"Kembali Ke Dasar Elektronika Digital ... "

Selasa, 19 Maret 2013

Bob Noyce - Perintis silicon valley yang terlupakan



Robert "BOB" Noyce - The "PODFATHER"


Anda mungkin lebih mengenal Bill Gates dan Steve Jobs atas kreasinya membuat komputer menjadi milik "pribadi". Atau dalam era saat ini nama Mark Zuckerberg  dan Larry Page menjadi nama umum yang harus dihapalkan oleh anak SD. Pernahkah anda berpikir bahwa orang-orang yang saya sebut ini merupakan pioneer dalam bidang yang cenderung ke pengembangan aplikasi  software saja, dan siapa kah yang mempelopori semuanya dibagian elektronika? Salah satu nama yang akan disepakati semua insinyur elektronika adalah Robert "Bob" Noyce. Dialah fisikawan penemu Integrated Circuits (IC) dan kemudian mengembangkan Intel dengan produk revolusioner "MicroProcessor".

Setelah lulus dari MIT dan bergelar PhD , bob melamar untuk bekerja pada Laboratorium Shockley sebagai peneliti. William Shockley adalah penerima nobel atas penemuannya (bersama John Bardeen dan Walter Brattain) pada bidang Transistor. Saat bob masuk ke lab, dunia sedang digairahkan oleh pengembangan teknologi transistor germanium dan bob menjadi insinyur yang terdepan. Akan tetapi kekecewaan terhadap pola kerja serta keangkuhan dari Shockley membuat bob dan 8 orang temannya keluar dari shocklye lab dan mendirikan FAIRCHILD pada tahun 1957. 

Fairchild Electronics didirikan di sebuah lembah di bagian kalifornia  utara dan merupakan bagian dari Fairchild company yang berpusat di NewYork. Ke 8 anak muda yang dianggap penghianat oleh shockley menerapkan sistem perusahaan non-hirarki, tanpa atasan dan bawahan , semua pegawai sama dan masing-masing dibayar sesuai kemampuan dan prestasi. Lingkungan inilah yang menjadi model yang mempelopori beribu-ribu industri IT di silicon valley pada dekade selanjutnya. Dan hasilnya tidak mengecewakan ketika bob noyce dan rekan-rekannya di fairchild berhasil membuat rangkaian diskrit (komponen tunggal yang disusun pada pcb)  menjadi sebuah miniatur pada wafer silikon dengan fungsi sama namun kecepatan dan konsumsi daya yang tidak ada bandingannya.


kiri: Building Block dari komputer menggunakan komponen diskrit  kanan: Integrated Circuit


Penemuan noyce selanjutnya berhubungan dengan FET transistor, kemudian ketika mencapai puncak karir di  Fairchild, bob bersama Gordon More mendirikan Intel. Project Intel yang terkenal adalah microprocessor, yang pertama kali mereka ciptakan untuk perusahaan kalkulator asal jepang bernama Busicom. Microprocessor yang dimaksud adalah Intel 4004 yang diklaim sebagai microprocessor pertama yang dijual ke publik. Dan seperti kotak pandora yang terbuka maka lahirlah generasi integrated circuit (IC) yang berkembang terus menurut hukum Moore yang menyatakan bahwa jumlah transistor yang dapat dimiliki oleh microprocessor akan berkembang berlipat ganda dalam periode 2 tahun.



Dengan perkembangan microprocessor-lah kemudian komputer pribadi dan perangkat lunak didalamnya menjadi industri yang sangat besar. Banyak perusahaan di silicon valley hidup lalu mati dan hidup kembali dengan semangat yang selalu seperti yang diinginkan bob yaitu bersainglah dengan siapapun. Bob meninggal tahun 1990 dan mungkin akan dilupakan orang dan memang akan selalu berulang seperti ini di silicon valley sampai banyak dari mereka jatuh karena melakukan kesalahan yang sama.


-disari dari BBC documentary The Podfather-
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Langsung



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

ANTI SPAM !



Blog Ini Mendukung Blogger Indonesia Yang Jujur dan Memberikan Informasi Sebenarnya, Bukan Menyampah Demi $Rp$ Yang Hanya Merendahkan Blogger Indonesia

Site View

Categories

555 (6) 7 segmen (3) adc (3) amplifier (1) analog (9) android (11) attiny (1) attiny2313 (16) blog (1) bluetooth (1) cmos (1) dasar (31) display (2) gcc (1) infrared (2) Input Output (3) jam (6) jualan (10) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (9) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (2) lain-lain (8) lcd (2) led (9) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (48) mikrokontroller (1) mikrotik (4) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) pcb (2) project (33) proyek (1) radio (3) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (2) sms (5) software (16) tachometer (2) telepon (7) televisi (16) transistor (1) troubleshoot (3) tulisan (34) tutorial (67) vu meter (1) vumeter (1) wav player (3) wayang (1) wifi (1)

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika