"Kembali Ke Dasar Elektronika Digital ... "

Kamis, 17 November 2016

TAG VLAN Ethernet Realtek PCI-GBE dengan Diagnostic Utility , Laptop Jadi Bisa Di Tag VLAN nya


Kepiting Realtek ini sudah menemani hari-hari ku sejak tahun 90an dari Sound Card, Lan Card, PCI card dan Peripheral lainnya. Produsen dari taiwan ini dapat dikatakan pionir dari dunia "card" yg akan ditancapkan ke motherboard komputer. Berdasarkan pengamatan hampir setiap laptop yg beredar di pasaran menggunakan chip realtek untuk ethernet dan wireless nya. Kemudahan dalam penggunaan dan kehandalannya menjadikannya merek pilihan para produsen perangkat komputer.

Menyambung tulisan sebelumnya mengenai VLAN TAG ( baca disini ) , telah dijelaskan solusi untuk menghubungkan perangkat yg memiliki seting ethernet ber-VLAN yg akan dihubungkan dengan perangkat komputer yg tidak memiliki fasilitas VLAN. Tapi pengalaman menunjukkan ethernet pada server berbasis linux / unix dengan mudahnya di TAG VLAN nya, lalu untuk windows masak tidak ada fasilitasnya ?



Nah, mbah google mengarahkan saya pada petunjuk itu, dan sayangnya ketika saya ikuti ternyata fasilitas penambahan VLAN ID nya tidak tersedia pada device manager. Akhirnya balik lagi ke metode menggunakan penghilangan HEADER VLAN TAG menggunakan managable switch mikrotik dan anak buah saya berangkat kelapangan untuk melakukan seting ulang perangkat microwave.




Pikiran yang tenang dengan solusi menggunakan switch mikrotik mendadak buyar karena whatsapp dari engineer dilapangan "Pak ...Ga ada colokan listrik untuk ngidupin switch mikrotik nya ! Yak opo iki arep udan pisan .." . Wahh mumet lagi...MBAH GOOGLE TOLONGLAHHH... dan dengan secepat kilat datang pertolongan dari sebuah forum yg menyarankan saya untuk men-download fasilitas software ETHERNET DIAGNOSTIC UTILITY dari realtek. Kebetulan laptop di kantor kesemuanya memakai chipset Ethernet dari REALTEK dan beberapa merupakan Giga Bit Ethernet (PCI-GBE) yg menjadi syarat dari software untuk dapat diinstalkan driver VLAN nya. Link untuk downloadnya disini.


Setelah dijalankan pilihlah ehthernet cards yg cocok yaitu yg berlabel PCIe-GBE (tapi jangan kecewa ya kalau tidak semua chipset support) dan masuk ke menu VLAN kemudian tambahkan tabel VLAN ID yg akan di TAG.


Layar software akan kedap-kedip saat komputer memproses perintah penambahan driver VLAN untuk ethernet realtek dan saat berhasil maka pada tabel VLAN tulisannya tidak berubah. Jika gagal penambahan VLAN nya maka silahkan mencari komputer lainnya. Ciri keberhasilannya adalah munculnya hardware REALTEK VIRTUAL LAN pada control panel => Network and Internet => Network Connections.




Lanjutkan pada penggantian IP V4 dari VLAN adapter yg baru ini, dan jangan ubah IP pada LAN asli nya karena sekarang mode yg digunakan adalah mode VLAN.


Terimakasih mbah GOOGLE ...akhirnya perangkat dapat di remote kembali dan pekerjaan selesai. Lalu Bagaimana Nasib Switch Mikrotiknya,.,,,,,waaaahhh ga digunakan dong...di lelang ahh ....ADA YANG MAU ?

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Langsung



12179018.png (60×60)
+628155737755

HP: 081331339072
Mail : ahocool@gmail.com

ANTI SPAM !



Blog Ini Mendukung Blogger Indonesia Yang Jujur dan Memberikan Informasi Sebenarnya, Bukan Menyampah Demi $Rp$ Yang Hanya Merendahkan Blogger Indonesia

Site View

Categories

555 (6) 7 segmen (3) adc (3) amplifier (1) analog (9) android (11) attiny (1) attiny2313 (16) blog (1) bluetooth (1) cmos (1) dasar (31) display (2) gcc (1) infrared (2) Input Output (3) jam (6) jualan (10) kereta api (1) keyboard (1) keypad (3) kios pulsa (2) kit (6) komponen (9) komputer (3) komunikasi (1) kontrol (2) lain-lain (8) lcd (2) led (9) led matrix (6) line tracer (1) lm35 (1) memory (1) metal detector (4) microcontroller (48) mikrokontroller (1) mikrotik (4) paket belajar (19) palang pintu otomatis (1) pcb (2) project (33) proyek (1) radio (3) remote (1) revisi (1) rfid (1) robot (1) rpm (2) rs232 (1) script break down (3) sdcard (3) sensor (1) sharing (2) sms (5) software (16) tachometer (2) telepon (7) televisi (16) transistor (1) troubleshoot (3) tulisan (34) tutorial (67) vu meter (1) vumeter (1) wav player (3) wayang (1) wifi (1)

Diskusi


kaskus
Forum Hobby Elektronika