"Kembali Ke Dasar Elektronika Digital ... "

Jumat, 27 Mei 2016

Sebelum Salaryman Menjadi Wirausahawan



"Bakar kapalmu dan lompatlah ke air lalu berenanglah ke pulau tujuan ...  "



Ya ga bisa begitu juga kali ya main bakar-bakar kapal padahal kamu ga bisa berenang ! Walaupun bisa berenang jangan lupa kamu bisa dimakan hiu, kena sengatan ubur-ubur ...

Ketika masih menjadi salarymen atau pegawai kantoran, apalagi kantornya super nyaman (karena semi kerja magabut), ada kalanya membaca forum-forum bisnis atau blog entrepreneur membuat tersadar akan adanya dunia diluar sana yg memberikan kebebasan ber-usaha dengan iming-iming dapat menentukan kapan dan dimana ingin mendapatkan uang. Saya tidak pernah melewatkan tulisan-tulisan YOT di kaskus dan memang bagus sekali tulisan motivasinya. Apalagi ketika ditahun akhir milenia, muncul website yg menawarkan solusi "finasial" ala joko susilo dan sebelum era website buku-buku motivasi semacam tulisan robert kiyosaki dan kawan-kawan memenuhi rak pajangan di depan toko buku. Saya tersadar beberapa waktu kemudian setelah melihat fenomena ini, website dan buku mereka laris karena banyak yang ingin sukses atau kaya dan tidak tau harus belajar kemana dan kenapa saya tidak mengikuti cara ini saja, yaitu menjual "sukses bisnis for dummies " dengan 100 halaman bombastis atau website dengan testimoni abal-abal yang sangat mengiurkan ?

Kembali ke kenyataan, ketika menjadi salarymen uang akan masuk kantong tiap bulan dan itu sepertinya tidak akan pernah cukup berapapun gajimu dinaikkan tiap tahun. Benar lhoo, coba buktikan apakah kegiatan "mengeluh berjamaah" masih ada di pantry kantor ? Kalau ya berarti masih belum cukuplah gaji yg diberikan kantor ... walau sudah renumerasi 100% pun cicilan-cicilan yg harus dibayar membuat gaji bulanan terlihat cepat menguap sebelum tanggal 10. Lalu munculah cerita-cerita sukses teman diluar sana yang berbisnis dan kaya raya. Tertariklah dirimu dengan dunia bisnis lalu membaca blog formula bisnis dan membeli buku robrt kiyosaki. Wahh semakin pingin menjadi penulis dan penjual buku motivasi nihh...hihihihi

Lalu apa sih yang ingin dibagikan tulisan ini? Begini looo ....Kira-kira menjadi pengusaha menjadi karma bagi penulis, karena ada kata orang bijak  menyebutkan : "Apa yg kamu inginkan setidaknya telah menjadi doa mu ". Ya ...dahulu walau hidup nyaman bekerja kantoran, ada keinginan dari dalam diri,  menaruh surat resign di meja direktur ! Betapa hebatnya jika bisa ! Dan ternyata aku tidak bisa seperti itu. PHK lah yang membuat aku keluar dari zona nyaman itu. ALAMAKJANG ....harus bagaimana diriku ? Tapi show mas gogon ..eh show must go on ... Ya kapal sudah membuang ku ke air laut yang dingin !

Apa selanjutnya yang harus dilakukan, menjadi salarymen lagi ? Mungkin usia tak pernah bohong ketika level posisimu entah terlalu rendah atau terlalu tinggi di perusahaan lama, mungkin pertimbangan pemberi kerja akan berbeda ketika umurmu masih 25. Minta gaji tinggi pun kadang sulit jika harus bersaing dengan anak-anak muda. 

Berwirausahapun menjadi sulit karena salarymen tidak terdidik untuk itu. Walau penulis mempunyai bisnis melalui blog ini  tapi itu hanya bisa membantu dan cukup untuk menghidupi beberapa hari dan itupun tak tentu. Penyelamat datang dari koneksi-koneksi lama dan bisnispun dimulai. Cerita-cerita sukses yang saya baca dulu ketika masih jadi salarymen ternyata memang hanya omong besar, yang hanya ditujukan untuk menarik pembaca (atau pembeli software bisnis abal-abal) atau "Click bait" umpan pembaca fanpage di facebook.

Jadi apakah yg dibutuhkan seorang salarymen sebelum menjadi wirausaha ? mungkin daftar dibawah ini menjadi panjang jika dibahas, dan sebaiknya dibaca saja dan di terjemahkan sendiri.


DOA, MANAJEMEN UANG DAN WAKTU, RELASI PERTEMANAN, BISNIS SAMPINGAN YANG SEBIDANG, MEMBACA BUKU SELAIN BUKU MOTIVASI BISNIS, KARAKTER PRIBADI DAN MENTAL, KELUARGA YANG MENDUKUNG.


Selamat berpikir para salarymen ..semoga kamu sukses di karirmu sekarang dan ketika menjadi wirausaha sudah siap tentunya. 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Langsung



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

ANTI SPAM !



Blog Ini Mendukung Blogger Indonesia Yang Jujur dan Memberikan Informasi Sebenarnya, Bukan Menyampah Demi $Rp$ Yang Hanya Merendahkan Blogger Indonesia

Site View

Categories

555 (6) 7 segmen (3) adc (3) amplifier (1) analog (9) android (11) attiny (1) attiny2313 (16) blog (1) bluetooth (1) cmos (1) dasar (31) display (2) gcc (1) infrared (2) Input Output (3) jam (6) jualan (10) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (9) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (2) lain-lain (8) lcd (2) led (9) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (48) mikrokontroller (1) mikrotik (4) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) pcb (2) project (33) proyek (1) radio (3) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (2) sms (5) software (16) tachometer (2) telepon (7) televisi (16) transistor (1) troubleshoot (3) tulisan (34) tutorial (67) vu meter (1) vumeter (1) wav player (3) wayang (1) wifi (1)

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika