"Kembali Ke Dasar Elektronika Digital ... "

Selasa, 02 Mei 2017

[Tutorial] Siaran Langsung Acara TV ke Youtube Menggunakan OBS




Mari kita lanjutkan hasil oprek software OBS dan Youtube streaming yg sering saya bahas belakangan, kali ini pembahasan berawal dari kesenangan saya menonton acara SUMO di NHK World Premium. Saya mulai menontonnya saat jaman TV kabel Astro Nusantara masuk ke Indonesia (2006) dan meng-gratiskan saluran NHK World Premium. Bayangkan saat itu di Indovision harus menambah package nya 150ribu . Apa yg saya sukai dari sumo adalah kegigihan berlatih mereka walau tujuannya hanya pertarungan 5 detik. Proses berlatih inilah yg selalu meng-inspirasi dalam setiap langkah saya, yaitu terus berlatih walaupun hasilnya belum tentu. Kenapa begitu ? Karena dari ribuan rikishi yg ikut berlatih, hanya puluhan yg sampai di level tertinggi dan tetap saja banyak yg terus berlatih keras ingin menjadi yg terbaik. Ingat rikishi (pesumo) itu gak boleh bekerja sambilan...tugasnya berlatih dan menjadi pelayan di "heya" atau sasana sumo. Uang darimana? Ya uang hadir saat rikishi mencapai level tinggi (juryo atau makuuchi).

Lalu apa hubungannya dengan TV dan Youtube ? Begini ..Tahun 2014 saya berlangganan TV kabel firstmedia dan ternyata paket untuk TV NHK world Premium terlalu mahal dan jadi kurang ekonomis karena saya butuh menonton sumo hanya 6 x setahun (dulunya nonton di TV tempat kerja jam 2-4 sore dan 2013 saya di PHK). Derita bertambah karena asosiasi sumo jepang menerapkan tarif bayaran live streaming yg sebelumnya gratis. Datanglah penyelamat saya yaitu channel youtube orang amrik yang tinggal di jepang namanya Jasson, yg akan mengupload pertandingan highlight sumo kira-kira minimal 2 jam setelah pertandingan selesai. Seperti ini nih rekaman youtubenya.



Sedikit primitive dapat dikatakan, rekaman dilakukan dengan i-pad yg diletakkan didepan TV dan akan terlihat bayangan dari lingkungan sekitar. Banyak yg memberikan saran menggunakan tools streaming termasuk saya menyarankan memakai OBS dan jasson akan selalu bilang " i'm a big bear with a brain size of a peanut". Hehehehe..ya udah mungkin karena kesusahan bagi jason jadi biarkanlah toh seru aja kadang liat bayangan dirinya saat live komen.


  

Bagi saya dan pembaca yg ingin melakukan kegiatan live streaming ke youtube dengan cara lebih bagus mungkin bisa membaca tulisan saya sebelumnya disini , dan jika ingin menampilkan siaran TV langsung ke youtube dapat menggunakan TV TUNNER seperti yg pernah saya bahas disini. Jadi sangat mudah dengan menggabungkan OBS dengan TV tuner maka siaran langsung ke youtube dapat dilakukan dan mungkin saja bisa anda tambahkan live komentator (sendiri) melalui webcam laptop. Dan keuntungan terpentingnya adalah youtube akan menyimpan live streamingnya secara OTOMATIS. Jadi tidak perlu mentransfer hasil rekamannya baru diupload ke youtube. Kira-kira contohnya seperti video live streaming saya berikut:


Namun ada sedikit warning ...HATI HATI TERHADAP SIARAN YG MENGANDUNG HAK SIAR. Jadi jangan live streaming siaran sepak bola ya...walau hanya Liga1 gojek-traveloka  pasti anda akan menerima teguran kalau di live streaming kan ke youtube. Jadi pilih-pilih acara yg sekiranya tidak menimbulkan permasalahan dikemudian harinya...seperti ini nih




AkKhirnya kita coba mengajukan penolakan ....




SELAMAT MENCOBA




Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Langsung



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

ANTI SPAM !



Blog Ini Mendukung Blogger Indonesia Yang Jujur dan Memberikan Informasi Sebenarnya, Bukan Menyampah Demi $Rp$ Yang Hanya Merendahkan Blogger Indonesia

Site View

Categories

555 (6) 7 segmen (3) adc (3) amplifier (1) analog (9) android (11) attiny (1) attiny2313 (16) blog (1) bluetooth (1) cmos (1) dasar (31) display (2) gcc (1) infrared (2) Input Output (3) jam (6) jualan (10) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (9) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (2) lain-lain (8) lcd (2) led (9) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (48) mikrokontroller (1) mikrotik (4) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) pcb (2) project (33) proyek (1) radio (3) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (2) sms (5) software (16) tachometer (2) telepon (7) televisi (16) transistor (1) troubleshoot (3) tulisan (34) tutorial (67) vu meter (1) vumeter (1) wav player (3) wayang (1) wifi (1)

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika