"Kembali Ke Dasar Elektronika Digital ... "

Jumat, 02 Februari 2018

Siaran Piala Dunia Dalam Kualitas HD di 2018 - Negara lain sudah 4K lhoo



Gelaran empat tahunan para pecinta sepakbola sudah menunggu hitungan jari dan sudah terbayang akan waktu bergadang yg ditemani kopi serta kacang garing. Penulis menikmati momen 4 tahunan ini semenjak 1986 mexico saat maradona mengangkat piala dan masih teringat jelas penyiar TVRI bung sambas kala itu. Tahun berganti dan semakin banyak siaran sepak bola piala dunia yg disiarkan seiring bertambahnya team menjadi 32 team di tahun 1998 . Dahulu saja saat masih 24 team ada pertandingan yg berlangsung bersamaan (walau belum di akhir fase grup), jadi terasa enaknya di tahun "now" dimana hanya satu pertandingan dalam satu waktu. Bisa dihitung sehari bisa menonton 3 pertandingan !


Hak siar piala dunia semenjak era tv swasta selalu mengalami perubahan, dimulai sejak Italia '90 dimana TVRI merelakan slot beberapa pertandingan seru dimiliki oleh RCTI. Tahun 1994 - USA, siaran bola TVRI ditemani oleh RCTI dan SCTV serta beberapa pertandingan kurang seru di TPI dan ANTV. Secara kebetulan TPI bersiaran pagi di kanal TVRI sehingga mendapatkan jatah pertandingan "petang" dimana berlangsung pagi hari waktu Indonesia. 

Tahun 98 di perancis dibarengi lahirnya era internet dimana penulis sempat mengikuti pengarahan awal internet di kantorpos (wasantara net) dan website france98 mungkin menjadi website yg pertama kali penulis lihat. Dengan kejadian demo dan reformasi waktu itu dan kekacauan dimana-mana maka oleh pemerintah siaran sepakbola piala dunia disiarkan secara bersamaan oleh semua siaran TV yg mau menyiarkan. Jadi 1 pertandingan ada 5 s/d 6 TV menyiarkan bersama tanpa "acak" via parabola. Alhasil kerusuhan dapat diredam dengan sepakbola. 

Selanjutnya tahun 2002 korea jepang, RCTI membuat ulah dengan mengacak siaran digital nya melalui satelit akibat ketatnya aturan penyiaran oleh FIFA. Banyak kekecewaan di daerah yg blankspot RCTI dan mulailah era treking ke satelit lain yg menyiarkan secara gratis. Kabarnya di awal piala dunia 2002, ada beberapa bioskop di India yang me-relay siaran RCTI dan memutarnya di layar bioskop. Ini tentunya membuat geram Pay TV berbayar di negerinya shah rukh kan dan melakukan protes ke FIFA. 

Era High definition dimulai saat olimpiade 2004 di athena, penulis ingat ketika salah satu berita di TV mengambil siaran dari feed yg menuliskan logo olimpiade bersanding dengan logo HD. Germany 2006 mulailah piala dunia dengan standar HD dan di negeri jiran malaysia astro mulai beriklan tentang siaran HD di satelit measat generasi ke 3. Di Indonesia pemegang hak siarnya SCTV dan tak satupun disinggung mengenai siaran HD sampai ketika benar saja South Africa 2010 astro menampilkan 4 ch HD khusus piala dunia dengan berbagai sudut/angle, yaitu info, Match view, Team A view , Team B view ...woww...padahal RCTI masih aja dengan siaran beserta iklan yg super banyak dan membuat eneq....



Brazil 2014 penulis berharap siaran akan menjadi High Definition, dan benar saja K-Vision menyiarkan dalam format HD akan tetapi melalui siaran berbayar. Kekecewaan muncul ketika hasil penelusuran di forum-forum serta verifikasi resmi melalui lyngsat dot com, channel yg dibilang HD  ternyata masih berformat SD hanya saja menggunakan aspect ratio 16:9 , waduh kebangetan banget penipuannya dan benar saja beberapa tahun kemudian k-vision kena karma nya dan kondisinya hidup segan mati tak mau.



Kabar di tahun 2018 yang piala dunianya berlangsung di Rusia cukup mengembirakan, dengan dimilikinya Haksiar oleh TV yg sudah HD ready yaitu Trans TV dan Trans 7. Kedua TV ini memiliki siaran HD melalui layanan pay tv Transvision dan melalui digital teresterial DVB-T2 di kota-kota besar. Wah hanya kota besar dan berbayar lagi ... ahh tidak mengapa yg penting sudah ada yg benar-benar akan menyiarkan secara HD...uhuiii...padahal kalau dilihat FIFA secara resmi mengumumkan bahwa piala dunia 2018 akan di shoot menggunakan teknologi ULTRA HD / 4K ....ahhhhhh pusing ahh telat melulu negri kita ini.


Bagi anda yg berada di kota-kota atau daerah yg tidak memiliki siaran HD dari transmedia grup, kami bisa menyediakannya kok ...



Cukup dengan 1 juta rupiah saja, anda dapat berlangganan gratis 1 tahun...tunggu apalagi langsung order ke kami ya... 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Penulis



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

Site View

Categories

555 (6) 7 segmen (3) adc (3) amplifier (1) analog (9) android (11) attiny (1) attiny2313 (16) blog (1) bluetooth (1) cmos (2) crypto (2) dasar (35) display (2) gcc (1) infrared (2) Input Output (3) jam (6) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (12) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (2) lain-lain (8) lcd (2) led (9) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (48) mikrokontroller (1) mikrotik (4) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (8) pcb (2) project (33) proyek (1) radio (3) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (2) sms (5) software (16) tachometer (2) telepon (7) televisi (32) transistor (1) troubleshoot (3) tulisan (41) tutorial (69) vu meter (1) vumeter (1) wav player (3) wayang (1) wifi (1)

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika