"Kembali Ke Dasar Elektronika Digital ... "

Jumat, 06 April 2018

Ninmedia - Dunia Baru Persatelitan Dengan Closed Loop Via Smartphone - Xmedia



Dahulu prinsip cara kerja TV satelit menggunakan prinsip One Way yaitu dari penyedia saluran TV menggunakan metode Uplink untuk mengirim data ke satelit yang mana dari satelit nanti akan dikirim ke TV Relay Center atau langsung ke Receiver menggunakan metode Downlink. Jika menggunakan prinsip One Way penyedia layanan saluran TV satelit tidak akan bisa mengetahui bagaimana Rating acara dari penyedia TV satelit. Untuk mengetahui rating biasanya menggunakan jasa survey dari pihak ketiga, dari pihak ketiga ini akan mensurvey pelanggan penyedia tv satelit dengan memberinya beberapa pertanyaan atau bahkan mendatangi langsung ke rumah. Data dari pihak ketiga ini nantinya akan dikirimkan ke penyedia TV satelit yang mana nantinya akan digunakan untuk melihat rating acara TV tersebut.




Berbeda dengan sekarang, penyedia layanan saluran TV satelit sekarang menggunakan prinsip closed loop memanfatkan system IP cloud. Jika sistem One Way sudah dijelaskan tadi diatas, sekarang saya akan menjelaskan prinsip system cloud. System cloud lebih memudahkan penyedia saluran TV satelit untuk mengetahui Rating pemirsa dari acara yang di tampilkan penyedia layanan TV memanfaatkan jaringan internet dari aplikasi yang terinstall di Smartphone . cara kerja dari system cloud yaitu mengirim data ke cloud yang kemudian dari cloud, data akan diunduh dari penyedia layanan saluran TV satelit. Jika penyedia saluran Ninmedia menggunakan system scan Barcode yang data hasil Scan akan dikirim ke Cloud. Ninmedia menggunakan aplikasi X – MEDIA untuk menScan Barcode yang ada di Receiver. Dengan iming-iming bonus poin yang dapat ditukarkan hadiah dengan jumlah tertentu. Diagram penjelasannya dapat dilihat pada gambar pertama tulisan ini.





Ninmedia adalah Layanan Siaran TV Satelit FTA dengan Frekuensi Ku–Band, yang disiarkan melalui Satelit Chinasat 11 98E sejak tahun 2015 dan Menjangkau seluruh pelosok wilayah Indonesia. Ninmedia (sebelumnya smartvision) berisikan channel – channel tv nasional seperti trans tv, trans 7, antv, indosiar, sctv, dan bebrapa konten lokal dan luar negeri yg disiarkan dari dalam negeri . Total Terdapat 45 ch sampai tulisan ini dibuat.




Setelah menguadara 2 tahun ninmedia mulai melirik receiver rekomendasi yang menggunakan OTA, OTA (Over The Air) maksudnya adalah receiver yg digunakan oleh ninmedia bisa diprogram Over The Air, yaitu ketika kita ingin melakukan update perangkat lunak bisa langsung menggunakan satelit tertentu tanpa internet. Receiver yang memiliki fitur ini umumnya merupakan receiver yang berbasis langganan.  




Aplikasi X – MEDIA adalah perangkat lunak yang dikembangkan oleh Ninmedia yang dioperasikan pada perangkat bergerak ( Smart phone ) berbasis android. Aplikasi ini melekat pada  nomer telepon seluler dan alamat email pengguna didalam proses pendaftaran akun aplikasi. Apabila informasi, data, point dan riwayat dalam aplikasi hilang, maka berarti pengguna sudah kehilangan akses pengguna terhadap nomor telepon dan alamat surel.       

   Aplikasi X – MEDIA berfungsi untuk media berinteraksi Antara Pengguna, Teknisi dan Ninmedia. X – MEDIA juga sarana bagi Pengguna untuk menemukan layanan yang disediakan oleh teknisi.  
Jika anda ingin menggunakan aplikasi X – MEDIA, maka anda harus melakukan Ikutilah langkah – langkah kami dari awal sampai mengoperasikan aplikasi X – MEDIA.
Langkah paling awal anda harus mendownload dan menginstall aplikasi X – MEDIA, anda dapat mendownload X – MEDIA di Playstore dengan mudah. Disini saya sudah mendownload dan menginstall aplikasi X – Media, sehingga tampilan seperti dibawah ini. 




Ketika anda baru pertama kali membuka aplikasi X – Media maka anda akan diminta untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. 



Lakukan Registrasi sesuai dengan langkah – langkah yang ada di aplikasi X – Media yang sudah anda install. Aplikasi ini sangat melekat dengan akun Email dan nomor seluler yang anda daftarkan pada saat registrasi. Selanjutnya aplikasi sudah bisa dijalankan. Pastikan receiver "rekomendasi" dalam keadaan menyala.
  



Lalu operasikanlah aplikasi X – Media, klik pada icon Pairing box agar dapat memindai QR Code yang ada pada set top Box receiver.


Kemudian klik tombol tambah pada pojok kanan bawah, untuk melakukan scan barcode receiver.
  



Code QR yang akan di scan, terletak pada  set top box. 



Lakukan scan code QR yang terdapat pada receiver.dalam melakukan scan code, kamera harus tepat ditengah tengah code, supaya mudah untuk pengambilan code QR nya. Setelah code QR terekam oleh kamera maka kita perlu menunggu beberapa waktu untuk memverifikasi kode yang akan muncul pada monitor tv. Setelah code QR berhasil di scan tampilannya akan seperti ini, kemudian akan muncul daftar receiver yg telah didaftarkan.
  




Dengan terdaftarnya code QR dari Receiver, maka dari situlah anda sudah bisa memanfaatkan salah satu fasilitas yg terbaru yaitu menuliskan kata / pesan sesuai dengan apa yang anda inginkan pada layar televisi. Kita dapat menulis berbagai macam kata dengan minimal 30 karakter, dan pesan / kata tersebut akan muncul pada layar TV tentunya terhubung dengan receiver yg sudah "pairing" tadi . Dan kami memiliki contoh hasil dari percobaan kami.

Klik “ Kirim pesan ”



Saya akan menuliskan pesan yang ingin saya tampilkan di layar TV saya, kemudian klik “Ok”



Tunggu beberapa menit, maka tulisan akan muncul pada layar TV. Jika sudah muncul seperti gambar dibaawah ini, maka percobaan berhasil.  




Dalam percobaan ini, saya menggunakan receiver type lgsat lg-101 oracle HD, mengapa saya menggunakan receiver type ini ?  Karena receiver ini merupakan receiver rekomendasi Ninmedia. Pastikan receiver anda memiliki OTA update 101 keatas

Receiver oracle memiliki spesifikasi yang cukup mendukung, yaitu :
1. NINMEDIA Lancar tanpa kendala delay/cekot cekot
2. Port HDMI/RCA
3. LNB Input C band - Ku band
4. BISS
5. Support Media Player


*) Ditulis bersama anak PKL SMKN 2 Kediri - youfan-amel-ken

Share:

1 komentar:

  1. Saya habis download aplikasi xmedia tetapi tidak bisa login...setiap memasukkan data email langsung keluar otomatis

    BalasHapus

Kontak Langsung



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

ANTI SPAM !



Blog Ini Mendukung Blogger Indonesia Yang Jujur dan Memberikan Informasi Sebenarnya, Bukan Menyampah Demi $Rp$ Yang Hanya Merendahkan Blogger Indonesia

Site View

Categories

555 (6) 7 segmen (3) adc (3) amplifier (1) analog (9) android (11) attiny (1) attiny2313 (16) blog (1) bluetooth (1) cmos (1) dasar (31) display (2) gcc (1) infrared (2) Input Output (3) jam (6) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (9) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (2) lain-lain (8) lcd (2) led (9) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (48) mikrokontroller (1) mikrotik (4) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (7) pcb (2) project (33) proyek (1) radio (3) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (2) sms (5) software (16) tachometer (2) telepon (7) televisi (31) transistor (1) troubleshoot (3) tulisan (36) tutorial (69) vu meter (1) vumeter (1) wav player (3) wayang (1) wifi (1)

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika