"Kembali Ke Dasar Elektronika Digital ... "

Senin, 19 Desember 2016

Menjual Software "Gratis" Di Negara Dengan Penduduk Bermental Gratisan dan "Crack"



Saya mengenal internet sejak awal pengenalan internet oleh pemerintah lewat pos - wasantara net, kira-kira tahun 1997-98 dan website pertama yg saya buka adalah cnn.com (karena seringnya liat iklan cnn.com di tv parabola). Anehnya saya tidak tahu apa untungnya internet browsing selain bisa membaca berita di cnn atau membuka website worldcup france98 , sampai suatu hari ketika sudah di kampus dan menyadari bahwa komputer yg saya miliki bisa mendapatkan beragam software gratis lewat internet tanpa harus membeli seperti iklan-iklan di TV parabola itu.


Ahhh gambar keygen generator diatas dengan suara musik disco 8-bit nya yang menghentak menjadi tanda yg khas kalau teman se-kos sedang install software bajakan. Sampai-sampai ada komunitas pencinta musik keygen lohh ..hehehehe. Saya yakin 99,99% sarjana Indonesia era 2000an adalah pengguna software crack, 0.01% nya lagi saya yakin SD-SMA nya di amrik, aussie atau europe dan mungkin orang "freak" pencinta linux distro (tetep aja download di warnet pakai windows bajakan...wkwkwkwk). Merusak dunia persilatan banget kegiatan ini, tapi apa daya skill sarjana akan kalah saing kalau tanpa bajakan, tapi sekali lagi kegiatan ini sejak dulu saya yakini akan "menusuk dikemudian hari".



Market lokal yg sudah terbentuk itu jumlahnya sangat besar loo..bayangkan saja 1 kelas di sekolah SMA isinya 40 siswa, tiap siswa pasti memiliki laptop dengan microsoft office sudah terinstall , seharga 500ribu ...alaa mak jangg !  Microsoft rugi 20 juta untuk satu kelas saja ! Dulu sih sebelum jaman internet orang pada beli di lapak cd software tapi kini tinggal download atau share punya teman. Yang diuntungkan adalah dari penjualan paket data dari operator seluler atau isp dengan nilai fantastis yg tentunya melebihi harga keping cd jaman dulu. Didiamkan ? ya iyalahh wong ngasi keuntungan kok....

Lalu apa hubungannya dengan sang penulis ? Mau curhat saja nihh ? Hahahaha.. ini lo ..kenal software di gambar dibawah ini ? Saya jelaskan dulu latar belakangnya ya biar nyambung..


Software jualan pulsa ini dikembangkan sekitar tahun 2011, saat itu penulis sedang break project di kantor dan kebetulan saja butuh kegiatan untuk menjaga sel-sel otak tetap "kinclong". Ooohh iya..jika diingat kembali, software ini sebenernya pelarian dari kebuntuan saat perakitan proyek kios pulsa via led matrix ini looo.




Project "gila" ini dimintakan oleh seorang teman yg serang juragan pulsa (kini jadi dosen) dan memang saja konsepnya bagus yaitu menggantikan fungsi pegawai yg mungkin salah memasukkan kode pulsa yg lumayan banyak, jadi ceritanya dibikin otomatis gitu. Lahh dalahhh ujungnya teman saya itu berpaling dan meninggalkan project ini (mungkin karena saya buntu dan dia kecewa saya merubah ke system pc-software) tetapi saya tetap berterimakasih kepada teman saya ini karena telah merangkai kembali sel-sel otak saya sehingga terhindar dari kegalauan berujung stroke (whattt ??..wkwkwkwk).





Singkat cerita saya kembangkanlah konsep yang tadinya "full elektronik", kedalam software (berbasis pc windows) kios pulsa yang saya tulis dalam bahasa "flash" yg mungkin aneh didengar...karena mampunya saya maen coding disini..jadi harap maklum. Mencobalah saya menjual software rancangan saya ini dengan bantuan online forum, market place dan bahkan menawarkan door to door ke kios pulsa sekitaran kantor. Hasilnya setelah 6 bulan adalah kekecewaan karena tak ada satupun yg berani membayar 100 ribu lebih. Dan dengan "desperate measure " yang saya pakai akhirnya software saya GRATISKAN !




Sebenernya niat awal saya memberikan waktu expired (batas waktu tertentu) dari software adalah untuk mengukur kesuksesan software saya dan menjalin hubungan dengan pengguna software. Tak disangka salah satu pengguna software memberikan donasi yg dibilang lebih besar ketimbang tawaran kalau dijual. Wahh model gratisan seperti ini ampuh juga ya ? Saya kemudian menerapkan sistem sumbangan untuk versi software saya yang lainnya. Jangan di tanya nilainya berapa ya tapi cukuplah sampai saya bisa mentransfer pulsa ke saudara-saudara karena pulsa di nomer saya sudah sangat "meluber". Ya maklum saja para pemilik kios pulsa kebanyakan berdonasinya lewat kiriman pulsa.

Ini nih saya tampilkan beberapa foto narsis dari pemberi sumbangan ...dari sabang sampai merauke deh ...













Semoga mengispirasi para pejuang software di Indonesia, jangan hanya karena mental orang-orang sudah seperti ini rusaknya lalu menjadikan kita berkecil hati, masih banyak cara untuk mendapatkan "uang" dari menjual software di Indonesia.

SEMANGAT !!
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Langsung



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

ANTI SPAM !



Blog Ini Mendukung Blogger Indonesia Yang Jujur dan Memberikan Informasi Sebenarnya, Bukan Menyampah Demi $Rp$ Yang Hanya Merendahkan Blogger Indonesia

Site View

Categories

555 (6) 7 segmen (3) adc (3) amplifier (1) analog (9) android (11) attiny (1) attiny2313 (16) blog (1) bluetooth (1) cmos (1) dasar (31) display (2) gcc (1) infrared (2) Input Output (3) jam (6) jualan (10) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (9) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (2) lain-lain (8) lcd (2) led (9) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (48) mikrokontroller (1) mikrotik (4) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) pcb (2) project (33) proyek (1) radio (3) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (2) sms (5) software (16) tachometer (2) telepon (7) televisi (16) transistor (1) troubleshoot (3) tulisan (34) tutorial (67) vu meter (1) vumeter (1) wav player (3) wayang (1) wifi (1)

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika