"Kembali Ke Dasar Elektronika Digital ... "

Selasa, 14 Juni 2016

Syuting Acara Kawinan Menggunakan Android dan Siaran Langsung ke TV Via Wi-fi




Masih ingatkah para pembaca setia blog ini dengan project pemancar TV dengan nintendo bekas ? Dahulu ide pembuatan pemancar ini muncul gara-gara permintaan seorang pembaca dari bandung yang ingin menyiarkan secara langsung acara pengajian di masjid kampungnya. Ini tidak berhenti sampai disini karena setelah itu muncul juga pesanan atau pertanyaan mengenai pemanfaatan pemancar TV mini ini untuk shooting acara kawinan kemudian ditampilkan di TV Layar Lebar di pintu masuk. Hasilnya ya tergantung unsur keberuntungan karena kadang kala siaran TV nya menjadi jelek akibat sering dipindahkannya perangkat dari kondangan ke kondangan lainnya.

Waktu berlalu dan teknologi menjadi semakin canggih dan terjangkau juga tentunya. Entah gayung bersambut atau tidak , penulis mendapatkan proyek yang berhubungan dengan wifi. Jadi setiap hari diisi dengan mengotak-atik router - access point - sinyal dan lain sebagainya. Lhoo bersambutnya dimana nih GAN ? Eaaaa ...disini yang saya anggap gayung bersambut adalah pesan whatsapp dari seorang pembaca yang bertanya kenapa jangkauan pemancar TV mini nya sangat terbatas dan juga semutnya bertebaran di layar. Lhuuukkk mana nyambungnya ? Tenang ..Lanjut baca dulu ya


Memakai video sender bagaimana ? Satu kata MAHAL ! nahh bersambutnya disini nih..kita manfaatkan saja Wi-Fi yang mulai umum ditelinga. Kameranya bagaimana? Apakah perlu beli yang ber wifi (sekelas go pro harga 4 jutaan) ? Tenang ...pakai Saja SMARTPHONE ANDROID ! Penjelasan singkatnya adalah mengubah kamera smartphone menjadi streaming kemudian melalui jaringan Wi-Fi streaming ini disampaikan ke SMART TV , atau jika memakai TV yang "stupid" bisa menggunakan perantara PC/Laptop.


Gambar diatas menunjukkan konfigurasi yang ingin dirancang untuk system shooting kawinan menggunakan android - wifi . Pertanyaan yang paling mendasar bagi pengusaha syuting kawinan adalah HARGA ...maka dari itu marilah kita bahas terlebih dahulu kira-kira budgetnya berapa ? Biasanya pengusaha kan begitu, udah capek-capek baca ealahh kemahalan ujungnya jadi "ILL FIL" dehh..

Kira-kira budgetnya kayak gini:

  • HP ANDROID (kelas menengah contoh merek asus): 2 jt   x 2 buah = 4 juta
  • Wifi Router (merek TP LINK ) : 300 rb  x 2 Buah = 600 ribu
  • Laptop (core i3) : 3.5 juta
  • Layar TV (merek polytron 40" ) : 3 Juta
  • Tongsis, kabel, power bank dll. :  400 ribu
  • TOTAL :   11,5 JUTA 

Dari segi harga masih terjangkau lahh , mengingat peralatan shooting kelas kampung juga segitu harganya. Harga bisa ditekan juga jika mengirit di HP dan Laptop.


Baik lanjutlah kita pada langkah-langkah yang perlu dikerjakan untuk merancang system nya.


1. ACCESS POINT (WI-FI ROUTER)

Pada rancangan ini kita memakai 2 buah access point - router merek TP link yang murah-murah saja (model TL-WR1043) . Salah satu difungsikan sebagai routernya atau server, sedangkan yang lainnya sebagai repeater model WDS tujuannya untuk meminimalkan perkabelan dan memudahkan perpindahan dari satu wifi ke wifi lainnya jika area cakupan terlalu luas. Jika anda berpengalaman di bidang mikrotik atau mungkin bisa menggandeng anak SMK yg jago jaringan maka hal ini menjadi lebih mudah lagi. Kadang saya menguasai ilmunya tapi menyampaikan di blog tidak semudah yang dikira looo. Duhh kann mumet juga mau nulis apa ...hehehe intinya cari cara yang termudah saja jika setting wifi - router merupakan hal yang baru bagi pembaca.



Sebaiknya jangan di broadcast nama wireless sehingga tidak gampang di obrak-abrik orang iseng akan tetapi jika menggunakan model bridging maka SSID nya perlu di broadcast. Untuk dapat menggunakan model WDS bridging / repeater maka pemilihan channel janganlah auto. Pilih ch yang diinginkan semisal ch 11. 


Sebagai bahan bacaan lanjut mengenai WDS bridging untuk wifi router TP link, silahkan baca di  http://www.tp-link.com/en/faq-440.html 


2. INSTALL APP ANDROID 

Sebenarnya terdapat banyak applikasi pada play store android yang menawarkan fasilitas merubah kamera hp android ke streaming. Saya pilihkan yang paling bagus dan ringan yaitu RTSP CAMERA SERVER.


*) Pengguna samsung dan xiaomi silahkan gunakan apps yg bernama "VXG RTSP SERVER"






Pilih menu options, dan akan muncul menu pilihan  RTSP SETUP seperti berikut :


Port default yang digunakan adalah 5554 dan dapat diubah sesuai keinginan. Jika ingin merekam ke dalam handphone hasil streamingannya, maka Enable Recording diubah menjadi ON. Pilihlah OFF jika perekaman dilakukan di Laptop atau jika hanya ingin live streaming tanpa merekam. Jangan heran jika storage HP akan berkurang jika recording ON.



Anda dapat merubah jenis video yang akan di streaming, baik dari segi resolusi, Frames per second ataupun ascpect ratio. Semakin besar resolusi maka bandwith wi-fi yg digunakan semakin besar juga, sehingga penulis menyarankan memakai setting aspect ratio 16:9 dan resolution 426x240 .


Jangan lupa focus mode dibuat auto saja atau continuous mode video (pilihan paling bawah). Pengaturan lainnya dapat dicoba-coba sehingga didapatkan kualitas yang diinginkan.


3. LAPTOP dan TV LCD

Jika menggunakan Smart TV maka pekerjaan menjadi lebih mudah karena bisa memutar langsung hasil streamingan. Tapi jangan kawatir jika hanya memiliki "stupid TV" bisa dibantu dengan komputer / laptop. Keuntungan menggunakan laptop adalah bisa memutar 2-3 streaming secara bersamaan dan kemudian ditampilkan ke layar LCD (melalui kabel HDMI / VGA) bergantian sesuai keinginan.



Software player yang digunakan penulis adalah VLC dengan pertimbangan ringan dan simple.




CARA SHOOTING VIDEO

Setelah pengaturan dirasa cukup maka shooting bisa dilakukan. Pastikan HP dan LAPTOP terhubung dengan jaringan wifi yang sama ! Catat juga IP yang didapat bila perlu menggunakan static IP/permanen IP. Perlu dicatat yang akan kita play adalah stream RTSP dari software android, sedangkan dilayar HP setelah kita tekan tombol start muncul seperti berikut :



Tulisan yang muncul adalah http://192.168.1.67:8080/playlist.m3u .Masukkan alamat tadi ke VLC player dengan memilih play network streaming, dan akan muncul playlistnya seperti ini.



Playlist terbaru ini muncul sejak update dari app RTSP Stream terbaru dan bisa dilihat dari gambar dalam playlist dapat memilih langsung kamera depan atau belakang bahkan hasil rekaman (tidak disarankan agar HP tidak berat kerjanya). Oooo iya jangan lupa mengaktifkan docked playlist agar terlihat playlistnya dan gak bingung mencari seperti gambar diatas.






Hasilnya di laptop saya seperti ini nih ...




Tinggal colokin Laptop ke TV LCD via Kabel HDMI ...beres dehh. Selanjutnya untuk zoom atau flash dapat juga diatur saat live streaming dengan memilih tombol effects.



Mudah bukan ? Bukan hanya acara kawinan lhoo yg bisa di streaming, jika memiliki jaringan internet mungkin bisa tream juga ke luar sehingga semisal acara pengajian, odalan (hindu) , kebaktian (nasrani) dan lain sebagainya bisa juga cara ini digunakan .


Mau yang seperti ini ?


Lanjut di pembahasan berikutnya yaa...


SELAMAT MENCOBA ...ehh selamat shooting kawinan GAN !


Share:

5 komentar:

  1. Itu jaraknyA paling jauh bs sampai berapa m/km om...

    BalasHapus
  2. Itu jaraknyA paling jauh bs sampai berapa m/km om...

    BalasHapus
  3. Ya ga jauh2 lah..wi fi paling jauh 30m..bisa diakalin dengan bikin bridge wifi .tp untuk siarannya kan via ip, misal dihubungkan ke internet ya pasti bisa diakses dimana mana

    BalasHapus
  4. Top...tks ya mas....ini saya masih coba-coba bikin pemancar VHF mini dari av to RF converter buat share siaran CCTV ke warga RT...mau pake internet ribet...ha ha ha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya teknologi youtube akan menggantikan semua TV konvensional suatu harinya... dulu gak ada yg namanya live stream TV ke youtube..bahkan kalau berani langsung kena banned...

      Liat sekarang 2016 , hampir semua TV news luar negeri macam skynews, bloomberg, aljazeera....bahkan ada beberapa orang live stream secara unofficial CNN...dan saya liat aman2 aja dan channelnya hidup lama...beda sama BBC world yg langsung komplain kalau siarannya di youtubekan

      tunggu saja sampai kapan BBC world bertahan dan ketika sudah jadi ch live youtube ...itulah hari bersejarah migrasi televisi ke yg namanya youtube

      Hapus

Kontak Langsung



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

ANTI SPAM !



Blog Ini Mendukung Blogger Indonesia Yang Jujur dan Memberikan Informasi Sebenarnya, Bukan Menyampah Demi $Rp$ Yang Hanya Merendahkan Blogger Indonesia

Site View

Categories

555 (6) 7 segmen (3) adc (3) amplifier (1) analog (9) android (11) attiny (1) attiny2313 (16) blog (1) bluetooth (1) cmos (1) dasar (31) display (2) gcc (1) infrared (2) Input Output (3) jam (6) jualan (10) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (9) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (2) lain-lain (8) lcd (2) led (9) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (48) mikrokontroller (1) mikrotik (4) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) pcb (2) project (33) proyek (1) radio (3) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (2) sms (5) software (16) tachometer (2) telepon (7) televisi (16) transistor (1) troubleshoot (3) tulisan (34) tutorial (67) vu meter (1) vumeter (1) wav player (3) wayang (1) wifi (1)

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika