Semua Tentang Belajar Teknologi Digital Dalam Kehidupan Sehari - Hari

  • IC Timer 555 yang Multifungsi

    IC timer 555 adalah sirkuit terpadu (chip) yang digunakan dalam berbagai pembangkit timer, pulsa dan aplikasi osilator. Komponen ini digunakan secara luas, berkat kemudahan dalam penggunaan, harga rendah dan stabilitas yang baik

  • Ayo Migrasi TV Digital

    Kami bantu anda untuk memahami lebih jelas mengenai migrasi tv digital, apa sebabnya dan bagaimana efek terhadap kehidupan. Jasa teknisi juga tersedia dan siap membantu instalasi - setting perangkat - pengaturan antena dan distribusi televisi digital ke kamar kos / hotel

  • Bermain DOT Matrix - LOVEHURT

    Project Sederhana dengan Dot Matrix dan Attiny2313. Bisa menjadi hadiah buat teman atau pacarmu yang ulang tahun dengan tulisan dan animasi yang dapat dibuat sendiri.

  • JAM DIGITAL 6 DIGIT TANPA MICRO FULL CMOS

    Jika anda pencinta IC TTL datau CMOS maka project jam digital ini akan menunjukkan bahwa tidak ada salahnya balik kembali ke dasar elektronika digital , sebab semuanya BISA dibuat dengan teknologi jadul

  • Node Red - Kontrol Industri 4.0

    Teknologi kontrol sudah melampaui ekspektasi semua orang dan dengan kemajuan dunia elektronika, kini semakin leluasa berkreasi melalui Node Red

Kamis, 10 Juni 2021

DRM - Digital Radio Mondiale - Upgrade Teknologi Radio SW/MW/FM ke Digital


DRM - digital radio  mondial adalah radio yang dirancang ulang untuk semua pendengar setia radio diseluruh dunia.  Ini adalah bagian dari komunikasi digital di seluruh dunia, dirancang sebagai pengganti secara digital berkualitas tinggi untuk siaran radio analog. Dengan radio digital drm, standar infrastruktur radio yang ada dapat dimodernisasi untuk menawarkan lebih banyak layanan kepada pendengar.



Dengan  melakukan investasi di teknologi ini,  drm menawarkan manfaat besar misalnya konten yang jauh lebih kaya dan lebih baik untuk semua orang serta menggunakan lebih sedikit energi. Radio digital mondial menawarkan radio digital untuk semua, jadi bagaimana kita bisa mendigitalkan seluruh negara? 

Mari kita bayangkan sebuah negara bernama integria dengan kota dan desa pegunungan dan gurun imajiner ini negara mungkin sedikit seperti negara kamu sekarang  yang memiliki 25 juta penduduk. Digitalia adalah ibu kotanya berpenduduk6 juta orang, umumnya adalah pusat perdagangan dan pusat perbankan. 



Ada juga dua kota menengah lainnya dan kota-kota di barat beberapa kota semi-otonom di selatan dan wilayah hutan besar yang membagi negara. Ada lokasi pertanian penting dan pedesaan dimana populasi tersebar di wilayah yang luas. Integria negara berukuran sedang ini dengan PDB terbatas memiliki banyak tantangan komunikasi bagaimana menyediakan informasi, berita hiburan dan pendidikan untuk seluruh penduduk. Bagaimana memperingatkan orang tentang bahaya dan bencana, baik itu buatan manusia atau bencana alam. 

Saat ini integria memiliki terintegrasi jaringan penyiaran radio menggunakan gelombang menengah gelombang pendek dan fm transmisi yang dapat diterima oleh kebanyakan orang di banyak tetapi tidak semua wilayah negara yang disebut penyiar layanan publik radio nasional 'NR' menggunakan satu pemancar gelombang pendek SW jadul dan tiga pemancar gelombang menengah MW yang menutupi sebagian besar daerah pedesaan.



Di kota terdapat beberapa stasiun fm berdaya rendah tetapi biaya mahal memberikan campuran konten berita dan info trafik dalam beberapa bahasa daerah dan dialek tapi sinyal mereka tidak menjangkau jauh melampaui batas kota. Jadi fm mencakup sekitar 15 persen dari populasi dan gelombang sedang 80 sedangkan desa-desa di kawasan hutan besar tidak mendapatkan cakupan apapun.

Namun orang-orang di daerah pedesaan ingin lebih banyak radio dalam bahasa daerah untuk lebih banyak jam dalam sehari. DRM adalah satu-satunya sistem radio digital yang merangkul semua pita frekuensi radio yang saat ini digunakan dan dapat membantu meningkatkan layanan radio untuk negri Integria. DRM dapat menawarkan cakupan nasional dan internasional secara penuh ke penyiaran publik integria. Juga dapat menawarkan layanan radio kepada komunitas stasiun yang lebih kecil untuk kebutuhan pendengar lokal di kota kecil dan desa.

Drm memungkinkan penyiar untuk mentransmisikan hingga tiga siaran radio yang berbeda dari satu pemancar tunggal sehingga Anda dapat memiliki lebih banyak variasi konten radio. Jadi rencana untuk memigrasikan sistem analog saat ini ke digital dalam integria menjadi satu opsi bagus, membuat atau meningkatkan / upgrade ke pemancar DRM ke pemancar radio SW gelombang pendek yang sudah ada dan dapat mencakup seluruh integria.




Opsi tambahan kedua adalah mengupgrade pemancar radio AM MW gelombang menengah yang sudah ada  hanya untuk cakupan regional masing-masing.  Pemancar dapat membawa hingga tiga siaran radio sehingga isinya bisa lebih kaya lebih bervariasi dan di daerah dengan bahasa daerah atau dialek khusus. Pemancar gelombang menengah yg dialihkan gelombangnya ke drm dapat memberikan cakupan yang sama tetapi menggunakan hingga hingga 50 persen lebih sedikit daya daripada radio analog.

Itu lumayan banyak juga penghematan energinya. Pilihan lebih lanjut adalah mendigitalkan stasiun radio fm di ibu kota dan di bagian lain negara. Stasiun fm komersial atau didanai negara juga bisa mendapatkan keuntungan dari drm dengan lebih banyak konten dalam lebih banyak bahasa.

Fleksibilitas DRM untuk ketiga skenario digitalisasi ini dapat  digabungkan untuk menjangkau semua warga integria.



Yuk simak manfaat tambahan drm,  bukan hanya audio saja karena drm radio juga memiliki layar dan drm dapat menyediakan data bersama dengan siaran audio. Data berarti teks dan gambar, dari peta ke rumus matematika dan pelajaran lainnya, hasil pertandinga olahraga langsung dan bisa di berbagai bahasa dan penting juga untuk peringatan darurat jika terjadi bencana.


Drm memberikan kesempatan untuk stasiun radio digital manajer untuk menggunakan saluran data ini untuk membuat sesuatu yang baru sebagai pendapatan. Singkatnya radio digital mondial drm, menggunakan energi hijau ( Green Energy ), fleksibel dan memberikan akses informasi universal sehingga seluruh negara dapat terhubung dan setiap murid dan siswa integria dapat diberikan pendidikan bahkan di daerah terpencil tanpa  akses internet.


DRM di Indonesia




Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan pengukuran evaluasi uji coba dan pengukuran teknologi Digital Radio Mondiale (DRM) di wilayah Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat.


"Kegiatan hasil kerja bersama Direktorat Penataan Sumber Daya dan 3 unit pelaksana teknis (UPT) Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo serta  Radio Republik Indonesia (RRI) serta Balai Diklat RRI itu dilakukan untuk  persiapan implementasi radio digital. 


"Kegitaan berlangsung Kamis  (23/07/2020) minggu lalu. Pemilihan lokasi di Pelabuhan Ratu, karena wilayah tersebut memiliki potensi terjadinya bencana alam," tutur Direktur Penataan Sumber Daya Ditjen SDPPI, Denny Setiawan di Jakarta, Senin (27/7/2020).


Menurut Direktur Denny, DRM merupakan standar teknologi radio siaran digital yang telah mendapatkan rekomendasi dari International Telecommunication Union (ITU). "Selain berfungsi sebagai teknologi radio siaran digital, DRM juga memiliki fitur Emergency Warning Functionality (EWF) sebagai media sistem peringatan dini kebencanaan," jelasnya.

DRM dapat menjadi solusi atas kebutuhan kanal frekuensi radio untuk keperluan radio siaran, baik di pita frekuensi radio MF, maupun VHF Band 2. Secara umum, setiap kanal frekuensi radio DRM dapat menampung sampai empat program siaran full audio, atau tiga program siaran (audio) beserta text data (dapat dimanfaatkan sebagai media berita, iklan, informasi publik, dan sebagainya).

Sebagai sebuah standar teknologi digital, DRM memberikan efisiensi di sisi penggunaan energi listrik maupun penggunaan spektrum frekuensi radio. Selain itu, sebagai teknologi digital, DRM dapat dimanfaatkan untuk menjangkau cakupan lebih luas dengan menggunakan teknik Single Frequency Network (SFN).

Menurut Denny Setiawan, pengaturan penggunaan pita frekuensi radio ini tidak sebatas diatur oleh regulasi di Indonesia. "GE75 telah membuka kemungkinan penggunaan teknologi digital, dimana dalam hal ini DRM dapat dimanfaatkan pada pita frekuensi radio MF dengan menggunakan bandwidth yang sama dengan analog (AM). Dengan kemampuannya sebagai digital, DRM dapat menjadi solusi terhadap kebutuhan kanal radio siaran di pita frekuensi radio MF," ungkapnya.


Dua Hari Pengukuran



Pengukuran dilaksanakan selama dua hari, yaitu 23 s.d. 24 Juli 2020. Hari pertama, dimulai dengan enam titik Test Point (TP) TP1 di Pantai Karang Hawu, TP2 Pantai Karang Papak, TP3 Pantai Kadaka, TP4 Vihara Nam Hay Kwan Se Im Pu Sa , TP5 Pantai Batu Bintang dan TP6 Pantai Loji.

Keenam lokasi test point dimaksud diperoleh berdasarkan hasil simulasi komputer prediksi cakupan radiasi dari pemancar analog FM 1 kWatt yang telah beroperasi dengan ketinggian antena 40 meter di atas permukaan tanah. Keenam lokasi tersebut merupakan ujung dari titik 66 dBuV/m dan 54 dBuV/m.

Sebelum dilaksanakan pengukuran, dilakukan kalibrasi perangkat ukur oleh masing-masing UPT. Pengukuran bertujuan untuk mengevaluasi secara teknis pancaran DRM dan fitur-fitur yang dapat disiarkan melalui pemancar DRM seperti Journaline.

Pengukuran hari kedua, dilaksanakan berpusat di Plasa Telkom tempat transmitter DRM berada, mengukur side by side antara Analog-Digital dan Digital-Digital. Dilanjutkan kemudian dengan rapat evaluasi hasil pengukuran yang dilaksanakan sebelumnya.

Berdasarkan hasil pengukuran lapangan diperoleh hasil cakupan 1 kWatt FM di enam test point dapat dilayani oleh DRM dengan daya pancar hanya 50 Watt, dengan kualitas audio DRM baik. Pada pengujian simulcast 1 kWatt dan 800 Watt dengan jarak spasi 150 kHz antara frekuensi tengah FM dan DRM, hasil pengukuran tidak menemukan interferensi antara FM dan DRM. Kualitas audio FM dan DRM sama-sama baik, namun kualitas suara DRM lebih baik dibanding FM.

Pengukuran DRM vs DRM dilakukan di Plasa Telkom. Dari hasil pengukuran didapatkan bahwa tidak terjadi interferensi antar DRM dengan spasi frekuensi tengah 100 kHz. Kualitas audio kedua radio DRM sama-sama baik.

Hasil pengujian lapangan konsisten dengan ITU-R Recommendation BS.1114 dan BS.1660. Pengukuran berikutnya dijadwalkan akan dilaksanakan di RRI pusat Jakarta pada Agustus 2020.

Tantangan umum dalam penerapan sebuah teknologi digital yaitu ketersediaan ekosistemnya. Dalam hal ini, secara khusus adalah perangkat penerima (receiver). Receiver dari teknologi DRM diharapkan dapat tersedia baik dalam bentuk car head unit, portable receiver, USB dongle, maupun sebagai embedded module di smartphone.



Share:

Team Kuda Hitam di Euro 2020. Akankah Keajaiban Yunani Terjadi di 2021 ?

Perhelatan Euro 2020 hanya tinggal hitungan jari lagi, situs Stats Perform meramalkan empat kuda hitam potensial yang mungkin meniru kemenangan mengejutkan Yunani di Euro 2004.  Namun jika anda mempunyai kendala menonton siaran langsung Tim kesayangan anda, ayo segera beralih ke TV digital dan parabola. Diamin tak akan kecewa mendukung kesebelasan anda dengan gambar yg jernih dan berkualitas HD.



Pesta akbar sepakbola di benua Eropa yang sempat tertunda 1 tahun akibat pandemi, kini akan segera hadir dan kesempatan untuk menjadi juara hanya tinggal hitungan hari.

Terdapat beberapa langganan tim yang menjadi favorit banyak orang, dengan skuad Prancis yang tampaknya lebih kuat dari sebelumnya, Portugal dengan grup pemain bertalentanya dan Inggris yang terlihat bagus saat mereka berusaha untuk mengakhiri penantian panjangnya untuk kesuksesan internasional.




Demikian pula dengan Italia dan Belanda yang kembali ke panggung setelah kehilangan kualifikasi turnamen dalam beberapa waktu lalu, serta Jerman yang bertekad bangkit dari penghinaan Piala Dunia terakhirnya.

Die Mannschaft tersingkir dari babak penyisihan grup Piala Dunia untuk pertama kalinya oleh Korea Selatan tiga tahun lalu, dan Joachim Low tentunya sangat bersemangat untuk mengembalikan martabat Tim Panser dalam turnamen terakhirnya sebagai pelatih.

Tapi mampukah piala bergengsi ini benar-benar diangkat oleh salah satu tim yang tidak difavoritkan? Sebagai contoh, bagaimana kita semua mengingat kemenangan luar biasa Yunani pada tahun 2004.

Dengan pemikiran itu, situs Stats Perform telah mengidentifikasi beberapa kuda hitam potensial menjelang turnamen.



Turki – Grup A


Pemain kunci: Burak Yilmaz

Pemain yang wajib ditonton: Abdulkadir Omur


Wajar untuk mengatakan bahwa Turki adalah tim yang membuat penasaran dalam sepak bola internasional. Mereka berhasil mencapai semifinal sebanyak dua kali – dan berada di urutan ketiga pada kedua kesempatan tersebut – dari tiga turnamen besar terakhir mereka, cukup mengesankan, tetapi peringatannya adalah bahwa trio kualifikasi itu berlangsung pada 2002-2018.

Euro 2020 akan menjadi penampilan turnamen besar keempat mereka dari kemungkinan 11 pada abad ini di Kejuaraan Eropa dan Piala Dunia, dan mereka harus menelan pil pahit di Euro 2016 karena tersingkir di babak penyisihan grup.

Namun ada alasan untuk optimis di turnamen kali ini, mengingat banyaknya jumlah pemain berbakat yang mereka miliki masih tergolong muda – rata-rata usia mereka adalah 25 tahun atau yang terendah di turnamen, dan akan lebih rendah lagi jika tanpa kehadiran Burak Yilmaz yang berusia 35 tahun.


Penyerang bertubuh kekar itu membuktikan akan keraguan pada dirinya dalam debut Ligue 1-nya bersama Lille, 16 gol dan lima assistnya membantu mereka meraih gelar yang hampir tidak mungkin diraih. 21 keterlibatan gol langsung itu menempatkannya enam di atas pemain Lille lainnya, dan pengalamannya juga membantu tim Les Dogues yang sebagian besarnya dihuni oleh pemain muda.

Yilmaz menjadi pemain pertama yang mencetak setidaknya 15 gol di musim pertamanya bersama Lille di Ligue 1 sejak Moussa Sow pada 2010-11 (25), sementara gol penaltinya di Angers di pekan terakhir membawanya memecahkan rekor gol terbanyak yang dicetak oleh pemain Turki dalam satu musim, yang dibuat oleh Mevlut Erdinc pada 2009-10.

Rekan setim Yilmaz di Lille Zeki Celik dan Yusuf Yazici – yang terakhir disebutkan telah mencetak 14 gol bagi klub di semua kompetisi 2020-21 dari lini tengah – juga hadir bersama timnas Turki, sementara kehadiran Hakan Calhanoglu akan menawarkan kreativitas yang terjamin.

Playmaker AC Milan itu menciptakan peluang paling banyak di Serie A (98) pada musim 2020-21, sementara sembilan assistnya berasal dari xA (expected assists = assist yang diharapkan) dengan nilai 8,5, menunjukkan bahwa jarak itu berasal dari konsistensi ketimbang keberuntungan.





Bukan hanya itu, Turki juga terlihat solid di lini belakang pada babak kualifikasi, kebobolan tiga gol mereka dalam 10 pertandingan adalah rekor terbaik bersama Belgia, dan tiga gol sundulan oleh Kaan Ayhan dalam perjalanan ke Euro tidak bisa dikalahkan oleh siapa pun, yang berarti pengiriman bola mati Calhanoglu bisa menjadi aset yang nyata.

Senol Gunes kembali memimpin Turki setelah membimbing mereka ke tempat ketiga di Piala Dunia 2002, dan ia mungkin tidak akan menyukai kekecewaan lainnya 19 tahun kemudian.



Ukraina – Grup C


Pemain kunci: Ruslan Malinovskiy

Pemain yang wajib ditonton: Illya Zabarnyi


Ukraina adalah tim yang kurang berprestasi - jangka panjang pada tingkat ini. Mereka gagal mencetak gol dalam lima pertandingan terakhirnya di Kejuaraan Eropa, rekor tanpa gol terpanjang dalam sejarah turnamen.

Faktanya, tidak satu pun dari 67 tembakan terakhir Ukraina yang berakhir di belakang gawang. Ditambah lagi dengan fakta bahwa pelatih mereka Andrey Shevchenko adalah satu-satunya pemain yang mencetak gol untuk mereka di Euro (dua gol melawan Swedia pada 2012), menyoroti masalah terbesar mereka selama sembilan tahun terakhir: mencetak gol.




Sementara pemain seperti Andriy Yarmolenko dan Yevhen Konoplyanka – yang terakhir disebutkan tidak masuk dalam skuad karena cedera – memiliki catatan bagus, Ukraina tidak memiliki ancaman gol yang dapat diandalkan di posisi striker tengah praktis sejak Shevchenko pensiun.

Namun, pada diri penyerang KAA Gent Roman Yaremchuk mereka akhirnya menemukan jawaban yang tepat. Pemain berusia 25 tahun itu akan menuju turnamen dengan catatan musim terbaiknya dalam mencetak gol, dengan raihan 20 gol di liga papan atas Belgia.

20 gol itu berasal dari xG (expected goals - gol yang diharapkan) dengan nilai 18,2, jadi meskipun ia mungkin beruntung sekali atau dua kali, dirinya masih mendapatkan tangkapan yang bagus dan menunjukkan keandalannya di depan gawang.

Ruslan Malinovskyi yang berkostum Atalanta BC adalah pemain menarik lainnya. Sesuatu yang terlambat berkembang, gelandang tengah berbakat itu telah menjadi bagian penting dari tim Nerazzurri yang luar biasa musim ini.

12 assistnya di Serie A musim ini jauh lebih tinggi daripada 6,7 xA, menunjukkan umpan-umpannya sangat menguntungkan untuk penyelesaian di depan gawang, dan angka xA tersebut hanya diungguli oleh enam pemain.


*nilai xG menandakan kualitas sebuah peluang

*nilai xA menandakan kualitas sebuah operan


Demikian pula dengan 57 umpan kuncinya dalam permainan terbuka, berada di urutan kedua setelah Luis Alberto (59), namun perlu diingat bahwa Malinovskiy sebenarnya hanya memulai 22 pertandingan.



Republik Ceko – Grup D


Pemain kunci: Tomas Soucek

Pemain yang wajib ditonton: Adam Hlozek


Di Euro 2016, Republik Ceko hanya berhasil mendapatkan satu poin dan gagal melewati babak penyisihan grup, akan ada banyak orang yang memperkirakan mereka tersingkir dengan cara yang sama lagi.

Namun demikian, mereka adalah negara dengan sejarah yang kuat dalam kompetisi, mengingat ini adalah penampilan ketujuh beruntun mereka di Euro, hanya Jerman (13) dan Prancis (delapan) yang bisa lebih baik.

Grup D juga memberikan mereka peluang tersebut, grup di mana Inggris diperkirakan akan finis di puncak. Kroasia secara umum tidak terlihat sebagai kekuatan yang sama seperti di Piala Dunia terakhir, dan Skotlandia, meskipun memiliki beberapa pemain berbakat, namun tidak berpengalaman di kompetisi semacam ini.





Area yang terbukti sangat berguna bagi Republik Ceko dalam grup yang cukup ketat ini adalah kekuatan bola mati mereka. Tujuh dari 13 gol mereka di babak kualifikasi dicetak melalui set-play (taktik bola mati) – sebanyak 54 persen, rasio gabungan tertinggi dari semua tim yang lolos.

Namun, itu bukan satu-satunya senjata mereka. Mereka juga memiliki individu-individu berbakat dalam skuad seperti Jakub Jankto dan Patrik Schick, Tomas Soucek sang pekerja keras – yang memenangkan lebih banyak duel (termasuk duel di udara) daripada pemain Premier League lainnya pada musim 2020-21 – dan penjaga gawang yang keras dalam diri Tomas Vaclik.

Republik Ceko juga memiliki semacam wildcard di tengah-tengah mereka: Adam Hlozek.


Meski melewatkan sebagian musim karena cedera, Hlozek yang bermain untuk Sparta Praha masih berhasil menjarah 15 gol Liga hanya dalam 19 pertandingan, dan pada bulan April lalu, ia menjadi pencetak hat-trick termuda di kompetisi tersebut dengan treble-nya ke gawang Opava.

Dia kemudian menyelesaikan musim dengan empat gol yang menakjubkan ke gawang Zbrojovka Brno untuk membawa dirinya menjadi top skor bersama (Jan Kuchta) di liga dengan 15 gol dan membukukan enam assist atas namanya. Pemain berusia 18 tahun ini adalah striker yang lengkap dan bisa menjadi bintang potensial untuk Republik Ceko jika ia dapat mengatasi cedera pra-turnamen.



Polandia – Grup E


Pemain kunci: Robert Lewandowski

Pemain yang wajib ditonton: Kacper Kozlowski


Situasi Polandia dalam grup bisa dikatakan sangat mirip dengan Republik Ceko. Spanyol diperkirakan akan memuncaki Grup E, sementara tiga tim lainnya, Polandia, Swedia dan Slovakia akan cukup sulit untuk ditebak.

Kemudian, posisi runner-up akan mengamankan pertandingan putaran kedua dengan tim yang berada di urutan kedua pada Grup D, yang diperkirakan adalah Republik Ceko. Sangat masuk akal bahwa salah satu dari mereka bisa mencapai perempat final berkat hasil undian yang relatif 'bersahabat'.

Tentu saja, ada banyak variabel yang perlu dipertimbangkan sebelum dan di sepanjang jalan, tetapi Polandia memiliki keuntungan yang bisa dikategorikan sebagai striker terbaik dunia dalam skuad mereka.





Tidak dapat dipungkiri bahwa Robert Lewandowski hanya mencetak satu gol dalam 10 pertandingan terakhirnya di kompetisi besar (Piala Dunia dan Euro), mencetak gol melawan Portugal di perempat final Euro 2016, tetapi ia akan menuju ke turnamen ini setelah menyelesaikan musim yang luar biasa.

41 gol bintang Bayern Munich di Bundesliga berhasil memecahkan rekor yang dipegang lama oleh Gerd Muller dengan raihan 40 gol dalam satu musim. Penghitungan terbaik berikutnya di lima liga top Eropa pada 2020-21 membuat Lionel Messi tertinggal jauh di belakang dengan 30 gol.

Lewandowski juga memimpin di Eropa dalam hal gol yang diharapkan (expected goals) – peluangnya senilai 32,2 xG – dan gol yang diharapkan tepat sasaran (Expected Goals On Target), menghasilkan tembakan dengan nilai 35,8 xGOT.

Dia dan Polandia bisa dibilang sangat disayangkan tidak mencapai semifinal lima tahun lalu, karena harus tereliminasi oleh Portugal (melalui adu penalti) yang akhirnya menjadi juara.

Jika Lewandowski berhasil membawa performa Bayern-nya sedikit lebih baik di kompetisi, bukan tidak mungkin mereka bisa melampaui delapan besar pada Euro 2020 ini.



Sumber : kaskus

Share:

Frekuensi TV Digital HD di Palembang - TV Dengan Kualitas Paling Jernih

Televisi High Definition (HD) - Resolusi Tinggi - adalah istilah untuk  menggambarkan sistem televisi yang memberikan resolusi gambar dengan resolusi yang jauh lebih tinggi daripada teknologi generasi sebelumnya. Istilah ini telah digunakan sejak tahun 1936, tetapi di zaman modernmengacu pada generasi berikut televisi definisi standar (SDTV), sering disingkat HDTV atau HD-TV. Ini adalah format video standar de facto saat ini yang digunakan di sebagian besar siaran: televisi siaran terestrial, televisi kabel, televisi satelit, dan Blu-ray Disc. (wikipedia)



Berdasarkan pengamatan penulis, siaran TV HD pertama di Indonesia adalah Kompas TV yang bersiaran pertama tahun 2011, walau sistem pemancarnya di kota besar menggunakan TV UHF Analog, namun sudah mengadopsi ratio gambar 16:9 . Kompas juga telah bersiaran HD melalui TV kabel Firstmedia saat itu. Namun entah karena pertimbangan apa, kompas TV selanjutnya hanya bersiaran SD dengan ratio 16:9. Lalu Net TV menggebrak dengan format HD yang kemudian diikuti oleh trangroup dan kini hampir semua TV di Indonesia memiliki siaran dengan format HD baik lewat TV digital maupun jalur lainnya.


Sebelum era TV Teresterial digital, anda yg berada di pelosok nusantara termasuk di pulau sumatera, mendapatkan siaran HD lewat parabola mungkin sudah hal biasa dan sejak lama sekali sekitar tahun 2010, dimana siaran parabola terutama saat event olahraga sudah menggunakan format HD. Jadi bagi pengguna parabola, menonton Euro atau Piala Dunia (dari saluran feed atau tv negara tetangga) sudah terbiasa menikmati kejernihan siaran HD.  Ini kelebihan dari  keterpaksaan orang dipelosok, karena siaran TV UHF nya gak sampai sinyalnya. 





Namun jika anda berada di seputaran kota besar di sumatera, seperti Palembang, yang terbiasa menikmati TV bersemut, berbayang, namun jumlah siarannya lengkap,  di Juni 2021 ini kabar baiknya anda yg tinggal di palembang dapat menggunakan antena UHF , tanpa parabola lagi, untuk menyaksikan siaran High Definition dari Trans TV , SCTV, Indosiar, bahkan CNN Indonesia HD. Ada 14 siaran TV digital yang sudah mengudara di wilayah seputar Kota palembang.









Cara merubah TV anda menjadi televisi digital cukup gampang, langkahnya adalah :


  1. Periksa televisi anda apakah memiliki fasilitas tuner DVB-T2 , dimana merupakan standar penyiaran digital di Indonesia. TV LED terbaru yg beredar di pasaran sudah memiliki fasilitas ini jadi jangan khawatir.
  2. Menggunakan decoder atau Set Top Box (STB) digital yang tentunya berteknologi DVB-T2, anda dapat membelinya di toko elektronik terdekat atau melalui online shop. Harganya murah saja berkisar 130 - 250 ribu rupiah saja.
  3. Tetap gunakan antena UHF yang mungkin masih terpasang di rumah anda, karena jika TV analog lama anda sudah bisa mendapatkan sinyal sebelumnya maka sinyal TV digital tidak akan menjadi masalah.
  4. Untuk kota Medan dan seperti kota besar lainnya di Indonesia, cukup dengan menggunakan antena INDOOR kecil sudah bisa menikmati siaran TV digital dengan sangat jernih.

Untuk panduan, kami telah review beberapa merek STB digital yg sudah ada di pasaran dan anda kini bisa bandingkan sesuai fasilitas dan keunggulannya :


Matrix Apple     - Polytron PDV 600T2   - Venus Cabe Rawit  - Evinix H-1  - Akari ADS-2230

-Tanaka


Antena Digital paling jernih :

- Fleco AT-56


Bagi anda yg berada di lokasi lain di Nusantara dapat juga membaca update perkembangan  migrasi TV digital di  kota-kota besar seluruh Indonesia :

Surabaya  MNC  ,  EMTEK , VIVA )

Malang

Jember 

Kediri

Jombang & Mojokerto

Madiun

Jogja

Semarang

Banjarmasin

Makasar

Medan

Palembang

- Denpasar

Perbatasan Malaysia

Share:

Frekuensi TV Digital di Medan - Siap Migrasi TV yg ANTI Semut / Berbayang - Bagaimana Cara Mendapatkannya ?

Kota besar dengan bangunan bertingkatnya merupakan tantangan tersendiri pada penyiaran televisi terutama yang masih menggunakan sistem UHF - Analog. Termasuk juga di kota terbesar di sumatera yaitu Medan yang mengalami pertumbuhan ekonomi pesat terbukti dengan hadirnya banyak gedung diatas 10 lantai yg menjulang di langit kota. Efek yang terjadi terhadap Televisi adalah munculnya efek "Ghosting", gambar berbayang walaupun pemancar tidak jauh lokasinya dari pesawat televisi. Kenapa itu bisa terjadi dan TV digital katanya dapat mengatasi ini semua ?





Di dunia penyiaran televisi, gambar berbayang atau "ghosting" adalah replika dari gambar yang ditransmisikan, bergeser posisinya, yang ditumpangkan di atas gambar utama. Hal ini sering disebabkan ketika sinyal TV di udara berjalan melalui dua jalur atau lebih yang berbeda ke antena penerima, dengan sedikit perbedaan waktu. Ini lebih banyak disebabkan pantulan sinyal dari benda besar disekitar antena penerima seperti gedung, bukit, pohon besar dan sebagainya.




Jadi kini dengan hadirnya televisi digital yang menggunakan teknik prosesing gambar ter-mutakhir sudah dapat mengatasi permasalahan pantulan sinyal ini. Di kota besar macam Medan siaran berbintik bersemut dan berbayang sudah menjadi kenangan saja. Terbukti dengan hadirnya TVRI yang sangat jernih.



 

Berdasarkan pantauan pemirsa pada  juni 2021, dikota medan sudah terdapat 27 siaran televisi nasional dan daerah, hanya NET TV yg memang belum menentukan akan menewa MUX dari televisi digital yang mana.



Jadi tak ada alasan lagi buat anda yg bernukim di kota medan untuk mendapatkan siaran TV jernih seperti dibawah ini :


BACA JUGA : Perbandingan Kualitas TV Analog vs TV Digital Menggunakan Antena Indoor


Cara merubah TV anda menjadi televisi digital cukup gampang, langkahnya adalah :


  1. Periksa televisi anda apakah memiliki fasilitas tuner DVB-T2 , dimana merupakan standar penyiaran digital di Indonesia. TV LED terbaru yg beredar di pasaran sudah memiliki fasilitas ini jadi jangan khawatir.
  2. Menggunakan decoder atau Set Top Box (STB) digital yang tentunya berteknologi DVB-T2, anda dapat membelinya di toko elektronik terdekat atau melalui online shop. Harganya murah saja berkisar 130 - 250 ribu rupiah saja.
  3. Tetap gunakan antena UHF yang mungkin masih terpasang di rumah anda, karena jika TV analog lama anda sudah bisa mendapatkan sinyal sebelumnya maka sinyal TV digital tidak akan menjadi masalah.
  4. Untuk kota Medan dan seperti kota besar lainnya di Indonesia, cukup dengan menggunakan antena INDOOR kecil sudah bisa menikmati siaran TV digital dengan sangat jernih.





Untuk panduan, kami telah review beberapa merek STB digital yg sudah ada di pasaran dan anda kini bisa bandingkan sesuai fasilitas dan keunggulannya :


Matrix Apple     - Polytron PDV 600T2   - Venus Cabe Rawit  - Evinix H-1  - Akari ADS-2230

-Tanaka


Antena Digital paling jernih :

- Fleco AT-56


Bagi anda yg berada di lokasi lain di Nusantara dapat juga membaca update perkembangan  migrasi TV digital di  kota-kota besar seluruh Indonesia :

Surabaya  MNC  ,  EMTEK , VIVA )

Malang

Jember 

Kediri

Jombang & Mojokerto

Madiun

Jogja

Semarang

Banjarmasin

Makasar

Medan

Palembang

Perbatasan Malaysia


JADI ..  AYO SEGERA MIGRASI DAN NIKMATI SIARAN JERNIH TANPA GANGGUAN.

 


Share:

Rabu, 09 Juni 2021

Kisah Atari Dari Perusahaan GAME Paling Berkembang - Sampai Hanya Jadi Merek Jadul Yang Terlupakan

Pada awal 1980-an sebuah teknologi baru yang disebut video game telah mengubah wajah bisnis amerika, dan nama terbesar di industri saat itu adalah ATARI. Hanya dalam tiga tahun pendapatan tahunan mereka telah meningkat dari 75 juta dolar hingga naik jadi 2 miliar dolar amerika. Ini menjadikan atari perusahaan yang tercepat perkembangannya dalam sejarah Amerika Serikat. Tapi hari ini Atari tidak lebih dari sisa ampas dari  kejayaan masa lalu yang tertinggal hanya nama merek saja.  Jadi apa yang salah pada Atari ?



Di tahun 1960-an, seorang calon insinyur elektronik muda bernama nolan bushnell sedang kuliah di universitas utah dan  di sini dia bersentuhan dengan mesin yang disebut "Space War" yang adalah video game pertempuran yang dikembangkan pada tahun 1962 oleh steve russell pada komputer dec pdp-1. Universitas tempat nolan kuliah juga memiliki pdp-1 jadi  tidak butuh waktu lama untuk permainan ini tiba di kampusnya.   

Ketika nolan bushnell pertama kali memainkan game itu dia langsung menyadarinya potensi ekonomi jika ini dioperasikan dengan koin. Kata yg tepat adalag sebuah pencerahan, katanya.  "Saya pergi ke  lab dan di sana di layar ada gamenya perang luar angkasa, tetapi saya belum pernah mendengarnya dan saya melihatnya saat itu  dan kebetulan saya adalah manajer departemen game di laguna, taman hiburan lokal musim panas. Dan  itu salah satu cara saya membiayai diri saya kuliah di perguruan tinggi"





"Saya tahu bahwa jika saya memiliki layar itu di arcade tempat hiburan saya bekerja, itu akan menghasilkan uang, saya tahu   itu. Tapi kemudian kamu melakukan hitungan matematika dan kamu tahu  harga sejuta dolar untuk komputer dan 25 sen untuk sekali bermain   dan  itu hitungan matematika kurang pas. Tetapi saya tahu biaya pembuatan komputer terus-menerus turun dan saya yakin bahwa kurva akan sampai di titik persimpangan yg tepat" , jelas nolan.


Dan itu terjadi pada tahun 1972, noland bersama temannya Ted Dabney akan memulai sebuah perusahaan untuk mewujudkan hal yg menjadi  mimpi mereka, mendirikan perusahaan di bawah   nama ATARI. Kata ini adalah istilah yang mirip dengan skakmat di  permainan catur cina kuno yang mana mereka berdua penggemar permainan itu.




Produk pertama atari adalah video game komersial pertama di dunia arcade yang disebut "Computer Space"  tapi sayangnya itu tidak membawa banyak kesuksesan bagi mereka.   Selanjutnya pasangan itu menyewa Al Alcorn sebagai insinyur desain yang menciptakan game PONG.



Mesin atari pong pertama diselesaikan pada agustus 1972 dan ditempatkan di sebuah bar di sunnyvale  California, namun alcorn menerima panggilan hanya beberapa hari kemudian bahwa mesinnya rusak, ini tampak seperti awal yang buruk untuk atari. Mereka bahkan tidak dapat membuat mesin yang bekerja selama lebih dari beberapa hari. Masalah ternyata sebenarnya mekanisme koin telah kebanjiran dengan koin karena begitu banyak orang ingin bermain. Kata lain permainan itu sebenarnya terlalu sukses dan dari sini atari telah melesat cepat. 


"Itu seperti pesta besar di jam 6 sore,  semua eksekutif berusia akhir 20-an awal 30-an. Sebagian besar karyawan  berusia  20 hingga 23 , wow ! " Nolan menjelaskan.


Pong sangat sukses sehingga pada tahun 1974,  8.000 mesin pong dipasang di taman hiburan, restoran  dan bar di seluruh dunia. Namun segera setelah memulai kesuksesan  perusahaan dabney dan bushnell mulai memiliki perbedaan yang akhirnya menyebabkan itu jatuh dan dabney menjual saham dan pindah keluar pada tahun 1975. Atari sekarang dipimpin oleh nolan bushnell sendirian berencana untuk membawa video game ke konsumen di rumah tangga. 



Perusahaan mengembangkan video atari sistem komputer konsol rumah berbasis kartrid itu menggunakan yang baru tersedia   Mikroprosesor 8-bit teknologi mos 6502. Sayangnya atari tidak memiliki kemampuan untuk memproduksi konsol untuk komersial.  Ini mendorong bushnell untuk membuat keputusan yang selamanya akan mengubah nasib atari. Dia menjual atari ke konglomerat hiburan Warner Communications di tahun  1976 untuk sebuah angka fantastis  28 juta dolar. 

Sementara  semua ini terjadi, ada serangkaian kejadian lain  secara bersamaan berlangsung yaitu sejarah awal munculnya komputer apel.

"Steve jobs menemukan atari dan dia dipekerjakan oleh al alcorn dan sore itu  dia datang ke kantor saya dan dia berlagak seolah-olah itu adalah hal yang dikuasai benar oleh dia, dan hari pertama saya bilang hai ada apa dia bilang saya pikir kamu punya  perusahaan yang benar-benar hebat, luar biasa, dia sering menggunakannya dan dan dia bilang saya pikir semuanya cukup bagus tapi  saya telah melihat koneksi solder kamu dan mereka benar-benar jelek "



Diketahui secara luas bahwa steve jobs bekerja untuk atari sebelum memulai apple,  tapi tahukah kamu bahwa di atari itulah pondasi kesuksesan apple   pertama kali diletakkan semuanya dimulai ketika nolan bushnell datang   dengan konsep untuk game breakout tetapi tidak dapat menemukan insinyur yang bersedia merancang prototipe game. Ia kemudian pergi ke steve jobs seorang teknisi tingkat rendah saat itu, bekerja shift malam di atari. 

"Saya tidak melihat pekerjaan steve yang buruk tetapi dia menyebabkan cukup banyak masalah sehingga saya  semacam menempatkan dia di shift malam" 

Teknologi yg tidak ada  pada masa itu atau mungkin karena microchip sangat mahal  dan nolan bushnell menawari steve jobs bonus 100 dolar untuk setiap chip yang dia berhasil hilangkan dari rancangan konsep gamenya dan pada saat inilah steve melakukan sesuatu yang sangat tidak terhormat, membajak temannya steve wozniak yang saat itu bekerja di hewiletpackard. Wozniak akan membantunya membuat   prototipe hanya dalam empat hari dan untungnya wozniak bisa menyelesaikannya   prototipe dalam empat hari dengan mengorbankan waktu tidurnya. Jobs dibayar   bonus 5000 dolar tetapi wozniak yang telah melakukan semua pekerjaan  hanya dibayar 375 dolar.




Breakout diluncurkan pada bulan April 1976 hanya beberapa hari setelah jobs dan wozniak mendirikan perusahaan komputer Apel.  Wozniak punya satu mimpi meskipun dia ingin memainkan versi breakout  ditulis sepenuhnya dalam bahasa pemrograman Basic, komputer pertama mereka  apple one tidak bisa melakukan ini jadi wozniak ingin membuat komputer baru untuk mencapai tujuan ini. Dia memasukkan fitur seperti perintah grafis berwarna, graphic  sirkuit untuk pengontrol pedal dan speaker .  Komputer ini akan disebut apple ii dan itu sukses instan.



Dan seperti yang kita tahu kelanjutanya adalah sejarah yang fenomenal tercipta. Apple ii sebenarnya awalnya dijual dengan dua pengontrol pedal untuk dimainkan bersama game  breakout. Mengutip wozniak banyak fitur  yang   benar-benar membuat apple ii menonjol pada zamannya, berasal dari game yang bernama breakout tentu saja.   

Sementara itu kembali di atari nolan bushnell mengalami perselisihan dengan perusahaan Warner dan meninggalkan atari pada tahun 1978. Tahun berikutnya Warner menyewa ray kazar untuk   mengambil alih sebagai ceo atari. Sekarang didukung dengan uang dari  perusahaan media Warner, perusahaan akan membuat konsol atari 2600.




Atari 2600 memiliki joystick keren dan kartrid game yang dapat diganti  dan dengan demikian memulai era baru dalam industri video game,   dengan Warner communication sebagaipemodalnya, fokus atari beralih dari kreativitas  menjadi fokus pada pemasaran. Departemen r & d dirampingkan dan  diganti dengan sebagian besar staf pemasaran. Langkah itu membuahkan hasil meskipun penjualan  atari 2600 mulai naik pada tahun 1979 mencapai 1  uta penjualan dan kemudian 2 juta tahun berikutnya dan akhirnya menghasilkan 10 juta dalam penjualan tahunan di 1982. 

Atari 2600 adalah game konsol terlaris  saat itu, pendapatan atari merupakan 70 % dari Laba yg dihasilkan perusahaan warner . Pada awal 1980-an pasar video game sedang booming  dan atari adalah raja video game yang tak terbantahkan yang menghasilkan jumlah yang uang dan tidak ada yang seperti itu sebelumnya di industri mana pun. Selain itu   ada kecenderungan tumbuh terlalu cepat untuk keberlanjutan  bisnis game yang sebenarnya masih sangat muda dan tidak ada yang benar-benar yakin  apa yang diinginkan pengguna atau cara memonetisasi produk dengan benar. Atau  bagaimana bahkan memberi penghargaan kepada karyawan mereka dengan benar.

Tapi untuk saat ini semua pasar video game yg tampak hanya uangnya dan lebih banyak perusahaan berusaha menyaingi. Atari 2600 yang dominan juga bersaing dengan banyak konsol rumahan seperti magnavox odyssey, coleco vision dan mattel intelivision. Saat uang mengalir ke industri itu bukan hanya perusahaan elektronik dan mainan yang ada di pasar, banyak perusahaan akan beralih industri hanya untuk menghasilkan uang dengan cepat dan kemudian pasar menjadi sangat jenuh dengan konsol game dan masih banyak lagi yang terus datang sementara semua konsol game ini   tiba-tiba menemukan diri mereka bersaing denga  teknologi baru lainnya, komputer pribadi.

PC memiliki lebih banyak utilitas daripada konsol game, mereka juga bisa menjadi mesin bisnis.  Komputer pribadi juga menampilkan memori jangka panjang yang  berarti game bisa disimpan alih-alih memulai lagi dari awal.  Setiap kali harga komputer menjadi terjangkau, ada kesadaran bahwa  membeli komputer rumah akan lebih masuk akal. Ini akan merusak daya tarik konsol game. 

Keadaan saat itu di industri video game itu tidak biasa untuk satu programmer untuk membuat seluruh game. Atas upaya mereka, programmer akan tidak dikenali oleh "kredit / tulisan penciptanya". atari tidak mengisinkan karena atari ingin menjadi satu-satunya pencipta yang terkait dengan pekerjaan apa pun yang dilakukan. Di permainan apa pun pekerjaan yang dilakukan individu hanyalah bagian mereka sebagai roda penggerak mesin. Seorang programmer biasanya hanya akan membuat   dua puluh hingga tiga puluh ribu dolar setahun bahkan jika game itu terus terjual jutaan eksemplar .




Beberapa tahun sebelumnya pada tahun 1979 beberapa programmer merasa sudah muak. Tahun itu david crane, larry kaplan, bob whitehead dan alan miller, semua meninggalkan  atari untuk memulai perusahaan mereka sendiri yang mereka sebut Activision. Atari dan yang lainnya menjual konsol mereka dengan harga murah tetapi diharapkan menghasilkan uang kembali pada penjualan game. 

Namun sekarang dengan munculnya activision, ketika salah satu dari game mereka dijual untuk konsol atari,   atari tidak akan mendapatkan sepeser pun. Secara instan model bisnis atari hancur, jadi tentu saja mereka menggugat activision tapi untungnya bagi konsumen atari kalah dalam pengadilan. Sekarang pintu terbuka bagi siapa saja untuk membuat  game untuk konsol rumah. Ini akan menjadi kebangkitan pihak ketiga sebagai pembuat game. Sekali lagi semua orang ikut-ikutan.

Jadi bukan hanya pasar yang jenuh, konsol yang berbeda - beda lalu sekarang benar-benar dibanjiri oleh perusahaan game yang tidak memiliki pengalaman dunia hiburan apa pun.   Pada satu titik quaker oat dan purina, ya perusahaan makanan hewan mulai membuat video game karena itu adalah tambang emas yang tak ada habisnya.  Segera lebih banyak programmer akan meninggalkan perusahaan induk mereka untuk membuatnya sendiri.  Programmer terbaik atari akan pergi untuk bergabung dalam aksi   karena semakin banyak game yang dibuat, kualitasnya turun.



Atari ingin terus menghasilkan uang dan memperoleh lisensi untuk sensasi arcade saat itu "pac-man". Eksekutif atari menginginkan versi   pac-man untuk atari 2600 dan ini sepertinya ide yang bagus,  tapi ada satu masalah atari hanya mendapat lisensi di akhir tahun, tapi tetap saja ingin game keluar sebelum natal. Ini memberi programmer hampir tidak ada waktu istirahat untuk membuat game, selain itu mereka menghubungi pihak luar.  

Freelancer datang dan mereka setuju untuk membayarnya biaya royalti untuk setiap unit yang diproduksi bukan setiap unit yang terjual, dan setelah diproduksi atari memperkirakan 12 juta penjualan jadi mereka sudah  berjanji untuk membuat 12 juta kopi untuk semua orang. Jadi programmer yang beruntung sudah mendapatkan gaji besar sebelum perusahaan untung, bahkan ini tidak cukup memberi mereka banyak insentif untuk membuat game yang bagus terutama karena mereka tidak punya cukup waktu untuk membuat permainan yang bagus. 

Ini pula hasilnya tak tanggung-tanggung menjadi  malapetaka, gamenya lambat dan jelek dan hampir tidak mirip game aslinya yg dulu membuat orang jatuh cinta. Atari membuat 12 juta kopi dan terjual 7  juta, jadi pada akhirnya itu terjual dengan baik tetapi mereka   masih memiliki 5 juta kartrid yang tidak terjual di gudang. Rupanya mereka tidak belajar apapun, para eksekutif bisnis menandatangani kesepakatan lain, kali ini dengan steven spielberg untuk membuat game et, berjanji untuk menjadi salah satu film terbesar tahun ini dan itu dianggap bahwa permainan berdasarkan film laris itu akan terjual dengan baik.



Sekali lagi ini adalah ide yang bagus, tapi sekali lagi atari mengacau, mereka hampir tidak memberi programmer mereka  waktu cukup, enam minggu untuk merancang pembuatan dan pengiriman uji kualitas.  Jadwal yang benar-benar gila dan saat game mulai dijual, pikir atari  konsumen akan melihat nama ET dan mengantri untuk membeli gamenya. Akan tetapi setelahnya pengalaman mereka dengan dilema pac-man, para penggemar menunggu untuk melihat apakah permainannya bagus dan  itu bukan  benar-benar apa yang terjadi. 

Game ET dikenal sebagai salah satu yang terburuk dari "hiburan interaktif" yg pernah dijadikan sebagai hadiah natal, yang seperti diinginkan semua orang tetapi tidak ada yang menyukainya. Pada satu titik segalanya menjadi sangat buruk sehingga dari 4 juta kopi game yang dikirimkan oleh atari,   3,5 juta dari itu dikembalikan dan ini ditambahkan ke tumpukan permainan pacman, teronggok di gudang. Jadi atari membuat game yang mengerikan dan menjualnya dengan harga normal, sementara pesaing juga membuat  game yg sama mengerikan tapi menjualnya dengan harga murah.  

Pada dasarnya pasar mulai dilenyapkan, semuanya memuncak pada bulan desember 1982 dengan laporan laba rugi atar, mereka memberi tahu pemegang saham bahwa karena semua faktor yang sangat negatif ini,  perusahaan masih akan tumbuh sebesar 10 hingga 15 persen dan itu terdengar hebat.  Tetapi masalahnya adalah sebelum pengumuman, mereka memberi tahu pemegang saham bahwa  mereka mengharapkan pertumbuhan 50 % dan itu adalah kejutan besar untuk Wall Street dan laporan penghasilan ini meruntuhkan  penjualan pasar konsol dan game di sini.   



Pasar yang terlalu jenuh terjadi di seluruh dunia  selama beberapa dekade, rumor beredar puluhan juta  kartrid game atari yang tidak terjual semuanya dikirim ke tempat pembuangan sampah di new mexico dan sebuah buldoser mengubur dan menutupinya dengan semen. Laporan ini sebenarnya terbukti benar pada pada tahun 2014,  ketika suatu lokasi di new meksiko digali.

Atari telah menjadi panji permainan   revolusi dan pernah menjadi perusahaan dengan pertumbuhan tercepat dalam sejarah Amerika   tapi sekarang hutangnya 500 juta dolar.  Analis memperkirakan akhir dari industri game, yang mereka katakan investor dan pengecer sama-sama bahwa mereka harus mencari uang di tempat lain.  Akan  tetapi teknologi kecil dan baru yang disebut video game ini berjuang di dunia PC dan perlahan-lahan terus menjadi lebih kuat. Atari juga melanjutkan bisnis di PC setelah memasuki bisnis pc mereka menjadi cukup sukses di eropa dengan komputer Atari ST mereka yang dirilis pada tahun 1985.




Dipuji sebagai alat luar biasa di kancah musik elektronik, ini sebagian besar berkat kemampuan midi Atari ST,  fitur yang hanya ditemukan di studio rekaman mahal saat itu. Komputer Atari ST digunakan oleh produser musik seperti fat boy slim, tangerine dream dan derude. Meskipun bersaing dengan amiga komodor dan macintosh atari tidak mendapatkan banyak pangsa pasar pada akhirnya  pada tahun 1993 atari ingin mengejutkan dunia dengan konsol jaguarnya.  Konsol itu dijanjikan untuk menjadi konsol game 64-bit dan dengan lima yang berbeda,   prosesor itu akan menjadi binatang buas tetapi di  kenyataannya itu memiliki kinerja rata-rata yg mahal, sulit untuk membuat kode game yang berarti lebih sedikit game untuk konsumen dan terakhir pengontrolnya buruk. Menerima semua kegagalan, konsol jaguar  pada dasarnya menjadi mantra akhir untuk bisnis perangkat keras atari.

Sebelum kita selesai mari kita lihat beberapa fakta tentang atari. Meskipun atari tidak dapat mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar untuk video game, kontribusi mereka sangat besar dan begitu   ikonik. Bahwa pada tahun 2007 atari 2600 ditambahkan ke hall of fame mainan nasional  di new york berbagi kehormatan dengan orang-orang seperti kubus rubik dan lego. 

Selain memiliki hubungan dengan apple atari juga memiliki koneksi dengan microsoft, dimana   atari membayar bill gates untuk memprogram basic ke salah satu komputer atari dan Bill Gate terus melewatkan tenggat waktu dan akhirnya harus dipecat




Adalah fakta yang terkenal bahwa setelah hadirnya perusahaan game jepang nintendo, yaitu NES nintendo entertainment system, kemudian menggantikan posisi atari 2600.  Namun sedikit orang yang tahu bahwa nes   ampir menjadi produk atari sebelum sebuah kecelakaan. Nintendo mendekati atari mereka ingin merilis konsol dengan merek atari.   Pada akhirnya untungnya untuk nintendo kesepakatan itu gagal. 

Begitu banyak dari kamu mungkin bertanya-tanya apa yg terjadi pada nolan bushnell setelah dia meninggalkan atari.   Nah ternyata dia melanjutkan untuk memulai chuck e cheese,  dia berpikir bahwa restoran pizza akan menjadi bisnis yang sederhana untuk memulai. Hal  menariknya ketika dia telah membeli kostum untuk maskotnya,  noland mengira itu adalah coyote tetapi ketika kostumnya dipakai ternyata itu tikus dan   dia memutuskan untuk menamai restoran rick ratz pizza. Tetapi tim pemasaran berpikir bahwa tikus akan memiliki konotasi yang buruk untuk restoran pizza untuk alasan yang jelas  dan dengan itu bisa "dihubungkan" menjadi kesimpulkan bagaimana kejadian naik turunnya atari.




Share:

Kontak Penulis



12179018.png (60×60)
+628155737755

Mail : ahocool@gmail.com

Site View

Categories

555 (8) 7 segmen (3) adc (4) amplifier (2) analog (19) android (12) antares (8) arduino (26) artikel (11) attiny (3) attiny2313 (19) audio (5) baterai (5) blog (1) bluetooth (1) chatgpt (2) cmos (2) crypto (2) dasar (46) digital (11) dimmer (5) display (3) esp8266 (25) euro2020 (13) gcc (1) iklan (1) infrared (2) Input Output (3) iot (58) jam (7) jualan (12) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (17) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (8) lain-lain (8) lcd (2) led (14) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) lora (7) MATV (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (70) micropython (6) mikrokontroler (1) mikrokontroller (14) mikrotik (5) modbus (9) mqtt (3) ninmedia (5) ntp (1) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) parabola (88) pcb (2) power (1) praktek (2) project (33) proyek (1) python (7) radio (24) raspberry pi (4) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (2) sharing (3) signage (1) sinyal (1) sms (6) software (18) solar (1) solusi (1) tachometer (2) technology (1) teknologi (2) telegram (2) telepon (9) televisi (167) television (28) transistor (2) troubleshoot (3) tulisan (93) tutorial (108) tv digital (6) tvri (2) vu meter (2) vumeter (2) wav player (3) wayang (1) wifi (3)

Arsip Blog

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika