Semua Tentang Belajar Teknologi Digital Dalam Kehidupan Sehari - Hari

  • IC Timer 555 yang Multifungsi

    IC timer 555 adalah sirkuit terpadu (chip) yang digunakan dalam berbagai pembangkit timer, pulsa dan aplikasi osilator. Komponen ini digunakan secara luas, berkat kemudahan dalam penggunaan, harga rendah dan stabilitas yang baik

  • Ayo Migrasi TV Digital

    Kami bantu anda untuk memahami lebih jelas mengenai migrasi tv digital, apa sebabnya dan bagaimana efek terhadap kehidupan. Jasa teknisi juga tersedia dan siap membantu instalasi - setting perangkat - pengaturan antena dan distribusi televisi digital ke kamar kos / hotel

  • Bermain DOT Matrix - LOVEHURT

    Project Sederhana dengan Dot Matrix dan Attiny2313. Bisa menjadi hadiah buat teman atau pacarmu yang ulang tahun dengan tulisan dan animasi yang dapat dibuat sendiri.

  • JAM DIGITAL 6 DIGIT TANPA MICRO FULL CMOS

    Jika anda pencinta IC TTL datau CMOS maka project jam digital ini akan menunjukkan bahwa tidak ada salahnya balik kembali ke dasar elektronika digital , sebab semuanya BISA dibuat dengan teknologi jadul

  • Node Red - Kontrol Industri 4.0

    Teknologi kontrol sudah melampaui ekspektasi semua orang dan dengan kemajuan dunia elektronika, kini semakin leluasa berkreasi melalui Node Red

Kamis, 21 Maret 2013

TUTORIAL Swf loader Untuk membuat Aplikasi Android yang Dinamis



Ketika aplikasi android yang ingin dibuat ditujukan dapat memberikan informasi yang dinamis atau berubah-ubah, maka diperlukan proses pengunduhan konten dari isi aplikasi dari server yang telah ditentukan. Inilah menjadi keunggulan dari paltform adobe air, dimana seperti aplikasi induknya yaitu adobe flash memiliki fasilitas untuk mengunduh (load) file media seperti jpg, gif, video dan yang paling umum adalah melakukan load terhadap file format swf. Pada tutorial kali ini diperhatikan bahwa diperlukan web server via internet atau server http lokal yang dapat diakses melalui HP Android kamu.

(klik pada gambar untuk memperjelas)


Seperti pada tutorial terdahulu maka kita akan memerlukan adobe flash CS5.5 ke atas untuk mendesain applikasi berbasis adobe air ini. Jadi jika masih bingung harap menuju ke tutorial dasar pada topik GPS. Karena kali ini kita akan berhubungan dengan proses loading, maka kita butuhkan suatu animasi loading yang bebas dapat dirancang dan tentunya dengan flash tidak menjadi masalah. Pada contoh ini dibuat gambar gear yang berputar ketika proses loading. Jika menginginkan proses loading membutuhkan penunjukan persentase  loading maka ditambahkan textfield untuk menulisnya seperti contoh dibawah.

Gambar animasi gear berputar dengan proses tween yang sangat sederhana



 Gambar Textfiled persen loading



Gambar dibawah ini menunjukkan proses pembuatan isi dari file swf yang akan di unduh atau di load oleh aplikasi, kali ini akan dibuat dengan nama " isi.swf ". Format file dapat berupa file media apa saja yang mungkin dapat dikenali oleh flash seperti jpg, gif, mov dan sebagainya. Setelah di compile atau disimpan dalam format dan ukuran yang pas, maka file tersebut harus di upload pada webserver internet atau jika dirumah terdapat komputer yang menggunakan wifi, maka dengan jaringan add-hoc via wifi serta server apache , xampp dan lain sebagainya , file ini dapat diupload secara lokal. Pada contoh ini file yang akan di load berupa file swf dengan alamat : http://www.flexievdo.net/isi.swf




Lanjutkan dengan merancang script pada frame dan layer khusus (tanpa ada bentuk geometri lainnya ) dan buatlah script untuk melakukan load file swf tadi seperti contoh berikut:




var request:URLRequest = new URLRequest("http://www.flexievdo.net/isi.swf"); //ubah sesuai file yg akan di load
var loader:Loader = new Loader() 


loader.contentLoaderInfo.addEventListener(Event.COMPLETE, onLoaderComplete);
loader.load(request); 
addChild(loader);




function onLoaderComplete(event:Event):void
{

loadan.visible=false;
trace("complete");

}





Pada contoh diatas terdapat script yang menunggu Event.COMPLETE sehingga animasi loading gear dapat dihilangkan dari tampilan layar saat file telah selesai diunduh. Jika diperlukan penulisan persentase file yang sudah di load, maka tambahkan event seperti contoh berikut yang akan ditulis pada textfield "persen".



loader.contentLoaderInfo.addEventListener(ProgressEvent.PROGRESS, onload);


function onload(evt:ProgressEvent):void 
{ 
var perc:Number = evt.bytesLoaded / evt.bytesTotal; 
loadan.persen.text = Math.ceil(perc * 100).toString(); 
trace(perc);
} 





Kemudian kalau mengingat bahwa kadang-kadang file swf  atau gambar yang diload terlalu besar atau kekecilan, berdasarkan tutorial gesture sebelumnya maka tambahkan saja script gesture sehingga menjadi lebih menarik. Kali ini kita tambahkan GESTURE_PAN yang merupakan gesture dengan dua jari untuk menggeser layar yang terlihat kegedean ke posisi yang diinginkan. 


Multitouch.inputMode = MultitouchInputMode.GESTURE;
stage.addEventListener(TransformGestureEvent.GESTURE_ZOOM, onZoom);
stage.addEventListener(TransformGestureEvent.GESTURE_PAN, onPan);

function onZoom(evt:TransformGestureEvent):void {
 
 
loader.scaleX *= evt.scaleX;
loader.scaleY *= evt.scaleY;
 
}

function onPan(evt:TransformGestureEvent):void
{
loader.x += evt.offsetX;
loader.y += evt.offsetY;
}





Jangan lupa untuk proses publish menggunakan permission INTERNET karena server akan diakses melalui internet.





TAMBAHAN

Error handling jika file tidak bisa diload karena network error , dapat dilihat seperti contoh berikut




jadi kita membuat tombol yang berisi tulisan bahwa loading error, kemudian akan muncul pilihan retry. Untuk itu ketika awal tombol kita tombol.visible=false; , lalu ketika error terjadi akan dihandle oleh error handling seperti contoh script berikut ini



tomret.visible=false; //tomret nama instance tombol retry

//error handler listener
loader.contentLoaderInfo.addEventListener(IOErrorEvent.IO_ERROR, loaderIOErrorHandler);
//listener dari tombol
tomret.addEventListener(MouseEvent.CLICK, clicked1);

function clicked1(event:MouseEvent):void
{
tomret.visible=false;

loader.load(request); 
addChild(loader);
}

//jika IO error maka ini yang dipanggil
function loaderIOErrorHandler(evt:IOErrorEvent):void
{
 
 trace("error broo!");
 tomret.visible=true;

 
}






File tutorial selengkapnya dapat di download disini



SELAMAT MENCOBA
Share:

Selasa, 19 Maret 2013

Bob Noyce - Perintis silicon valley yang terlupakan



Robert "BOB" Noyce - The "PODFATHER"


Anda mungkin lebih mengenal Bill Gates dan Steve Jobs atas kreasinya membuat komputer menjadi milik "pribadi". Atau dalam era saat ini nama Mark Zuckerberg  dan Larry Page menjadi nama umum yang harus dihapalkan oleh anak SD. Pernahkah anda berpikir bahwa orang-orang yang saya sebut ini merupakan pioneer dalam bidang yang cenderung ke pengembangan aplikasi  software saja, dan siapa kah yang mempelopori semuanya dibagian elektronika? Salah satu nama yang akan disepakati semua insinyur elektronika adalah Robert "Bob" Noyce. Dialah fisikawan penemu Integrated Circuits (IC) dan kemudian mengembangkan Intel dengan produk revolusioner "MicroProcessor".

Setelah lulus dari MIT dan bergelar PhD , bob melamar untuk bekerja pada Laboratorium Shockley sebagai peneliti. William Shockley adalah penerima nobel atas penemuannya (bersama John Bardeen dan Walter Brattain) pada bidang Transistor. Saat bob masuk ke lab, dunia sedang digairahkan oleh pengembangan teknologi transistor germanium dan bob menjadi insinyur yang terdepan. Akan tetapi kekecewaan terhadap pola kerja serta keangkuhan dari Shockley membuat bob dan 8 orang temannya keluar dari shocklye lab dan mendirikan FAIRCHILD pada tahun 1957. 

Fairchild Electronics didirikan di sebuah lembah di bagian kalifornia  utara dan merupakan bagian dari Fairchild company yang berpusat di NewYork. Ke 8 anak muda yang dianggap penghianat oleh shockley menerapkan sistem perusahaan non-hirarki, tanpa atasan dan bawahan , semua pegawai sama dan masing-masing dibayar sesuai kemampuan dan prestasi. Lingkungan inilah yang menjadi model yang mempelopori beribu-ribu industri IT di silicon valley pada dekade selanjutnya. Dan hasilnya tidak mengecewakan ketika bob noyce dan rekan-rekannya di fairchild berhasil membuat rangkaian diskrit (komponen tunggal yang disusun pada pcb)  menjadi sebuah miniatur pada wafer silikon dengan fungsi sama namun kecepatan dan konsumsi daya yang tidak ada bandingannya.


kiri: Building Block dari komputer menggunakan komponen diskrit  kanan: Integrated Circuit


Penemuan noyce selanjutnya berhubungan dengan FET transistor, kemudian ketika mencapai puncak karir di  Fairchild, bob bersama Gordon More mendirikan Intel. Project Intel yang terkenal adalah microprocessor, yang pertama kali mereka ciptakan untuk perusahaan kalkulator asal jepang bernama Busicom. Microprocessor yang dimaksud adalah Intel 4004 yang diklaim sebagai microprocessor pertama yang dijual ke publik. Dan seperti kotak pandora yang terbuka maka lahirlah generasi integrated circuit (IC) yang berkembang terus menurut hukum Moore yang menyatakan bahwa jumlah transistor yang dapat dimiliki oleh microprocessor akan berkembang berlipat ganda dalam periode 2 tahun.



Dengan perkembangan microprocessor-lah kemudian komputer pribadi dan perangkat lunak didalamnya menjadi industri yang sangat besar. Banyak perusahaan di silicon valley hidup lalu mati dan hidup kembali dengan semangat yang selalu seperti yang diinginkan bob yaitu bersainglah dengan siapapun. Bob meninggal tahun 1990 dan mungkin akan dilupakan orang dan memang akan selalu berulang seperti ini di silicon valley sampai banyak dari mereka jatuh karena melakukan kesalahan yang sama.


-disari dari BBC documentary The Podfather-
Share:

Senin, 18 Maret 2013

Electric Dreams - Ayo Flashback Ke Era Teknologi Masa Kini Dirintis

The Electric Dreams Flashback on BBC Documentary


Dunia teknologi elektronika masa kini adalah sebuah perjuangan dari para insinyur elektronika yang terus mengembangkan kreativitas demi sebuah tujuan memudahkan pekerjaan manusia. Penulis yang semenjak kecil menjadi pencinta teknologi elektronika merasa diuntungkan dengan hidup di masa-masa ketika teknologi masa kini masih berbentuk "prototype" akan tetapi pada masa itu sangatlah laku dijual. Lihatlah contohnya kaset tape recorder atau pemutar video betamax, anak-anak jaman sekarang mungkin tidak akan menemukan benda semacam ini lagi. Tetapi tetap saja fungsi dari alat tersebut sesuai dengan tujuan para pembeli yaitu mendengarkan musik atau menonton film hanya saja pada saat yg berbeda dan dengan penemuan-penemuan yang berbeda pula maka bentuk dan format dari perangkatnya menjadi seperti bumi dan langit.



Pada suatu minggu yang cerah, penulis berjalan-jalan ke sebuah pusat jual-beli buku bekas di jalan semarang surabaya yang sekarang dikumpulkan pada suatu kompleks yang bernama "Kampung Ilmu". Dan benar saja didalam kampung ilmu ini nuansa ke-ilmuannya sangat tinggi, penulis merasa ada roh dan energi yang sangat besar ketika melihat tumpukan buku-buku berbagai jenis dan dari masa yang tidak akan kita sangka-sangka.  Dan benar saja saya melihat majalah elektro "elector" dari tahun 70-an sampai 80-an, begitu juga dengan salah satu buku "Engineers Notebook II" yang merupakan kitab berharga bagi para insinyur elektronika. Melayanglah pikiran ke masa tahun-tahun itu dengan bayangan komputer BBC micro atau Commodore yang memiliki RAM hanya 64KB tapi merupakan merek komputer pribadi yang paling laku dalam sejarah.



Teringatlah pada suatu film classic tahun 80-an yang sebenarnya aku tonton di RCTI sekitar tahun 96 yang berjudul "Electric Dreams". Film ini bercerita tentang seorang pria yang hidup sendiri di apartemennya, kemudian ia membeli komputer PC yang bernama "Edgar" yang bisa mengendalikan semua perangkat rumah dengan program yang diinstal didalamnya. Suatu hari si pria ini menghubungkan komputernya ke jaringan komputer kantornya melalui modem akustic (modem memakai suara telepon langsung) dan dengan tidak sengaja menumpahkan minuman ke komputer, dan yang terjadi Edgar menjadi hidup dan mengontrol hidup si pria blaaa...blaaa.... sangat tipikal film tahun 80-an dimana para penulis film selalu bermimpi dengan ide bahwa komputer dapat mengendalikan hidupmu !! Dan benar terjadi kalau tahun 2000-an teknologi telah memperbudak kamu untuk selalu menyentuh papan keyboard dan layar handphone dalam hitungan menit bahkan detik ....kamu tidak bisa lepas dari kekuasaan sang komputer...huuaaahuaaahhaaaa.




Berlanjutlah penelusuran nostalgia saya menuju ke halaman youtube, dengan tujuan mencari video soundtrack film electric dreams yang di compose oleh Gorgio Moroder. Entah mengapa akhirnya nyasar ke video documentary BBC4 - Open university berjudul sama "Electrics Dreams", dan isinya tidak mengecewakan dan sesuai dengan keinginanku flashback ke jaman teknologi elektronika dimula. Dokumentari ini menceritakan sebuah keluarga modern yang bernama Sullivan-Barnes yang memiliki 4 orang anak diminta untuk kembali kemasa tahun 1970-1980-1990. Mereka dikondisikan untuk hidup dengan kondisi saat tahun flashback dengan gadget serta peralatan rumah tangga jaman itu pula. Bahkan dikondisikan juga dengan keadaan politik yang mempengaruhi  teknologi saat itu. Tiap hari akan mewakili 1 tahun dan berbagai kesulitan dan pengalaman menarik dialami oleh keluarga ini. Setiap peralatan didesain oleh para "tech team" yang terdiri dari sosiolog, ahli elektronika dan ahli komputer yang berusaha selalu mendapatkan gadget yang sesuai.


1970




Era 1970 dimulai tahun 1969 dimana keluarga ini pindah ke rumah "baru" mereka yang didekorasi sesuai jamannya, tanpa pemanas, tanpa microwave, tanpa freezer dan televisi Hitam Putih ! dan tahun ini merupakan tahun yang sering mati lampu di inggris karena pemogokan industri, jadi anak-anak mereka berlatih menggunakan "lilin" , bermain bersama, menonton tivi bareng , bermain diluar lebih sering dan tidak dicariin ketika pulang kemaleman ! Karena jika jaman sekarang mungkin kalo tidak pulang akan segera ditelpon mama. Sang ibu merasa nyaman dengan kebersamaan mereka tiap hari, akan tetapi mengeluh menghabiskan banyak waktu hanya untuk memasak dan mengerjakan pekerjaan rumah. Pada akhir era 70-an mereka diharuskan membuat slide untuk dipertunjukkan ke pada para tamu pada makan malam terakhir di era ini.

Transportasi :
Cortina Mark II
Raleigh Chopper
Space hopper

Komunikasi:

Rotary dial telephone

Peralatan Dapur & Rumah Tangga:
Teasmade
Twin tub washer
Freezer
Toaster
Atora brand lard
Bejam


Permainan dan Gadget :
Atari Pong
Hand held calculator
Black and white TV
Colour TV (1976)
LP records
Cassette tapes
KerPlunk
Binatone (8-bit computer)



1980


Tahun 1980 dimulai dengan berubahnya penunjuk tahun pada rumah mereka yang sekarang berbentuk 7 -segmen dan pakaian mereka pun terasa 80-an banget dengan model warna ngejreng dan ketat. Sang ayah mulai diberikan perangkat stereo - turntable - hi-fi dengan pemutar kaset yang kemudian dipertengahan era berubah menjadi pemutar CD. Sang anak laki-laki mulai mempunyai "boys toys" mulai dari game watch alias gimbot sampai komputer pribadi jaman jadul yaitu "BBC MICRO". Pada era ini mulai terjadi konflik antara sang ibu, ayah dan anak ketika TV satu-satunya menjadi rebutan apakah akan dipakai menonton tv atau untuk menonton video VHS atau menjadi layar monitor komputer mereka. Pada akhir era 80-an keluarga ini diberikan perekam video dan merancang video "80-an" untuk diputar pada makan malam terakhir.


Transportasi :

Escort 1.3l
Sinclair C5

Komunikasi:

Ansaphone

Peralatan Dapur & Rumah Tangga:
Microwave oven
Deep fat fryer
Slow cooker


Permainan dan Gadget :
Polaroid instant camera
Component stereo
Compact disc player
VHS camera
VHS recorder
Hand held games
Amstrad CPC
Simon
Betamax
ZX Spectrum
Commodore 64
Sony Walkman
BBC Micro
Remote controller
Synthesizer
Rubiks cube


1990


Tahun 1990 merupakan tahun booming teknologi telekomunikasi, komputer dan game. Terlihat dari banyaknya peralatan yang mereka harus coba mulai dari pager, handphone, fax machine, nintendo, sega, play station dan sebagainya. Wah ga kebayang betapa sibuknya (sendirian tentunya) anggota keluarga sehingga waktu bersama keluarga  menjadi semakin jarang, akan tetapi anak-anak mulai selalu diam dikamarnya karena mempunyai saluran tv satelit yang lebih banyak pilihan serta permainan yang mulai diberikan satu-persatu kedalam kamar mereka masing-masing. Sang ayah mulai bisa mengerjakan pekerjaan kantor dari rumah karena teknologi internet memungkinkan pekerjaan dikirim melalui email. Padda akhir era keluarga ini mempersiapkan pesta menyambut MILENIUM BARU dengan pesta bersama mesin karaoke yang di Indonesia terkenal dengan nama "KAROTEXT".



Transportasi :

Toyota Town Ace

Komunikasi:


Motorola International 3200
Dial-up 56k modem (1997)
Nokia SMS
Pay-as-you-go Mobile phone (1998)
Text messaging (1998)

Peralatan Dapur & Rumah Tangga:

Water filter
AGA cooker
Breadmaker (1998)



Permainan dan Gadget :
Mega Drive (1990)

Windows 3.1 OS (1992)
Oxford Children's Encyclopedia on CD-ROM
Apple QuickTake 100 (1994)
Windows 95 OS
PlayStation (PS1) (1995)
Tamagotchi (1996)
Laptop computer
Palm Pilot
Karaoke machine (1999)






Share:

Senin, 11 Maret 2013

Tutorial Gesture (kontrol layar dengan jari) pada Adobe Air



Gesture merupakan fasilitas yang disediakan oleh smartphone untuk mempermudah operasi pada layar dengan menggunakan kombinasi sentuhan 2 buah jari. Gesture yang paling terkenal adalah zoom dengan menggunakan 2 jari pada layar yang kemudian jari ini di jauhkan posisinya sesuai besar zoom yang diinginkan. Kali ini juga akan dibahas mengenai gesture rotate/putar serta swipe/geser.

(klik pada gambar dibawah untuk memperjelas)



Tutorial kali ini dimulai dengan mengcopy paste gambar pada library , sebaiknya jika menggunakan gambar dari luar menggunakan format PNG yang memudahkan penampakan transparansi dari gambar. Contoh yang diberikan berupa gambar robot android, yang kemudian movieclipnya diberikan nama instance "robo".

Letakkan gambar robot ditengah layar /stage utama dan kemudian buatlah "layer" untuk menyisipkan actionscript. Untuk gesture zoom dan rotate sangatlah mudah seperti pada contoh script berikut:






Multitouch.inputMode = MultitouchInputMode.GESTURE;
stage.addEventListener(TransformGestureEvent.GESTURE_ZOOM, onZoom);
stage.addEventListener(TransformGestureEvent.GESTURE_ROTATE, onRotate);

function onZoom(evt:TransformGestureEvent):void {
 
 
robo.scaleX *= evt.scaleX;
robo.scaleY *= evt.scaleY;
 
}

function onRotate(evt:TransformGestureEvent):void {
robo.rotation += evt.rotation;

}



Terlihat betapa simplenya script yang digunakan untuk membuat efek zoom dan rotate dan langsung bisa diaplikasikan untuk merubah scale atau pembesaran serta rotation dari posisi x dan y pada instance "robo".

Baiklah kita lanjutkan dengan pembahasan yg lebih lanjut yaitu gesture swipe. Gesture swipe biasanya ditemui ketika membaca majalah digital contohnya saat membalik halaman pada tablet/handheld. Nilai yang dihasilkan dari proses swipe ini adalah angka yang tetap, yaitu -1 untuk swipe dari kanan ke kiri atau atas ke bawah, sedangkan sebaliknya akan menghasilkan angka 1.

Untuk itu kita butuh membuat robot android satu lagi dan kita namakan robo2, dan robot android cewek ini akan kita berikan classname sendiri, bukan dengan instance name seperti contoh sebelumnya



Class name yang kita buat adalah robo1 dan robo2 dimana nantinya akan dipanggil ke dalam stage menggunakan script seperti berikut


import flash.display.MovieClip; //class otomatis ditambahkan pada CS5.5

Multitouch.inputMode = MultitouchInputMode.GESTURE;
stage.addEventListener(TransformGestureEvent.GESTURE_ZOOM, onZoom);
stage.addEventListener(TransformGestureEvent.GESTURE_ROTATE, onRotate);
stage.addEventListener(TransformGestureEvent.GESTURE_SWIPE, onSwipe);

var t:Timer = new Timer(1); //timer untuk animasi gerak
t.addEventListener(TimerEvent.TIMER, onTimer); 


var robot:MovieClip; //variable untuk movieclip robo
var pilihan:Number = 1;
var step:Number = 1;
//awal tampilan
robot= new robo1;
addChild(robot);
robot.x=160;
robot.y=240;




function onZoom(evt:TransformGestureEvent):void {
 
 
robot.scaleX *= evt.scaleX;
robot.scaleY *= evt.scaleY;
 
}

function onRotate(evt:TransformGestureEvent):void {
robot.rotation += evt.rotation;

}


//perlakuan terhadap hasil swipe ke animasi
 
function onTimer(event:TimerEvent):void{
robot.x -=5;
if(robot.x < (-robot.width/2)     )  {
 removeChild(robot);
    robot=null;
 if(pilihan == 1){
 robot=new robo2;
 pilihan=2;
 step=2;
 }
 else{
 robot=new robo1;
 pilihan=1;
 step=2;
 }
 
 addChild(robot);
 robot.x=350;
 robot.y=240;
}
if(step == 2 && robot.x <= 161){
 t.stop();
 step=1;
}

event.updateAfterEvent();
}
 
 


function onSwipe(evt:TransformGestureEvent):void {

 if(evt.offsetX == -1){
 
 t.start();

 
 }




}


Simple dan sangat powerful !! hanya itu kata yang dapat saya berikan kepada adobe air, dan hasilnya dapat dilihat pada video berikut :






Jangan lupa untuk membaca tutorial sebelumnya jika ingin melihat cara publish ke handheld android kamu. Source code untuk tutorial ini dapat di download disini

SELAMAT MENCOBA
Share:

Kontak Penulis



12179018.png (60×60)
+628155737755

Mail : ahocool@gmail.com

Site View

Categories

555 (8) 7 segmen (3) adc (4) amplifier (2) analog (19) android (12) antares (11) arduino (26) artikel (11) attiny (3) attiny2313 (19) audio (5) baterai (5) blog (1) bluetooth (1) chatgpt (2) cmos (2) crypto (2) dasar (46) digital (11) dimmer (5) display (3) esp8266 (26) euro2020 (13) gcc (1) iklan (1) infrared (2) Input Output (3) iot (68) jam (7) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (17) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (8) lain-lain (8) lcd (2) led (14) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) lora (11) MATV (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (70) micropython (6) mikrokontroler (1) mikrokontroller (14) mikrotik (5) modbus (9) mqtt (3) ninmedia (5) ntp (1) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (88) pcb (2) power (1) praktek (2) project (33) proyek (1) python (8) radio (28) raspberry pi (9) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (2) sharing (3) signage (1) sinyal (1) sms (6) software (18) solar (1) solusi (1) tachometer (2) technology (1) teknologi (2) telegram (2) telepon (9) televisi (167) television (28) transistor (2) troubleshoot (3) tulisan (93) tutorial (108) tv digital (6) tvri (2) vu meter (2) vumeter (2) wav player (3) wayang (1) wifi (3) yolo (7)

Arsip Blog

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika