"Kembali Ke Dasar Elektronika Digital ... "

Jumat, 26 Juli 2013

Kreasi Pembaca : Metal Detector MK-2 Untuk Skripsi



Beberapa pembaca blog ada yang sms atau mengkontak saya dan bertanya-tanya mengenai metal detektor yang saya bahas di blog ini. Ada yang pencari logam rongsokan, pencari emas dan ada juga yang meminta bantuan untuk merancang pendetektor logam di makanan ringan dan nasi kotak. Berapa pembaca saya tolak untuk pembahasan lebih lanjut karena alasan terlalu komersial dan menuntut realibilitas yang tinggi, dan saya lebih memilih ketika yang meminta bantuan adalah rekan-rekan pelajar smk atau mahasiswa.



Metal Detektor SBG-PI satu-satunya yang penah dibuat dan berfungsi !


Pada tulisan kali ini yang saya angkat adalah kreasi rekan dari aceh bernama mia, yang merupakan mahasiswi D3 jurusan fisika, dasar elektronikanya sedikit akan tetapi dia bersemangat untuk menyelesaikan skripsi yang judulnya dipilihkan oleh dosennya. Beberapa desain saya tawarkan seperti pulse induction dan BFO, akan tetapi yang paling reliable adalah MK-2 yang pernah dibahas disini . Kunci dari kesuksesan perancangan dan perakitan metal detektor MK-2 adalah pada penyusunan lilitan serta pada pemilihan potensiometer yang wajib menggunakan jenis muti turn sehingga ratio pemutaran knob dengan perubahan resistansi menjadi kecil.



 Mia dan teman-temannya

Dosen pembimbing dari rekan kita yang imut ini pada awalnya menuntut metal detektor yang lumayan canggih sehingga saya berpikiran mengajukan type metal detektor pulse induction yang saya dapat di forum thunting.com yaitu SBG-PI yang pernah dibahas disini. PCB yang lumayan besar saya rancang untuk memudahkan demo skripsi dan komponen pun telah dikirim,akan tetapi sang dosen pembimbing menolak dengan alasan yang kurang masuk diakal (padahal mungkin dia ga ngerti aja pulse induction itu apa). Dan bapak dosen memberikan rangkaiannya sendiri kemudian coba saya rangkai dan itupun tidak berfungsi dengan benar , mungkin karena ada komponen yang diganti sehingga respon frekuensinya tidak match.



Rangkaian BFO yang gagal total


Dan pada akhirnya kembali ke metal detector MK-2 yang menjadi penyelamat semuanya. Berikut ini hasil kreasi MK-2 yang telah di packing dan diberikan stick sehingga seperti alat penyapu ranjau. 






Dan beberapa waktu lalu saya dikontak oleh mia yang menyatakan dia lulus dengan nilai "A". Wahh...selamat yaaa....
Share:

4 komentar:

  1. Wah hebat........ lingkaran tmbgannya dikasih apa tu gan kok bisagitu

    BalasHapus
  2. fungsi yang ada tulisannya di kotanya itu untuk apa sja gan?

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Kontak Langsung



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

ANTI SPAM !



Blog Ini Mendukung Blogger Indonesia Yang Jujur dan Memberikan Informasi Sebenarnya, Bukan Menyampah Demi $Rp$ Yang Hanya Merendahkan Blogger Indonesia

Site View

Categories

555 (6) 7 segmen (3) adc (3) amplifier (1) analog (9) android (11) attiny (1) attiny2313 (16) blog (1) bluetooth (1) cmos (1) dasar (31) display (2) gcc (1) infrared (2) Input Output (3) jam (6) jualan (10) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (9) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (2) lain-lain (8) lcd (2) led (9) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (48) mikrokontroller (1) mikrotik (4) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) pcb (2) project (33) proyek (1) radio (3) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (2) sms (5) software (16) tachometer (2) telepon (7) televisi (16) transistor (1) troubleshoot (3) tulisan (34) tutorial (67) vu meter (1) vumeter (1) wav player (3) wayang (1) wifi (1)

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika