"Kembali Ke Dasar Elektronika Digital ... "

Kamis, 08 Juni 2017

Software TOCIL : kasir untuk Toko Kecil





Melihat iklan di sebuah website membuat saya berpikir apakah tidak memberatkan jika harga semua perangkatnya 10 juta  untuk ukuran toko kecil ? Memang sih terdapat keunggulan yg dapat dihandalkan untuk minimarket sekelas indomaret atau yg lainnya karena ter-integrasi dengan system online. Wahh kalau toko kecil mungkin mubazir yak, akhirnya saya lihat software-software kasir yg di jual online di marketplace (tokopedia dan OLX) dan walahh ! harganya sangat murah..hanya 35 ribu saja !



Sebagai seorang developer software kelas teri, yaitu mengembangkan www.kasirpulsa.com  serta www.kasirlaundry.com  , harga di tokopedia menyiutkan nyali  saya untuk mengembangkan software kasir untuk toko, padahal banyak tawaran yg saya terima. Yahhh …saya harus jual berapa unit software jika bercita-cita ingin beli rumah ? hahahah.. tapi karena ber pengalaman membuat software-software “gratis” sebelumnya, dibulatkan tekad untuk mengembangkan (juga) software kasir toko kecil dengan MOTO:

“MANFAATKAN PERANGKAT YANG SUDAH ADA”


KEBUTUHAN PERANGKAT YANG MINIMUM

Sebagaimana dijelaskan bahwa software ini diperuntukkan untuk toko kecil jadi berusaha untuk tidak muluk-muluk membeli perangkat yg mahal , cukup siapkan saja perangkat yg umum ada di rumah seperti berikut ini :

-    1. Komputer /Laptop  minimum processor atom (win xp / 7/8/10) , hampir semua anak sekolah mempunyai laptop bukan ? yaa gunakan yang itu aja cukup kok
-        HP / Smartphone Android sebagai pembaca barcode . Siapa yg tidak punya smartphone android hari gini ?

-    2. Monitor ke dua untuk tampilan ke pembeli  serta iklan (optional). Jika dirumah ada TV LCD nganggur nahh bisa dipakai tuh..bisa juga jika dirumah ada HP atau Tablet Android yg nganggur bisa juga dipakai kok , tentunya ditambahkan stand/tripodnya yaa...



-          Printer Deskjet / Tinta , memang lebih kerennya menggunakan printer kasir /POS/Thermal. Karena ingin memanfaatkan barang-barang yg ada maka printer epson/canon/hp dan lain sebagainya. Bagaimana dengan kertasnya ? Gunakan aja kertas  A4 yg dibagi tiga memanjang  dan dapet dehh..contoh gambarannya seperti hasil printout berikut dimana kertas A4 bisa dibagi 3 (belum dipotong hanya sebagai ilustrasi lebar kertas)
               




PENEMPATAN PERANGKAT


Gambar diatas merupakan layout kasir yg ideal dan dapat digunakan sebagai acuan untuk pengaturan kasir di toko anda. Jadi karena prinsip “Gunakan Perangkat Yang Ada” maka jika diterjemahkan akan seperti ini layoutnya.



Penempatan perangkat ideal di meja kasir

Untuk mengurangi perkabelan, maka akan sangat ringkas jika menggunakan hubungan wifi antara Laptop ke smartphone scanner barcode maupun printer (apabila printer terdapat fasilitas wifi nya). 


PERHITUNGAN EKONOMIS

Penting untuk mengetahui berapa sih dana minimum (untuk kebutuhan perangkat )yg kira-kira dibutuhkan untuk dapat menggunakan software kasir toko kecil ini ? Jika dirasa berat maka sebaiknya jangan melanjutkan penggunaan software ini, tapi sekali lagi ikuti prinsip : GUNAKAN PERANGKAT YANG ADA.





TOTAL IDEAL (Layar ke dua TV/Monitor): Semua perangkat terpasang sesuai gambar ideal sebelumnya, dengan menggunakan layar ke pembeli berupa TV / Monitor LCD. Asumsi layar TV yg digunakan adalah ukuran 17 inch. Wifi router tidak dibutuhkan karena hubungan ke layar depan menggunakan kabel HDMI/VGA

TOTAL IDEAL (Layar ke dua Smartphone): Seting ini menggunakan layar smartphone untuk display ke pembeli (melalui software teamviewer) sehingga dibutuhkan router wifi. Asumsi perhitungan menggunakan router wifi tp-link.

TOTAL MINIMUM : Input kode barcode dilakukan secara manual melalui keyboard dan tanpa menggunakan layar kedua ke arah pembeli.

TOTAL BAGUS: Tanpa layar kedua dan menggunakan pembacaan barcode melalui wifi. Jika tanpa router maka menggunakan wifi AD-HOC / Hotspot tapi jika ingin tidak ribet maka cukup menambahkan wifi router.


Masih dirasa berat ? Jika tidak silahkan download Versi BETA ( testing) DISINI


Biar tambah tertarik, saya tampilkan gambar & Video biar tambah penasaran


Tampilan Kasir


Tampilan display ke pelanggan di smartphone


Scanner Barcode menggunakan smartphone






SELAMAT MENCOBA


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Langsung



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

ANTI SPAM !



Blog Ini Mendukung Blogger Indonesia Yang Jujur dan Memberikan Informasi Sebenarnya, Bukan Menyampah Demi $Rp$ Yang Hanya Merendahkan Blogger Indonesia

Site View

Categories

555 (6) 7 segmen (3) adc (3) amplifier (1) analog (9) android (11) attiny (1) attiny2313 (16) blog (1) bluetooth (1) cmos (1) dasar (31) display (2) gcc (1) infrared (2) Input Output (3) jam (6) jualan (10) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (9) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (2) lain-lain (8) lcd (2) led (9) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (48) mikrokontroller (1) mikrotik (4) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) pcb (2) project (33) proyek (1) radio (3) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (2) sms (5) software (16) tachometer (2) telepon (7) televisi (16) transistor (1) troubleshoot (3) tulisan (34) tutorial (67) vu meter (1) vumeter (1) wav player (3) wayang (1) wifi (1)

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika