"Kembali Ke Dasar Elektronika Digital ... "

Minggu, 17 Agustus 2014

Hobby dan Karir yang Saling Menunjang




"...GAN ....kok jarang diupdate lagi nih blognya ? di kaskus juga kok sepi-sepi aja    ? ....."

Bila dilihat perkembangan blog ini dalam 1 tahun kebelakang memang sedikit saja postingan yang ditulis oleh saya. Ya karena saya merasa ilmu dasar sudah banyak saya tumpahkan dan bila pembaca rajin mengikuti dari awal maka saya rasa kemampuannya akan tidak jauh berbeda dengan apa yang saya miliki. Walau memang jumlah posting semakin sedikit dan jarang jarang akan tetapi pertanyaan yg masih banyak diajukan via email/sms/WA dll masih saya layani disela kesibukan. Lalu kemanakah saya ?



Foto diatas saya ambil  sekitar tahun lalu setelah timnas U-19 membantai timnas U-19 korea, dan benar juga keesokan harinya saya menerima surat pemutusan hubungan kerja dari bos korea saya. Walau fotonya hanya gurauan semata tapi cukuplah buat menghibur hati yang galau....kemanakah akan melangkah dengan uang pesangon yang tanggung ? Haruskah membuka warung nasi babi guling atau beternak itik dan lele dikampung ? Orang bijak pernah menulis...."bakarlah kapalmu agar tidak ada pilihan selain berenang ke pulau tujuan" ....ishhhh ini kapal terbakar dan tenggelam bersama-sama penumpangnya. Tapi pelampung yang bernama "Hobby Solder Menyolder" mengapungkan saya kearah yang dirasa akan menuju ke tujuan. 



Apa yang terjadi selanjutnya adalah jawaban dari rahasia tuhan 5 tahun sebelumnya. Pada tulisan terdahulu saya menjelaskan perjalanan dari lulus 2003, meninggalkan dunia solder sehingga tahun 2009 dan saat itu tuhan memberikan petunjuk bahwa saya harus meneruskan hobby lama ini.  Istri pun merasa heran kenapa saya kok kembali meringkuk di ruangan penuh kabel dan komponen berserakan, mengutak atik sampai larut malam. Ya namanya juga rahasia tuhan ya saya juga tidak tahu atau sadar dan hanya berusaha melakukan yg saya memang sukai sejak kecil sehingga terasa mudah. Dari memulai kembali perkenalan dengan AVR, microprocessor dan tidak lupa komponen diskrit dan yang lainnya, juga mengumpulkan tools penunjang, mencari resource dan tulisan2 elektronika sampai troubleshooting alat-alat elektronika....sekali lagi hobby tak akan membuatmu lelah.

Ketika bos-bos korea meninggalkan kota surabaya yang di tinggalkannya adalah harta karun berupa proyek lama yang mau tidak mau harus saya ambil. Begitu pula pelanggan dan klien lama masih mengandalkan kita untuk menangani perangkat mereka. Dengan "POWER OF KEFEFET" saya dan beberapa teman senasib membentuk suatu CV kecil yg bertugas menggantikan perusahaan yang lama....dan tentu saja proyek yg mungkin nilainya dianggap kecil oleh si korea (makanya mereka pergi) bagi kami ini adalah berkah yang lumayan menggiurkan. Lalu apa hubungannya dengan Hobby Solder Menyolder ?




Perangkat yg mereka tinggalkan ada yg perlu di repair dan karena hubungan ke korea terputus ya terpaksa harus di reparasi di lokal. Ya... "ini kesempatan baik" kata teman-teman seperjuangan dan saya yang "tukang solder" ditantang untuk memperbaiki barang yg dulunya hanya bisa kita sentuh luarnya dan tidak satu mur-baut pun boleh lepas ! Duhhh barang apa pula ini....apakah komponennya umum ? apakah processornya dapat di ganti ? Bagaimana dengan komponen SMD yang aneh-aneh ? Pusing kepala dibuatnya...sampai tidur tidak nyenyak. Sebagai orang normal tentunya perasaan menyerah di awal ini adalah penyakit yang harus dibasmi. Dengan bantuan seorang rekan yg mendorong saya dengan cara yang cukup aneh...dibawanya modul ini ke tukang servis tv dan ternyata berhasil jalan seperti normal kembali.!! 

MAK JANGGG....diriku tertegun dan ....terpaksa mengakui tukang servis tv itu problem solver ....yaaa ! yang diperlukan adalah kemampuan mencari komponen rusak, tanpa perlu mengetahui fungsi rangkaian nya secara keseluruhan. Wuihhhh...saya yg sarjana dan bekerja dibidang yg sama seharusnya saya tahu cara kerjanya komponen dan rangkaian pada modul ini ...dan tak berselang lama 1..2..3...dan banyak jenis modul yg saya berhasil perbaiki hanya dengan cara belajar teknik reparasi umum. Persetan dengan FPGA dan MicroProcessor yang ternyata sesuai dengan harganya yang mahal maka kehandalannya pun tidak diragukan, berbeda dengan komponen diskrit berharga murah yang kemungkinan rusaknya besar.



Bendera perusahaan kami semakin berkibar dengan menyebarnya kabar bahwa proyek peninggalan si korea bisa jalan dengan kemampuan anak bangsa sendiri. Beberapa tawaran repair modul lain pun hadir dan mungkin saya akan meninggalkan blog ini ....ooopppsss jangannn.....oke saya akan menghaluskan kata-kata saya dengan berjanji akan terus menulis bila ada waktu. Dan saya jamin tulisan saya akan mengilhami banyak orang Indonesia lainnya bahwa kita MAMPU mengerjakan apa saja asal sesuai bidang dan apalagi sesuai hobby dan menghasilkan . Iya tidak ?

Share:

4 komentar:

  1. Mantep gan, saya jadi lebih termotivasi untuk selalu menekuni bidang ini ,,,,,,, terima kasih

    BalasHapus
  2. Luar biasa mas, semangat untuk berkarya.

    BalasHapus
  3. sangat inspiratif, salam kenal gan, sesama tukang solder :D

    BalasHapus
  4. Tetap semangat pak,..semoga makin sukses selalu.

    BalasHapus

Kontak Langsung



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

ANTI SPAM !



Blog Ini Mendukung Blogger Indonesia Yang Jujur dan Memberikan Informasi Sebenarnya, Bukan Menyampah Demi $Rp$ Yang Hanya Merendahkan Blogger Indonesia

Site View

Categories

555 (6) 7 segmen (3) adc (3) amplifier (1) analog (9) android (11) attiny (1) attiny2313 (16) blog (1) bluetooth (1) cmos (1) dasar (31) display (2) gcc (1) infrared (2) Input Output (3) jam (6) jualan (10) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (9) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (2) lain-lain (8) lcd (2) led (9) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (48) mikrokontroller (1) mikrotik (4) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) pcb (2) project (33) proyek (1) radio (3) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (2) sms (5) software (16) tachometer (2) telepon (7) televisi (16) transistor (1) troubleshoot (3) tulisan (34) tutorial (67) vu meter (1) vumeter (1) wav player (3) wayang (1) wifi (1)

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika