"Kembali Ke Dasar Elektronika Digital ... "

Selasa, 04 April 2017

[Tutorial] Syuting Multi Kamera Melalui Android dan Live Stream Ke Youtube




Tutorial kali ini merupakan kelanjutan dari ide saya tentang syuting kawinan menggunakan android yg saya tulis sekitar setahun yang lalu  .. baca disini .. dan ternyata ada beberapa tanggapan dan pertanyaan dari pembaca dan yang paling menarik perhatian saya adalah pembaca dari kampus hangtuah surabaya jurusan perkapalan. Mbak yg kebingungan ini sedang mendapatkan tugas sebagai panitia lomba RC (radio control) Boat Race, kalau mungkin diterjemahkan lebih mudah lomba balap-balapan remote control tapi untuk kapal mainan. Looo apa hubungannya dengan syuting lewat android ? 



Keren kan gambar nya ? Ternyata RC boat racing mulai dilirik menjadi hobi orang "berduit" mungkin...tapi balik ah ke syutingan androidnya. Berhubung si mbak mahasiswi bilang dananya terbatas dari panitia maka diputuskanlah untuk live streaming youtube acara RC Boat nya menggunakan input dari camera HP Android. Sebenarnya fasilitas live streaming ada di beberapa serie Action Cam semacam GoPro atau XiaoMi ..tapi ya lumayan mahal ..(atau belum ada ya ? saya mengarang kali wahahaha..bisa jadi ide bisnis ini) . Anyway kita manfaatkan saja seperti syuting kawinan via android yang sudah saya tulis sebelumnya .

Ide saya muncul dan seperti ini gambarannya , saya tuangkan dalam gambar saja agar tidak memusingkan.





Perangkat yang dibutuhkan :

Wifi Router : Merupakan hal yg paling vital karena akan mengolah semua sinyal wifi sehingga dapat membuat sinyal gambar kamera dari HP Android dapat diolah oleh Komputer dan dikirimkan melalui Google Hangouts OnAir untuk melakukan streaming ke Youtube. Dalam gambar diatas saya tulis menggunakan frekuensi wifi 5 GHz bertujuan untuk menghindari kepadatan penggunaan wifi di frekuensi yg umum yaitu 2.4 GHz. Jangan lupa ya ujung dari router ini harus tersambung jaringan internet dengan bandwidth yang lumayan lebar (indihome / 4G) .

Wifi Repeater : Gunanya untuk memperluas jangkauan sinyal wifi yg sesuai peraturan hanya boleh berkekuatan 10mWatt atau jika diubah menjadi radius sekitar 30m. Alat ini optional saja karena apabila jaringan wifi di lokasi sudah bagus maka tidak perlu ditambahkan.

HP Android : Sesuai bahasan wifi diatas maka diusahakan dipilih yg memiliki fasilitas wifi dual band (2.4 GHz / 5 GHz) . Cirinya adalah bisa dipilih menu setting Wi-Fi => Advanced seperti gambar berikut:



Screenshoot diatas saya ambil dari HP Asus ZenPhone 2 , kira-kira HP sekelas HTC dan Samsung memiliki fasilitas dual band. Bagaimana jika tidak mendapatkan yg dual band ? Berdoa saja supaya pengguna wifi saat syuting tidak terlalu padat.

PC Streaming : Tugas dari komputer adalah mem-playback hasil dari stream RTSP hp android kemudian menyambungkannya ke Youtube streaming - Live Event. Untuk menghindari kerja yg terlalu berat sebaiknya 2 streaming kamera diolah oleh 1 komputer. Mungkin jika spek komputer yg digunakan kelas gamers ya bisa saja langsung ke 6 atau lebih streaming di playback jadi satu. Dual band ? Gampang cari aja dongle USB Wifi seperti ini produk ini . Jika ga ada ya kembali lagi banyak-banyak berdoa yg pakai wifi HP nya nge hang semua.

TONGSIS : Sudah jelas bukan ?  Fungsinya adalah untuk narsis dan selfie...ehhh salah hahaha ya buat megangin HP Androidnya biar lebih gampang.


Software yg dibutuhkan :

RTSP Camera Server 


*) Pengguna samsung dan xiaomi silahkan gunakan apps yg bernama "VXG RTSP SERVER"


Fungsi dan cara penggunaan dari software ini bisa dibaca pada tulisan sebelunnya  baca disini .

VLC Player : Software video player yg sangat ampuh  dan ringan serta yg terpenting gratis/open source. Dapat diunduh melalui websitenya www.videolan.org. Fungsi dalam syuting adalah mem-playback atau memutar streaming RTSP dari HP Android. Enaknya juga nih..VLC dapat ditambahkan logo tv nya seperti ini nih..




Youtube - Google Hangouts OnAir : Software online dari youtube untuk memfasilitasi live streaming. Sebelumnya untuk dapat digunakan, maka pastikan dulu :

  • Account youtube anda sudah terverifikasi, biasanya melalui sms atau di telpun
  • Gunakan browser Google Chrome (langsung) atau Internet Explorer (install plugin) dan jangan sekali-kali menggunakan firefox (pluginnya ga dikasi sama google).




Baik kita lanjutkan dengan langkah-langkah streamingnya. Saya anggap pembaca sudah membaca tulisan sebelumnya mengenai syuting kawinan.


PlayBack Stream RTSP Melalui VLC di PC

Setelah beberapa lama tidak mengupdate App RTSP Camera Server ternyata terjadi perubahan di cara mem-playbacknya, kini harus menggunakan url playlist.m3u yg tertera pada layar HP.



seperti contoh diatas alamat playlistnya seperti ini : http://192.168.1.67:8080/playlist.m3u dan ketika dibuka melalui VLC muncul isi playlist seperti ini:





Jadi terdapat 4 buah playlist, kalau dibongkar isi playlist.m3u seperti ini:


#EXTM3U
#PLAYLIST:RTSP Camera Server
#EXTINF:-1, Active camera
rtsp://192.168.1.67:5554/camera
#EXTINF:80, 14/6/16 am 8:01:  10.6 MB
rtsp://192.168.1.67:5554/record160614_0800
#EXTINF:-1, Back camera
rtsp://192.168.1.67:5554/back
#EXTINF:-1, Front camera
rtsp://192.168.1.67:5554/front

Untuk itu alamat url  jika ingin mengakses langsung kamera yg aktif adalah : 

rtsp://192.168.1.67:5554/camera


Untuk menampilkan multi camera maka vlc bisa dibuka beberapa layar dan mengakses alamat streaming yg sesuai.


Desktop Streaming lewat Google Hangouts OnAir ke Youtube

Cara termudah menyiarkan secara langsung isi dari desktop yaitu menggunakan Youtube Google Hangouts OnAir - Live Events, tinggal klik langsung beres kok dan isi dari layar desktop beserta audionya akan di capture menjadi live streaming  youtube.


Hanya 2 klik saja dan dunia akan bisa melihat hasil syuting kamu seperti yang saya lakukan kemarin malam. Jangan lupa meng-klik kanan bawah pada tulisan "links" untuk mendapatkan link youtube nya.




Wahh sip banget..dengan tambahan software teks berjalan maka persis seperti TV beneran ! Untuk teks berjalan bisa dicoba demonya disini : https://goo.gl/KGFvj6 .

Bagaimana mudah bukan ? Jika ingin menambah pengetahuan tentang streaming youtube yg sedikit lebih profrsional, silahkan baca tulisan lanjutan disini : http://www.aisi555.com/2017/04/tutorial-lebih-lanjut-mengenai-syuting.html

Demikian tutorial kali ini, dan bagi anak-anak perkapalan UHT surabaya selamat mengadakan lomba dan ditunggu tiket gratisnya dikirimkan ke rumah saya...hehehe


SELAMAT MENCOBA 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Langsung



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

ANTI SPAM !



Blog Ini Mendukung Blogger Indonesia Yang Jujur dan Memberikan Informasi Sebenarnya, Bukan Menyampah Demi $Rp$ Yang Hanya Merendahkan Blogger Indonesia

Site View

Categories

555 (6) 7 segmen (3) adc (3) amplifier (1) analog (9) android (11) attiny (1) attiny2313 (16) blog (1) bluetooth (1) cmos (1) dasar (31) display (2) gcc (1) infrared (2) Input Output (3) jam (6) jualan (10) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (9) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (2) lain-lain (8) lcd (2) led (9) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (48) mikrokontroller (1) mikrotik (4) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) pcb (2) project (33) proyek (1) radio (3) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (2) sms (5) software (16) tachometer (2) telepon (7) televisi (16) transistor (1) troubleshoot (3) tulisan (34) tutorial (67) vu meter (1) vumeter (1) wav player (3) wayang (1) wifi (1)

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika