"Kembali Ke Dasar Elektronika Digital ... "

Selasa, 15 Januari 2019

Siaran TV Satelit Islami di NINMEDIA, PALAPA D, K-VISION, GARUDAKU dan SKYNINDO



Keberadaan channel-channel tv Islam melalui jaringan tv satelit tentu saja sangat mempermudah umat Islam yang ingin memperdalam keislamannya melalui tayangan Televisi, karena hampir semua tayangan-tayangan tv swasta nasional lebih mementingkan profit atau keuntungan finansial meskipun tayangan yang ditampilkannya tidak berbobot atau edukatif. Dengan adanya saluran-saluran tv islami maka akan memperkaya pilihan masyarakat untuk mendapatkan tontonan yang diinginkannya meskipun harus melalui tv satelit.

Sebelum mengetahui apa saja channel Islami di beberapa satelit, mari ketahui dulu apa sih manfaat Channel Islami, nah berikut penjelasannya:

Manfaat channel Islami :
-  Menghadirkan tayangan yang Islami, Mendidik, dan Bermanfaat Untuk Anda dan Keluarga 
-  Melindungi Keluarga Anda dari tayangan-tayangan buruk pada TV Konvensional yang dapat  merusak aqidah dan moral 
-  Memudahkan Keluarga Anda untuk mempelajari Islam dari rumah kapanpun Anda mau 
-  Sarana dakwah yang efektif kepada orang-orang tersayang 
-  Kualitas gambar yang jernih dalam berbagai kondisi cuaca (untuk parabola C band)
-  Bebas tagihan, Bebas Biaya Bulanan..! Sekali pasang untuk seterusnya....! 
-  Mendapatkan informasi perkembangan dunia islam dari sumber terpercaya. 
-  Dengan menggunakan Parabola TV Islam (Islamic Channel), Anda turut berperan dalam memajukan penyiaran TV Islam di Indonesia


Selanjutnya mari kita bahas satu per satu channel-channel dari Satelit yang berbeda-beda yg dapat di tangkap di seantero nusantara.




Channel Islami Yang Ada di Ninmedia 



Untuk Ninmedia Transpondernya menempati jalur Ku Band di Chinasat 11 dan dapat diterima dengan parabola mini 45 cm.

Satellite        : ChinaSat 11 (98 E)
Frequency      : 12500 MHz & 12560 MHz  (Ku Band)
Polarization    :Vertical
Symbol Rate   : 43200
       
     
- Quran TV Mekah (Siaran langsung dari Mekkah )

- NU Channel (Saluran televisi resmi milik PBNU. Berisi program-program yang mendidik, tidak provokatif,dan mengajarkan toleransi. Selain itu juga menayangkan sejumlah program menarik seperti dakwah, doa, kebudayaan, seni, diskusi, dan talkshow.)

- DMI (Berisi informasi menarik seperti pendidikan Islami untuk anak usia dini dalam bentuk film kartun. Konten lainnya adalah sekelumit jejak sejarah tentang masjid-masjid kuno di nusantara dalam syiar dan dakwah Islam di Indonesia. Ada pula kisah tentang perjalanan hidup sepasang anak manusia dalam menempuh kehidupan rumah tangga. dilengkapi dengan beragam konten dan informasi menarik lainnya seputar DMI, keummatan, keislaman, dan kebangsaan, talkshow semua kalangan, dan dakwah)

- TV MU (TV Muhamadiyah , Bernuansa Islam, Informasi, pendidikan, dakwah dan kontrol  sosial)

- TV MUI (TV Majelis Ulama Indonesia berisikan Talkshow sehari-hari, hukum Islam, religi Islam)

- Saling Sapa (menyiarkan program acara dakwah Islam dari beberapa ustaz yang populer. Di saluran Saling Sapa TV ini kita bisa mendapatkan ilmu mengenai Islam, dan sangat cocok untuk kita yang kekurangan pengetahuan terutama tentang Islam, Al-Quran dan Khazanah)

- Nabawi TV (Talkshow Islami, Berita Islam, Sejarah Islam, Kabar Majelis, Dakwah Islam, Ibadah dan Amalan)



DAFTAR CHANNEL ISLAMI DI SATELIT PALAPA ( 113 E)




Indonesia menggunakan banyak satelit yang digunakan acara TV, salah satunya adalah satelit palapa, satelit ini memiliki fungsi yang sangat penting bagi Indonesia, terutama untuk masyarakat yang tinggal di daerah pelosok, yang mana juga membutuhkan signal atau frequensi yang bagus. Dengan satelit ini kita dapat menikmati banyak channel, salah satunya channel islami, berikut daftar channel yang bersiar di satelit palapa.         
             
   
Channel islami di satelit palapa dapat disaksikan menggunakan parabola C band dengan diameter minimal 4 feet solid atau 6 feet jaring, dan siarannya dapat di lihat pada daftar transponder berikut :

Frekuensi : 4014 (C Band)
Symbol rate : 7200
Polaritas : H

Channel yang menggunakan transponder diatas sebagai berikut :

1. Akhyar TV
Sajian konten Islami yang bermanfaat untuk ummat. Dengan narasumber ustadz Adi Hidayat, Lc. MA - Fiqih Sholat, Kajian Tematik, Sejarah Islam, dan Q&A Seputar islami

2. Share Channel TV
Media dakwah yang bervisi menyajikan video-video islami yang bermanfaat untuk ummat

3. Wesal TV
Program kajian, nasihat dan penyampaian hadist-hadist nabi yang dibawakan oleh Ustadz DR.Khalid Basalamah,Lc.MA, dan itu adalah program milik beliau.

4. Salam TV
Layanan informasi yang bersih(terpercaya), berbasis islami dan berbahasa Indonesia yang menyajikan acara dalam skop global, guna memperkokoh prinsip-prinsip dan nilai ke islamanya.


5. Niaga TV
Membuat program-program yang mengangkat para pengusaha muslim di Indonesia yang selama ini belum mendapatkan ruang untuk berpotensi atau menginspirasi orang banyak. Juga menayangkan talkshow yang isinya penuh dengan ilmu bisnis dan juga ilmu ekonomi islam.

6. Surau TV
Channel yang bergerak dibidang dakwah dan pendidikan islam, berisi tentang kajian-kajian dan edukasi yang berbasis islam.


Frekuensi : 3932 (C Band)
Symbol rate : 15800
Polaritas : V

7. Aswaja TV
Mengamalkan ajaran agama islam yang berhaluan ahlu sunnah wal jama’ah. Dengan konsep yang sama diharapkan lebih efektif dalam mengembangkan kajian-kajian di fakultas dan universitas secara umum

8. Alquran hedayah TV
Channel yang berisi, lantunan  ayat-ayat suci alqur’an 24 jam non stop

9. Quran Hidayah English TV
Lantunan ayat-ayat suci alqur’an 24 jam non stop dengan terjemah dalam bahasa inggris


Frekuensi : 4057 (C Band)
Symbol rate : 2727
Polaritas : H

10. Rodja TV
Radio Rodja dan RodjaTV menyajikan siaran tilawah Al-Qur’an Al-Karim, hadits-hadits nabi, kajian Islam, juga nasihat para ulama 


Frekuensi : 4052 (C Band)
Symbol rate : 3333
Polaritas : H


11. Insan TV
Kajian dan pencerahan dari beberapa ustadz, diantaranya Ustadz Abu Yahya Badrussalam, Ustadz Dr.Arifin Baderi,Lc.MA, dan masih banyak lagi ustadz terkenal lainnya.


Frekuensi : 3991 (C Band)
Symbol rate : 2600
Polaritas : H

12. Ahsan TV
Layanan informasi yang bertujuan untuk mendekatkan keluarga pada sunnah-sunnah Rasulullah

13. Al Iman TV
media dakwah ahlussunnah yang dipancarkan dari Gedung Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ali bin Abi Thalib Islamiyah Surabaya.



Frekuensi : 3627 (C Band)
Symbol rate : 17985
Polaritas : H

14. Nada Muslim TV
siaran televisi yang menayangkan program acara musik atau lagi karya pemuda-pemudi NU, baik yang diproduksi di pesantren, madrasah, kepengurusan NU dan banom-banomnya maupun komunitas-komunitas muda nahdliyin. Diharapkan sengan saluran Nada Muslim TV ini bisa sebagai media untuk mengenalkan kreativitas rekan-rekan muda Nahdliyin terutama dibidang budaya

Frekuensi : 4140 & 4100 (C Band)
Symbol Rate : 29900
Polaritas : V

15. Transponder ini merupakan milik MATRIX TV dan  dengan menggunakan receiver khususnya  seperti Matrix Garuda dan Matrix sinema , maka siaran QuranTV 24 jam ka'bah mekah dan Sunna TV madinah dapat disaksikan.




Channel Islami di K-vision 




K-Vision merupakan stasiun televisi satelit berlangganan saat ini di Indonesia. Untuk channel Islami ditayangkan secara FREE TO AIR (FTA / GRATIS) dan ada 5 channel islami yang disediakan, berikut penjelasan dari masing-masing channnel : 

Data Transponder K Vision Ku Band Measat 3a (91.3 E) menggunakan parabola mini 60 cm.

Frequensi      : 12396 MHZ (Ku Band)
Polarization : Horizontal
Symbol Rate : 31000


1. DAAI TV (Milik yayasan Tsu Chi taiwan , walau merupakan organisasi budha namun banyak juga siaran islaminya. Siarannya terdiri dari drama, dokunews, talkshow, kartun,dan liputan cilik dan dakwah. DAAI TV memfokuskan diri dalam bidang kemanusiaan yang menitikberatkan pada penyebaran cinta kasih lintas agama, suku, bangsa dan negara)
2. Rodja TV (Siaran dakwah Islam )
3. TVMU (Tv Muhammadiyah Bernuansa Islam dan juga sebagai sumber informasi, pendidikan, dakwah dan kontrol sosial, yang diharapkan mampu menjadi inspirasi,
referensi dan motivasi bagi khalayak umat, guna meningkatkan harkat,martabat dan kualitas kehidupan)
4. TV 9 Nusantara (TV milik PBNU yg bersiaran dari surabaya, bernuansa Islam, tradisi masyarakat Islam khususnya di Surabaya dengan tema-temanya sesuai acara yang disiarkan)
5. Quran TV (Live Mekah dan menyiarkan bacaan Qur`an hampir 24 jam)

       


Channel Islami di Matrix Garudaku 



Tidak seperti satelit  lainnya ternyata Garudaku di satelit SES 9 hanya menyajikan 2 buah channel yang menyiarkan siaran Islami, Sunnah TV dan Quran TV.  Sayangnya siaran nya merupakan siaran FTV (FREE TO VIEW) yg wajib menggunakan receiver matrix GarudaKu.

Transponder SES9  ( 108 E) menggunakan parabola mini 45cm

Frekuensi : 11101 MHz (Ku Band)
Simbol Rate : 45000
Polaritas : V

1. Sunnah TV ( Stasiun tv yang menyiarkan siaran langsung masjid nabawi di Madinah 24jam ) 

2. Quran TV  ( Stasiun tv yang menanyakan siaran keadaan ka’bah di mekkah  24 jam disertai bacaan Al-Quran. )


Channel Islami di  Skynindo


Skynindo bersiaran di satelit Chinasat 10 dan menampilkan siaran Gratis (FTA) dari  Quran TV dan Sunna TV. Dapat diterima menggunakan parabola jaring minimal 6 feet.

Transponder Chinasat 10 ( 110.5 E) 
Frekuensi : 3560 MHz (C Band)
Simbol Rate : 30000
Polaritas : V


Nahh jadi uraian diatas merupakan daftar channel-channel yang masing-masing ditangkap oleh 5 satelit GRATIS di langit Indonesia. Berminat pasang yang mana kawan ?

Kontak kami jika anda berminat pasang dan berada di surabaya sekitarnya ke nomer : 0812 4663 7645

*) disusun bersama anak PKL SMKN 2 kediri Batch 2 ( Sina, Ryan, Eka, Mala) 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Penulis



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

Site View

Categories

555 (6) 7 segmen (3) adc (3) amplifier (1) analog (9) android (11) attiny (1) attiny2313 (16) blog (1) bluetooth (1) cmos (2) crypto (2) dasar (35) display (2) gcc (1) infrared (2) Input Output (3) jam (6) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (12) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (2) lain-lain (8) lcd (2) led (9) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (48) mikrokontroller (1) mikrotik (4) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (14) pcb (2) project (33) proyek (1) radio (3) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (2) sms (5) software (16) tachometer (2) telepon (7) televisi (39) transistor (1) troubleshoot (3) tulisan (41) tutorial (69) vu meter (1) vumeter (1) wav player (3) wayang (1) wifi (1)

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika