"Kembali Ke Dasar Elektronika Digital ... "

Jumat, 10 Mei 2013

Komputer 8-bit: Revolusi berawal dari microprocessor



Pada tulisan sebelumnya kita dapat merunut kembali awal dari dunia komputer dimulai dari penciptaan IC dan microchip oleh Bob Noyce dan kawan-kawan yang kemudian mendirikan Intel. Dari sinilah sebenarnya revoulusi bermula, ketika para engineer berhasil mengkreasikan rangkaian logic yang tersusun pada prosessor komputer jaman itu menjadi sebuah rangkaian logic ukuran micro ( 10 pangkat minus 6) yang memiliki kekuatan komputasi yang tidak berbeda. Para engineer ini menyadari suatu saat akan ada engineer jenius lainnya diluar sana yang akan mengetahui cara menggunakan dan kekuatan microprosessor ini.

Intel mengeluarkan microprosessor 4bit 4004 dan kemudian 8 bit 8080 pada awal tahun 70an, disusul dengan MOS (pecahan motorola) yang berkreasi dengan versi 6800/6502 dengan harga lebih murah. Inilah ic microprocessor yang dapat dikatakan pioneer dijamannya diawal era 70an. IC ini tidak dapat melakukan apa-apa sebelum dirakit dan perintah berupa bahasa mesin diberikan kedalamnya. Tiap microprocessor memiliki opcode dan instruction set tersendiri yang merupakan bahasa mesin dari tiap perintah yang oleh pengguna ingin diberikan kepadanya. Disinilah timbul keterkaitan antara para desainer IC dengan para desainer system komputerdimana mereka memiliki mimpi yang sama padahal tidak berhubungan secara langsung.

opcode / bahasa mesin dari datasheet MOS 6502


Dan benar saja ALTAIR 6800 membuka segalanya dengan KIT komputer micro mereka yang memiliki sebuah rancang bangun minimal (minimum system) . Rancang bangun minimum system sebuah komputer adalah memiliki sebuah otak yang bernama microprocessor, sebuah tempat penyimpanan data-data sementara yang bernama RAM, kemudian memiliki juga kontrol Input-Output dan sebagai tambahan diberikan ROM sebagai penyimpan data program yang akan dibaca saat menghidupkan komputer.

Minimum system dari sebuah komputer mini


Janganlah dikira ini mudah sebelum para jenius dibidang software membuat bahasa pemrograman. Benar saja, semua perintah yang diberikan kedalam microprocessor harus diberikan melalui kode binner - hexa kedalam microprocessor, seperti halnya perintah pertama yang diberikan oleh steve wozniak kedalam komputer apple 1 nya (dicuplik dari manual komputer APPLE 1 yang bisa diunduh disini)




Lihatlah kode perintah pada petunjuk kedua (SECOND) dimana yang dimasukkan adalah kode opcode untuk memerintahkan komputer APPLE 1 menampilkan karakter ascii secara terus menerus pada layar TV. Begitu susahnya dan hanya orang yang mengetahui opcode yang benarlah yang dapat menjalankan suatu program pada komputer jaman "batu" ini. Sampai muncullah intrepreter bahasa pemrograman BASIC yang dibuat oleh bill gate pada komputer ALTAIR dan kemudian diterapkan oleh steve wozniak pada komputer APPLE. Tentu saja setelah itu para engineer yang bergerak dibidang software menjadi lebih tertarik untuk membuat software-software yang menarik, game yang asyik dan berbagai jenis aplikasi yang tidak terbatas oleh kemampuan otak manusia.

Berikut ini sebuah video youtube yang menampilkan acara komputer "BIT AND BYTES" episode pertama yang akan menggambarkan generasi komputer 8bit pertama dan bagaimana primitif nya komputer yang mereka pakai. Dan jangan ketawa, karena itulah awal dari segala kemajuan teknologi komputer saat ini. Tanpa mereka maka iphone yang kalian pegang tidak akan pernah ada !!



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Langsung



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

ANTI SPAM !



Blog Ini Mendukung Blogger Indonesia Yang Jujur dan Memberikan Informasi Sebenarnya, Bukan Menyampah Demi $Rp$ Yang Hanya Merendahkan Blogger Indonesia

Site View

Categories

555 (6) 7 segmen (3) adc (3) amplifier (1) analog (9) android (11) attiny (1) attiny2313 (16) blog (1) bluetooth (1) cmos (1) dasar (31) display (2) gcc (1) infrared (2) Input Output (3) jam (6) jualan (10) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (9) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (2) lain-lain (8) lcd (2) led (9) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (48) mikrokontroller (1) mikrotik (4) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) pcb (2) project (33) proyek (1) radio (3) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (2) sms (5) software (16) tachometer (2) telepon (7) televisi (16) transistor (1) troubleshoot (3) tulisan (34) tutorial (67) vu meter (1) vumeter (1) wav player (3) wayang (1) wifi (1)

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika