"Kembali Ke Dasar Elektronika Digital ... "

Rabu, 08 Mei 2013

Komputer 8-bit : Revolusi yang berhasil membawa komputer ke "rumah"


Adalah mimpi dari beberapa penghobi elektronika yang tergabung pada club "HOMEBREW COMPUTER CLUB" di palo alto - california (yang kemudian menjadi silicon valley), mimpi itu adalah membawa komputer yang segede rumah dan hanya dimiliki oleh korporasi besar menjadi dapat dibawa kerumah. Hanya sebuah mimpi ketika suatu artikel pada majalah popular electronics ditampilkan pembahasan KIT elektronika yang dapat dibeli dan kemudian dirakit sebagai "Komputer 8-bit". Ketika pertemuan mingguan para kutu buku itu menjadi sangat riuh karena semua membicarakan tentang KIT ALTAIR 8800 buatan MITS pada tahun 1975. Mulailah mereka mendapatkan gambaran mimpi mengenai komputer rumah, walau hanya dapat mengerjakan program  dengan input berupa tombol toogle dan output berupa LED merah berjejer, tapi itulah komputer 8 bit pertama yang dapat menjalankan perintah berdasarkan bahasa pemrograman mesin seperti halnya komputer mainframe yang biasanya dapat disewa secara time-sharing terminal.




Saat itu seorang jenius bernama steve wozniak sedang mengerjakan beberapa proyek kalkulator di perusahaannya yaitu HP, atas bujukan steve job yang bekerja di perusahaan game ATARI mengajaknya untuk menjawab tantangan bos ATARI (yang pada saat itu ngetop dengan game PONG) untuk membuat game serupa pong yang bernama breakout, dengan tantangan merancang hardware dengan jumlah IC kurang dari 50. Saat itu steve wozniak memang sedang tertarik dengan game pong dan dia berhasil membuatnya sendiri pada pesawat TV dirumahnya dan kemudian berhasil membuat game breakout dengan ic yang kurang dari 50 buah. Woz juga (yang kemudian memiliki patent tentang menulis karakter di TV) berkreasi untuk membuat sebuah terminal yang dapat menghubungkan ARPANET (cikal bakal internet) via modem dengan pesawat televisi dan sebuah keyboard ASCII.


Sampailah berita bahwa ada seorang programmer bernama Bill Gates yang membuat bahasa BASIC pada ALTAIR dan mempersingkat proses pemrogramannya. Woz yang saat itu melihatnya mendapatkan sebuah ide brilian untuk menggabungkan alat terminal arpanet nya ke dalam sebuah komputer 8bit. Dan berkutatlah dia siang malam untuk membuat komputer pertama (yang memiliki keyboard dan layar monitor) dan steve jobs bertugas untuk menjualnya di toko elektronik. Awalnya mereka hanya menjual pada beberapa orang akan tetapi belum berbentuk rakitan, hanya berupa PCB tersolder yang kemudian oleh penjual ditoko diberikan power suply dan kotak / box yang terbuat dari kayu atau ada yang menaruhnya di dalam tas koper.


"Ini bisa dijual" kata steve jobs, tapi steve yang satunya mengatakan "belum sempurna". Dan memang akhirnya woz berhasil menyempurnakannya menjadi sebuah komputer "color" yang tak ada tandingannya saat itu yaitu APPLE II. Wah ...mereka kaya...steve jobs yang berjiwa bisnis berhasil mendatangkan investor, woz merancang software dasar dan 5 tahun kemudian APPLE INC menjadi perusahaan FORTUNE 500 dengan harga saham yang terus merangkak naik. Luar biasa ...





Apple II merupakan komputer 8 bit pertama dambaan setiap orang pada masanya. Dengan bundling software yang sangat revolusioner yaitu VISICALC (mbahnya excel - spreadsheet), penjualan bak kacang godog di layar tancap. Walau pesaing bermunculan seperti Commodore PET, Radio shack TRS -80, dan yang paling berat adalah ketika raksasa komputer IBM mengeluarkan IBM PC, tetap saja APPLE II memiliki penjualan yang fantastis sampai akhir era 80-an. 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Langsung



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

ANTI SPAM !



Blog Ini Mendukung Blogger Indonesia Yang Jujur dan Memberikan Informasi Sebenarnya, Bukan Menyampah Demi $Rp$ Yang Hanya Merendahkan Blogger Indonesia

Site View

Categories

555 (6) 7 segmen (3) adc (3) amplifier (1) analog (9) android (11) attiny (1) attiny2313 (16) blog (1) bluetooth (1) cmos (1) dasar (31) display (2) gcc (1) infrared (2) Input Output (3) jam (6) jualan (10) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (9) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (2) lain-lain (8) lcd (2) led (9) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (48) mikrokontroller (1) mikrotik (4) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) pcb (2) project (33) proyek (1) radio (3) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (2) sms (5) software (16) tachometer (2) telepon (7) televisi (16) transistor (1) troubleshoot (3) tulisan (34) tutorial (67) vu meter (1) vumeter (1) wav player (3) wayang (1) wifi (1)

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika