"Kembali Ke Dasar Elektronika Digital ... "

Sabtu, 01 Desember 2018

[Parabola] Hunting Komponen Parabola di Pasar Genteng Surabaya dan Sekitarnya


Wuiihhhh gak salah nih Bang Vicky Prasetyo jadi tukang parabola ? Kan hasil dari penggrebekan kemarin nih, yang menurut bang deddy corbuzier "setingan" dan melibatkan rupiah yg luar biasa besar, apa gak cukup ? heheheh bercanda nih saya.. tapi memang mirip banget foto yg saya comot dari grup di facebook dengan bang vicky. Bang vicky sepertinya lagi treking ke satelit di angkasa nun jauh disana dengan resolusi haiigh definisyong  ber spektrum frekwensi gigahertzzzzzz.....ahhh ngomong apaan sihhh


Setahun belakangan ini memang dapat diakui dunia parabola mini yg dipelopori ninmedia freesat sangatlah booming dan menjadi inceran para penghoby sinyal satelit maupun pencari nafkah alias tukang parabola. Toko Online toped, BL, Shopee dll sangat sering  dilihat bersliweran penjual grosir maupun reseller perangkat parabola seperti: dish mini 45 - 100 cm , LNB Ku dan C band, receiver parabola, bracket, dan masih banyak lagi. Di dunia online shop siapa yg tidak mengenal tamtam boyz ?




Tokonya lumayan sederhana di sebuah perumahan di bagian barat surabaya, pertamanya harapan saya sih (karena lokasi saya dekat) terbayang toko elektronika di surabaya pusat dan pasar genteng , yg pernah saya bahas disini. Dan memang saya terkejut akan kondisi tokonya yg tidak semeriah jualan tamtam boy di hampir semua marketplace. Eiittt...jangan salah, beberapa rumah disekitar toko ini ternyata merupakan markas bersar dari mas rio tamtama. Suatu ketika saya agak sore ke tokonya saya melihat beberapa orang keluar dari dalam rumah di depan toko dan tentu saja sebagai orang yg sempat tau dunia per online shop an, kumpulan orang yg lumayan banyak itu adalah para CS dan buzzer online shop nya. Semoga saya tidak salah duga yg keluar itu orang habis arisan kaleee...hehehhe. Kini tamtam sudah menjadi raja olshop parabola sampai ke seluruh nusantara, bahkan ada orang malaysia yg pernah minta bantuan saya menukarkan rx nya ke tamtam.



Suatu hari saya mendapatkan servisan parabola jaring yg kehilangan siaran trans 7, trans TV dan ANTV. Biasalah karena satelit telkom1 yang kabur entah kemana dan terjadi migrasi siaran televisi ke telkom 3S. Yang saya ingin ceritakan bukan cara menggeser parabolanya akan tetapi karena saat itu saya baru ingin masuk ke dunia per parabolaan komersial,  ada beberapa kali saya perhatikan kesamaan stiker pengaman garansi dari perangkat yg saya beli di tamtam, toko online , dan dipasar genteng sekalipun stikernya sama. Waktu itu sih saya masih nitip-nitip belanja perangkat sama anak buah...dan suatu hari saya kembali jalan-jalan ke surga yg saya sempat tinggalkan...Pasar Genteng Surabaya. Kali ini saya bukan mencari komponen solder menyolder digital, akan tetapi hunting saya kali ini bertema komponen parabola.



Ya namanya orang kangen lama gak kesana, saya gak langsung hunting ke toko parabola (seingat saya ada di pinggir lt2, diatas parkir timur dan di ruko depan pasar genteng) , saya silaturahmi ke kawan lama pedagang komponen elektronika digital. Dan saya bertanya LMP itu apa? dan dia ketawa saja kalau LMP itu lumen parabola....ooaaalaaahhh toko kecil di pinggiran lantai 2 itu ternyata grosir "besar" parabola di surabaya dan banyak mensuplay  sampai ke Indonesia timur. Sepertinya gak menyangka toko sekecil itu sampai luar biasa penjualannya. Sekali waktu sempat penulis dapat project besar dan harus mengambil di gudangnya di perumahan kedung baruk surabaya dan rumah di kompleks itu penuh dengan perangkat parabola.



Bila pembaca ingin ke LUMEN maka dari parkiran motor atau dari pintu depan pasar genteng, mendongaklah ke lantai 2 dan geser pandangan ke kanan sampai menemukan parabola kecil sampai jaring berjejer digelar di dekat pagar railing, kalau dari gambar diatas yg warna merah ya...kalau yg warna kuning itu jualan parabola juga ..tapi...coba sendiri yaaa kalau ke pasar genteng mana yg lebih rekomended. Yang menjadi sensasi kalau ke belanja ke lumen parabola adalah melatih kesabaran tawar menawar ke taciknya yg super baik hati....hehehehehe




Toko kedua yang sering saya belanja perangkat elektronika adalah ANEKA persis diseberang lumen ( di ruko kiri pertokoan genteng electronic baru) . Aneka memiliki toko online juga melalui websitenya (bisa di googling). Bagi anda yg mencari produk-produk tanaka disinilah pusatnya.


Nah gambar posting facebook diatas adalah seorang pendekar parabola di surabaya yg bisa menjadi andalan untuk barang-barang bekas yg masih sangat layak pakai. Produk unggulannya adalah dish cabutan transvision 100 x 90 cm beserta corong CSR untuk hunting satelit thaicom. Saran nih kalau belanja via whatsapp dan harga deal, akan senang hati barang belanjaan akan diantarkan langsung ke rumah, dan jangan lupa sediakan waktu yg cukup dan kopi biar ngobrolnya bisa panjanggggg.... harapannya pembicaraan jadi ngelantur sampai lupa minta bayaran perangkat yg dijual....SEMOGA....wkwkwkwkw




Mudah-mudahan informasi yang saya bagikan kali ini dapat membantu para pencari sinyal satelit baik penghobi maupun komersial. SALAM TREKER BERSATU. 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Penulis



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

Site View

Categories

555 (6) 7 segmen (3) adc (3) amplifier (1) analog (9) android (11) attiny (1) attiny2313 (16) blog (1) bluetooth (1) cmos (2) crypto (2) dasar (35) display (2) gcc (1) infrared (2) Input Output (3) jam (6) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (12) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (2) lain-lain (8) lcd (2) led (9) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (48) mikrokontroller (1) mikrotik (4) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (8) pcb (2) project (33) proyek (1) radio (3) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (2) sms (5) software (16) tachometer (2) telepon (7) televisi (32) transistor (1) troubleshoot (3) tulisan (41) tutorial (69) vu meter (1) vumeter (1) wav player (3) wayang (1) wifi (1)

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika