier (1) analog (9) android (11) attiny (1) attiny2313 (16) blog (1) bluetooth (1) cmos (1) dasar (31) display (2) gcc (1) infrared (2) Input Output (3) jam (6) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (9) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (2) lain-lain (8) lcd (2) led (9) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (48) mikrokontroller (1) mikrotik (4) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (7) pcb (2) project (33) proyek (1) radio (3) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (2) sms (5) software (16) tachometer (2) telepon (7) televisi (31) transistor (1) troubleshoot (3) tulisan (36) tutorial (69) vu meter (1) vumeter (1) wav player (3) wayang (1) wifi (1)

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika