"Kembali Ke Dasar Elektronika Digital ... "

Rabu, 06 Maret 2013

Tutorial Bergambar Membuat Aplikasi GPS pada ANDROID berbasis Adobe AIR



(klik pada gambar dibawah untuk memperjelas)




Persiapan software yg dibutuhkan adalah Adobe Flash CS5 keatas yang support adobe air dan aplikasi berbasis android dan ios(iphone). Buatlah  project baru dengan memilih tipe project "Air for Android". Pilih juga lebar layar yang sesuai dengan layar HP android kamu, kali ini kita gunakan layar berukuran 320x480 (karena HP Android saya CROSS A10). Warna latar belakang juga dapat dirubah sesuai selera.


Pada layar aplikasi, buatlah tulisan (textfield) dengan meng-click toolbar text dan buatlah textfield yang terdiri dari tulisan statis dan dynamic text. Tulisan statis untuk tulisan yang tidak berubah sedangkan tulisan dinamis akan berubah dan memiliki nama (instance). Perhatikan gambar contoh dimana kotak "text field" dynamic paling atas diberi nama "lokasi_lat", pemberian nama pada kolom properties di sebelah kanan atas layar. Perhatikan gambar berikut untuk penamaan tiap text field.




Setelah semua instance/nama dari textfield dinamic terisi, maka dilanjutkan dengan membuat layer baru pada timeline dan akan dimasukkan actionscript kedalamnya. Action script ini ditempatkan pada frame paling awal dengan cara mengklik kanan pada keyframe dan kemudian memilih "action script". Kemudian pada kotak action script masukkanlah script seperti berikut :


statuse.text= "mencari sinyal gps !!"; 

if(!Geolocation.isSupported)
{
 statuse.text = "Hp Ga Ada GPS nya !";
}
else
{
    var my_geo:Geolocation = new Geolocation();
    my_geo.addEventListener(GeolocationEvent.UPDATE, onGeoUpdate);
 
 if(my_geo.muted){
 statuse.text = "Gps Mati Jeehh !";
 }

}

function onGeoUpdate(e:GeolocationEvent):void{
 
lokasi_lat.text = e.latitude.toString() ;
lokasi_long.text = e.longitude.toString() ;
lokasi_alt.text = e.altitude.toString() ;
speede.text = e.speed.toString() ;

statuse.text= "gps update sukses!!"; 
}



Adobe air memiliki beberapa fasilitas untuk menampilkan data GPS berupa latitude, longitude,ketinggan dan kecepatan. Sayangnya Adobe Air tidak memiliki fasilitas untuk heading / arah relatif terhadap posisi utara.



Langkah selanjutnya adalah langkah mempublish aplikasi ke HP. Akan tetapi langkah pertama sebelum publish adalah melakukan setting environment dari aplikasi. Diawali dengan menentukan setting umum/general, yang pada umumnya hanya menentukan orientasi layar dan apakah layar full screen atau tidak.



Pada tab Deployment buatlah certificate dari aplikasi sesuai contoh pada gambar. Berikan password yang dapat diingat karena akan diperlukan nantinya. Jangan lupa melakukan save as dan kemudian di simpan dengan nama yg sesuai keinginan. 


Jika certificate berhasil dibuat, maka akan muncul seperti gambar diatas.



Untuk icon mungkin bisa diskip, tapi jika mau applikaisnya memiliki icon tertentu, maka diperlukan pembuatan 3 file icon yg memiliki ukuran 36x36, 48x48 dan 72x72. Format filenya adalah PNG dan adobe flash memiliki fasilitas untuk menyimpan (export image) sebagai PNG. Jadi manfaatkan saja, asal ukuran yang dihasilkan pas sesuai yang di syaratkan.


Jangan lupa untuk setting permission dari aplikasi sesuai kebutuhan dan aplikasi GPS memerlukan akses ke internet (untuk download adobe air kalo belum tersedia di hp) dan permission ke sensor GPS.



Android_usb_debugging_mode.png (288×480)

Sebelum aplikasi di publish ke HP settinglah HP android ke mode debugging, dan pada PC diinstal driver ADB nya, yang paling umum untuk berbagai HP adalah driver ADB yang bisa didownload disini . Jika Kabel USB dicolokkan maka akan muncul notifikasi "USB DEBUGGING CONNECTED"





Nah...sekarang HP telah terhubung dan driver ADB telah sukses terkoneksi, langkah selanjutnya adalah publishing aplikasi ke HP. Jangan lupa untuk memasukkan password seperti gambar diatas dan kemudian menekan tombol "publish" ....dan SELAMAT...applikasi GPS ANDROID pertama anda telah selesai.

Jika adobe air belum tersedia pada HP maka akan muncul notifikasi untuk mendownload dari google play, selanjutnya jangan lupa menghidupkan GPS dan mencari lokasi yang terbuka sehingga dapat terhubung dengan satelit GPS. 

Source code dari tutorial ini dapat didownload disini.



SELAMAT MENCOBA

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Langsung



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

ANTI SPAM !



Blog Ini Mendukung Blogger Indonesia Yang Jujur dan Memberikan Informasi Sebenarnya, Bukan Menyampah Demi $Rp$ Yang Hanya Merendahkan Blogger Indonesia

Site View

Categories

555 (6) 7 segmen (3) adc (3) amplifier (1) analog (9) android (11) attiny (1) attiny2313 (16) blog (1) bluetooth (1) cmos (1) dasar (31) display (2) gcc (1) infrared (2) Input Output (3) jam (6) jualan (10) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (9) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (2) lain-lain (8) lcd (2) led (9) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (48) mikrokontroller (1) mikrotik (4) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) pcb (2) project (33) proyek (1) radio (3) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (2) sms (5) software (16) tachometer (2) telepon (7) televisi (16) transistor (1) troubleshoot (3) tulisan (34) tutorial (67) vu meter (1) vumeter (1) wav player (3) wayang (1) wifi (1)

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika