Semua Tentang Belajar Teknologi Digital Dalam Kehidupan Sehari - Hari

Selasa, 04 Juni 2024

Magang Industri Unesa 2024 - Topik : LoRa & LoRaWan

 


Kegiatan magang industri kali ke-3 bersama mahasiswa prodi teknik listrik fakultas vokasi Universitas Negeri Surabaya baru saja menyelesaikan presentasi dan pemaparan tugas akhir. Magang ini berlangsung dari februari 2024 s/d mei 2024 dan mengambil topik komunikasi LoRa dan LoRaWan. Masih berpola magang secara mandiri, disini perusahaan saya men-simulasikan sebuah proyek ke masing-masing peserta yang berjumlah 4 orang. 

Kali ini saya akan membagi apa saja hasil dari project yang saya berikan yang mungkin berguna bagi pembaca, terutama mahasiswa yang mungkin masih kebingungan mencari ide untuk praktek kerja atau tugas akhir.


- M. Erfin Pratama Setyawan : Antena LoRa 433 Mhz



Tugas yang dikerjakan adalah merancang antena Lora 433 Mhz  dengan 3 type antena yaitu :

  • Stick antenna
  • Dipole Antena
  • Yagi Antena

Pada dasarnya antena yang dirancang harus mengikuti kaedah-kaedah dan hitungan fisika dari propagasi gelombang radio dan ini mungkin agak melenceng dari jurusan kuliah peserta magang. Namun  ini tidak menjadi masalah, sebab satu hal yang sangat vital dalam pengiriman Long Range adalah antena yang MATCH ! Sehingga daya pancar dari modul semtech SX1278 yang hanya 100 miliwatt  dapat memancar dengan efisien dan kemudian diterima sinyalnya dengan baik pula disisi penerima.

Dan benar saja hasil dari tugas akhir mas erfin dapat mengirim LoRa dari 2 ujung jembatan suramadu menggunakan antena yagi modifikasi antena TV. Jaraknya cukup mencengangkan yaitu 5 km lebih. Begitu juga berhasil mengirimkan sinyal antara 2 gedung kampus Unesa ketintang vs Unesa lidah dengan jarak 6.5 km.



Video presentasi selengkapnya dapat dilihat disini :




- Yoko Hermanto : IOT Gateway untuk pertanian

 



Salah satu kegunaan komunikasi lora adalah untuk membantu bidang pertanian, dimana umumnya lahan pertanian berada pada lokasi di pedesaan. Lokasi yang kemungkinan besar akan kesulitan dijangkau sinyal GSM maupun wifi menginspirasi yoko untuk membuat sebuah IOT gateway yang akan menerima data suhu dan kelembaban tanah di sebuah lokasi pertanian.

Simulasi dilakukan dengan membaca kondisi tanah di sebuah pot yang terdapat tanaman sri rejeki (aglonema). Secara konsep IOT pada edge node computing , seharusnya microcontroller esp32 yang digunakan sudah mampu untuk melakukan pengukuran sensor kelembaban tanah secara mandiri dan melakukan otomasi penyiraman air ke dalam pot. 



IOT gateway nya akan menerima data dari komunikasi point yo point LoRa  dan kemudian mengirimkannya melalui protokol MQTT menuju aplikasi di sisi internet lainnya seperti MQTT Explorer. Video selengkapnya bisa dilihat disini:




- Satria Ego Varia : Monitoring & Kontrol Listrik Jarak Jauh Dengan LoRa - Whatsapp 



Kalau ini saya lumayan kagum dengan kemampuan koding peserta magang ini. Jadi saya persingkat saja, alat yang dibuat adalah kontrol relay serta monitoring beban listrik ac (sensor pzem) yang kemudian dikirimkan menggunakan esp32 dan komunikasi P2P antar modul LoRa, dimana mikrokontroler di salah satu sisi bertindak sebagai IOT gateway. Ajaibnya ujung dari sistem IOT adalah pelaporan serta kontrol kelistrikan menggunakan whatsapp. Canggih bukan ? Yuk kita simak saja videonya :




- Ajudan Laksamana : Drive Test Coverage Lorawan di Surabaya -Sidoarjo



Saya lumayan gembira bercampur sedih dengan tugas akhir magang yg dipegang judan ini, karena sebenarnya modul GPS yang saya pinjamkan  ini merupakan modul jadul yg dulu saya persiapkan untuk kawan yang memberi project IOT pertama saya. Masih ingat tulisan saya disini ? Ujung nya proyek ini gagal karena sang pemberi proyek direnggut covid 19.

Tugas yang saya berikan juga kelanjutan dari perkenalan pertama saya menggunakan LoRaWan Telkom Antares (baca disini)  dimana alat yang digunakan masih yang dulu itu, hasil solderan saya sendiri, dan kini hanya ditambahakan modul GPS ke port RX nya. Walau judan kemudian agak terhalang karena sakit, dia berhasil melakukan drive test yang cukup menggambarkan betapa buruknya coverage LoRaWan telkom di Surabaya-Sidoarjo.




Ada yang tertarik magang di saya lagi? Eittt episode selanjutnya bertemakan "Image Processing" dan "Artificial Inteligent" lhooo... Berani ?

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Penulis



12179018.png (60×60)
+628155737755

Mail : ahocool@gmail.com

Site View

Categories

555 (8) 7 segmen (3) adc (4) amplifier (2) analog (19) android (12) antares (10) arduino (26) artikel (11) attiny (3) attiny2313 (19) audio (5) baterai (5) blog (1) bluetooth (1) chatgpt (2) cmos (2) crypto (2) dasar (46) digital (11) dimmer (5) display (3) esp8266 (26) euro2020 (13) gcc (1) iklan (1) infrared (2) Input Output (3) iot (62) jam (7) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (17) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (8) lain-lain (8) lcd (2) led (14) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) lora (10) MATV (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (70) micropython (6) mikrokontroler (1) mikrokontroller (14) mikrotik (5) modbus (9) mqtt (3) ninmedia (5) ntp (1) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (88) pcb (2) power (1) praktek (2) project (33) proyek (1) python (7) radio (28) raspberry pi (4) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (2) sharing (3) signage (1) sinyal (1) sms (6) software (18) solar (1) solusi (1) tachometer (2) technology (1) teknologi (2) telegram (2) telepon (9) televisi (167) television (28) transistor (2) troubleshoot (3) tulisan (93) tutorial (108) tv digital (6) tvri (2) vu meter (2) vumeter (2) wav player (3) wayang (1) wifi (3)

Arsip Blog

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika